Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Harga Kubah Masjid Enamel

Daftar Harga Kubah Masjid Enamel

Kubah menjadi salah satu bagian yang cukup penting dari sebuah bangunan masjid. Selain menambah keindahan, keberadaan kubah masjid juga menjadi ciri khas tersendiri dari sebuah masjid. Kita lihat saja hampir seluruh masjid dilengkapi dengan desain kubah yang menawan, sehingga akan menambah estetika dan lebih sedap dipandang.

Seiring berkembangnya waktu, desain kubah masjid terus mengalami perubahan. Dari yang awalnya hanya berbentuk sederhana dan berwarna silver polos, kini semakin banyak masjid yang memiliki desain kubah yang jauh lebih menarik dan berwarna-warni lengkap dengan hiasan corak yang beragam.

Desain kubah yang sangat eksentrik ini memberikan kesan yang megah sekaligus menjadi simbolik bagi umat Islam. Sehingga banyak orang yang terpesona dengan tampilan kubah masjid yang menawan. Bahkan tidak jarang ada masjid yang juga menjadi tempat wisata rohani bagi masyarakat, salah satunya adalah Masjid Kubah Emas Depok.

Mengenal Kubah Masjid Enamel dan Berbagai Keunggulannya

Tampilan dan desain kubah yang indah ini tentu saja merupakan hasil ide dan kreativitas dari sang arsitek. Ditambah lagi saat ini pembuatan kubah masjid menerapkan metode yang saat ini sedang marak digunakan, yakni dengan menggunakan metode enamel.

Pada dasarnya, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kubah masjid enamel terbuat dari beton. Hanya saja kubah enamel menambahkan perpaduan bahan yang mengandung coating dan porselin. Bahan porselin ini biasanya digunakan untuk melindungi keramik atau kaca.

Harga Kubah Enamel Per Meter

Enamel merupakan bahan untuk membuat sebuah kubah yang biasanya dipakai untuk melapisi logam dan melapisi dasar permukaan plat untuk meminimalisir serangan karat. Bahan plat baja low carbon akan dilapisi dulu dengan porselin.

Kubah masjid enamel merupakan langkah tepat untuk melindungi benda berbahan plat baja dari karatan. Bahan enamel dinilai salah satu bahan yang tahan terhadap korosi dan tahan terhadap perubahan cuaca.

Berikut adalah beberapa keunggulan kubah masjid enamel yang perlu Anda ketahui :

1. Dilengkapi penangkal petir

Penangkal petir menjadi bagian yang cukup penting dari sebuah bangunan. Tujuannya untuk meminimalisir agar bangunan tidak tersambar petir. Penangkal petir tidak hanya diaplikasikan untuk gedung-gedung dan rumah saja, melainkan bisa juga diaplikasikan di masjid-masjid. 

Apalagi saat ini semakin banyak masjid yang dibangun secara megah dan bertingkat, sehingga bangunannya bisa menjulang cukup tinggi. Dengan demikian, kita tidak terlalu khawatir dengan kerusakan akibat sambaran petir meski bangunannya cukup tinggi.

2. Harga yang relatif terjangkau

Keunggulan berikutnya terletak pada harganya yang relatif terjangkau dan mampu bersaing dengan kubah-kubah yang lainnya. Meski desainnya sangat menarik, tetapi harga kubah enamel relatif terjangkau. Sehingga tidak heran jika kubah ini banyak diminati di Indonesia.

Selain itu, biaya perawatan kubah enamel juga relatif terjangkau. Maka dari itu, tidak hanya masjid saja yang menggunakan kubah enamel, tetapi juga terkadang ada juga mushola yang menggunakan kubah enamel.

3. Cocok untuk wilayah tropis

Indonesia adalah salah satu negara yang beriklim tropis, sehingga sering dilanda musim kemarau yang panjang atau curah hujan yang tinggi saat musim hujan tiba. Kondisi ini tentu saja memiliki risiko yang cukup tinggi terhadap kualitas kubah.

Kabar baiknya, kubah enamel dinilai cocok untuk diaplikasikan pada masjid-masjid yang berada di daerah iklim tropis, karena bahan-bahan yang digunakan tahan terhadap cuaca panas. Makanya kebanyakan masjid maupun musholla di Indonesia menggunakan kubah enamel.

4. Tahan di segala cuaca

Selain tahan terhadap cuaca panas, kubah enamel juga terbukti tahan terhadap hujan dan juga suhu tinggi. Sehingga tidak perlu khawatir lagi jika menghadapi musim kemarau panjang atau kubah berlumut akibat curah hujan yang tinggi saat musim penghujan tiba.

5. Kualitas cat lebih awet

Untuk menghasilkan tampilan kubah yang menawan, sebaiknya perhatikan jenis cat yang dipilih dan juga kombinasi warna yang pas. Selain itu juga diperlukan tingkat kreativitas yang tinggi, agar menghasilkan kubah yang indah.

Kabar baiknya, kubah enamel dinilai tahan lebih lama terhadap cat jika dibandingkan dengan produk kubah yang lain. Kualitas kepekatan cat pada kubah enamel akan tetap terjaga meskipun telah bertahun-tahun. Tentu saja hal ini akan lebih menghemat biaya perawatan masjid ataupun musholla.

Mau Bikin Kubah Masjid Enamel yang Berkualitas? Ke PT Anugerah Kubah Indonesia Saja!

Agar menghasilkan kubah masjid enamel yang berkualitas dan tahan lama, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting, misalnya saja bahan yang digunakan, kreativitas, proses pembuatan serta arsitek yang berpengalaman dan profesional. 

Hal ini sangat penting dilakukan untuk meminimalisir kubah masjid yang cepat rusak, akibat pengerjaan yang asal-asalan dan pemilihan bahan yang kurang berkualitas. 

Contoh Kubah Masjid Enamel

Kesalahan sepele ini bisa saja mengakibatkan biaya pembangunan masjid meningkat dua kali lipat dari bujet yang telah ditetapkan sebelumnya. Anda tentu saja tidak mau mengalami hal ini bukan?

Nah sebelum Anda dan pengurus masjid mengalami kejadian yang tidak diinginkan tersebut, sebaiknya teliti sebelum memilih kontraktor kubah masjid. Langkah antisipasi ini penting dilakukan agar Anda tidak mengalami banyak kerugian biaya maupun waktu.

Untuk mendapatkan jasa kontraktor pembuatan kubah masjid yang berkualitas dan profesional, Anda bisa menghubungi PT. Anugerah Kubah Indonesia, yang merupakan badan usaha yang bergerak dalam usaha kontraktor kubah masjid.

Dalam setiap proyeknya, selalu memproduksi dan menggunakan bahan yang telah dilengkapi dengan lapisan kedap air, sehingga tidak perlu diragukan lagi kubah buatan PT. Anugerah Kubah Indonesia dinilai lebih aman terhadap risiko kebocoran.

Contoh Model Kubah Masjid Enamel

Kubah juga dilengkapi dengan cat deco yang berkualitas tinggi maupun sistem pemanasan khusus powder coating untuk mewarnai kubah, sehingga membuat produksi kubah terlihat lebih mewah.

Sebagai ilustrasi, produksi konstruksi kubah masjid berupa :

  • Markara yang dibuat menggunakan bahan stainless steel
  • Konstruksi menggunakan lapisan penutup paling atas menggunakan bahan panel enamel atau galvalum dan pewarnaan yang dilakukan menggunakan powder coating atau cat deco berkualitas
  • Kerangka dudukan panel utama terdiri atas kombinasi pipa galvanis
  • Plat galvalum hingga bahan membran diaplikasikan sebagai lapisan kedap air
  • Rangka dudukan lapisan kedap air menggunakan pipa hollow
  • Bentuk dan model hiasan bagian plafon menyesuaikan keinginan konsumen

Yang menarik adalah, Anda dapat menentukan sendiri desain pembuatan kubah masjid sesuai dengan keinginan Anda, mulai dari detail desain kubah masjid, bahan yang digunakan, ukuran kubah hingga harga kubah. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan bujet yang Anda miliki.

Informasi Lebih Lengkap, Bisa Langsung Mengunjungi Website www.jualkubahmasjid.id

Untuk mendapatkan informasi lengkap seputar daftar harga kubah masjid enamel, Anda dapat mengunjungi website www.jualkubahmasjid.id. Anda juga bisa melihat langsung foto-foto kubah masjid buatan PT. Anugerah Kubah Indonesia.

Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi secara gratis untuk mengetahui berapa harga kubah enamel per meter, desain kubah dan bahan apa saja yang dibutuhkan, sehingga Anda dapat mengetahui berapa total biaya yang harus dipersiapkan. Hal ini penting dilakukan agar Anda mendapatkan kubah masjid berkualitas terbaik. 

Alasan Mengapa Anda Perlu Menggunakan Jasa Kontraktor Dari PT Anugerah Kubah Indonesia

Proses pembuatan kubah dilakukan dalam waktu yang cepat, karena dilakukan di pabrik milik sendiri dan dikerjakan oleh tim ahli yang telah berpengalaman selama lebih dari 8 tahun dalam proyek pembuatan kubah masjid.

Daftar Harga Kubah Masjid Enamel

PT Anugerah Kubah Indonesia telah mengerjakan sekitar ratusan proyek kubah masjid di berbagai lokasi di seluruh Indonesia, mulai dari pemukiman, sekolah, madrasah, pondok pesantren, universitas, kantor pemerintahan, kantor perusahaan swasta bahkan kantor BUMN.

Berikut adalah 4 alasan mengapa Anda harus menggunakan jasa kontraktor pembuatan kubah masjid :

1. Amanah dan profesional

Ruang lingkup budaya kerja selau menerapkan nilai integritas dan profesionalisme yang tinggi, sehingga proses awal kontrak pembuatan hingga kontrak berakhir, selalu dilakukan dengan penuh amanah.

2. Produsen langsung

Harga kubah enamel cenderung relatif terjangkau, karena dikerjakan langsung di pabrik milik sendiri oleh para ahli di bidang desain kubah masjid. Anda juga bisa berkunjung langsung ke workshop untuk melihat proses pembuatan kubah masjid.

3. Garansi warna dan anti bocor

Pembuatan kubah dilakukan secara prioritas dengan memperhatikan kualitas, sehingga menghasilkan kubah masjid yang kokoh berkat dukungan dari SDM yang terampil, terlatih dan profesional. Ketajaman warna dijamin mampu bertahan lebih dari 20 tahun serta garansi kebocoran selama 5 tahun. 

4. Desain atau bujet

Anda dapat memilih desain kubah masjid sesuai dengan keinginan. Atau bisa juga disesuaikan dengan bujet yang Anda miliki. Anda juga dapat leluasa berkonsultasi terlebih dulu secara gratis, agar mendapatkan desain kubah yang unik dan elegan.

Demikian informasi mengenai harga jual kubah masjid enamel yang bisa Blogmashendra.com bagikan. 

Semoga bermanfaat.

42 komentar untuk "Daftar Harga Kubah Masjid Enamel"

  1. Amazing nih kang, dengan menggunakan kubah mesjid berbahan enamel, selain menambah keindahan, bangunan kubah juga jadi tahan lama dan melindungi bahan baja dari karat ya.

    Harganya juga cukup terjangkau dan yang unik lagi kita bisa memilih desain sendiri. Itu bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin membangun mesjid dengan desain kubah karya sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes betul banget Mang, bisa pilih desain dan corak sesuai keinginan, sehingga bisa mendapatkan kubah masjid enamel dengan harga terbaik...

      Hapus
  2. Masyaallah bagus kubah masjidnya apalagi corak dan desainnya, layak harganya fantastis. Belum pernah memperhatikan kubahnya masjid, cuma sekilas liat kalau ke masjid kadang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, kubah masjid enamel kan keren-keren, tapi harganya justru relatif terjangkau lho Mba...

      Hapus
  3. Kubah dari bahan enamel memang kualitasnya baik yaa Kak, karena secara struktur bahannya kuat serta dengan lapisan kualitas cat, tentunya tahan terhadap korosi, apalagi mesjid area pinggir pantai nih, yang laju korosif lebih cepat lagi. Disamping itu, lebih mudah dibersihkan sehingga budget untuk maintenance kubah bisa lebih hemat lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas banyak keunggulannya, makanya banyak masjid yang pakai kubah enamel...

