Printer Brother, Printer Smart yang Mewarnai Masa Depanmu

Printer Brother MCF-T910DW - Blog Mas Hendra
Saat ini anak pertama saya, kakak Nabil sudah duduk di bangku Sekolah Dasar kelas dua. Materi pelajaran serta tugas sekolah anak SD zaman now sangat berbeda jauh dengan anak SD zaman old. Materi pelajaran semakin kompleks saja, bahkan tidak jarang saya mengandalkan internet sebagai referensi tambahan untuk mengerjakan berbagai tugas dari sekolah. 



Tidak hanya itu saja, laptop atau komputer sepertinya sudah menjadi kebutuhan untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas sekolah lainnya. Berbicara masalah laptop, tidak lupa keberadaan printer memiliki peranan yang sangat pentingnya. Gimana mau ngeprint tugas kalau printernya saja tidak ada?


Baca juga artikel lainnya : 8 Teknologi yang Tergeser Oleh Smartphone

Daripada saya harus bolak balik ke tukang foto copy untuk mencetak tugas sekolah, lebih baik kalau saya membeli printer baru. Karena dengan memiliki printer sendiri, saya bisa menyelesaikan tugas sekolah anak saya maupun menyelesaikan tugas kantor. Selain itu juga bisa untuk mencetak foto, scanning bahkan foto copy. Printer zaman now harus serba bisa dong. Dengan memiliki printer sendiri di rumah, jauh lebih efisien, hemat tenaga, biaya dan juga waktu.

Tapi jangan sembarangan milih printer ya guys. Karena kalau sampai salah pilih, nanti kamu sendiri yang akan rugi loh, soalnya saya pernah mengalaminya sendiri.
Ngomongin masalah printer, saya mau sedikit flashback sejenak. Di awal tahun 2010 lalu, saya dan keluarga membuka usaha warnet (Family Net) dengan modal awal sebanyak enam unit komputer dan sebuah printer. Untuk mendukung berjalannya operasional warnet, saya juga membuka jasa cetak foto dan dokumen, serta jasa foto copy hingga scanner yang dilakukan melalui satu printer. Waktu itu saya beli printer yang harganya cukup mahal, tapi sayangnya tidak dibarengi sama kualitas yang mumpuni. Agak kecewa juga sih. Tapi mau gimana lagi, udah terlanjur beli.


Usaha Warnet Family Net - Blog Mas Hendra

Lokasi warnet cukup strategis, dekat sama sekolah SMP DPN 86, Pinang, Jakarta Selatan. Ini merupakan keberkahan tersendiri bagi saya. Karena tidak sedikit anak sekolahan yang memanfaatkan warnet untuk ngeprint tugas-tugas sekolahnya. Tidak jarang kami dibuat sibuk ngeprint berlembar-lembar. Sampe sampe printer jadi lemot dan yang paling berasa itu tintanya cepat banget habis.

Itu baru ngeprint dokumen. Belum lagi kalo cetak foto, printer tambah lemot, dan tinta warnanya juga boros. Di sisi lain, pelanggan maunya cepat dan hasilnya perfect. 


Seiring berjalannya waktu, baru beberapa kali mencetak foto dan juga dokumen, tinta printer sudah mau habis lagi. Sangat boros. Alhasil saya harus beli cartridge baru, black and colour sekaligus, yang harganya tidak murah. Kejadian ini terus berlanjut hingga pengisian tinta yang ketiga, keempat dan seterusnya.

Menjalani usaha cetak foto waktu itu bagai dua sisi mata uang. Di satu sisi, prospek bisnis cetak foto cukup bagus, tapi di sisi lain, saya jadi lebih sering membeli cartridge baru dengan harga yang tidak murah, sehingga biaya pengeluaran menjadi lebih boros. Tentu saja hal ini berpengaruh pada pendapatan warnet yang tidak seberapa.



💗💗💗💗💗💗💗

Berkaca dari pengalaman saya tersebut, saya tidak mau kecewa untuk kedua kalinya ketika ingin membeli printer baru. Selain didukung dengan kualitas yang mumpuni dan fitur yang lengkap, printer juga tidak boros tinta, sehingga dapat menghemat pengeluaran. Tidak hanya cukup disitu saja, pelayanan after sales-nya juga harus diperhatikan. Kamu gak mau kan, kalau suatu saat terjadi apa-apa dengan printer kamu, sementara di sisi lain service-nya malah mengecewakan.


