Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Mencari Kosan Jakarta Selatan Secara Lebih Efisien

Tips Mencari Kosan Jakarta Selatan

Saya akui memang mencari kosan Jakarta Selatan itu nggak mudah. Hal ini saya ketahui dari salah seorang rekan kerja saya. Dia mengaku cukup sulit mencari kosan. Sekalinya ada, jaraknya cukup jauh dari tempat kerja, meski harganya murah. Atau ada juga yang jaraknya dekat ke kantor, tapi harganya selangit. Namun karena dia butuh banget, mau nggak mau dia pun memilih opsi yang kedua.

"Alhamdulillah, saya sudah dapat kosan, meski harga sewanya 2 juta sebulan. Mau gimana lagi, saya kan butuh kosan yang dekat ke kantor, biar jarak tempuhnya dekat dan nggak terlambat ke kantor".

Teman kerja yang berasal dari Pangkal Pinang ini sempat curhat. Katanya dia ngekos seharga 2 juta sebulan. Kalau dipikir-pikir, harga segitu sudah bisa buat nyicil rumah setiap bulannya.

Dia ngekos di bilangan Setia Budi, Jakarta Selatan, tapi kerjanya di salah satu hotel di Thamrin, Jakarta Pusat. Jaraknya memang tidak terlalu jauh. Cukup naik ojek dari kosan ke kantor hanya sekitar 15 menit saja. Makanya dia lebih memilih kosan tersebut.

Jika dia memilih kosan yang harganya lebih murah, tapi jarak ke kantor cukup jauh. Tentu saja dia harus spend waktu yang cukup untuk bisa sampai ke kantor agar tidak terlambat. Apalagi lalu lintas di Jakarta sangat padat. 

Akhirnya dia pun memutuskan untuk memilih kosan yang jaraknya dekat ke kantor, meski harganya cukup mahal. 

Tips Mencari Kosan Jakarta Selatan Agar Mendapatkan Kosan yang Nyaman dan Sesuai Kebutuhan

FYI, Jakarta Selatan merupakan salah satu wilayah di Kota Jakarta yang memiliki banyak sekali gedung perkantoran maupun kampus, sehingga aktivitas bisnis di wilayah tersebut cukup tinggi. 

Peluang ini, sontak dimanfaatkan oleh para pebisnis kosan untuk membuat kosan di wilayah Jakarta Selatan. Mulai dari kosan sederhana dengan harga yang murah, hingga kosan mewah dengan harga wah.

Namun, meski jumlah kosan Jakarta Selatan terbilang cukup banyak, tetapi untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Karena tingkat persaingan untuk mendapatkan kosan di wilayah tersebut cukup tinggi. 

Ditambah lagi dengan para pendatang dari berbagai daerah yang ingin bekerja maupun kuliah di Jakarta Selatan. Apalagi Jakarta Selatan merupakan lokasi yang strategis dan banyak sekali pilihan kulinernya.

Namun, bagi kamu yang ingin mencari kosan di Jakarta Selatan tidak perlu terlalu khawatir. Meski begitu, kamu masih bisa mendapatkan kosan yang sesuai dengan kebutuhan di sana. Berikut tips-tips yang perlu kamu coba terapkan :

1. Cari kosan jangan mendadak dan lakukan survei kecil-kecilan

Bagi kamu yang ingin melihat langsung ke lokasi, sebaiknya susun rencana atau planning untuk melakukan survei ke lokasi terlebih dulu. Misalnya hari ini ke wilayah A, besok ke wilayah B dan seterusnya. Hingga kamu mendapatkan kosan yang kamu inginkan.

Kosan yang lokasinya strategis dan fasilitasnya lengkap, biasanya menjadi incaran banyak orang. Istilahnya siapa cepat, dia dapat. Kalau tidak dilakukan jauh-jauh hari, kamu bakalan pusing mencari kosan yang bagus dan sesuai kebutuhanmu.

Ketika kamu survei, catat informasi yang kamu peroleh agar nantinya bisa kamu bandingkan dengan kosan yang lainnya, sehingga kamu bisa lebih mudah mengambil keputusan. Namun jangan kelamaan juga, karena bisa saja kosan yang sudah kamu survei keburu diambil oleh orang lain.

2. Minta rekomendasi dari teman atau saudara

Tips mencari kosan Jakarta Selatan selanjutnya adalah meminta tolong teman atau saudara yang tinggal di Jakarta, untuk mencarikan info soal kosan. Mungkin saja temanmu punya relasi atau saudara yang mengelola kosan. Atau bahkan pemilik kosan langsung. 

Dengan demikian, usaha kamu dalam mencari kosan akan sedikit lebih ringan. Kamu juga tidak membuang waktu dan tenaga terlalu banyak.

