5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman Online

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman Online - Blog Mas Hendra

Untuk mengantisipasi kebutuhan financial yang sifatnya urgent, tidak sedikit masyarakat yang memutuskan untuk mencari dana secara instan melalui pinjaman online, karena pinjaman online dinilai lebih mudah, praktis, cepat serta persyaratan yang ditawarkan jauh lebih mudah dibanding proses pengajuan ke bank, sehingga saat ini pinjaman online bisa dibilang tengah digandrungi di kalangan masyarakat Indonesia.


Banyaknya masyarakat yang tertarik untuk mengajukan pinjaman online, membuat perusahaan pinjaman online begitu diminati dan seolah menjadi angin segar bagi masyarakat yang membutuhkan dana tunai secara instan.

Meski saat ini perusahaan pinjaman online sudah banyak, namun mencari pinjaman online sebaiknya harus dengan perencanaan serta pertimbangan yang tepat. Apakah Anda hanya ingin mengikuti tren saja atau memang benar-benar membutuhkannya. 

Selain itu juga Anda harus perhatikan, apakah perusahaan pinjaman online tersebut benar-benar profesional dan sudah terdaftar di OJK atau tidak. Jangan sampai Anda terkena teror penagihan utang seperti yang sering diberitakan, karena salah memilih perusahaan pinjaman online.

5 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MENGAJUKAN PINJAMAN ONLINE
Bersikap bijak dan cerdas dalam mengelola dana pinjaman tersebut merupakan langkah yang tepat guna menghindari Anda dari "teror" penagihan utang yang kerap kali terjadi belakangan ini.

Namun Anda tidak perlu cemas, apa yang Anda khawatirkan tidak akan terjadi (baca : teror penagihan) jika Anda memperhatikan 5 hal berikut sebelum mengajukan pinjaman online :

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman Online - Blog Mas Hendra

1. Ambil Keputusan yang Tepat
Ketika Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman online, ini artinya Anda siap untuk mematuhi setiap peraturan yang sudah ditetapkan di mana Anda mengajukan pinjaman. Anda juga sudah siap dengan segala konsekuensi yang akan Anda hadapi jika telat membayar tagihan. Masing-masing perusahaan pinjaman online tentu saja memiliki peraturan dan sanksi yang berbeda.

Maka dari itu, sebelum Anda mengajukan pinjaman online, sebaiknya rencanakan terlebih dulu dengan matang, untuk apa dana tersebut digunakan? Apakah memang sifatnya sangat urgent? Dan lain sebagainya. Dengan demikian Anda sudah tahu dengan konsekuensi yang akan dihadapi.

2. Gunakan Dana Pinjaman dengan Bijak
Jika dana sudah cair, maka gunakan dana tersebut dengan bijak. Artinya gunakan dana hanya untuk kebutuhan yang sifatnya benar-benar urgent, seperti yang sudah direncanakan sebelumnya. Dengan demikian dana yang Anda ajukan akan membantu menyelesaikan masalah financial Anda, meski Anda harus membayar cicilannya setiap bulan.

3. Pilih Tanggal Jatuh Tempo yang Tepat
Pastikan tanggal berapa Anda harus membayar cicilan tersebut. Namun biasanya tanggal jatuh tempo utang adalah tanggal kapan dana tersebut disetujui. Anda bisa memutuskan untuk mengajukan pinjaman pada saat tanggal sesaat setelah gajian. Jadi setelah uang gaji cair, Anda bisa langsung membayar tagihan. Begitu seterusnya sampai tagihan lunas.

4. Jangan Telat Membayar Tagihan
Untuk menghindari proses penagihan yang akan mengganggu kenyamanan Anda, sebaiknya Anda mengingat kapan tanggal jatuh tempo dan jangan pernah telat untuk membayar tagihan Anda, apalagi sampai melewati tanggal jatuh tempo.

5. Pilih Perusahaan Pinjaman Online yang Profesional dan Terpercaya
Dan yang paling penting adalah jangan sampai salah memilih perusahaan pinjaman online. Perhatikan dengan cermat, apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum. Apakah di bawah pengawasan Bank Indonesia atau tidak. 

Sebab perusahaan fintech yang sudah resmi terdaftar di OJK akan mengikuti prosedur dan tata cara yang berlaku, mulai dari ketentuan besar bunga pinjaman yang tidak boleh lebih dari 30%, cara penagihan dan lain sebagainya.

MENGENAL CEKAJA.COM
Salah satu perusahaan pinjaman online yang terpercaya dan terdaftar di OJK adalah CekAja.com.

CekAja.com merupakan sebuah portal layanan informasi yang profesional dan terpercaya untuk membantu masyarakat Indonesia membuat keputusan financial yang cerdas dan tepat.
4 Keunggulan CekAja.com - Blog Mas Hendra
Anda bebas memutuskan untuk memilih produk financial dan asuransi yang cepat, mudah dan praktis. Didukung dengan tenaga profesional dan berpengalaman di bidang teknologi, financial dan asuransi.

CekAja.com juga didukung oleh sejumlah mitra bank terbaik dan lembaga asuransi terpercaya di Indonesia, sehingga mencakup berbagai jenis kredit, asuransi, tabungan, investasi dan produk financial lainnya.

PENGAJUAN PINJAMAN ONLINE DI CEKAJA.COM
 KreditDenganAgunanCekAja

Bagi Anda yang membutuhkan dana instan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari biaya pendidikan, pengobatan maupun biaya lainnya secara online, Anda pun bisa mengajukan pinjaman online melalui CekAja.com.

Pinjaman online adalah salah satu jenis fasilitas pinjaman yang dapat langsung cair tanpa jaminan. Seluruh persyaratan dan prosedur bisa dilakukan tanpa bertatap muka secara langsung, melainkan bisa dilakukan melalui telepon. Selain prosesnya yang mudah, tenor yang diberikan juga cukup panjang, maksimal 20 bulan. Dengan pinjaman online, kebutuhan financial yang sifatnya urgent bisa langsung dipenuhi dengan mudah dan cepat.

Menariknya lagi, jika Anda mengajukan pinjaman online dan memiliki aset sebagai jaminan, Anda akan mendapatkan suku bunga yang jauh lebih rendah.

Produk pinjaman online ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi serta kesibukan yang padat.

SYARAT UMUM MENGAJUKAN PINJAMAN ONLINE
1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
3. Fotokopi BPKB Kendaraan (Opsional)
4. Fotokopi Kartu Kredit (Opsional)
5. Slip gaji

Demikian artikel tentang 5 hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman online. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang tertarik ingin mengajukan pinjaman online di CekAja.com atau bisa langsung mengunjungi : https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online/

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

12 comments

Memilih pinjaman online jangan sembarangan ya kang, salah milih bisa kena masalah, cek dahulu kredibilitasnya, baru ajukan pinjaman dengan bijak.

@Maman : Nah itu dia yang dimaksud, jangan sembarang memilih perusahaan pinjaman online, nanti kita sendiri yang ribet.

Sebaiknya memang benar-benar jika dibutuhkan barulah kita memutuskan untuk melakukan pinjaman online dan tentunya juga jangan sembarangan memilih perusahaan pinjaman online yang banyak bertebaran, dicek dulu apakah terpercaya atau tidak.

@Defi : Yup, kalo sifatnya gak urgent, sebaiknya pikir 2 kali sebelum meminjam online

Nah ini penting, Pilih Perusahaan Pinjaman Online yang Profesional dan Terpercaya. kalau ngga bisa kaya kasus yang banyak di dunia maya.

Sekarang ini lagi marak pinjaman online bahkan saya sering nerima tawaran via SMS dari nomor-nomor gak jelas, untung aja ada rekomendasi di Cekaja.com sebagai pinjaman online terpercaya buat yang sedang benar-benar membutuhkan. Kalau saya hutangnya udah banyak gak mau ngajuin pinjaman lagi.

Wah ini mesti banget tahu karena udah banyak jasa pinjaman online seperti ini yang malah bikin ribet urusannya. Ada teman saya yang malah bermasalah dan memicu konflik di keluarga gitu karena jasa-jasa seperti ini. Mesti bijak, mesti riset, mesti mikir berkali-kali, dan harus meminjam pada penyedia layanan yang tepat.

@Andrew : Betul banget, jangan sembarangan memilih perusahaan pinjaman online

@Dewi : Perlu pertimbangan matang untuk mengajukan pinjaman online teh. Kalo perlu banget, baru deh pinjam ke perusahaan yang jelas dan terdaftar di OJK

@Uyo : Betul. Kan sudah ditulis di atas, kalau gak urgent, sebaiknya jangan pernah meminjam melalui pinjaman online.. Biar bisa dijadikan pelajaran

Meminjam online harus hati-hati juga, jangan sampai terjadi terlambat bayar, konon teman-teman kita yang ditagih (dimintai bantuan menagih) juga hahaha.

@Tuteh : Betul mba Tuteh, yang penting bayar tepat waktu dan ketika benar-benar urgent, baru mengajukan pinjaman online.


EmoticonEmoticon