Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Power Distribution Unit untuk Server Rack

Power Distribution Unit Server Rack

Power Distribution Unit untuk Server Rack - Di suatu kesempatan, karena ada satu keperluan mendesak, saya mengunjungi kantor IT di tempat saya bekerja. Kantor IT ini menyajikan pemandangan yang berbeda dengan kondisi kantor di departemen lainnya. Meski sama-sama tersedia satu unit komputer, satu unit printer dan lemari untuk menyimpan file, yang membedakan dengan kantor lainnya adalah di kantor IT ini terdapat sebuah ruang khusus yang di dalamnya terdapat banyak sekali kabel dan beberapa rak yang tersusun. 

Meski banyak kabel yang menjuntai, tapi rak-rak tersebut tersusun dengan rapi dan kondisi suhu di ruangan dipasang dengan AC, sehingga tetap terasa sejuk. Mungkin suhu ruangan yang sejuk akan membantu menjaga kondisi kabel dan tumpukan rak tersebut agar tidak terlalu panas, karena jika saja ruangan tidak dipasang pendingin, dikhawatirkan akan mengakibatkan overheating.

Satu hal lagi yang menyita perhatian saya adalah keberadaan power distribution unit yang digunakan untuk server rack di ruang tersebut tersimpan dengan rapih dan selalu dilakukan pengecekan secara berkala. Hal ini penting dilakukan untuk memantau apakah ada power distribution unit yang sudah tidak layak pakai ataupun komponen penunjang lainnya yang sudah rusak, maka akan segera diperbaiki atau diganti dengan yang baru.

Berbicara masalah power distribution unit, sebenarnya tidak hanya tersedia di ruang IT, ruang server ataupun ruang jaringan saja, tapi juga biasa kita jumpai di ruang di kantor-kantor atau perusahaan. Meski memiliki fungsi yang sama, yakni untuk mendistribusikan daya listrik, namun tentu saja dengan bentuk, ukuran, dan jenis yang berbeda-beda.

Pengertian Power Distribution Unit
Power distribution unit atau PDU adalah perangkat yang dilengkapi dengan beberapa output yang dirancang untuk mendistribusikan daya listrik, terutama ke komputer, UPS, dan peralatan jaringan lainnya. Keberadaan PDU ini cukup penting untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap daya dan juga solusi manajemen. Itulah sebabnya mengapa banyak pusat data bergantung pada pemantauan PDU untuk meningkatkan efisiensi, waktu kerja, dan pertumbuhan.

Jenis PDU ini bervariasi, mulai dari yang dipasang di rak hingga PDU yang dipasang di lantai yang ukurannya lebih besar dengan beberapa fungsi, termasuk pemfilteran daya untuk meningkatkan kualitas daya, keseimbangan beban, serta pemantauan, dan kendali jarak jauh dengan LAN (Local Area Network : jaringan komputer yang menghubungkan komputer dalam area terbatas, seperti di sekolah atau kantor) atau SNMP (Simple Network Management Protocol : protokol standar internet untuk mengumpulkan dan mengatur informasi tentang perangkat yang dikelola pada jaringan IP).

Generasi terbaru PDU cerdas memungkinkan untuk konsolidasi IP, yang artinya banyak PDU yang dapat dihubungkan di bawah satu alamat IP. Model generasi selanjutnya juga menawarkan integrasi dengan kunci elektronik, memberikan kemampuan untuk jaringan, dan mengelola PDU serta mengunci melalui alat yang sama.

Power Distribution Unit Schneider Electric
Jika Anda membutuhkan informasi yang akurat seputar produk PDU ataupun informasi seputar instalasi pada PDU, Anda bisa mengunjungi website Schneider Electric di www.se.com.

Power Distribution Unit Server Rack

Schneider Electric memberikan solusi terintegrasi yang dapat memodernisasikan infrastruktur fisik Anda sekaligus mengoptimalkan kinerja, pemanfaatan ruang, dan ketersediaan. Selain itu juga menawarkan portofolio solusi infrastruktur fisik terbesar untuk kebutuhan ruang IT atau pusat data, termasuk komponen, layanan, dan sistem perangkat lunak untuk arsitektur IT tradisional, terpusat, hyper-converged atau terkustomisasi.

Baca juga artikel : 

Di website Schneider Electric juga akan disajikan informasi lengkap yang bisa membantu menjawab kebutuhan Anda seputar power distribution unit, mulai dari Produk, Presentasi dan Dokumen.


Produk
Tersedia beragam pilihan produk PDU untuk Anda, serta dilengkapi juga dengan informasi penting lainnya, mulai dari Lembar Data Produk, User Guide hingga katalog.

Presentasi 
Anda juga bisa melihat fitur yang tersedia, keuntungan serta aplikasi.

Dokumen
Di sini, Anda bisa menemukan berbagai file (PDF) atau dokumen (ZIP) yang menjelaskan informasi seputar power distribution unit server rack, custom server rack, pocket guide, dan berbagai informasi lainnya.

Semoga bermanfaat.

37 comments for "Power Distribution Unit untuk Server Rack"

  1. Fungsinya beda dengan stabilizier ya mas ? PDU untuk penggunaan pribadi, apakah ada ?

    ReplyDelete
  2. @Jejakruang : Beda Mba. Ada juga PDU untuk penggunaan pribadi atau rumah. Tapi harganya lumayan lebih mahal dari colokan biasa.

    ReplyDelete
  3. bacaan yg menarik. uraiannya mudah dipahami sih walaupun ada istilah2 yg sy blm ngerti terima kasih sdh berbagi

    ReplyDelete
  4. @Bayu Fitri : Terima kasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
  5. Waduhhh.. kalo soal teknis tentang perangkat beginian saya menyerah. Kurang familiar karena selama ini di tempat-tempat kerja saya enggak pake server sendiri. Anyway, makasih banyak untuk review dan informasinya, saya jadi lebih melek teknologi :)

    ReplyDelete
  6. Simpel dan clear sekali penjelasnnya. Dulu jurusan IT tah bang? Dulu saya mau di jurusan IT tapi terpeleset ke penn.b. inggris.

    ReplyDelete
  7. Saya paling ga paham kalau masalah IT. jadi ngerti sedikit-sedikit setelah baca tulisan di atas.

    Njenengan awal-awal mempelajari IT nggak pusing dengan istilah-istilahnya kak? Saya jadi penasaran hehhe cz istilah-istilah IT suka bikin pusing hiks

    ReplyDelete
  8. Pusing aku bacanya bang, yah harap maklum bukan anak IT.

    ReplyDelete
  9. Saya baru tahu tentang PDU ini, dari info diatas sepertinya kalau perusahan/kantor memang perlu banget memasang PDU. Terima kasih infonya saja jadi nambah pengetahuan baru.. .

    ReplyDelete
  10. Jujur saya harus baca beberapa kali untuk memahami karena teknis sekali ya. Tapi ini perlu banget pasti untuk orang-orang IT yang bekerja dibidangnya. Sukses ya.

    ReplyDelete
  11. Buat perkantoran kayaknya perlu banget ini. Soalnya kalo liat ruangan IT kayak kapal pecah banget, kabel dimana-mana, ditambah sampah elektronik juga berceceran. Kalo pake rak ini kayaknya 90% masalah di ruangan itu bisa teratasi. Sebab selain rapi, juga bisa mengatur daya dengan lebih baik.

    ReplyDelete
  12. kalau masalah listrik aku paling suka dengan brand schneider. Karena sangat terpercaya dengan kualitasnya. :)

    ReplyDelete
  13. @Wiwin : Terima kasih juga sudah berkunjung Mba Wiwin

    ReplyDelete
  14. @Ovi Roro : Saya bukan jurusan IT Mba, tapi seneng aja baca-baca nulis artikel berbau tekno, biar menambah wawasan dan jadi melek teknologi

    ReplyDelete
  15. @Yesi : Saya juga masih awam dunia IT, memang sedikit asing istilah IT, tapi dengan belajar sedikit demi sedikit jadi tau loh...

    ReplyDelete
  16. @Kokoh Hendra : Semangat Koh, saya aja gak pusing kok yang nulisnya, hihihi

    ReplyDelete
  17. @Sulis : Terima kasih juga sudah berkunjung Mba..

    ReplyDelete
  18. @Hujandijendela : Terima kasih sudah berkunjung Mba Hujandijendela

    ReplyDelete
  19. Wah aku buta banget dgn masalah ginian masalah listrik, kabel dll. Hehe...lbh mengandalkan suami. Ribet tp gk ada salahnya buat ngerti ya? Mksh deh sharingnya

    ReplyDelete
  20. @Bang Doel : Wah Bang Doel ini paham betul, pasti anak IT nih

    ReplyDelete
  21. @Agatha : Yup betul banget Mba, di tempat kerja saya juga pakai Schneider Electric. Brand sudah terpercaya dan mendunia

    ReplyDelete
  22. aku pernah denger ini dari orang IT di kantor dulu, makasih ya infonya

    ReplyDelete
  23. Pembagian daya listrik itu memang ngga bisa disepelekan sih apalagi kalau udah berurusan dengan perusahaan. Setau saya, kalau pendistribusiannya ngawur, nanti ngefek ke perangkat. Cmiiw. Hehe

    ReplyDelete
  24. @Nyk : Perlu dong belajar tema lainnya, biar menambah wawasan baru

    ReplyDelete
  25. @Nomsaa : Yup itulah pentingnya memperhatikan kualitas perangkat PDU yang digunakan. Makanya pilih di Schneider Electric

    ReplyDelete
  26. @Shafira : Terima kasih juga sudah berkunjung ya

    ReplyDelete
  27. Sepertinya,hanya kantor tertentu yang punya fasilitas ini. Maaf ya mas. Baru banget buat saya. Hehe...

    ReplyDelete
  28. Wah artikelnya agak rumit buat saya yang mainannya ke dapur mas. Tapi menarik lho ternyata bahas perlistrikan begini. Maklum emak-emak taunya terima beres dan tinggal pakai hehehe

    Ngomong-ngomong soal Schneider Electric mah sudah teruji sejak dulu ya kualitasnya. Memang bagus dan gak kaleng-kaleng

    ReplyDelete
  29. Dulu saya pernah kerja di perusahaan distributor multinasional. Ada 1 ruangan khushs yg ada PDU nya. Etapi saya baru tau kalo itu namanya PDU setelah baca di sini hihihi

    ReplyDelete
  30. aku masih hang nih kalo baca artikel teknis begini. hahaha. Tapi aku bersyukur, berkat ada artikel bergizi gini aku jadi bertambah wawasan. Makasih udah sharing, Mas. Ntar aku baca beberapa kali lagi biar lebih paham

    ReplyDelete
  31. @Supadilah : Iya saya maafin Pak

    ReplyDelete
  32. @Arni : Nah ini, emak-emak yang paham Schneider Electric memang sudah terbukti andal untuk urusan perlistrikan...

    ReplyDelete
  33. @Helmiyatul : Hhahaha, gak apa-apa Mba meski terlambat, daripada gak tau sama sekali

    ReplyDelete
  34. @Merida : Sama-sama Mba Merida, makasih juga sudah berkunjung

    ReplyDelete
  35. aku sudah baca berulang ulang tapi masih sama saja tidak paham-paham. mungkin bukan di budangku. ternyata masih banyak ilmu yang belum aku tahu

    ReplyDelete
  36. @Agung Indra Wijaya : Bahasa sederhananya colokan Mas Agung, tapi jumlahnya lebih banyak

    ReplyDelete
  37. Bahasa IT ini membingungkan ya. Untuk oranh awan harus dibaca berkali-kali supaya paham. 😂

    ReplyDelete

Berlangganan via Email