Setiap informasi yang kamu dapatkan, bisa menjadi bahan pertimbangan apakah kamu ingin memilih kosan tersebut atau tidak. Cara ini juga sering dilakukan oleh beberapa teman kerja saya di hotel, yang juga meminta dicarikan kosan di wilayah tertentu.

3. Perhatikan akses, fasilitas dan lingkungan sekitar kosan

Mencari kosan di daerah Jakarta Selatan ini penting banget untuk memperhatikan akses ke tempat kerja ataupun kampus. Apalagi aktivitas di wilayah ini cukup tinggi, sehingga lalu lintasnya selalu padat. Jika kamu ingin lebih mudah ke mana-mana, maka pilihlah kosan yang lokasinya strategis. Namun pastinya harganya lebih mahal.

Selain memperhatikan akses, kamu juga perlu mengetahui fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan. Apakah fasilitas yang kamu dapatkan sebanding dengan biaya sewa yang kamu bayarkan? Jika kamu mengutamakan kenyamanan, maka kamu bisa memilih kosan dengan fasilitas yang lengkap dan tentu saja kamu harus merogoh kocek lebih dalam lagi.

Hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah keadaan lingkungan di sekitar kosan. Apakah lingkungan di sekitarnya aman, ramai atau tidak? Apakah dekat dengan pusat kuliner, klinik, angkutan umum, restoran, warung, tempat ibadah atau minimarket.

4. Mencari informasi kosan lewat Google Map

Cara mencari kosan yang satu ini terbilang anti-mainstream banget, yakni mencari lewat Aplikasi Google Map. Lewat aplikasi ini, kamu bisa mencari informasi seputar kosan Jakarta Selatan, mulai dari harga foto dan alamat lengkapnya.

Kamu tinggal cari kata kunci, misalnya "kosan Jakarta Selatan", maka nanti akan muncul daftar kosan lewat ponselmu. 

Namun kekurangan mencari kosan lewat Google Map adalah jumlah kosannya yang masih terbatas. Tidak semua kosan bisa kamu temukan, terutama kosan dengan harga yang murah. Kebanyakan kosan yang didaftarkan ke Google Map adalah kosan yang harganya cukup mahal dengan fasilitas yang lengkap.

5. Mencari kosan lewat website mamikos.com

Nah, cara mencari kosan yang satu ini jauh lebih efektif dan efisien dibanding keempat cara sebelumnya. Bahkan informasi yang kamu dapatkan juga sangat lengkap, mulai dari alamat kosan, spesifikasi bangunan, harga sewa, fasilitas, foto kosan hingga peraturan kos.

Nyari Kosan Lebih Mudah di Mamikos

Kamu juga bisa mengecek ketersediaan sisa kamar lewat Mamikos, sehingga kamu tidak perlu menanyakan lagi apakah masih ada kamar yang available atau tidak. Sangat praktis bukan?

Fasilitas Kamar Mandi di Kosan

Kosan Bagus di Jakarta Selatan

Lokasi Kosan di Jakarta Selatan

Kosan Jakarta Selatan

Kosan Murah di Jakarta Selatan

Untuk memilih mana kos yang paling diminati atau paling banyak dipilih, kamu juga bisa melihat testimoni para customer. Dengan demikian kamu bisa menentukan mana yang cocok dan sesuai kebutuhan.

Hingga tulisan ini dibuat, Mamikos menyediakan informasi kosan di berbagai wilayah berikut : Jogjakarta, Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Malang, Semarang, Bali, Makassar hingga Medan.

Konklusi

Bagi kamu yang ingin bekerja atau kuliah dan mencari kosan di Jakarta Selatan ataupun berbagai wilayah lainnya, kamu bisa memanfaatkan website Mamikos untuk mendapatkan informasi yang akurat soal kosan yang kamu butuhkan.

Setelah menentukan pilihanmu, selanjutnya kamu bisa mendatangi lokasi untuk melihat secara langsung kondisi bangunan maupun lingkungan di sekitarnya.

Semoga artikel tentang tips mencari kosan Jakarta Selatan ini bisa membantu menambah referensi, terutama bagi kamu yang saat ini sedang mencari kosan untuk keperluan kerja ataupun kuliah.

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "5 Tips Mencari Kosan Jakarta Selatan Secara Lebih Efisien"

  1. Nah ini buat anak perantauan mau mahasiswi atau pekerja yang ada di Jaksel perlu tahu, nih. Cari kos di sana katanya mahal dan sulit, tapi efektinya cari tempat kerja maupun kampus. Sangat bermanfaat, terima kasih tipsnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, sekarang kan sudah bisa mencari kosan Jakarta Selatan lewat website Mamikos. Lebih mudah, simpel dan efisien.

      Hapus