Dari sekian banyak produsen printer yang ada, saya tertarik untuk membeli printer yang sudah tidak asing lagi, yakni merk Brother. Dengan beragam fitur canggih yang diusungnya, seperti built-in Wi-Fi, print, scan, copy bahkan hingga fax, tentu akan semakin memudahkan kamu ketika mencetak foto maupun dokumen. Terutama untuk mencetak foto, karena printer Brother dikenal memiliki kualitas cetak foto yang jauh lebih tajam dan jernih.
Brand Brother - Blog Mas Hendra
Menurut pendapat sederhana saya, nama brand "Brother" ini gampang banget diingat dan familiar di telinga. Namanya juga unik. Coba kalo namanya "Sister", mungkin akan terkesan kurang gahar, strong atau terkesan lebih cenderung "kemayu". Tapi kalo "Brother", kesannya tuh lebih macho, lebih strong dan lebih familiar.

Mungkin sebagian dari kamu masih ada yang belum familiar dengan merk Brother? Jadi Brother telah hadir selama lebih dari seratus tahun. Brother juga dikenal dengan inovasi produk dan kepuasan pelanggan yang tinggi. Sebagai perwakilan di Indonesia, PT. Brother International Sales Indonesia (Brother Indonesia) didirikan pada 23 September 2008, yang sepenuhnya terintegrasi dengan penjualan, pemasaran dan layanan pelanggan. Dengan komitmen yang kuat, Brother Indonesia akan selalu menempatkan pelanggan pada prioritas utama, sesuai dengan mottonya : "AT YOUR SIDE".

Karena komitmen yang kuat untuk terus mempersembahkan produk dan layanan berkualitas tinggi, Brother industries telah memperoleh berbagai penghargaan di bidang media dan industri, baik skala nasional maupun internasional.


Berikut adalah beberapa penghargaan dan prestasi yang sudah pernah diraih oleh Brother :


Penghargaan Brother Industries - Blog Mas Hendra

Ada beberapa alasan mengapa seseorang tertarik untuk membeli suatu produk elektronik. Biasanya sih karena produk tersebut lebih berkualitas dan tahan lama. Apalagi kalau produk tersebut bermerk dan sudah dikenal luas oleh masyarakat. Nah alasan ini pula yang malandasi saya mengapa saya lebih memilih printer merk Brother, dibanding printer merk lainnya.

Karena saya percaya, kalau kita membeli produk original dan berkualitas, kita akan memperoleh banyak benefitnya loh, seperti produk lebih awet, produk tahan banting, kepercayaan masyarakat sangat tinggi dan service center-nya sudah banyak dimana-mana.

Dan berikut adalah beberapa alasan saya tertarik membeli printer merk Brother :


8 Alasan Memilih Printer Brother - Blog Mas Hendra

1. Produk Berkualitas
Saya percaya jika produk besutan Negeri Sakura memiliki kualitas yang jauh lebih baik dan tahan banting. Karena di rumah saya juga ada beberapa produk elektronik made in Japan, yang tahan banting dan awet. Dan pengen banget punya printer handal buatan Jepang ini.

2. Fitur Lengkap
Zaman now kalo beli print yang cuma bisa ngeprint doang, mubazir!! Meskipun harga printernya lebih murah. Mendingan beli printer Brother yang punya fitur lengkap, bukan cuma untuk ngeprint saja, tapi juga bisa copy dan scan. Bahkan ada yang bisa untuk kirim fax segala.

3. Layanan Garansi yang Lengkap
Di Brother garansinya jelas dan kita mengisi garansi secara online untuk produk yang dibeli di Indonesia. Kamu juga bisa cek status garansi dan cek status reparasi. Garansinya juga lumayan lama loh. Contohnya nih, untuk pengguna inkjet faksimili dan inkjet DCP/MFC berlaku garansi selama 36 bulan atau 30.000 lembar (mana yang tercapai lebih dulu) dengan kondisi Carry-in terhitung sejak tanggal pembelian. So, ngapain beli printer merk lain??

4. Lokasi Service Center yang Menjamur
Kalau mau beli produk, lihat juga lokasi service center dan juga pelayanan after sales-nya. Seperti di Brother, kamu gak perlu bingung dimana mencari lokasi service center-nya. Karena sudah tersebar di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali & Nusa Tenggara, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Tinggal pilih sesuai lokasi kamu di website Brother.

