Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan

Banyak aktivitas bermanfaat di pagi hari yang bisa kita lakukan, mulai dari beberes rumah, belanja ke warung, olah raga, hingga berjemur. Ya, berjemur di pagi hari saat ini tengah dianggap sebuah tren menyehatkan yang sebaiknya tidak boleh diabaikan begitu saja. Apalagi saat ini kita semua berada di bawah ancaman virus corona, jadi sebaiknya lakukan berjemur di pagi hari secara rutin agar sistem kekebalan tubuh bisa meningkat.

Jika sinar matahari di pagi hari sangat cerah, saya langsung berjemur dengan keluarga kecil saya di depan rumah. Sambil mengobrol santai atau ngopi, ternyata aktivitas berjemur menjadi lebih menyenangkan loh. Atau kita juga bisa sambil berolah raga, seperti bermain bulu tangkis, maka kalori di dalam tubuh kita juga akan ikut terbakar. 

Ini artinya lemak yang bergelayut manja di tubuh juga akan ikut terkikis saat kita berolah raga sambil berjemur. Ini baru salah satu manfaat dari berjemur di pagi hari. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainnya. Yuk kita simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Paparan sinar matahari ternyata memiliki kandungan vitamin D yang dipercaya mampu membantu mencegah infeksi pada tubuh serta melawan penyakit, mulai dari penyakit jantung, autoimun, flu dan bahkan kanker. Selain itu, manfaat berjemur juga akan membuat kita tidak mudah sakit, dan kebal dari ancaman virus.

2. Mengurangi Gejala Depresi Ringan

Anda sering mengalami depresi ringan karena gebetan ditikung kawan sendiri? Nah, mungkin Anda perlu rajin berjemur biar tubuh terkena paparan sinar matahari. Gangguan gejala depresi biasa dikenal dengan Seasonal Affective Disorder (SAD), yang artinya depresi umum ringan yang bisa dialami oleh orang-orang yang biasa bekerja berjam-jam di dalam gedung perkantoran dan jarang ke luar ruangan untuk berjemur.

Hasil studi juga melaporkan bahwa orang yang rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi cenderung akan terhindar dari rasa stres. Hal ini disebabkan ketika kita berjemur, maka sinar matahari akan memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin, yakni sebuah hormon yang mampu membeikan ketenangan suasana hati dan memberikan perasaan tenang.

3. Membantu Menyembuhkan Penyakit Kulit

Manfaat berjemur di pagi hari yang berikutnya adalah mampu membantu proses penyembuhan beberapa penyakit kulit, mulai dari psoriasis, eksim, jerawat, penyakit kuning dan infeksi pada kulit lainnya. Bahkan sebuah studi mengungkapkan kalau Anda melakukan terapi berjemur di pagi hari selama empat minggu, terbukti ampuh untuk mengurangi gejala psoriasis secara signinfikan terhadap sebanyak 84 persen partisipan.

Psoriasis sendiri merupakan suatu kondisi ketika sel-sel kulit menumpuk dan menghasilkan bercak bersisik yang gatal dan kering. 

Namun agar tidak menimbulkan risiko yang lebih besar, karena efek samping negatif dari radiasi ultraviolet dan memastikan manfaatnya leboh besar, maka sebaiknya penderita penyakit kulit berkonsultasi dengan doter terlebih dulu sebelum memutuskan berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari.

4. Menguatkan Tulang

Manfaat lainnya adalah mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini disebabkan paparan sinar matahari yang mengandung vitamin D sangat baik untuk merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat memperkuat tulang.

Vitamin D akan terbentuk dan larut dalam lemak saat sinar matahari mengenai kulit. Hal inilah yang mampu mengatur penyerapan kalsium, sehingga kandungan vitamin D di dalam tubuh akan meningkat dan kecil kemungkinan Anda akan menderita osteoporosis maupun arthritis di kemudian hari.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat berjemur berikutnya adalah sinar matahari mampu meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh kita loh. Ketika sinar matahari mengenai kulit, maka pembuluh darah di kulit  akan melebar, sehingga nutrisi dan oksigen akan lebih banyak dibawa menuju sel-sel ketika pembuluh darah kapiler terbuka. Dengan begitu kesehatan kita pun menjadi lebih baik. Jantung juga akan lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi ketika beristirahat dan mengurangi tekanan darah.

Jadi, saat sinar matahari pagi bersinar dengan cerah, manfaatkan dengan baik untuk kebaikan kesehatan dan tubuh kita ya, sehingga kita akan mendapatkan manfaat berjemur di pagi hari.

Semoga bermanfaat.

5 komentar untuk "Manfaat Berjemur di Pagi Hari"

  1. setuju mas, berjemur pagi hari terasa enak ke tubuh. Cmn klo kayak di kota yang banyak polusi perlu hati2 juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalo di kota besar, harus cari waktu yang tepat, biasanya sih setelah waktu subuh, udaranya masih terasa segar. Nanti agak siangan dikit, udaranya sudah mulai terasa panas dan polusi sudah mulai muncul

      Hapus
  2. berjemur pagi hari paling kusuka. dulu sejaj SD,SMP SMA dan kuliah berangkat dan pulang selalu jalan kaki terkena matahari pagi. kaki juga kenceng banget. tapi skrg udah gk lagi karena dah pake kendaraan klo berangkat kerja. sesekali aja klo lagi pengen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak juga yang sering jalan bertelanjang kaki, ternyata memang ada manfaatnya ya Mas.

      Hapus
    2. Iya betul mas hendra.. Jalan kaki itu menurut saya bisa bikin sehat. Kena panas pagi juga bikin rasanya badan enakan seperti kayak "dipijet-pijet"...suwer enak banget di kulit.

      Hapus

Berlangganan via Email