8 Ancaman Berbahaya Menggunakan Wi-Fi Gratisan

8 Ancaman Berbahaya Menggunakan Wi-Fi Gratisan - Blog Mas Hendra

Ketika saya mengunjungi beberapa tempat umum yang menyediakan jaringan wi-fi gratisan, saya selalu mikir dua kali ketika ingin menyambungkan smartphone saya ke wi-fi tersebut. Sebenarnya bisa saja sih saya koneksikan, tapi kok kayak kurang sreg saja, takut kenapa-kenapa. Apalagi saat ini marak terjadi pencurian data dari smartphone melalui jaringan wi-fi di tempat umum. Alih-alin ingin internet gratisan, tanpa disadari, data kita telah dicuri orang atau akun kita di-hack oleh para peretas (hacker).

Untuk menunjang kebutuhan internet di era digital, sejumlah fasilitas umum, seperti rumah sakit, bandara atau gedung perkantoran dan hotel, menyediakan jaringan wi-fi gratis. Maka dari itu, siapapun bisa mengakses dan memanfaatkannya sesuai dengan keperluan.

Bebasnya pengguna mengakses internet melalui jaringan wi-fi, terkadang dimanfaatkan oleh hacker untuk mencuri data-data penting pengguna internet. Maka dari itu, perlu kita ketahui, ini 8 bahaya menggunakan wi-fi gratisan di tempat umum :

8 Ancaman Berbahaya Menggunakan Wi-Fi Gratisan - Blog Mas Hendra

1. PENCURIAN DATA OLEH HACKER
Seorang hacker bisa saja dengan sengaja memanfaatkan jaringan wi-fi untuk mencuri informasi penting dari kalian. Ini yang perlu diwaspadai. Peretas biasanya menggunakan data curian untuk melakukan tindakan kejahatan.

Berbagai cara dan modus digunakan hacker untuk membobol informasi penting dari mereka yang menggunakan jaringan wi-fi gratisan. Dengan cara yang cerdas dan canggih, hacker bisa mencuri informasi pribadi kalian atau dokumen rahasia milik kalian.

2. ANCAMAN SNOOPER
Snooper atau pengintai (mata-mata). Hampir serupa dengan hacker, hanya saja si snooper ini dapat dengan leluasa mengintip browser atau laman internet yang sedang kalian kunjungi. Lebih berbahaya lagi, jika snooper mengetahui password kalian dan menyalahgunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk meminimalisir kejadian ini, kalian bisa memasang mode incognito ketika sedang berselancar di dunia maya dengan wi-fi gratis. Tapi akan lebih baik lagi jika kalian menggunakan data internet pribadi untuk berselancar ketika berada di tempat umum.

3. AKUN MEDIA SOSIAL RENTAN DIBAJAK
Bagi kalian yang sering mengakses sosial media (Facebook, Twitter atau Instagram) melalui wifi gratisan, sebaiknya mulai dikurangi atau bahkan kalau bisa dihentikan. Apalagi jika kalian melakukan login ke salah satu akun sosmed lewat wi-fi gratisan, sangat rentan terjadi pembajakan akun dan disalahgunakan oleh hacker.

4. WI-FI JEBAKAN
Tidak hanya melalui website abal-abal, hacker juga bisa menggunakan jaringan wifi palsu untuk merekam seluruh informasi dan data pribadi pengguna internet ketika terhubung dengan jaringan palsu tersebut. Salah satu ciri dari wifi palsu ini adalah tersedia enkripsi SSL.

SSL atau Secure Socket Layer merupakan lapisan keamanan untuk melindungi aktivitas di website dengan teknologi enkripsi data yang canggih. Kelihatannya sih memang aman-aman saja, tapi hal ini bisa menjadi celah bagi para hacker untuk untuk membobol data kalian.

Solusinya, kalian perlu waspada ketika mengakses internet atau wifi gratis yang tidak meminta memasukkan username dan password saat akan mengaksesnya. Atau selalu gunakan laman web dengan format https.

5. RENTAN TERKENA VIRUS
Akses wi-fi mampu menularkan virus melalui perangkat seperti laptop atau smartphone. Apalagi di tempat umum, maka kemungkinan terkena virus akan semakin meningkat. Salah satu virus yang mampu menular dengan cepat melalui akses wifi adalah virus Chameleon.

Chameleon bekerja tanpa mengganggu kinerja akses poin. Namun, virus tersebut mengumpulkan data-data penting yang melewati jaringan wi-fi tersebut, seperti password, kartu kredit atau akun bank. Chameleon bersembunyi di jaringan wi-fi dan menginfeksi jaringan wi-fi yang tidak terproteksi dengan password.

6. BANYAK IKLAN MUNCUL
Tidak jarang, ketika pengguna internet berselancar di dunia maya menggunakan jaringan wi-fi gratis, seringkali menemukan adanya iklan yang muncul secara berulang di smartphone. 

Iklan top up ini dianggap sangat mengganggu kenyamanan dalam berinternet. Tidak hanya itu saja, lebih berbahaya lagi jika iklan top up yang ditampilkan mengandung malicious software (malware) atau software berbahaya yang bisa merusak sistem operasi perangkat elektronik yang digunakan.

7. PENCURIAN DATA NASABAH
Salah satu bahaya menggunakan wi-fi gratisan adalah rentan terjadi pencurian data nasabah, termasuk informasi akun bank, seperti kata sandi, detail transaksi hingga kartu kredit. Histori jelajah yang terekam pada perangkat pengguna, bisa dengan mudah diretas oleh hacker untuk mendapatkan informasi penting.

8. WEBSITE PALSU
Selain jaringan wi-fi palsu/jebakan, terkadang pengguna diarahkan secara otomatis ke berbagai website menarik, namun faktanya website palsu tersebut hanya sebuah jebakan. Selain menyebar virus, website palsu ini juga akan mencuri informasi pengguna, bahkan hingga merusak perangkat yang digunakan oleh pengguna.

Demikian 8 ancaman berbahaya menggunakan wi-fi gratisan di tempat umum. Jika melihat begitu berbahayanya peretas mampu mencuri berbagai data dan informasi pribadi, maka sangat disarankan untuk tidak mengakses informasi penting ketika menggunakan jaringan wi-fi gratis di tempat umum. Usahakan untuk menggunakan data internet secara pribadi.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

14 comments

Saya baru tahu wifi jebakan. Dan saya sering memanfaatkan wifi gratisan. sekarang harus lebih waspada. Takut kena hack dan jebol akun media sosial saya.

menggunakan wifi publik apalagi yg gratisan memang cukup beresiko dengan masalah privasi. namun hal tersebut bisa kita minimalisir dengan menggunakan layanan VPN dan tidak memasukkan data2 penting saat di jaringan wifi publik yg gratis. :-d

Ternyata cukup berbahaya juga ya mas pakai wifi gratisan, kalo wifian di warkop itu apakah juga berbahaya ya?

Emang perlu berhati-hati iya mas dalam berinternet.

Tapi emang di era digital ini data pribadi kita gampang di ketahui bahkan dicuri, baik itu kecerobohan sendiri maupun disengaja oleh orang lain.

Iya kita sebagai penguna harus berhati-hati dalam berinternet.

Tapi iya mas orang suka terlena ada kata Wi-Fi gratis. Bahkan gampang menemukan tempat Wi-Fi gratis sekarang.

Wow ternyata banyak dampak negatifnya..
Lebih baik menggunakan internet pribadi saja.

@Djangkaru Bumi : Harus lebih waspada bang kalo pakai wifi gratisan

@INDRA DP : Yup jangan mengakses informasi penting sewaktu pakai wifi gratisan

@Defi : Sama aja, pokoknya di tempat umum

@Septian Dwi Cahyo : tetap harus waspada ketika menggunakan wifi gratisan

@Septian Rishal : kalo paket data melimpah, ya mending pakai internet pribadi aja

Woow ternyata wifi gratisan ada bahayanya juga ya. Dl pas mash skolah suka bangt pke gratisan. Tp pas dh lulus gak pernah lagi. Dan ternyata bahayanya ngeri juga. Kalo sampe kena hack wedew bsa membahayakan diri sndiri dan orang" yg kita kenali dong..

@Bintang : Waspada itu perlu banget, demi keamanan akun yang kita kelola

Wifi jebakan udah mulai banyak di mana-mana. Salah satu cirinya bisa diliat kalau pas login keliatan banyak banget tahapannya. bener banget tuh mas, daripada tergiur dengan wifi gratisan mending nyari wifi dari instansi resmi aja yang terjamin aman.

@Bimo Aji : Ya kalo bisa sih diusahakan menggunakan paket internet sendiri aja mas, itu yang paling aman sih, ketimbang pakai wifi gratisan


EmoticonEmoticon