Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Cara Membangun Website Photografi

Tips Membuat Website Photografi

Langkah untuk membangun website photografi bisa Anda lakukan dengan mudah. Sebuah website photografi memang akan menghadirkan berbagai koleksi gambar bagus yang sayang jika hanya dinikmati sendiri saja.

Membagikannya ke orang lain melalui website, tentu akan menjadikan karya Anda bisa dinikmati berbagai orang di seluruh dunia.

Pada dasarnya, untuk membangun website photografi bukanlah hal yang sulit. Namun memang, Anda harus bisa meluangkan waktu agar website yang Anda buat akan terlihat semakin profesional dan menarik.

Maka dari itu, penting sekali untuk membaca penjelasannya di artikel ini mengenai langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membangun sebuah website photografi.

Manfaat Website Photografi Bagi Seorang Fotografer

Menjadi fotografer adalah hobi yang tentunya menyenangkan. Bahkan, dari hobi atau kesenangan tersebut bisa menghasilkan pundi-pundi uang dan Anda akan semakin dikenal banyak orang.

Berikut adalah beberapa manfaat memiliki website photografi yang perlu Anda ketahui :

1. Semakin dikenal luas

Kesempatan agar dikenal luas oleh masyarakat umum atau mereka yang menekuni dunia photografi akan terbuka semakin besar, seandainya jika Anda memiliki sebuah website khusus photografi.

Tahun 2021, tercatat pengguna internet mendekati angka 4 miliar di seluruh dunia. Saat website Anda muncul di hasil pencarian di internet, tentu saja ribuan orang bisa menikmati dan melihat hasil karya Anda. Tentunya, nama Anda sebagai fotografer akan semakin dikenal luas.

2. Bisa menjual karya 

Menjual hasil karya merupakan hal umum yang bisa Anda lakukan melalui website pribadi, termasuk dalam hal ini adalah karya photografi yang memungkinkan para pengunjung bisa membelinya jika tertarik.

3. Monetisasi website

Selain mendapatkan uang dari menjual hasil karya, Anda juga bisa memasang space iklan di website yang Anda kelola. Iklan bisa dipasang secara mandiri atau mendaftarkan website ke Google AdSense, agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

Langkah-langkah Membangun Website Photografi yang Keren dan Profesional

Setelah Anda memahami apa saja manfaat memiliki website photografi, langkah selanjutnya perlu juga untuk belajar membuat website. Berikut panduannya :

1. Membeli domain

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu membeli domain melalui penyedia hosting maupun jasa jual beli hosting. Ada sejumlah tips yang bisa Anda terapkan untuk membeli domain, di antaranya :

  • Menggunakan top level domain (TLD), misalnya .com, .net, .id dan lain sebagainya
  • Gunakanlah nama domain yang unik dan mudah diingat serta memiliki relevansi dengan dunia photografi
  • Hindari menggunakan nama atau simbol untuk alamat website Anda, karena akan lebih sulit untuk diingat

2. Menyewa hosting

Menyewa hosting menjadi langkah yang harus dilakukan sekaligus berfungsi sebagai rumah, di mana seluruh data photografi dan data lainnya akan disimpan. Cloud vps dinilai akan sangat cocok bagi yang membutuhkan kapasitas penyimpanan media yang besar.

Pastikan Anda menggunakan layanan hosting terbaik yang sudah terbukti memberikan pelayanan maksimal dan profesional kepada konsumen.

Pastikan juga kapasitas datanya besar, karena untuk keperluan photografi tentu membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih lega, dibandingkan dengan website biasa yang lebih didominasi teks saja.

3. Menginstal wordpress

Dalam membuat website, tentunya Anda membutuhkan CMS atau sistem manajemen konten. Untuk saat ini yang terbaik masih dipegang oleh Wordpress dan ada sejumlah hal yang menjadi alasannya. 

Wordpress dianggap lebih user friendly, SEO friendly serta memiliki banyak plugin yang bisa membantu memaksimalkan tampilan dan performa website.

4. Mempercantik tampilan website

Dalam sebuah website photografi, sangat penting untuk memperhatikan tampilan website. Anda bisa memilih template gratisan yang sudah tersedia di library Wordpress. Atau bisa juga membeli template premium dari pihak ketiga, pastikan juga berasal dari sumber terpercaya dan aman.

Alasannya, ada risiko yang bisa dihadapi saat menggunakan template atau tema bajakan. Misalnya saja serangan dari malware atau virus, terjadi peretasan hingga kehilangan data-data penting. Jadi sangat penting memilih sumber template yang benar-benar kredibel.

5. Menginstall plugin

Melakukan instalasi plugin menjadi hal terakhir yang harus dilakukan agar website bisa berfungsi sepenuhnya. Ada beberapa jenis plugin yang akan membuat website photografi Anda semakin optimal, di antaranya sebagai berikut :

  • Yoast SEO, plugin yang berfungsi untuk optimasi SEO di konten secara lebih praktis
  • Jetpack, plugin ini sangat multifungsi, terutama untuk meningkatkan keamanan situs atau website
  • Tinyping, plugin yang bisa untuk mengkompres gambar secara otomatis agar mempercepat loading website
  • UpDraftPlus, plugin yang berfungsi untuk membantu backup otomatis agar data-data selalu aman

Memilih Layanan Hosting Terbaik

Untuk membangun website photografi secara lebih optimal, tentu membutuhkan jasa hosting terbaik. Salah satu layanan hosting yang direkomendasikan adalah hostadvice.com. Urusan membuat website photografi menjadi lebih mudah dan harganya relatif terjangkau.

Layanan Hosting Terbaik

Hostadvice.com menawarkan ragam pilihan hosting dengan harga terbaik dan pastinya ditunjang dengan fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Serta didukung dengan layanan service center 24 jam.

Agar tidak ketinggalan informasi paling update dari Hostadvice, Anda bisa mengikuti akun media sosial di bawah ini :

  • Facebook : hostadvice
  • Twitter : hostadvicecom
  • LinkedIn : host-advice

Demikian artikel mengenai panduan membuat website photografi dengan memanfaatkan layanan hosting dari Hostadvice.com.

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Manfaat dan Cara Membangun Website Photografi"

  1. Enggak heran lagi dah kalau sekarang banyak orang yang tertarik dengan profesi fotografer. Pekerjaan yang terlihat keren dan memang wow banget kenyataannya, apalagi sekarang banyak website yang bisa digunakan untuk menjual foto. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus