Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis

Cara Membuat Daftar Pustaka di Word

Membuat sebuah makalah atau tugas adalah salah satu hal yang sering dilakukan di sekolah atau di kampus, selain itu pada saat bekerja, kita juga mungkin akan sering membuat makalah untuk beberapa kepentinga
n. 

Bagi Anda yang baru saja pertama kali menulis sebuah makalah, mungkin Anda akan mengalami sedikit kesulitan untuk membuat salah satu bagian dari makalah, yaitu daftar pustaka.

Untuk hal ini Anda jangan khawatir dulu, karena cara membuat daftar pustaka di word ini sangatlah mudah. Daftar pustaka ini bukan hanya ada di artikel ilmiah, jurnal, disertasi, tesis dan juga skripsi.

Daftar pustaka biasanya terdiri dari susunan tulisan yang ada di bagian akhir dari sebuah karya ilmiah. Daftar pustaka juga termasuk bab yang cukup penting dan wajib untuk dilampirkan. Jika tidak ada daftar pustaka, maka karya ilmiah ini tidak bisa untuk dibuktikan kebenarannya. 

Pengertian Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah sebuah daftar yang terdiri dari isi mengenai judul buku, artikel atau bagian lainnya yang memiliki hubungan dengan karangan, misalnya jurnal, skripsi hingga tesis.

Dari daftar pustaka yang ada di bagian akhir tulisan, para pembaca ini bisa melihat lagi sumber aslinya. Poin yang seharusnya dicantumkan di dalam daftar pustaka ini adalah nama penulis, judul tulisan, identitas penerbit, penerbit dan tahun penerbit.

Fungsi dari daftar pustaka ini, yaitu sebagai bahan rujukan dari seorang penulis dalam membuat karya. 

Cara Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Menggunakan Microsoft Word

Berikut ini adalah informasi mengenai cara mudah untuk membuat daftar pustaka secara otomatis hanya dengan menggunakan Microsoft Word :

1. Buka sebuah dokumen di Microsoft Word yang akan diberi daftar pustaka.

2. Klik menu "References" pada menu bar.

3. Jika sudah, pada bagian Citations & Bibliography pilihlah "Insert Citation", lalu klik "Add New Source". Sebelum itu jangan lupa untuk memastikan style yang Anda gunakan adalah "APA".

4. Selanjutnya Anda bisa melakukan pengisian untuk semua kolom yang tersedia, lalu pilih OK.

5. Pada bagian "Type Of Source" terdapat beberapa pilihan yang bisa Anda pilih.

6. Lalu akan muncul tampilan, lakukan pengisian pada semua kolom yang tersedia, dan klik OK.

7. Pada bagian "Type Of Source" ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih, yaitu :

  • Book
  • Book Section
  • Journal Article
  • Article in a Periodical
  • Conference Proceeding
  • Report

Cara Menulis Daftar Pustaka

1. Melalui website

Kita bisa menemukan berbagai informasi dengan sangat cepat lewat internet. Ketentuan dalam menulis daftar pustaka dari website atau dari media online ini mengharuskan Anda untuk memasukkan alamat URL dengan lengkap dan juga waktu kapan Anda mengaksesnya.

Berikut ini contohnya :

Roland Hughes. 2018. "Muslim Uighur Dan Perlakuan Cina Terhadap Mereka, Yang Perlu Anda Ketahui" Diakses pada https://www.bbc.com/indonesia/amp/dunia-46601638 pada 05 Agustus 2021 pukul 15.44 WIB

2. Melalui skripsi dan thesis

Jika Anda memakai rujukan dari skripsi atau thesis, maka penerbitnya adalah universitas di mana thesis dan skripsi tersebut diajukan dan dibuat.

Berikut ini contohnya :

Sugiya, Aritasius. 2012. Strategi Transformasi Konvergensi Media. Jakarta: Universitas Indonesia

3. Melalui buku

Untuk menulis daftar pustaka dari buku ini adalah contoh menulis yang benar. Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (italic). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Demikian artikel yang bisa Blogmashendra.com bagikan mengenai cara membuat daftar pustaka secara otomatis dengan menggunakan Microsoft Word. Semoga bisa bermanfaat, terutama bagi Anda yang berkecimpung di dalam dunia kepenulisan.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis"