10 Tempat Wisata Paling Hits di Jogjakarta yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Paling Hits di Jogjakarta yang Wajib Dikunjungi
Para generasi milenial memang dikenal kerap mengunggah postingan tempat-tempat wisata yang sedang hits di akun social media milik mereka. Berbagai spot wisata menarik yang mereka anggap instagramable, tidak luput dari mata kamera yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Berkat unggahannya tersebut, tentu saja membangkitkan rasa penasaran bagi penikmat wisata, karena dianggap memiliki daya tarik tersendiri, apalagi jika tempat wisata tersebut memang ramai diperbincangkan di social media.


Salah satu kota yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Jogjakarta. Selain dikenal dengan wisata kulinernya, Jogjakarta menyajikan beragam tempat wisata yang instagramable dan sedang hits saat ini. Setidaknya ada 10 tempat wisata paling hits di Jogjakarta yang wajib dikunjungi berikut ini :

1. BUKIT MOJO GUMELEM
Bukit Mojo Gumelem Jogja - Blog Mas Hendra
Objek wisata baru ini menyajikan pemandangan alam yang luar biasa indah. Salah satu spot unik yang instagramable adalah bentuk gardu pandangnya yang menyerupai sarang burung dan spot foto bunga matahari. Bukit Mojo Gumelem terletak di Dusun Gumelem, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Untuk mengurangi rasa bosan, pengelola akan mengganti ikon spot selfie sehingga kalian tidak akan merasa bosan.

2. THE LOST WORLD CASTLE CANGKRINGAN
The Lost World Castle Cangkringan Jogja - Blog Mas Hendra
Objek wisata yang dibangun sejak Maret 2017 ini berada di kawasan Kaliurang di kaki Gunung Merapi. Tepatnya di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Keberadaan objek wisata yang dulu disebut Benteng Takeshi ini sangat populer, karena banyak foto-fotonya yang sudah dibagikan ke social media.

Jika cuaca sedang cerah, kalian bisa melihat dengan jelas pegunungan yang indah sekaligus merasakan hawanya yang sejuk. Kawasan wisata ini memiliki banyak spot unik yang bisa diabadikan, salah satunya adalah spot awan yang akan membuat pengunjung seolah berada di atas awan. Selain itu juga ada spot sayap emas yang menarik, dan tentu saja sebuah tangga yang menjulang tinggi dengan tulisan "gerbang menuju Surga". Lalu ada lagi replika dinosaurus yang tergeletak di perkemahan suku Indian.

3. UPSIDE DOWN WORLD
Upside Down World Jogja - Blog Mas Hendra
Mungkin sebagian dari kalian sudah sering melihat postingan yang menunjukkan foto serba terbalik. Ternyata objek wisata unik dan menarik ini ada di Jogjakarta, tepatnya di Jalan Ringroad Utara No. 18, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Namanya adalah Upside Down World yang resmi dibuka sejak Juli 2016.

Di sini kalian bisa berfoto dengan beragam pose unik, seolah sedang terbalik. Tentu saja sangat menarik jika diposting di social media, karena memiliki keunikan tersendiri. Tempat ini buka setiap hari Senin - Minggu mulai pukul 10.00 - 19.00.

4. JOGJA BAY WATER PARK
Jogja Bay Water Park - Blog Mas Hendra
Bagi kalian yang hobi berenang, jangan lupa untuk sempatkan mengunjungi Jogja Bay Water Park yang terletak di Desa Maguwoharjo, tepatnya di sebelah utara Stadion Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, Jogjakarta. Tempat rekreasi yang dibuka sejak 2016 ini disebut-sebut akan menjadi salah satu waterboom terbesar dan terlengkap di Indonesia. Luasnya yang mencapai 7.7 hektare ini memiliki beragam wahana yang sesuai dengan usia pengunjung.

5. TAMAN PELANGI
Taman Pelangi Jogja - Blog Mas Hendra
Taman Pelangi terletak di kawasan Monumen Jogja Kembali, Jalan Lingkar Utara, Jogjakarta. Kalian bisa mengunjungi Taman Pelangi mulai pukul 17.00 - 23.00 dan pemandangan warna-warni lampion indah bagaikan pelangi di malam hari. Menariknya, di pagi harinya kalian bisa mengunjungi Museum Jogja Kembali.

Penataan lampion dan design yang unik serta artistik menjadi incara para pemburu foto untuk diabadikan dan share di social media. Selain dapat menikmati keindahan lampion, kalian juga bisa berbagai permainan yang sudah disediakan, mulai dari trampoline, bola air, perahu dayung, speed boat, becak mini dan beragam permainan seru lainnya.

