Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Membeli Alat Berat Bekas di Scanina

Tips Membeli Alat Berat Bekas

Fungsi alat berat bagi beberapa jenis pekerjaan sangat penting. Dengan menggunakan alat berat, pekerjaan bisa lebih cepat selesai, mudah dan efisien. Bagi perusahaan tertentu, alat ini merupakan bagian dari aset yang penting untuk bisa mendapatkan banyak keuntungan. Salah satu marketplace alat berat yang terkenal adalah Scanina.

Untuk meminimalisir pengeluaran dan efisiensi biaya, beberapa perusahaan lebih memilih rental alat berat. Baik membeli maupun menyewa harus dilakukan dengan selektif. Tujuannya adalah agar jangan sampai salah memilih dan mendapatkan alat yang ternyata tidak dapat bekerja dengan baik. 

Poin yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Alat Berat

Banyak toko yang jual alat berat, baik baru maupun bekas dengan harga bervariasi. Scanina merupakan merek yang sudah banyak digunakan oleh perusahaan skala besar dan kecil. 

Memilih alat berat tidak boleh sembarangan. Jangan sampai sudah mengeluarkan uang cukup banyak, tapi ternyata tidak dapat memanfaatkan secara maksimal.

Tidak sedikit alat berat bekas yang masih berkualitas dan dijual dengan harga murah.  Perusahaan atau pengguna sebelumnya bisa saja menjual alat tersebut meski masih bagus.

Alasannya karena ingin ganti dengan tipe lain atau pekerjaan yang sekarang membutuhkan jenis spesifikasi tertentu. Sebelum menyewa atau beli excavator dan alat berat bekas lainnya, bisa perhatikan beberapa hal ini:

1. Pastikan fungsi alat berat tersebut

Sebelum membeli atau menyewa alat berat, pastikan fungsi atau kegunaan yang diinginkan. Jika digunakan untuk mengangkut, maka berbeda dengan yang akan digunakan untuk menggali tanah. Salah memilih akan menjadikan alat tersebut tidak dapat difungsikan dan justru hanya membuang uang saja.

2. Akan digunakan di lokasi seperti apa

Fungsi alat berat adalah untuk membantu meringankan pekerjaan. Pada saat memilih, pastikan terlebih dulu lokasinya apakah luas atau sempit. Alat berat berukuran besar dapat bekerja dengan cepat dan menyelesaikan pekerjaan dengan volume besar. 

Namun jika akan digunakan di tempat yang sempit, tidak efektif. Pergerakan alat tersebut akan terbatas. 

Untuk tempat yang kurang luas, alat dengan ukuran kecil justru lebih tepat. Alat tersebut akan mudah bergerak sesuai dengan fungsinya. Namun jika digunakan pada lokasi yang cukup luas, kurang efisien. Pekerjaan baru akan selesai dalam waktu lama.

3. Jenis material 

Alat berat memiliki spesifikasi khusus. Bagian ujung yang berfungsi untuk mengeruk misalnya, terbuat dari bahan yang berbeda. Ada yang cocok untuk jenis material berlumpur, tanah keras atau batu. Jika salah memilih, maka alat tidak akan dapat bekerja dengan baik, bahkan mungkin bisa menimbulkan kerusakan.

4. Cek fisik

Pengecekan fisik sangat penting. Perhatikan bodi alat yang akan dibeli atau disewa. Bagian yang lecet atau rusak bukan hanya membuat terlihat kurang menarik, tetapi juga bisa saja mengurangi fungsinya. 

Karena itu sebaiknya mengecek dengan cermat. Pertimbangkan apakah jika ada cacat tersebut tetap akan membelinya karena harga yang jauh lebih murah atau memilih item lain. 

5. Test drive unit

Test drive sangat penting dilakukan. Dengan melakukannya, akan mengetahui secara pasti bagaimana kondisi mesin dan fungsi setiap bagian. Tanpa mencoba, kemungkinan konsumen akan mendapatkan alat yang ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi. 

Ketika melakukan test drive bisa mengajak orang yang berpengalaman, seperti teknisi yang biasa menggunakan alat sejenis. Setelah itu, sebaiknya lakukan review atau pertimbangkan terlebih dulu, jangan langsung memutuskan untuk memilih alat tersebut. 

6. Lihat bagian bawah bodi

Beberapa calon pembeli atau penyewa kurang memperhatikan bagian bawah bodi. Padahal bagian ini cukup penting. Bekas oli atau bahan bakar yang bocor akan terlihat di sini. Begitu juga jika alat pernah terbentur dengan sangat keras, sehingga mengurangi fungsi dan kenyamanan dalam penggunaannya. 

7. Pilih merek terpercaya

Bagian ini sangat penting, yaitu memilih merek terpercaya seperti Scanina. Faktor harga dan alat berat akan digunakan untuk apa, seringkali menjadi pertimbangan pertama, tetapi merek juga harus mendapat perhatian.

Merek terpercaya akan memberikan layanan purna jual yang baik, seperti mudah untuk mendapatkan suku cadang, banyak service center dan lainnya. Begitu juga dengan teknisi profesional yang siap untuk membantu jika ada masalah dengan unit.

Mengenal Scanina

Scanina berdiri di bawah bendera PT. Surya Cakra Anugerah Nusantara (SCAN), yang merupakan bagian dari PT Astra Internasional dan Marubeni Corporation.

Scanina dikenal sebagai marketplace jual beli dan sewa berbagai alat berat dari beragam brand terkenal, mulai dari Komatsu, Bomag, Caterpillar, Hitachi, UD Trucks Scania, Isuzu dan lain sebagainya.

Keberadaan marketplace Scanina sangat membantu dalam pemenuhan kebutuhan para pelaku bisnis yang ingin bertransaksi alat berat bekas dan sewa menyewa alat berat secara digital.

Scanina memiliki keunggulan dibandingkan dengan marketplace alat berat lainnya, karena telah dilengkapi dengan fitur yang akan membantu memberikan gambaran secara detail dan faktual kepada user, juga telah disematkan, di antaranya SCAN Compare, SCAN Look Assurance dan SCAN Used Equipment Certified.

Berkat fitur unik tersebut, akan memberikan jaminan berkualitas terbaik kepada setiap unit yang ditawarkan. Apalagi Scanina juga telah mengantongi sertifikasi ISO 27001 untuk kategori information security management.

Melalui website Scanina, akan memudahkan berbagai perusahaan untuk mengetahui harga alat berat sekaligus untuk rental, terutama untuk perusahaan tambang, perumahan, pembukaan lahan dan lainnya.

Demikian informasi mengenai tips membeli alat berat bekas melalui marketplace Scanina. 

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "7 Tips Membeli Alat Berat Bekas di Scanina "

  1. Alat seperti pasti dibutuhkan oleh perusahaan atau bisnis yang bersangkutan, jarang nemu ada barang bekas gini. Mantep nih ternyata ada di scanina yang rekomend untuk membeli alat berat. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus