Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Pertama Diundang ke Event Blogger


Ketika saya blogwalking ke blog teman-teman, saya sering membaca artikel yang isi tulisannya me-review peluncuran (launching) sebuah produk atau brand baru. Dan menariknya lagi, blogger tersebut ikut langsung meliput di lokasi di mana event tersebut diadakan. Tentu saja ini merupakan pengalaman berharga bagi sang blogger, karena telah dipercaya oleh sebuah brand yang mana tidak semua blogger memiliki kesempatan yang sama.


Kesempatan seperti ini, hanyalah sebuah mimpi bagi blogger ndeso seperti saya, karena selama 4 tahun ngeblog belum pernah merasakan yang namanya diundang langsung oleh brand dalam sebuah event.

Tapi ternyata, mimpi tersebut menjadi kenyataan. Tanggal 16 Agustus 2018 lalu, ada sebuah pesan singkat dari nomor tidak dikenal yang masuk ke WA saya. Isi pesannya mengundang saya untuk menghadiri sebuah event launching aplikasi smartphone terbaru.

Sebelum saya menyetujui undangan tersebut, saya harus mengetahui secara detail mengenai hak apa saja yang saya dapatkan serta kewajiban apa saja yang harus saya lakukan. Hal ini perlu dilakukan, agar kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan, karena jika semuanya jelas hitam di atas putih (tidak abu-abu), saya yakin kedua belah pihak akan sama-sama senang. 

Tidak hanya itu saja, bagi karyawan shift seperti saya, saya harus mencocokkan jadwal event dengan jadwal kerja. Kalau memang jadwalnya tidak bentrok, saya pun akan menyanggupinya. Lain halnya jika kalian seorang freelancer, tentu akan lebih mudah mengatur jadwal.

Setelah melihat jadwal kerja, saya meminta izin untuk tukar schedule dengan rekan kerja saya. Inilah enaknya karyawan sistem shift, hari liburnya bisa fleksibel, selama tidak mengganggu operasional perusahaan, hal ini sah-sah saja. Bukan begitu pak boss!

Event pertama yang saya hadiri ini diselenggarakan oleh SpotQoe, yang merupakan sebuah platform online untuk memesan ruang meeting dan event. Jadi kalau kalian butuh ruangan untuk meeting, bekerja atau event lainnya, bisa pesan melalui aplikasi SpotQoe yang sudah tersedia di Android dan iPhone. Untuk lebih detail kalian bisa baca : SpotQoe, Cara Mudah Pesan Ruang Meeting di Zaman Now.

Dalam kesempatan yang sama, SpotQoe turut mengundang perwakilan awak media cetak, perwakilan dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan juga 10 blogger yang beruntung.

Jalan Jauh Gara-Gara salah satu JPO di Rasuna Said Ada yang Dibongkar
Event ini diadakan di Kantorkuu Co-Working space di Agro Plaza, Rasuna Said, Jakarta. Untuk memudahkan akses jalan ketika pulang nanti, saya sengaja parkir motor di seberang gedung AGRO PLAZA. Tapi ternyata jembatan penyeberangan orang (JPO) sudah dibongkar. Saya tidak boleh menyeberang sembarangan, karena resikonya sangat tinggi bagi keselamatan diri. Soalnya saya masih sayang nyawa sendiri. Alhasil saya harus berjalan cukup jauh untuk menjangkau JPO yang lainnya. 

Setelah ketemu gedung AGRO PLAZA, saya tanya security di depan dan dia mengarahkan ke sudut gedung di lantai dasar. Setelah tiba di lokasi, saya pun registrasi dengan mencocokkan nama di list blogger. Ternyata suasana sudah ramai. Tempatnya luas dan bagus banget, sangat cocok untuk bekerja, meeting ataupun mengadakan event tertentu. Suasana yang nyaman dan adem membuat siapapun yang bekerja di Kantorkuu merasa betah. Oh iya, Kantorkuu ini merupakan salah satu merchant yang sudah bekerja sama dengan SpotQoe.





Event dimulai jam 10.00 pagi hingga jam 11.30. Launching aplikasi SpotQoe berlangsung cukup meriah karena diadakan door prize dari pihak penyelenggara. Setelah acara launching selesai, selanjutnya makan siang, foto-foto, ambil komisi dan pulang.

Hak dan Kewajiban Blogger

Hak yang didapat oleh blogger adalah : snack, makan siang, fee dan goodie bag.
Kewajiban yang harus dilakukan blogger adalah : live dan posting IG dan juga live dan posting di Facebook selama event. Setelah event, blogger menulis review tentang aplikasi SpotQoe di blog masing-masing maksimal 7 hari setelah event.


Ternyata datang ke event itu sangat menyenangkan. Kita bisa mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru, bisa mengenal dengan blogger-blogger lainnya dan pastinya mendapatkan bayaran yang setimpal. Pokoknya seru, namanya juga pengalaman pertama, pasti ada sesuatu yang berkesan.

Nah demikian cerita dari blogger ndeso tentang pengalaman pertama diundang ke event blogger. Bukankah di dalam hidup ini selalu ada yang namanya pengalaman pertama bukan??

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Pertama Diundang ke Event Blogger"