Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Merawat Mobil yang Bikin Awet

Tips Merawat Mobil Agar Awet

Ketika membeli mobil, hal utama yang mesti dipikirkan tidak hanya asuransi mobil saja. Kamu juga seharusnya memikirkan bagaimana cara merawat mobil agar selalu nyaman digunakan dan tidak mudah rusak.

Berikut ini 10 cara merawat mobil yang bisa membuat mobil kamu lebih awet dan nyaman saat dikendarai. Simak di bawah ini ya.

Cara Merawat Mobil dengan Benar

Entah itu mobil matic atau manual, keduanya sama-sama memerlukan perawatan. Mungkin saja cara merawat mobil matic akan berbeda. Namun, secara umum, kamu bisa ikuti langkah cara merawat mobil yang benar berikut ini.

1. Memeriksa Kopling dan Rem

Ketika mobilmu sudah menempuh jarak 10.000-50.000 km, maka diwajibkan untuk memeriksa kendaraan. Perhatikanlah apakah ampas koplingnya sudah mulai aus atau belum.

Sebab, jika sudah aus, maka perpindahan gigi pastinya bakal terasa lebih berat. Kondisi rem harus kamu cek juga secara berkala. Ada baiknya untuk mengganti minyak rem setiap 20.000 km.

2. Mengecek Oli Secara Rutin

Jika kamu melihat petunjuk buku manual, maka akan ada bacaan bahwa cek oli sangat dianjurkan setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali. Lain halnya, jika kamu selalu menghadapi kemacetan di tengah jalan, maka mengganti oli justru diperlukan setiap 5.000 km.

Hal lain yang mesti kamu ingat yakni ketika mobil sudah terasa kasar serta warna olinya hitam dan encer juga jadi pertanda bahwa kamu harus segera mengganti oli.

3. Membersihkan Kaca

Untuk kaca sendiri bisa kamu bersihkan dengan cairan khusus glass cleaner. Lalu, jangan lupa mengecek kualitas air washer nya. 

Saat membersihkannya, pastikanlah bahwa karet di jendela bebas dari kotoran dan debu agar kaca tidak baret.

4. Merawat Aki

Ada dua tipe aki mobil, yaitu aki basah dan maintenance (kering). Aki memiliki kaitan yang erat dengan sistem kelistrikan. Lalu, perawatan kedua aki juga tidak sama.

Untuk aki basah, banyak para montir yang mengatakan kalau perawatannya sedikit sulit. Sebab, kamu mesti mengisi cairan elektrolit secara rutin jika berkurang.

5. Menambah Persediaan Air Wiper

Air wiper berfungsi untuk membersihkan permukaan kaca. Agar wiper mobil kamu tetap awet, sebaiknya gunakan cairan khusus untuk wiper

Jika air wiper tidak pernah kamu isi, tentu saja akan sangat mengganggu sekali saat hujan deras. Sebab, ia tidak bisa menjalankan fungsinya secara maksimal.

6. Mengganti Air Radiator

Fungsi air radiator adalah untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil. Sehingga cara merawat mobil satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Sebab, air radiator sangatlah penting untuk menunjang performa mobilmu.

7. Mengecek Ban dan Tekanan

Berhubung ban memiliki fungsi penting agar mobil bisa berjalan, maka sebaiknya kamu juga tahu bagaimana cara mengganti ban mobil. 

Terlebih, jika tiba-tiba ban rusak di tengah jalan dan sekeliling sepi, hal tersebut tentu akan mengganggu perjalananmu. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengecek bagaimanakah kondisi ban sebelum bepergian jauh.

Setelah mengecek kondisi ban, pastikan juga bagaimana kondisi tekanan anginnya.
Kamu bisa coba menendang ban mobil dengan kaki. Apabila bunyinya keras serta pantulannya kuat, bisa dibilang kalau tekanan ban terlalu tinggi, begitu juga sebaliknya.

8. Membersihkan Bagian Dalam Mobil

Sebagian orang mungkin berpikir, apa penting membersihkan bagian dalam mobil? Justru bagian dalam yang lebih rentan membuat bagian mobil jadi berkarat. Ini termasuk cara merawat mobil di rumah yang sangat mudah dan praktis. 

Jika kamu tidak membersihkan bagian dalam mobil, misalnya jok secara berkala, kemungkinan terjadinya perubahan warna lebih tinggi. Walaupun tidak ada kotoran yang masuk, justru perubahan ini bisa terjadi karena keringatmu sendiri.

Karena kabin dan karpet termasuk salah satu yang paling rentan dalam pertumbuhan jamur, maka juga harus dibersihkan secara rutin.

9. Menggunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Cara merawat mobil yang benar yakni menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Opsi lain yaitu menggunakan bahan bakar sesuai anjuran pabrik.
Jika bahan bakar yang kamu gunakan itu kotor, maka bisa memengaruhi kinerja dari mesin mobil. Terakhir, usahakanlah untuk mengisi bahan bakar di tempat yang resmi.

10. Mencuci Mobil Secara Rutin

Jika tidak mengerti cara mencuci mobil, tentu kamu harus bersiap-siap untuk mengeluarkan uang dari kantongmu setiap minggunya. Sekalipun itu musim hujan, mencuci mobil wajib dilakukan setiap minggu.

Namun, jika tidak boleh terlalu sering. Sebab, bisa membuat bodi mobil jadi lembab dan akhirnya lebih rentan akan jamur yang mana bisa merusak catnya, terutama mobil warna hitam.

Apabila jarang dicuci, maka flek noda akan lebih mudah hinggap di mobilmu. Noda-noda tersebut bisa membuat berbagai komponen mobil jadi cepat berkarat.

Sebaiknya kamu menggunakan sampo khusus mobil untuk membersihkannya. Penggunaan produk perawatan mobil lainnya mungkin juga bisa jadi alternatif membersihkan mobil.

11. Memanaskan Mobil Setiap Hari

Apakah kamu rutin memanaskan mobil sebelum berangkat kerja? Jika masih belum, cobalah untuk memanaskannya, kira-kira 30 detik–1 menit setiap harinya. Tentu saja, performa mobil yang dipanaskan jauh lebih baik dan jarang muncul gangguan.

Memanaskan mobil setiap hari juga membuat oli jadi merata ke seluruh bagian mesin. Namun, perlu diingat, saat memanaskan mobil jangan menyalakan AC dan panaskan dengan transmisi di posisi netral.

Asuransi Mobil

Cara merawat mobil di atas mungkin tampaknya melelahkan, tetapi ini harus dilakukan jika kamu tidak ingin mengeluarkan biaya yang besar demi perawatan mobil.

Di samping itu, pastikan juga bahwa mobil kesayanganmu tersebut sudah mendapatkan jaminan perlindungan ekstra dari Simas Insurtech yang akan menanggung semua biaya perbaikanmu nanti. Jadi, tabungan kamu akan aman.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "11 Cara Merawat Mobil yang Bikin Awet"