Tidak hanya itu saja, bagi kalian yang ingin menguji nyali, bisa mencoba untuk menjelajahi Puri Hantu yang akan menyajikan suasana menyeramkan. Setelah lelah berkeliling, kalian bisa menutupnya dengan menikmati menu hidangan lezat di food court yang tersedia di kawasan ini.

6. SINDU KUSUMA EDU PARK
Sindu Kusuma Edupark Jogja - Blog Mas Hendra
Jangan lupa juga untuk mengunjungi Sindu Kusuma Edu Park ketika kalian jalan-jalan ke Jogjakarta. Lokasinya berada di Jalan Magelang KM 2 atau Jalan Jambon, Sinduadi, Mlati, Sleman, Jogjakarta. Di sini kalian akan menemukan beragam wahana bermain yang seru yang akan memberikan pengalaman rektreasi yang seru dan menyenangkan, apalagi bersama kelaurga.

Ada beragam wahana permainan yang bisa kalian coba, mulai dari Cakra Manggilingan, Roda Mabur, Roti Puter, Sepur Cilik, Cleret Gandul dan beragam wahana permainan lainnya yang unik.

7. DE ARCA STATUE MUSEUM
De Arca Statue Museum Jogja - Blog Mas Hendra
Sesuai dengan namanya, di Museum ini kalian bisa menjumpai patung tokoh-tokoh terkenal, mulai dari tokoh nasional hingga dunia. Kalian bisa berfoto di sini sesuai dengan zona yang ada.

Zona tokoh nasional, terdiri dari patung para pahlawan kemerdekaan, seperti RA. Kartini, Cut Nyak Dien hingga maestro pelukis Affandi. Di zona presiden dunia, kalian akan menjumpai patung dari presiden RI, seperti Ir. Soekarno, BJ. Habibie, Megawati, Ratu Elizabeth hingga Barack Obama.

Bagi penyuka tokoh komik, kalian bisa mengunjungi zona tokoh dunia untuk menyaksikan karakter film terkenal, mulai dari Hulk, Thor, Kapten Bajak Laut Jack Sparrow, Albert Enstein hingga Spiderman dalam balutan pakaian Jawa.

Museum Patung ini terletak di XT Square, Jalan Veteran, Pandeyan, Jogjakarta. Di sini pengunjung akan merasakan pengalaman liburan yang seru dan unik. Berbeda dengan penggunaan bahan lilin pada Museum Madam Thussaud, patung di museum ini terbuat dari bahan resin atau getah tumbuhan tertentu yang sesuai dengan iklim Jogja.

Museum ini mulai buka pukul 10.00 - 22.00.

8. CANDI PRAMBANAN
Candi Prambanan Jogja - Blog Mas Hendra
Ketika berlibur ke Jogjakarta, jangan lupa untuk mengunjungi Candi Prambanan yang sudah sangat populer. Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi dan menjadi salah satu ikon wisata di Jogjakarta yang sudah terkenal ke mancanegara.

Candi Prambanan terletak di Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Jogjakarta dan merupakan situs warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

9. TEBING BREKSI
Tebing Breksi Jogja - Blog Mas Hendra
Satu lagi spot menarik yang instagramable adalah sebuah tebing yang dulunya merupakan bekas penambangan batu kapur ini membentuk guratan-guratan unik pada tebingnya, sehingga terlihat indah dan menarik. Tebing Breksi terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Di sini pengunjung akan disuguhkan dengan ukiran wayang dan bentuk naga yang menempel di salah satu sisi tebing.

10. MALIOBORO
Malioboro Jogjakarta - Blog Mas Hendra
Tidak lengkap rasanya jika kalian tidak berkunjung ke Malioboro ketika berlibur ke Jogjakarta. Tempat ini menjadi ikonik sebagai pusat perbelanjaan di Kota Jogjakarta. Selain menikmati jalan-jalan dan membeli aneka kerajinan tangan khas Jogja, kalian bisa duduk dan bersantai di bangku taman yang tertata rapi di sepanjang jalur pedestrian.

Di sekitarnya juga terdapat jejeran warung lesehan yang menyajikan hidangan khas Jogja sembari menikmati alunan musik para seniman Malioboro. Kalian juga bisa mencicipi uniknya rasa kopi Joss di angkringan Lik Man yang legendaris atau singgah sejenak di Tugu Jogja dan berfoto degnan background Tugu Jogja yang ikonik.

Kota Jogjakarta berada di kawasan yang sangat strategis, sehingga mudah dijangkau dengan menggunakan moda transportasi darat maupun udara. Jika melalui darat, kalian bisa menggunakan kereta api atau naik bus

Bagi kalian yang masih bingung berangkat dari Jakarta ke Jogja, kalian bisa mengunjungi website Traveloka terlebih dulu untuk mendapatkan informasi lengkap seputar harga tiket bus dari Jakarta ke Jogja. Melalui website Traveloka, kalian bisa sekaligus memesan hotel maupun berbagai kebutuhan traveling lainnya, sehingga akan tercipta liburan yang lebih nyaman dan pastinya menyenangkan.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

35 comments

Jogja Bay Water park layak dikunjungi nih ...wahana prosotannya panjang banget...

@Dwi : Wah mas Dwi pasti suka main air ya. Memang mas, makanya digadang-gadang sebagai waterboom terlengkap di Indonesia.

Sepuluh tempat wisata paling hits di jogjakarta di atas emang keren semua ya mas, cocok buat yang hobi travelling dan foto-foto. Jogja emang paling recommended banget buat tempat wisatanya. Kapan ya saya bisa ke jogja dan berkunjung ke tempat wisata di sana? Mudah-mudahan bisa ke sana nanti

Wah, iya bener banget tuh wajib dikunjungi yess, Bang. Jadi kangen Jogja deh hehe

@Defi : Yup betul banget mas Defi, makanya jadi incaran para traveler, baik lokal maupun mancanegara.

@Joe : Iya mas, makanya saya ulas di sini, mas Joe mah udah pernah ke sana ya?!

Waaah, semua tempat yang disebutkan di postingan ini sih semua keren-keren dan udah harus dimasukkan dalam jadwal rencana liburannya anak-anak bunda, apalagi itu lho Upside Down World pasti cucu-cucu pada seneng.

@Bunda Yati : Silahkan dibikin agendanya Bunda Yati...

saya belum pernah ke Jogyakarta Mas. Namun plang jalan Malioboro ketenarannya sudah sampai ke kampung saya di Sumatera.

Konon kabarnya, untuk berfhoto disana kudu antri, benar ngak sich Mas ?

@Kang Nata : Biasanya kalo sampe antri begitu, kemungkinan sedang musim liburan, jadi pengunjungnya banyak... Tapi gak tau persis sih seperti apa kondisinya kalo memang lagi ramai, karena belum pernah ke sana juga :)

Lha, dari semua daftar yang ada di sini baru Maliobor dan Candi Prambanan (itu pun dari luar saja) yang pernah saya kunjungi :D hahahaha ...

@Tuteh : Masih mending, saya malah belum pernah sama sekali, hahaha

Wuih, kok berasa kebetulan ya berkunjung kesini .. paaas .. candi Prambanan yang lagi kuulas 😁 ..

Memang pantas banget kalau candi Prambanan disebut-sebut sebagai candi Hindu terindah se-Asia Tenggara ..., sangat kereeen ..

Kalo ke Jogja sy paling banter ke malioboro aja buat belanja" 😁 paling ke prambanan,borobudur dan pusat kerajinan peraknya, kalo gak ke kali urang... Kl tempat"yg baru blom pernah tuh.. Keren liat gambarnya

@Himawan : Nah kan, sama ulasannya, hehehe...

@HENI : Wah enak dong udah pernah ke Jogja, saya aja belum pernah

wah ternyata banyak juga ya gan tempat2 hits di jogja, ane baru ke prambanan dan malioboro aja gan hahaha, kapan kapan boleh juga nih buat mampir kesana :)

Wajib banget dikunjungi nih kak lokasi2 wisatanya yg kece2. Sayang banget jika dilewatkan gitu aja

@Zunif : Masih mending, lah saya malah belum pernah ke Jogja

@Elva : Iya dong kalo ke Jogja jangan lupa mampir ke tempat-tempat wisata hits di atas ya mba

Belum pernah kesampean kesana, semoga suatu saat nanti bisa singgah dan menikmati wisata Jogjakarta.

Tebing breksi sepertinya sangat menarik dan wajib dikunjungi, kapan-kapan kalau ke Jogja mampir ke situ

@Dewi : Mainlah teh, mumpung masih di Tasik, bisa mampir ke Jogja

@Dapur Mamake : Sama, saya juga belum pernah ke Jogja, pengen ke sana suatu saat nanti dah..

@Smile : Bolehlah kapan-kapan mampir ke sini om

saya waktu saya ke yogya mau pergi ke tebing breksi ga bisa, sayang sekali padahal kata temen tempatnya bagus

Pertengahan bulan maret kemarin aku sudah sempat main ke jogja, namun belum semua tempat wahana dikunjungi, semoga lebaran besok bisa kesana lagi,.

@Bang Opit : Dicoba lagi bang, siapa tau berikutnya bisa ke sana

@Netter : Silahkan dikunjungi semuanya gan

Kalau begitu wajib kunjungi semuanya donk huehehehe :D

@Tuteh : Hehehe, biar puas jalan-jalannya mba Tuteh

Apa cuma gue saja di sini yang belum pernah berkunjung ke Yogyakarta?


EmoticonEmoticon