Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Keuntungan Investasi dan Bisnis Properti

Keuntungan Investasi dan Bisnis Properti

Saat ini ada banyak jenis aset yang bisa dijadikan instrumen investasi. Salah satunya adalah properti yang dari zaman dulu sampai sekarang terus populer dilirik oleh para investor.

Apa itu investasi properti dan apakah jenis aset ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang mengundang cuan di zaman sekarang? Mari cari tahu lebih jauh lewat pembahasan berikut ini.

Pengertian Investasi Properti

Pada dasarnya investasi merupakan teknik menyimpan aset untuk mendapatkan peningkatan nilai dari aset itu sendiri. Jenis aset yang bisa disimpan sangat beragam dan salah satunya adalah properti. 

Investasi properti bisa juga diartikan sebagai pembelian properti yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan lewat berbagai cara seperti penyewaan, jual beli, dan lain sebagainya. 

Investasi dalam bentuk aset properti ini bukan hal yang baru di kalangan masyarakat. Jauh sebelum dikenal investasi dalam bentuk saham dan reksadana, investasi properti menjadi primadona. 

Banyak orang yang beranggapan bahwa properti merupakan jenis aset terbaik untuk investasi di masa depan. 

Bukan hal yang aneh jika banyak orang yang memiliki lebih dari 2 rumah atau aset properti. Dimana mereka akan menggunakan 1 rumah sebagai tempat tinggal dan rumah lain sebagai investasi. 

Selanjutnya, investasi properti ini akan berubah menjadi peluang bisnis yang mendatangkan cuan. Entah lewat penyewaan aset atau penjualan kepada pihak lain. 

Keuntungan Investasi Properti

Mengapa berinvestasi dalam aset properti? Mari kenali lebih jauh apa saja keuntungan investasi properti ini. Berikut adalah deretan keuntungan yang bisa Anda dapatkan lewat investasi dan bisnis properti:

1. Bisa menjadi passive income

Keuntungan pertama, investasi properti bisa menjadi sebuah sumber passive income atau pendapatan pasif. Di masa depan nanti setelah Anda mungkin ingin pensiun dari pekerjaan, aset ini bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Tanpa harus bekerja, Anda bisa memperoleh pendapatan yang konsisten untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

Supaya bisa menjadi sumber passive income, maka Anda perlu melakukan tindakan tertentu pada aset properti yang dimiliki. Misalnya dengan menyewakannya kepada pihak lain yang membutuhkan. 

Zaman sekarang ini, fasilitas rumah sewa masih terus dibutuhkan karena banyak orang yang tidak bisa menjangkau pembelian rumah atau properti sendiri. 

2. Nilainya cenderung meningkat

Properti merupakan jenis aset yang nilainya cenderung meningkat. Bukankah dalam investasi kita harus mencari aset yang bisa memberikan cuan di masa depan? Dengan harganya yang terus meningkat, aset properti ini bisa dengan mudah memberikan cuan atau profit kepada pemiliknya. 

hal ini pula yang membuat properti menjadi aset investasi yang rendah risiko. Nilainya tidak terlalu fluktuatif seperti saham. 

Tidak heran jika jenis aset ini juga layak dijadikan sebagai peluang bisnis yang menggiurkan. Bahkan walaupun harganya turun, pembalikannya bisa berjalan dengan cepat sehingga tetap akan menghasilkan untung yang besar. 

3. Tidak tergerus inflasi

Bicara tentang apa itu investasi, kita tidak akan bisa lepas dari pembahasan mengenai inflasi. Sebelum memilih jenis instrumen untuk diinvestasikan, kita harus mempertimbangkan faktor inflasinya. Apakah aset tersebut akan mudah terpengaruh dan tergerus oleh inflasi atau tidak?

Khusus untuk aset properti ini, nilainya tidak akan tergerus inflasi. Hal ini disebabkan oleh nilai atau harga properti yang memang cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Bahkan kenaikannya mencapai 10-20% per tahun dan nilai ini jauh lebih besar daripada angka inflasi di tanah air. 

4. Cocok jadi investasi jangka panjang

Jika Anda mencari bentuk investasi yang bisa disimpan dalam jangka waktu panjang maka properti akan menjadi pilihan aset terbaik. Instrumen ini memiliki prospek yang sangat bagus untuk jangka panjang mengingat nilainya yang terus meningkat dari waktu ke waktu. 

Lebih dari itu, risikonya juga cukup rendah dan tidak perlu dipantau setiap hari karena tidak fluktuatif.

Investasi dan bisnis properti bisa menjadi sebuah pilihan tepat di zaman sekarang. Properti masih menjadi aset yang layak untuk diandalkan. 

Nilainya sangat menjanjikan bahkan untuk hitungan bertahun-tahun ke depan. Demi mengoptimalkan peluang profit dari investasi dan bisnis di bidang ini, maka pastikan untuk memilih aset properti yang tepat, strategis, juga diminati oleh masyarakat.

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Mengenal Keuntungan Investasi dan Bisnis Properti "

  1. Para pebisnis pasti tidak asing dengan yang satu ini, investasi kini menjadi pilihan dan banyak cara untuk melakukannya. Salah satunya bisnis properti yang enggak jauh dari investasi, selalu nempel hehe apalagi memang investasi ke bisnis properti itu menguntungkan serta terjamin. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus