Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Membuat Rumah Type 36 dengan Dana Terbatas

Tips Membuat Rumah Type 36

Membangun rumah impian memang tidak semudah yang dibayangkan. Banyak hal yang harus dipersiapkan dan salah satunya dana. Saat dana terbatas, pembangunan rumah type 36 sebenarnya masih bisa diusahakan secara optimal.

Rumah ini juga bisa didesain sedemikian rupa sehingga terlihat jauh lebih luas, nyaman, dan tentunya cukup kokoh untuk ditempati. 

Membangun Rumah Hemat Biaya

Pada dasarnya memang sebagian besar orang mengalami kesulitan membangun rumah karena masalah biaya. Namun jika bisa menerapkan strategi yang tepat, maka pembangunan rumah dengan biaya terbatas pun masih memungkinkan. 

Berikut adalah 5 tips yang dapat dilakukan untuk membangun rumah type 36 sesuai impian dengan biaya yang hemat:

1. Tentukan Jumlah dan Jenis Ruang

Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu menentukan jumlah dan jenis ruang yang akan disertakan di rumah tersebut. Biaya pembuatan rumah tentu saja akan sangat dipengaruhi oleh banyaknya ruang yang akan dibuat. 

Apalagi jika ukuran luasnya terbatas, tentu hal ini harus dipikirkan baik-baik agar tidak salah perhitungan. 

Dalam penentuan jumlah ruang ini, Anda bisa juga langsung menentukan jenis ruang apa saja yang akan dimiliki di rumah. Jika ingin hemat biaya dan membuat rumah ini tetap terlihat luas, maka buatlah ruangan yang diperlukan saja. 

Buat saja ruang-ruang yang memang punya fungsi primer dan dibutuhkan oleh semua anggota keluarga. 

2. Pilih Material dengan Cermat

Selanjutnya pilihlah bahan material bangunan yang benar secara cermat. Material bangunan ini menjadi faktor paling penting dalam proses pembangunan rumah. Selain menentukan kualitas rumah, material juga akan menentukan berapa banyak biaya pembangunan yang harus dikeluarkan. 

Jika memang dananya terbatas, maka pastikan untuk selektif memperhatikan harga material yang beredar di pasaran. 

Tidak masalah jika memang ingin memilih material dengan harga terjangkau. Hanya saja tetap penting untuk membandingkan kualitasnya dan jangan sampai mengabaikan kualitas rumah karena terlalu menghemat biaya pembangunan. 

3. Pakailah Jasa Tukang dengan Sistem Borongan

Pembangunan rumah yang hemat biaya bisa diwujudkan dengan pemakaian jasa tukang sistem borongan. Ini lebih direkomendasikan karena sistemnya praktis dan membuat tukang secara otomatis harus selesai sesuai target waktu yang ditentukan. 

Risiko keterlambatan jauh lebih kecil dan biaya yang dikeluarkan juga tidak akan membengkak. 

Namun perlu diketahui bahwa sistem borongan ini membuat Anda tidak bisa mengganti tukang di tengah jalan. Lain dengan sistem harian dimana Anda bisa mengganti tukang kapan saja jika sewaktu-waktu merasa tidak cocok. 

Jadi pastikan bahwa tukang yang diajak bekerja sama benar-benar punya kualitas dan bisa memberikan hasil sesuai harapan Anda. 

4. Pilih Desain yang Fungsional

Jenis rumah dengan type 36 ini sebaiknya lebih diutamakan fungsinya. Dari segi ukuran memang tidak terlalu luas sehingga harus benar-benar dipastikan semua sudut atau ruangan berfungsi dengan baik. 

Jangan sampai ada bagian yang terbuang sia-sia padahal sudah dibangun dengan menggunakan dana yang lumayan besar. 

Penyusunan desain rumah ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Tidak hanya memperhatikan faktor estetik tapi juga fungsi dan kenyamanan pemilik rumah. 

Selain itu, Anda juga bisa mencari banyak referensi dari internet mengenai desain rumah dengan tipe 36 yang menarik untuk ditiru. 

5. Lakukan Pengisian Furniture secara Bertahap

Selain pembuatan bangunannya, Anda juga harus mulai memikirkan furniture yang akan dipakai untuk mengisi rumah. Jika ingin berhemat, maka sangat disarankan untuk melakukan pengisian furniture secara bertahap. 

Mulai saja dari yang paling penting atau esensial terlebih dahulu. Baru setelah itu bisa lanjut ke pernak-pernik atau dekorasi lainnya. 

Demi menghadirkan rumah yang nyaman bagi semua anggota keluarga, pemilihan furniture juga harus dilakukan dengan cermat. Namun tidak harus lengkap dalam satu waktu. Pelan-pelan saja asalkan bisa memenuhi kebutuhan utama terlebih dahulu.

Anda bisa mewujudkan rumah impian yang hemat biaya dengan material berkualitas dari toko bangunan online Tokban. Pilihan material bangunanya lengkap, berkualitas, dan tentu saja bisa diperoleh dengan harga yang bersahabat. Menariknya lagi belanja material bangunan di sini bisa dilakukan secara online dari mana saja dengan mudah tanpa perlu ribet.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Tips Membuat Rumah Type 36 dengan Dana Terbatas "