Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikan Hal Ini Sebelum Datang ke Event Bloger


Di samping sebagai hobi, ternyata menulis bagi seorang bloger bisa mendatangkan penghasilan loh, mulai dari  job content placement, job review hingga datang ke event sebuah produk. Khusus untuk job content placement dan job review, bisa dibilang dapat diselesaikan dengan cukup mudah, karena bloger hanya perlu menulis artikel dan mem-publish-nya melalui laptop atau komputer sesuai dengan permintaan klien.


Sementara, job yang mengharuskan bloger untuk datang langsung ke event, agak berbeda, meski pada dasarnya sama-sama me-review sebuah produk. Bloger yang memenuhi kriteria sesuai dengan permintaan klien, akan diundang oleh agency untuk menyelesaikan kewajiban yang sudah ditentukan sebelumnya. Lalu bloger diminta untuk menulis artikel review berdasarkan observasi langsung ke lokasi.


Agar tidak mengecewakan klien, seorang bloger dituntut untuk bekerja secara profesional. Maka dari itu perlu diperhatikan dengan baik semua persyaratan apa saja yang diminta oleh klien. Tidak hanya itu saja, bloger juga perlu mengetahui hal-hal apa saja yang sebaiknya diperhatikan sebelum memenuhi sebuah undangan event, berikut ini :


1. PERHATIKAN HAK DAN KEWAJIBAN
Ketika seorang bloger menerima job untuk datang ke sebuah event, jangan sungkan untuk menanyakan secara detail mengenai hak dan kewajiban. Kalau dirasa cocok dan sanggup untuk menyelesaikan job-nya, maka bloger harus menyelesaikan pekerjaan secara profesional.

Biasanya kewajiban itu mencakup hal-hal apa saja yang harus diselesaikan oleh bloger, seperti menulis artikel sebelum deadline, membagikan artikel ke sosial media, datang tepat waktu dan lainnya. Sementara hak bagi bloger adalah memperoleh bayaran yang jumlahnya sudah disepakati di awal.

Pastikan bayaran yang diperoleh bloger sebanding dengan job yang diberikan. Jangan sampai karena bayarannya tidak sesuai, seorang bloger menyelesaikan tugasnya kurang maksimal, sehingga akan mengecewakan klien. Ujung-ujungnya akan berimbas ke bloger itu sendiri, karena bisa jadi tidak akan diajak bekerja sama lagi di job berikutnya.

2. PERHATIKAN PERSYARATAN
Ini penting juga loh. Bloger perlu memperhatikan setiap persyaratan yang diminta klien. Jika bloger mampu memenuhinya dengan baik, maka klien pun akan senang dan sangat menghargai profesionalitas bloger tersebut.

Persyaratan yang diajukan setiap klien tentu berbeda. Tapi secara garis besar, biasanya meliputi, bloger harus datang tepat waktu, mengikuti dress code (kalau diminta), sanggup menyelesaikan artikel sesuai deadline dan lainnya.

3. DATANG LEBIH AWAL
Pastikan bloger memperoleh informasi alamat dengan jelas, apakah event diadakan di sebuah gedung perkantoran atau di sebuah co-working space, yang saat ini sedang populer. 

Bloger yang datang tepat waktu, tentu memiliki nilai lebih di mata klien, karena dianggap sangat menjaga profesionalitas dalam bekerja, sehingga kesempatan untuk mendapatkan job berikutnya akan terbuka lebar.

4. FOKUS PADA MATERI
Ketika di lokasi, bloger harus fokus ke materi yang diberikan, karena materi ini nantinya akan dijadikan bahan referensi untuk menulis artikel. Meski pada dasarnya setiap bloger akan memperoleh materi melalui email, tapi alangkah baiknya kalau bloger juga memahami materi yang diberikan, sehingga bisa lebih maksimal dalam menulis artikel.

5. BUAT CATATAN
Jangan lupa siapkan buku untuk mencatat setiap point yang dianggap penting. Catatan ini nantinya tidak hanya akan menambah wawasan baru, tapi juga bisa menambah referensi dalam menulis artikel. 

6. BEKERJA SECARA PROFESIONAL
Point terakhir adalah bekerja secara profesional dalam menyelesaikan job dari klien. Hal ini dilakukan untuk menjaga nama baik bloger itu sendiri. Bukan tidak mungkin, karena merasa puas dengan kinerjanya, klien akan merekomendasikan bloger kepada sesama rekan lainnya.