      Hapus
  4. pilihan kuah masjid semakin variatif ya, awalnya saya tau hanya yang kubah stainless ya yang biasa. yang enamel saya baru tahu,pernah lihat mungkin tapi tau itu memakai enamel tidak, rekomendasi nih karena lebih tahan lama dan bervariasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kubah Mba, bukan kuah, wkwkwk. Syukur deh sekarang jadi tau ya nama kubah enamel...

      Hapus
  5. Bener2 takjub lihat desain kubah masjid Enamel ini, bagus banget. Pasti pembuatnya sudah ahli dibidangnya. Kalau mau membangun masjid memang harus diserahkan ke ahlinya ya mas supaya tidak membengkak biayanya dan sesuai dengan rencana semula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, pembuatan kubah masjid enamel ini wajib diserahkan ke ahlinya, biar awet, bagus dan pastinya sesuai dengan rencana awal bujet. Pokoknya jangan asal-asalan deh, kalo nggak mau rugi materil atau imateril...

      Hapus
  6. Sering dengar nama enamel tapi enggak tahu apa itu. Sekarang jadi jelas deh, abis baca artikelnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sekarang jadi tau dong apa itu kubah masjid enamel, hehehehe...

      Hapus
  7. Iya banget... Kubah masjid tu emang keren-keren banget. Suka terpesona sama kubah masjid kalau bepergian dan mampir ke masjid buat sholat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Yuni desain kubah masjid zaman sekarang memang keren-keren, sekaligus menjadi ciri khas tersendiri bagi masjid..

      Hapus
  8. Namanya kubah masjid dengan enamel ya. Dari dekat saja tampak bagus dan berkilau ya, apalagi kalau misalnya dilihat dari kejauhan.
    Sehingga lebih mudah dihapalkan juga sih, kalau pas lagi ziarah masjid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya tuh, kubah enamel jadi ciri khas tersendiri dari sebuah masjid. Atau bisa juga dipasangin corak sesuai dengan selera yang membangun masjid...

      Hapus
  9. Pernah beberapa kali wisata rohani ke Masjid Kubah Emas Depok. Emang bangunan masjid termasuk kubahnya harus tahan lama ya biar gak harus renovasi terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asyiknya ya bisa wisata rohani ke beberapa masjid di Indonesia, termasuk salah satunya Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri di Depok. Sebaiknya begitu Mba Leyla, agar tidak selalu renovasi kubah masjid, makanya harus dibuat dari bahan berkualitas dan dikerjakan oleh tenaga profesional. Kalau renovasi terus, kan bisa membuat biaya semakin bengkak...

      Hapus
  10. Saya baru tau klo kubah mesjid enamel ini bisa dipesan
    Emang bagus banget sih warna-warninya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus banget Mba Rania, ada corak-corak dan warnanya yang cerah, memberikan kesan ketegasan dan ceria dari sebuah bangunan masjid. Makanya banyak masjid dan bahkan mushola yang menggunakan kubah enamel...

      Hapus
  11. oh, ini ada penangkal petirnya ya? Kubah masjid di sekolah anakku seperti ini juga. Tapi nggak paham kalau ada penangkal petirnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Mba Wiwid, tetapi itu kan mungkin hanya opsional aja ya. Namun akan lebih baik lagi kalau dilengkapi dengan penangkal petir, terutama kalau bangunan masjidnya tinggi...

      Hapus
  12. Kubah cantik memang bisa menggambarkan keanggunan dari sebuah rumah ibadah, Masjid.
    Doanya adalah ketika ada masjid yang berdiri di sebuah wilayah, maka Masjid itu akan membawa keberkahan bagi masyarakat di sekitarnya. Jadi pembangunannya harus dengan perencanaan terbaik, seperti mempercayakan kubah masjid berbahan enamel yang elegan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba Lendy, harus dengan perencanaan matang, agar hasilnya jadi lebih maksimal. Bangunan masjid tidak hanya kokoh, tapi juga dilengkapi dengan kubah enamel yang akan memberikan kesan megah dan indah dari sebuah bangunan masjid...

      Hapus
  13. baru tau itu bahan enamel kak.. sering melihat banyak banget masjid di Indonesia yang memakai bahan dan desain seperti itu. ternyata ada penangkal petirnya juga ya.. keren deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu keunggulannya adalah bisa dipasang penangkal petir juga. Jadi terlihat keren dan lebih proteksi juga saat terjadi petir-petir menyambar...

      Hapus
  14. Kalau melihat masjid yang ada saat ini memang rata-rata pakai enamel ya. Mungkin karena memang keunggulannya lebih banyak. Dan kerennya lagi kalau pesan di perusahaan ini bisa banget disesuaikan dengan budget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berhubung banyak keunggulannya, makanya saat ini banyak masjid yang mengaplikasikan kubah enamel. Nah itu dia, keuntungan memesan kubah enamel lewat PT Anugerah Kubah Indonesia, biayanya bisa disesuaikan dengan bujet...

      Hapus
  15. Habis baca artikel ini aku akhirnya jadi tahu kenapa kubah masjid sekarang ekspresif bangettt. Enamel ini jadi bikin kubahnya ga membosankan yaah. Jadi makin kagum banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya itu salah satu tujuannya Mba Arai, agar masjid jadi terlibah jadi lebih indah dan menarik. Nggak ada salahnya pasang kubah masjid yang biasa aja atau standard, tapi kubah enamel ini selain sedap dipandang, juga biaya pembuatannya malah relatif terjangkau...

      Hapus
  16. wah kubah masjib enamel ini indah-indah ya hasilnya, memang pengerjaannya harus sama ahlinya, infonya harus disimpan nih, kalo nanti kelak ada rejeki mau bangun masjid

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kubah enamel akan mempercantik bangunan masjid, jadi tampak lebih indah dan sedap dipandang. Aaamiiin, semoga bisa segera terwujud ya impiannya untuk membangun masjid...

      Hapus
  17. wah iya, kubah masjid dari enamel ini selain cantik desainnya, bahannya juga berkualitas ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kubah enamel dibuat dari bahan berkualitas agar bisa lebih awet dan tahan lama, sehingga kubah tidak sering direnovasi Mba. Mungkin kalo dibuat dari bahan yang kurang berkualitas, atau pengerjaannya asal-asalan, bisa aja kubah jadi cepat rusak. Hal ini justru akan menambah biaya jadi lebih banyak...

      Hapus
  18. wah bagus ya desainnya, unik unik warna dan desainnya, pastinya juga dibuat dengan bahan yang berkualitas ya jadi awet dan tadi baca didesain ada buat penangkal petir juga ya, bagus ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kubah masjid enamel ini punya beberapa keunggulan yang nggak dimiliki oleh kubah biasa. Betul, dilengkapi juga dengan penangkal petir, terutama bagi bangunan masjid yang menjulang tinggi...

      Hapus
  19. Ya Allah aku baru tahu kalau kubah masjid itu pesan dan terbuat dr beton dilapisi porselen dan coating. Kalau ada tempat yang amanah kayak PT Anugerah Kubah Indonesia sih mending pesan di sana saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai dengan apa yang disampaikan di dalam website-nya, PT Anugerah Kubah Indonesia ini memang sudah berpengalaman dalam membuat kubah masjid enamel di seluruh Indonesia. Salah satunya keunggulannya adalah mampu memegang amanah, insha Allah...

      Hapus
  20. Motif dari kubah enamelnya bagus2 nih, kualitasnya juga terjamin ya? Nah, sebaiknya memang jangan asal2an pesan kubah enamel biar gak sampai rugi. Ya mending pilih yang harganya sedikit lebih mahal tapo benar2 awet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, itu salah satu keunggulannya adalah punya motif atau corak yang beragam. Penting banget untuk dikerjakan secara profesional, agar lebih awet dan tahan lama...

      Hapus
  21. Subhanallah, Cantiknya. terima kasih telah berbagi, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masha Allah, terima kasih juga sudah berkomentar Mba...

      Hapus