5 Tips Belanja Hemat Saat Lebaran

Belanja Hemat Saat Lebaran - Blog Mas Hendra

Setelah THR cair, pasti masyarakat tidak sedikit yang hendak menghabiskannya untuk berbelanja promo lebaran, semisal promo lottemart minggu ini terbaru, entah baju baru, membeli bahan makanan untuk lebaran, persiapan membuat parcel dan lain sebagainya. Namun, pasti saja di antara prioritas adalah baju baru untuk semua anggota keluarga.


Namun, kesibukan pekerjaan sehari-hari tidak boleh sampai membuat Anda tidak punya waktu untuk menyiapkan membeli barang prioritas tersebut. Hingga, jangan sampai ada persiapan lebaran yang terlewatkan sebab keasyikan melakukan pekerjaan dan jadi tidak sempat. Menjelang penghujung Ramadhan, dan kita belum mempersiapkan pakaian yang akan dikenakan di momen fitri ini. Akhirnya justru mendapatkan pakaian yang berkesan seadanya, sebab sudah tidak ada waktu untuk memilih dan berlari dari satu toko ke toko yang lain.

Khusus untuk kaum perempuan, melakukan pembelian baju baru pasti memiliki keanehan tersendiri. Berikut sejumlah tips dalam membeli barang, namun tetap hemat :

1. Manfaatkan Program Diskon
Kalau mendekati Lebaran begini, tidak sedikit toko pakaian, baik online atau butik yang menawarkan program diskon. Manfaatkan penawaran diskon-diskon itu dengan baik. Jeli dalam melihat tanggal-tanggal di mana store seringkali menawarkan diskon ganda. Biasanya akan terjadi di pertengahan tanggal menjelang lebaran dan satu minggu sebelum lebaran. Dipantau terus ya.

2. Rajin Mengikuti Lomba
Biasanya, jika ada perayaan dan hari besar seperti lebaran, tidak sedikit brand-brand pakaian yang menyelenggarakan perlombaan. Pantau terus media sosial Anda, perhatikan jika ada butik-butik atau media yang menyelenggarakan lomba dengan hadiah pakaian dan aksesorisnya. Jangan malas untuk mencoba peruntungan, karena siapa tahu saja Anda akan mendapatkan baju lebaran secara cuma-cuma.

3. Berbelanja di Pusat Grosir
Jangan pernah malu dan menolak membeli barang di pusat grosir, karena tidak jarang koleksi pakaian yang sering kita lihat di department store pun berasal dari pusat grosir yang diganti label. Anda akan mendapatkan harga lebih murah jika Anda berani mencoba mendatangi salah satu retailnya. 

Ajak rekan Anda untuk joint saat membeli pakaian. Biasanya di pusat grosir, jika Anda membeli minimal tiga potong pakaian dengan jenis yang sama, penjual akan menawarkan Anda harga yang jauh lebih murah.

4. Selektif dalam Memilih
Kosongkan jadwal Anda pada hari di mana Anda telah berniat untuk berburu pakaian. Lakukan pemilihan dengan sangat selektif, tidak boleh pernah malu dan malas, karena merasa terus diawasi oleh pramuniaga ketika Anda memilih. 

Jika Anda berhati-hati dalam memilih, Anda akan mendapatkan pakaian yang unik dan cantik dengan harga yang murah. Biasanya koleksi terbaik diletakkan di belakang rak atau di tumpukan sangat bawah yang jarang dijamah pembeli lain. Jadi selamat mengintai!

5. Manfaatkan Baju-Baju Koleksi Lama di Lemari
Jika ada waktu luang di akhir pekan, tidak ada salahnya jika Anda memilih untuk tinggal di rumah saja. Bongkar-bongkar lemari pakaian Anda, siapa tahu akan sukses menemukan 'harta karun' di dalamnya. Dijamin tidak sedikit baju yang masih keren untuk dikenakan dengan melakukan sejumlah perbaikan.

Atau barangkali Anda lupa sesuatu di dalam lemari Anda, baju yang belum pernah terpakai misalnya. Jadi Anda hanya perlu membeli sejumlah aksesoris saja untuk mempercantiknya. Tidak perlu membeli baju kan?.

Tidak ada salahnya untuk mencoba tips ini sebagai pengalaman baru. Semoga kita menikmatinya dan  mendapatkan manfaat baik dari tips-tips di atas.

Bulan Ramadhan seringkali identik dengan mudik atau kembali ke kampung halaman untuk bertemu dan berkumpul dengan keluarga. Hingga mudik lebaran menjadi momen yang sangat penting dan wajib dilakukan setiap tahunnya.

Tidak dapat dipungkiri jika untuk mudik membutuhkan ongkos yang tidak sedikit. Banyak yang telah mempersiapkan segalanya jauh-jauh hari sebelum bulan Ramadhan tiba. Untuk itu, berikut ini adalah tips mudik hemat dan tepat untuk Anda :

1. Beli Tiket dari Jauh-jauh Hari
Ketika menginjak bulan Ramadhan, tiket pesawat, kereta hingga bus sudah nyaris ludes terjual. Kalaupun ada, harganya meroket jauh dari harga tiket normal pada hari-hari biasanya. Membeli tiket jauh hari sebelum bulan Ramadhan akan memangkas pengeluaran Anda, karena harganya yang tidak semahal di hari Lebaran.

Namun, Anda mesti sudah memperhitungkan tanggal yang tepat, agar tidak terjadi kekeliruan ketika telah memesan tiket dan mengajukan cuti.

2. Tinggal di Kediaman Kerabat atau Kolega
Untuk mudik lebih hemat, usahakan untuk memangkas biaya penginapan. Anda dapat memilih untuk menginap di tempat tinggal kerabat atau kolega. Di samping itu, tujuan utama mudik adalah untuk mempererat tali silaturahmi.

Nah, menginap di tempat tinggal kerabat atau kolega pun akan jauh lebih mengasyikkan dan tidak sedikit kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama-sama.

3. Membawa Bekal Selama Perjalanan
Perjalanan mudik bukanlah perjalanan yang sebentar, apalagi saat Anda memilih untuk menggunakan bus ataupun kendaraan pribadi. Perjalanan akan memakan waktu yang lebih lama, karena keadaaan jalanan macet yang tidak bisa dihindari.

Agar mudik irit Anda tetap terwujud, persiapkan bekal yang tidak mudah basi selama di perjalanan. Contohnya, membuat kue bolu atau kue kering, membawa air mineral, ataupun camilan-camilan yang lumayan untuk mengganjal perut. Hal ini bermanfaat untuk memangkas biaya makan yang lumayan besar selama perjalanan.

4. Jangan Terlalu Berlebihan Membeli Oleh-oleh
Sebaiknya kita menetapkan biaya yang akan dikeluarkan untuk membeli oleh-oleh. Tetapkan sekitar 15 persen dari total biaya mudik untuk membeli oleh-oleh.

Oleh-oleh tidak jarang membuat dana membengkak tanpa disadari, karena tidak sedikit dagangan ataupun makanan menarik yang jarang dijumpai sebelumnya. Belum lagi untuk membeli hal-hal yang tidak terduga.

5. Atur Biaya Anggaran dengan Cermat
Untuk mudik irit, ada baiknya membuat daftar perkiraan biaya yang harus dikeluarkan. Misalnya, biaya pulang pergi, biaya makan harian, biaya oleh-oleh hingga biaya 'salam tempel'. Semua harus teranggar dengan baik, agar uang kita tidak habis percuma.

Jangan lupa, Anda membutuhkan disiplin diri dan sesuaikan pengeluaran dengan perkiraan yang telah ditargetkan. Hindari berutang untuk perjalanan mudik Anda. Mulailah mengatur keuangan untuk mudik dari jauh hari, karena mudik adalah perjalanan teratur tahunan, jadi Anda telah tahu apa saja yang harus dipersiapkan. Mulailah membuat tabungan khusus untuk perjalanan mudik Anda.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

8 comments

Wahhh lebarannya sudah lewat yaaa mas, mungkin tips ini bisa nih dipake pas lebaran selanjutnya atau hari hari besar selanjutnya weuhehe :D

Bener, belanja parcel lebaran buat orang sekantor seringnya di lotte mart.. Harganya lebih hemat..

Tipsnya mantap nih mas.. Boleh di coba utk tahun depan..

ini bisa juga untuk lebaran idul adha nanti ya kang

bener mas, kalau sudah hari raya biasanya diskon gila-gilaan. Lumayan murah dapat barang-barang..
Apalagi sering ada sale promosi beli satu dapat dua malah..
Sayapun langsung bersemangat..
hehe

@Andrie Kristianto : Tipsnya bisa disimpan untuk lebaran tahun berikutnya Mas :)

@Heri Heryanto : Boleh silahkan dipraktikan Mas Heri

@Abd Kadir Rusdi : Sepertinya bisa juga, tapi prioritas lebaran Idul Fitri, karena identik dengan belanja baju baru dan kebutuhan lainnya

@de Eka : Betul Mas Eka, momen lebaran biasanya dimanfaatkan untuk menggelar diskon besar-besaran, karena masyarakat berburu baju baru dan kebutuhan lainnya. Jadi ya bagai simbiosis mutualisme gitu deh


EmoticonEmoticon