Nah bagi kalian yang baru pertama kali ingin menghadiri sebuah event job, bisa mencoba menerapkan point-point di atas, dengan demikian masing-masing pihak tidak ada yang dirugikan dan tetap terjalin hubungan yang baik.

Demikian artikel tentang hal-hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum datang ke sebuah event.

Semoga bermanfaat.

20 comments for "Perhatikan Hal Ini Sebelum Datang ke Event Bloger"

  1. Focus pada materi itu yang kadan saya tidak bisa. Nanti pastinya saya mencari sudut pandang yang berbeda, akhirnya materi jadi beda deh dengan teman-teman blogger.

    ReplyDelete
  2. Meski belum pernah diundang buat event bloger, rasanya kebayang sih apa yang mesti dilakukan. Soalnya sebagai tamu undangan, pastinya etika secara umum sama aja ya. Paling perlu bertanya-tanya tentang hak dan kewajiban aja, biar jelas sama-sama enak.

    ReplyDelete
  3. Kalau saya hanya menyiapkan alat tulis saja mas, datang - duduk manis - dengerin - pulang hehehe :D

    ReplyDelete
  4. Ketika haknya sudah sepakat, maka kewajibannya juga harus terpenuhi dengan baik, biasanya di blog Mas Irwin banyak lomba-lomba ngeblog...

    ReplyDelete
  5. Yap, saya juga menerapkan poin-poin di atas ketika ada undangan event blogger. Bahkan pernah saya tanya berulang apa ada kewajiban posting medsos atau blog? soalnya tidak diberitahukan di awal. Ternyata emang nggak ada. Enak banget, kan. Meski nggak dapat uang, tapi bertabur doorprize :D

    ReplyDelete
  6. @Djangkaru Bumi : Meski sudut pandang beda, tapi kalo masih membahas tema yang sama, ya gak masalah sih Mas. Yang penting jangan melenceng dari tema yang sudah ditetapkan oleh klien.

    ReplyDelete
  7. @Bang Doel : Yup kurang lebih kayak memenuhi undangan pada umumnya. Ini point secara umum dan garis besarnya aja sih, siapa tau kan ada bloger yang masih bingung ketika menerima undangan ke job event

    ReplyDelete
  8. @Sahroni : Gak ngambil angpaonya Mas???? Keren ih

    ReplyDelete
  9. @Dedy Akas : Harus itu Mas, haknya sudah sesuai, maka ngerjain tugasnya juga harus profesional

    ReplyDelete
  10. @Dudukpalingdepan : Wah tugasnya ringan yah, tapi lumayan kan bisa dapat pengalaman baru ya Mba

    ReplyDelete
  11. Kalau saya belum banyak pengalaman soal datang ke event blogger kang, pernah sekali tahun lalu ikutan acara di salah satu event dan cukup menyenangkan, bisa menambah wawasan dan juga sedikit income, hehee...

    ReplyDelete
  12. sudah 5 tahunan nggak pernah ikut event blogger perlu belajar kembali

    ReplyDelete
  13. Rindu dateng ke event blogger jadinyaa mas. Rindu juga ikut lomba blog, susah sekali mengalahkan kemalasan dan kemageran ini 😢

    ReplyDelete
  14. Saya jarang banget ikut event blogger, minder ketemu para suhu blogger

    ReplyDelete
  15. Wahhh mantepp nih undangannya untuk kerja dong :D, ak baru kayak workshop dan event event kumpul kumpul gituu.. Btw blog saya sudah tidak pi-sang lagi loh mas :D

    ReplyDelete
  16. @Andrie : Undangannya untuk menambah pundi-pundi rupiah Mas. Seru juga tuh bisa kumpul-kumpul seperti itu. Oke, saya coba ke blog barunya.

    ReplyDelete
  17. @Maman : Yup, bisa menambah wawasan, teman baru, pundi-pundi rupiah juga yah, hehehe

    ReplyDelete
  18. @Abd Kadir Rusdi : Tetap semangat Kang

    ReplyDelete
  19. @Lucky Caesar : Mungkin terlalu sibuk dengna urusan di dunia nyata Mbanya, jadi belum semangat untuk mulai menulis blog lagi

    ReplyDelete
  20. @Adi Pradana : Pede aja lagi, hehehe

    ReplyDelete

Berlangganan via Email