Universitas Teknik Terbaik yang Ada di Korea Selatan, Ada yang Minat?

Universitas di Korea Selatan - Blog Mas Hendra

Prospek kerja Teknik Informatika yang luas di berbagai negara menjadi salah satu alasan mengapa jurusan ini menjadi favorit di banyak negara, termasuk di wilayah Korea Selatan. Ada banyak universitas terbaik di dalam maupun luar negeri yang menyediakan jurusan satu ini, termasuk juga di wilayah Korea Selatan. Bagi yang berencana akan kuliah di wilayah Korea Selatan, berikut ini ada beberapa Universitas yang menyediakan jurusan Teknik terbaik yang bisa dipilih :

1. KAIST (Korea Advanced Institute of Science & Technology)
Universitas ini berada di Daejon - Korea Selatan dan berdiri pada tahun 1971, menjadi salah satu Universitas negeri yang memiliki fokus pengajaran pada Ilmu Sains serta Teknik yang berdasarkan pada research. Universitas ini menjadi salah satu Universitas bergengsi yang ada di Korea Selatan, tidak heran karenanya banyak peminat yang ingin masuk ke Universitas satu ini.

Selain program studi biasa, Universitas ini juga memiliki program double degree dengan Universitas lainnya yang tersedia di berbagai negara, seperti Georgia Institute of Technology, Technical University of Berlin, Technical University of Munich, Technical University of Denmark dan Carnegie Mellon University.

Universitas ini memiliki reputasi yang baik dan diakui oleh dunia dalam bidang Teknik dan Sains, kota tempat Universitas ini sendiri dijuluki sebagai Silicon Valley-nya Korea, karena memiliki banyak lokasi reset pemerintah. Hampir semua kelas di Universitas ini menggunakan bahasa Inggris, namun bagi yang berminat mengambil S1 jurusan Teknik di Universitas KAIST wajib memiliki sertifikat TOPIK tingkat 2 dan tidak ada syarat khusus untuk yang ingin melanjutkan S2 dan S3.

2. POSTECH (Pohang University of Science and Technology)
Jika berniat untuk mencari sistem kuliah blended learning  di wilayah Korea, sebaiknya pertimbangkan salah satu Universitas ternama bernama POSTECH. Pohang University of Science & Technology atau disingkat POSTECH ini merupakan Universitas swasta yang berdiri pada tahun 1986 di wilayah Pohang, didirikan oleh POSCO yang merupakan salah satu perusahaan baja terkenal di dunia.

Universitas ini didirikan dengan tujuan sebagai salah satu sarana pendidikan intensif dan maju dalam bidang Sains dan Teknologi. Universitas ini menjadi salah satu Universitas paling menjanjikan untuk riset yang ada di dunia. Fasilitas yang diberikan amatlah menarik, mulai dari asrama kampus yang tersedia untuk mahasiswa, linkungan kampus yang kondusif serta berkualitas tinggi, beasiswa dengan jumlah yang tertinggi yang ada di Korea dan lainnya.

Universitas ini memiliki jumlah mahasiswa program magister yang lebih banyak dibandingkan mahasiswa program sarjana. Sebagai Universitas sains tentunya ada banyak jurusan Teknik yang bisa dipilih di program studi jenjang S1 maupun S2 (Teknik Kimia, Teknik Creative IT/CiTE, Teknik Komputer dan lainnya). Universitas ini juga banyak melakukan penelitian di bidang sains, fisika, kimia dan juga material.

3. Seoul National University
Sesuai dengan namanya, Universitas ini berada di wilayah Seoul yang merupakan Ibu Kota negara Korea Selatan, berdiri pada tahun 1946 dan menjadi Universitas negeri pertama dan bergengsi yang ada di Korea. Universitas ini tergabung dalam kelompok Universitas terkemuka yang ada di Korea, namanya SKY University, anggotanya sendiri terdiri dari berbagai Universitas top yang ada di wilayah Korea, seperti KAIST, POSTECH dan Yonsei University.

Jurusan Teknik menjadi salah satu jurusan populer yang ada di Universitas ini, termasuk di dalamnya jurusan Teknik Informatika. Prospek kerja Teknik Informatika memang sangat luas, tidak heran karenanya banyak calon mahasiswa yang mengincar jurusan satu ini untuk dimasuki.

4. Korea University
Menjadi salah satu Universitas tertua dan bergizi yang ada di Korea Selatan. Korea University didirikan pada tahun 1905 dan berada di wilayah Seoul. Universitas ini memiliki sistem pendidikan level internasional yang sudah diakui secara luas. Jurusan Teknik di Korea University menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa selain dari jurusan hukum, kedokteran dan juga administrasi bisnis yang dimiliki oleh Universitas ini.

Bagi yang sedang mencari sistem kuliah blended learning jurusan Teknik, mungkin bisa mencoba masuk ke Universitas saat ini. Terdapat banyak jurusan Teknik yang bisa dipilih calon mahasiswa, seperti Civil and Environmental, Biomedical Engineering, Teknik Komputer dan Komunikasi, Computer and Science Engineering, Chemical Engineering and Biological Engineering dan berbagai jenis jurusan teknik lainnya.

5. Yonsei University
Universitas ini termasuk dalam kelompok SKY University, menjadi salah satu Universitas swasta bergengsi tertua dan aktif dalam dunia penelitian ilmiah yang ada di wilayah Korea Selatan. Universitas Yonsei didirikan pada tahun 1885, memiliki jurusan Teknik, masuk kategori jurusan populer di Universitas ini, baik untuk mahasiswa lokal maupun mahasiswa internasional.

Korea Selatan tentunya masih memiliki banyak Universitas terbaik yang bisa dipilih untuk jurusan Teknik Informatika, baik Universitas yang berstatus negeri maupun swasta. Tidak bisa dipungkiri memang prospek kerja Teknik Informatika begitu luas, alumni dari jurusan ini bisa berprofesi di berbagai bidang bergengsi, seperti Programmer, insinyur konstruksi, Clinical Engineering, Consultant IT atau profesi lainnya yang tidak kalah menarik.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

8 comments

eh skrg sy lagi nonton drakor yang judulnya gangnam id, seger bgt liat mahasiswa di korea.. wkwkwkwkw.. jadi ingat waktu jaman awal kuliah dulu. hihih..

Wah memang keren banget nih universitas yang ada di korea selatan ini. Tidak hanya tempat wisatanya saja yang sangat dikagumi. Namun, juga tempat pendidikannya

Semoga suatu hari bisa ke salah satunyaaaaa
Aminnn

@Rafi : Emang pernah kuliah di Korea? Seger-seger yah

@Anisa AE : Gak heran jika Korea sekarang berkembang pesat dan maju, karena sistem pendidikannya benar-benar diperhatikan dengan baik dari segala aspeknya

@AuL Howler : Aaamiin, saya doakan yang terbaik Mas bro

Duh di luar negeri ya Mas, kalau yang di dalam negeri ada gak ya?

@Dedy Akas : Betul, ini di Korea. Kalo di dalam negeri kan sudah ada kampus top jurusan teknik. Bisa dicari lewat Google


EmoticonEmoticon