Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memaksimalkan Media Sosial Agar Lebih Bermanfaat

Memaksimalkan Media Sosial Agar Lebih Bermanfaat

Berbicara mengenai dunia maya, seolah tidak ada habisnya, terutama media sosial. Pasalnya hampir setiap orang di era digital saat ini "disibukkan" dengan media sosial. Mulai dari bertegur sapa antar sesama pengguna medsos, mencari hal-hal baru atau sekedar mencari informasi yang ada di dalamnya.

Media sosial bagaikan sebuah pisau, jika tidak digunakan secara bijak, bisa saja menikam penggunanya. Nah melalui artikel ini, Blogmashendra.com ingin mengulas cara memaksimalkan media sosial agar menjadi lebih bermanfaat bagi si pengguna maupun orang lain.

Apa Itu Media Sosial?

Sebelum membaca lebih lanjut, yuk kita cari tahu terlebih dulu, apakah yang dimaksud dengan media sosial?

Media sosial sendiri merupakan sebuah wadah (media) yang digunakan untuk saling bersosialisasi maupun berinteraksi satu sama lain tanpa batasan ruang dan waktu.

Media yang dimaksud meliputi, Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Path, Google+, LinkedIn, Blog dan masih banyak lagi yang lainnya. Path dan Google+ telah menutup platform mereka dengan berbagai alasan.

Kenali Tujuan Utama Bermedia Sosial

Tanyakan pada diri kita sendiri, untuk apa kita menggunakan media sosial. Apakah akan membawa dampak positif atau malah sebaliknya bagi kehidupan kita. Apakah dengan menggunakan medsos tersebut, akan memberikan efek samping bagi kehidupan kita. Serta berbagai pertimbangan penting lainnya.

Jika tujuan kita bermedsos untuk sekedar membangun networking, bersilaturahmi atau mencari berbagai informasi, maka bisa dikatakan cenderung mengarah tujuan yang positif.

Namun jika sebaliknya untuk tujuan yang negatif, misalnya menyebarkan makar, ujaran kebencian dan berbagai kegiatan yang bisa mengarah ke perbuatan melanggar hukum, maka sebaiknya berpikir dua kali.

Pasalnya hal negatif tersebut bukan hanya akan merugikan diri sendiri, tetapi juga membawa kerugian terhadap keluarga bahkan kehidupan kita nanti. Nah ini penting sekali untuk kita pikirkan baik-baik, agar tidak sembarangan menggunakan media sosial.

Dengan mengenali apa tujuan kita bermedsos, minimal kita akan mempelajari berbagai risiko yang akan kita hadapi ketika bermedsos

Yuk Sebarkan Hal Positif di Media Sosial

Berbuat baik bisa dilakukan di mana saja, kapan saja dan melalui media apa saja. Internet adalah salah satunya. Melalui platform media sosial sekalipun, kita masih bisa menyebarkan kebaikan atau berbagai informasi penting.

Media sosial bisa menjadi ladang pahala ketika menyebarkan kebaikan. Bukan hanya orang lain saja yang akan mendapat pahala, karena telah mengikuti nasehat yang kita sebarkan tadi. Namun diri kita juga yang akan mendapatkan pahala kebaikan tersebut.

Jaga Aset Berharga

Anak-anak adalah aset yang sangat sangat berharga dan biasanya tidak bisa lepas dari aktivitas media sosial. Saat ini banyak anak yang mulai beranjak remaja yang juga bermain media sosial. 

Bagi para orang tua, hal ini menjadi tantangan besar yang harus diantisipasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi terhadap anak-anak. 

Anak-anak Bermain Media Sosial

Terutama terhadap anak gadis kita, atau banyak orang menyebutnya dengan istilah 'cabe-cabean'. Agar kita tidak lagi mendengar tayangan berita ketika anak gadis kita diculik oleh orang yang tidak bertanggungjawab akibat penggunaan medsos yang sembarangan dan tanpa pengawasan dari orang tua.

Langkah yang bisa dilakukan orang tua adalah dengan memantau tingkah pola si anak ketika sedang menggunakan media sosial. Kenali siapa saja yang menjadi temannya di media sosial. Orang tua juga bisa meminta username dan password akun anak mereka, serta berikan pemahaman tentang kebijakan dalam bermedsos yang benar.

Pandai Memilih dan Memilah

Tidak hanya pandai memilih teman di media sosial, tetapi kita juga harus pandai memilih informasi yang benar, karena biasanya di media sosial sering beredar informasi yang palsu (hoax). Cari tahu terlebih dulu sumber informasi yang menyebarkan berita tersebut, apakah valid atau tidak.

Jangan langsung telan mentah-mentah berita yang dianggap masih belum pasti. Kita bisa mencari tahu melalui website yang resmi di internet.

Jadikan Ajang Silaturahmi

Banyak orang bilang, silaturahmi bisa bikin panjang usia dan keberkahan. Saat ini, silaturahmi tidak hanya datang ketemu langsung, tetapi bisa juga dilakukan secara virtual, apalagi di masa pandemi Corona

Bagi Anda yang terpisah oleh jarak yang jauh dengan keluarga, teman, sahabat atau pasangan (suami/istri), maka media sosial menjadi pilihan yang tepat untuk saling komunikasi secara virtual. Selain bisa mengirimkan teks, foto dan kartu ucapan, kita juga bisa saling melakukan video call.

Manfaatkan teknologi canggih untuk berkomunikasi jarak jauh. Tidak perlu repot-repot menulis surat, lalu mengirimkannya melalui kantor pos.

Promosikan Bisnis

Bagi yang sedang menjalankan sebuah bisnis, media sosial menjadi platform yang paling banyak digunakan untuk memasarkan atau mempromosikan bisnis agar lebih dikenal oleh orang banyak. Selain memanfaatkan media sosial, kita juga bisa memanfaatkan kehadiran website untuk memasarkan bisnis. 

Bagikan Informasi dan Artikel Bermanfaat

Selain untuk mendapatkan informasi melalui media sosial, kita juga bisa membagikan suatu informasi atau artikel yang bermanfaat untuk orang banyak. Mungkin saja artikel yang kita bagikan nilainya tidak seberapa, tetapi siapa tahu akan sangat berarti bagi orang lain.

Membagikan artikel ke media sosial bagi seorang blogger, juga akan meningkatkan traffic blog yang lebih baik. Tentu saja kabar baik ini akan mendatangkan keuntungan bagi si blogger tersebut. Blog menjadi lebih dikenal orang banyak dan pengunjung pun semakin bertambah.

Penggunaan media sosial memang tidak selamanya salah dan negatif, selama tidak merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Selama digunakan dengan bijak dan hal yang positif, justru keberadaan media sosial dapat bermanfaat bagi kita, keluarga maupun orang lain.

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Memaksimalkan Media Sosial Agar Lebih Bermanfaat"

  1. Nah, bener banget kalau kita tidak bisa mengendalikan dari banyaknya fungsi di media sosial bisa terlena dan terjerumus ke dalamnya. Memang kita yang harus bisa memanfaatkan bukan dimanfaatkan itu aja sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kita mesti pandai memanfaatkan media sosial, biar nggak terjerumus ke hal-hal negatif...

      Hapus