Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salah Transfer? Tetap Tenang! Cek Rekening Bank dan Ini Cara Mengurusnya

Tidak sedikit orang yang pernah salah melakukan transfer uang karena berbagai sebabnya. Namun, kesalahan paling utama biasanya terjadi karena kurang teliti ketika memasukkan nomor rekening dan kode bank tujuan. Jika terjadi salah transfer, hal pertama yang perlu dilakukan adalah cek rekening bank.

Cara Mengurus Salah Transfer Antar Bank
Image : https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-dengan-smartphone-memegang-kemeja-kotak-kotak-putih-dan-hitam-lengan-panjang-5965577/

Melalui daftar transaksi rekening, kamu bisa melihat apakah nomor rekening dan kode bank yang di-input telah sesuai atau belum. Selanjutnya kamu perlu mencari cara mengatasi agar uangmu bisa kembali.

5 Cara Mengurus Salah Transfer Uang

Cek Rekening Bank
Image : https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-etnis-menjelajahi-ponsel-cerdas-di-taman-5553092/

Ketika terjadi salah transfer uang, kamu perlu langsung cek rekening bank untuk memastikan apakah transaksi telah berhasil dilakukan dan uang terkirim ke rekening penerima. Jika benar uang tersebut diterima orang yang salah, kamu perlu mengurusnya agar uangmu bisa kembali.

Berikut ini langkah-langkah mengurus salah transfer uang yang perlu kamu ketahui :

  • Tenangkan diri terlebih dulu, agar kamu bisa berpikir jernih, segera simpan bukti salah transfer tersebut
  • Jika sebelumnya kamu tidak menyimpan bukti transferannya, segera lakukan cek rekening bank untuk melihat daftar mutasi. Di sana terdapat riwayat transaksi yang telah berhasil dan bisa dijadikan sebagai bukti
  • Hubungi pihak bank melalui call center atau bisa juga datang langsung ke kantor cabang. Kemudian buatlah laporan untuk membatalkan transaksi tersebut
  • Siapkan identitas dan bukti salah transfer untuk diserahkan kepada pihak bank
  • Selanjutnya, kamu perlu menunggu pihak bank untuk melakukan proses pengembalian dana sesuai kebijakan bank masing-masing. Setelah bank mengonfirmasi bahwa transaksi telah dibatalkan dan uang berhasil dikembalikan, lakukan cek rekening bank untuk memastikan kembali.

Tips Agar Tidak Salah Transfer Uang

Menggunakan rekening bank memang bisa membantu memudahkan urusan transaksi, tetapi ada kalanya terjadi kesalahan ketika menggunakan layanan di dalamnya. Sebagian orang mungkin belum paham betul dengan apa itu rekening bank.

Rekening bank adalah sebuah catatan transaksi keuangan antara pihak nasabah dan pihak bank serta posisi keuangan yang dihasilkan dari pihak nasabah dan juga pihak bank. 

Jadi, setiap orang memiliki rekening bank yang berbeda untuk membedakannya, bank memberikan nomor rekening kepada masing-masing nasabah.

Selain itu, terdapat definisi lain yang menyatakan bahwa rekening bank adalah nomor yang dikeluarkan oleh bank yang berguna untuk melakukan transaksi di bank. 

Contohnya seperti untuk keperluan menabung, tarik tunai dan cek saldo yang dilakukan melalui ATM maupun layanan mobile banking.

Nah, kembali lagi ke perubahan utama, yaitu tips agar tidak salah transfer, berikut ini penjelasan selengkapnya :

  1. Selalu cek nomor rekening tujuan secara berulang agar tidak salah transfer
  2. Pastikan kamu memasukkan kode bank tujuan dengan benar
  3. Sebelum melanjutkan transaksi, cek nama pemilik rekening apakah telah sesuai dengan nama penerima yang dituju atau tidak
  4. Simpan bukti transaksi untuk berjaga-jaga jika ada masalah atau terjadi salah transfer uang

Transaksi Jadi Lebih Mudah dengan Menggunakan PermataMobile X

Dengan memiliki rekening PermataBank, kamu bisa menggunakan aplikasi PermataMobile X untuk mendukung kebutuhan transaksi harian. 

Berikut kelebihan menggunakan aplikasi PermataMobile X :

  • Cek rekening bank untuk semua akun PermataBank mulai dari tabungan, deposito, giro, kartu kredit, KPR, KTA, reksa dana hingga obligasi menjadi lebih praktis,  karena bisa dilakukan di satu layar
  • Cek daftar transaksi hingga 12 bulan terakhir di semua akun PermataBank
  • PermataMobile X menawarkan ratusan fitur transaksi untuk mempermudah aktivitas keuangan nasabah dan memenuhi berbagai kebutuhan perbankan

Dengan menggunakan PermataMobile X, cek rekening bank menjadi lebih mudah, bukan hanya itu saja. Tersedia berbagai fitur unggulan yang akan menunjang berbagai kebutuhan transaksi harianmu, di antaranya :

Investasi

Investasi Reksadana jadi lebih mudah, karena proses pembelian dan penjualan hingga switching investasi bisa dilakukan secara online.

Kartu Kredit

Pengajuan kartu kredit, penambahan kartu, mengubah transaksi menjadi cicilan (convert to installment) hingga mendapatkan kenaikan limit, sementara bisa dilakukan secara online di aplikasi.

Pinjaman

Dana tunai (Cash on Call) melalui fasilitas personal loan juga diajukan dengan proses cepat melalui aplikasi.

Finger Print dan Face ID

Login ke PermataMobile X dengan praktis dan aman, karena telah dilengkapi dengan fitur finger print dan face ID atau teknologi pengenalan wajah.

QR Pay

Lakukan pembayaran lebih cepat dengan menggunakan barcode melalui dompet digital di banyak toko dan merchant.

PermataStore

Tidak perlu lagi ke bank untuk membeli bermacam produk perbankan, karena pembelian bisa dilakukan secara online.

Transfer ke nomor hape dan Whatsapp

Transfer secara instan dalam hitungan detik jadi lebih mudah dengan menggunakan nomor hape atau bisa menggunakan kartu ucapan digital ke nomor Whatsapp.

Digital Token

PermataMobile X telah menggunakan digital token yang dibuat sendiri dalam aplikasi, sehingga tidak perlu lagi menerima SMS OTP.

Cek rekening bank jadi lebih mudah menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X, berikut ini cara pendaftarannya :

  • Unduh aplikasi PermataMobile X di Google Play untuk pengguna Android atau App Store pengguna iOS
  • Setelah terunduh di hape, buka aplikasi dan pilih "Mulai"
  • Akan muncul pertanyaan, "Apakah kamu punya rekening PermataBank?". Lalu pilih "Ya". Jika sudah memiliki rekening dan sebaiknya pilih "Tidak" jika belum memiliki rekening, di mana selanjutnya kamu akan diarahkan ke PermataStore untuk pilihan rekening simpanan
  • Setelah itu akan muncul pertanyaan, "Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X?", lalu pilih "Tidak"
  • Kamu bisa memilih menggunakan kartu kredit atau nomor rekening untuk lanjut ke proses pembukaan rekening selanjutnya
  • Terakhir, ikuti petunjuk sesuai arahan hingga kamu menerima user ID

Segera daftarkan diri di aplikasi PermataMobile X, manfaatkan berbagai fitur di dalamnya dan rasakan kemudahan melakukan berbagai transaksi, termasuk cek rekening bank.

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Salah Transfer? Tetap Tenang! Cek Rekening Bank dan Ini Cara Mengurusnya"

  1. Wah solusi banget ini, sering banget salah transfer saking pusingnya dan cukup mudah cara mengurusnya. Membantu banget, terima kasih informasinya!

    BalasHapus