5. Printer Brother Irit Tempat
Udah fitur lengkap, service center-nya banyak, ditambah ukuran printer Brother ini minimalis loh, karena refill tinta terletak di bagian depan, bukan di samping, jadi tidak perlu tempat yang terlalu lebar untuk menyimpannya. Kamu juga bisa mengisi ulang tinta dengan lebih mudah. Coba bayangin, ukuran printer kamu terlalu lebar, jadi tidak muat di lemari, kan jadi kurang efisien.

6. Bekerja Cepat dan Tidak Berisik
Yang saya suka dari printer Brother adalah tidak mengeluarkan suara berisik ketika mencetak dan kerjanya juga cepat. Contohnya aja nih yang tipe DCP-T310 hanya menghasilkan 50dB, jadi suaranya hening banget. Dan kemampuan cetaknya mencapai 27 lembar per menit atau setara dengan 1 lembar per 3 detik. Efisien banget deh kalo kamu lagi dikejar deadline.

7. Hasil Cetak Foto Lebih Tajam
Kamu gak perlu beli printer mahal untuk mendapatkan resolusi foto yang tajam. Cukup dengan membeli printer Brother, maka hasil cetak terlihat sempurna hingga resolusi cetak foto mencapai 1.200 x 6.000 dpi. Untuk memindai optik 1.200 x 2.400 dpi dan resolusi memindai yang disisipkan mencapai 19.200 x 19.200 dpi.

8. Harga Lebih Terjangkau
Dan ini yang paling penting. Dengan harga yang relatif terjangkau, kamu sudah bisa mendapatkan printer berkualitas dengan hasil cetak foto yang tajam. Fiturnya pun lengkap loh, bukan cuma print, tapi bisa juga scan dan copy.
Printer Brother setidaknya mengeluarkan lima smart printer teranyar yang dapat menunjang segala aktivitas maupun bisnis kamu, baik di kantor, rumah, sekolah maupun kampus. Kelimanya memiliki keunggulannya masing-masing, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Nah bagi kamu yang penasaran dengan kelima smart printer tersebut, dan ingin membelinya, berikut pilihannya :

1. DCP-T310 Harga Rp. 2.390.000
Smart printer ini cocok banget bagi kamu yang memiliki budget terbatas. Printer low budget ini sudah dilengkapi dengan fitur yang mampu menunjang aktivitas kamu, mulai dari print, scan dan copy. Printer Brother tipe ini juga mampu mencetak foto dengan kualitas warna yang lebih tajam dan cemerlang.
Printer Brother Tipe DCP-T310 - Blog Mas Hendra
2. DCP-T510W Harga Rp. 2.890.000
Printer ini, selain bisa digunakan untuk print, scan dan copy, smart printer ini juga sudah disematkan teknologi built-in Wireless. Ini artinya kamu dapat dengan mudah mencetak dokumen maupun foto langsung dari perangkat smartphone maupun tablet kamu. Jadi kamu tidak perlu repot menghubungkan printer dengan perangkat.
Printer Brother Tipe DCP-T510W - Blog Mas Hendra
3. DCP-T710W Harga Rp. 3.590.000
Smart printer keluaran Brother berikutnya adalah tipe DCP-T710W yang sudah dilengkapi fitur-fitur lebih canggih dari dua tipe sebelumnya. Selain fitur print, scan, copy dan Built-in Wireless, smart printer ini sudah didukung dengan fitur Auto Document Feeder, yakni fitur yang akan memudahkan kamu untuk scan, copy dan fax hingga 20 lembar halaman secara otomatis.
Printer Brother Tipe DCP-T710W - Blog Mas Hendra
4. MFC-T810W Harga Rp. 4.590.000
Smart printer berikutnya sudah didukung jaringan kabel, sehingga sangat cocok digunakan untuk kebutuhan kantor maupun industri. Fitur-fitur tambahan yang sudah disematkan adalah Built-in Wireless, Auto Document Feeder dan Ethernet.
Printer Brother Tipe MFC-T810W - Blog Mas Hendra
5. MFC-T910DW Harga Rp. 5.890.000
Pada tipe ini kamu akan memperoleh fitur lengkap dalam satu printer, mulai dari paper handling yang lebih baik, fitur cetak bolak balik secara otomatis serta paper tray tambahan. Sehingga kamu akan merasakan pengalaman mencetak yang luar biasa.
Printer Brother Tipe MFC-T910DW - Blog Mas Hendra

Printer Brother Tipe MFC-T910DW - Blog Mas Hendra
Wah kelima printernya keren-keren dan canggih. Harganya juga terjangkau lah. Dari kelima printer Brother keren diatas, saya tertarik banget sama tipe MFC-T910DW. Karena fiturnya paling lengkap dibanding tipe yang lainnya. Kita lihat yuk spesifikasi lengkapnya :

Basic Specs FUNCTIONS Print,Scan,Copy,Fax PRINTER TYPE Inkjet Printer PRODUCT DIMENSIONS (WIDTH X DEPTH X HEIGHT) 435 mm x 439 mm x 195 mm PRINT SPEED 12/10 ipm PAPER TYPE Plain, Inkjet, Glossy (cast/resin) PAPER SIZE A4, Letter, Executive, A5, A6, Envelopes (C5, Com-10, DL, Monarch) Photo (10 cm X 15 cm), Photo-L (9 cm X 13 cm), Photo-2L (127 mm X 178 mm ), Indexcard (127 mm X 203 mm) MAXIMUM PAPER CAPACITY 150 sheets (80 gsm) Print RESOLUTION Max. 1,200 dpi x 6,000 dpi PRINTING WIDTH A4 (Border/Borderless): 204 mm / 210 mm Letter (Border/Borderless): 210 mm / 216 mm BORDERLESS A4, Letter, A6, Photo (10 cm x 15 cm), Photo L (89 mm × 127 mm), Photo 2L (13 cm × 18 cm), Index Card (127 mm × 203 mm) 2-SIDED - PAPER TYPE Max. 20 pages, 80gsm Print Media PAPER INPUT - PAPER TRAY #1 - PAPER TYPE Plain, Inkjet, Glossy (cast/resin) PAPER INPUT - PAPER TRAY #1 - MAXIMUM PAPER CAPACITY Approx. 150 sheets of 80 gsm plain paper PAPER INPUT - MULTI-PURPOSE TRAY Plain, Inkjet, Glossy (cast/resin), Recycled PAPER INPUT - MULTI-PURPOSE TRAY - MAXIMUM PAPER CAPACITY 80 sheets, 80 gsm PAPER OUTPUT Max. 50 sheets, 80 gsm Copy COLOUR Yes MONOCHROME Yes COPY WIDTH A4: 204 mm Letter: 210 mm MULTIPLE COPIES Stacks/sorts up to 99 pages ENLARGE/REDUCE 25% to 400% (in increments of 1%) RESOLUTION Print: Max. 1,200 dpi × 1,200 dpi Scan: Max. 1,200 dpi x 1,200 dpi 2-SIDED - PAPER TYPE Plain, Recycled 2-SIDED - PAPER SIZE Letter, A4, A5 Connectivity USB USB 2.0 LAN Yes WIRELESS LAN IEEE 802.11b/g/n (Infrastructure/Ad-hoc Mode) IEEE 802.11g/n (Wi-Fi Direct™) Scan COLOUR SCANNING Yes MONOCHROME Yes COLOUR DEPTH - INPUT 30-bit colour processing COLOUR DEPTH - OUTPUT 24-bit colour processing / 256 levels per colour GREYSCALE - INPUT 10-bit colour processing GREYSCALE - OUTPUT 8-bit colour processing/ 256 levels RESOLUTION - INTERPOLATED Max. 19,200 dpi x 19,200 dpi RESOLUTION - SCANNER GLASS Max. 1,200 dpi × 2,400 dpi (optical) RESOLUTION - ADF Max. 1,200 dpi × 600 dpi (optical) SCANNING WIDTH - SCANNER GLASS Max. 215.9 mm SCANNING WIDTH - ADF 148 mm to 215.9 mm SCANNING LENGTH - SCANNER GLASS Max. 297 mm SCANNING LENGTH - ADF 148 mm to 355.6 mm Fax COMPATIBILITY ITU-T Super Group 3 MODEM SPEED 14,400 bps SCANNING WIDTH (SINGLE-SIDED DOCUMENT) Scanner Glass: 208 mm (Letter), 204 mm (A4) ADF: 208 mm (Letter/Legal/A4) PRINTING WIDTH 204 mm (A4) 210 mm (Letter) GREYSCALE - MONO 24-bit (8-bit per colour / 256 levels) RESOLUTION (VERTICAL) - STANDARD - MONO 203 dpi × 98 dpi RESOLUTION (VERTICAL) - FINE - MONO 203 dpi × 196 dpi RESOLUTION (VERTICAL) - SUPERFINE - MONO 203 dpi x 392 dpi GROUPS Max. 6 BROADCASTING 90 (40 address book + 50 manual dial) SPEED DIAL 40 MEMORY TRANSMISSION Max. 170 pages OUT OF PAPER RECEPTION Max. 170 pages PC FAX - COLOR / MONO Mono PC FAX - SENDING Yes (Network/USB, Up to A4) PC FAX - RECEIVING Yes (Network/USB, Up to A4) *NA for Mac PC FAX - BROADCASTING Up to 50 PC FAX - DOCUMENT SIZE Letter, A4, Legal PC FAX - PC-FAX PROTOCOL RX: Class 2 TX: PC-FAX Driver Display & Memory DISPLAY 44.9mm TFT MEMORY CAPACITY 128 MB Weight WEIGHT 8.9 kg Operation POWER SOURCE AC 220 V to 240 V 50/60Hz POWER CONSUMPTION - PRINTING Approx. 16 W POWER CONSUMPTION - READY Approx. 3.5 W POWER CONSUMPTION - SLEEP Approx. 1.2 W POWER CONSUMPTION - POWER OFF Approx. 0.2 W NOISE LEVEL Max. 50 dB TEMPERATURE - OPERATING 10°C to 35°C TEMPERATURE - BEST PRINT QUALITY 20°C to 33°C PhotoCapture Center Specifications COMPATIBLE MEDIA up to 256GB RESOLUTION Max. 1200 dpi X 6000 dpi FILE EXTENSION - MEDIA FORMAT Exif DCF (up to ver. 2.1) FILE EXTENSION - IMAGE FORMAT Photo Print: JPEG Scan to Media: JPEG, PDF (Colour) TIFF, PDF (Monochrome) BORDERLESS Yes PictBridge Specifications INTERFACE USB direct interface Network WIRELESS NETWORK SECURITY USB direct interface WIRELESS SETUP SUPPORT UTILITY - WPS Yes System Requirements WINDOWS® OPERATING SYSTEM Windows® 7/8/8.1/10/Server 2008/2008 R2/2012/2012 R2/2016 MAC OPERATING SYSTEM Mac OS X 10.11.6/10.12.x/10.13.x
Dengan printer ini, saya bisa mencetak foto dan dokumen dengan kualitas yang jauh lebih baik. Apalagi ada fitur Built-in Wireless, jadi saya bisa ngeprint dari mana saja, tanpa menyambungkan printer ke perangkat komputer atau gadget. 

Gak hanya itu saja loh guys, masih ada keunggulan-keunggulan lainnya yang akan membuat kamu semakin tertarik untuk meminangnya. Gak percaya??? Lihat nih keunggulan printer Brother tipe MFC-T910DW.

Membeli printer Brother merupakan sebuah keputusan yang tepat, karena kamu akan memperoleh banyak benefit sekaligus pengalaman mencetak menjadi lebih baik dibanding printer merk lainnya. Nah berikut adalah keunggulan yang dimiliki printer Brother tipe MFC-T910DW :

💚 KEUNGGULAN PRINTER BROTHER TIPE MFC-T910DW 💚

1. Cetak Langsung Dari perangkat Mobile
Permudah semua pekerjaan kamu dengan fitur keren dari printer Brother. Berkat konektivitas yang lengkap dan fleksibel, mulai dari built in Wi-Fi dan Ethernet Network, sehingga memenuhi lingkungan kerja kamu, baik di rumah maupun kantor.

Kamu juga bisa mencetak foto dan dokumen secara wireless, mulai dari perangkat PC, laptop, smartphone maupun tablet, sehingga kamu tidak perlu repot-repot menyambungkan perangkat ke printer. Dengan begini urusan mencetak tidak lagi ribet dan efisiensi waktu dapat tetap terjaga dengan baik.

2. Irit Tempat dan Lebih Efisien
Printer Brother memiliki ink tank di bagian depan, sehingga memudahkan kamu untuk mengisi tinta. Selain itu, sistem refill printer Brother dilengkapi dengan tutup transparan. Jadi kamu dapat dengan mudah mengecek level ink tank.  

Selain itu, printer Brother juga sudah dirancang khusus untuk meminimalisir resiko tinta bocor dan tumpah. Dimensi printer Brother juga tidak terlalu lebar, karena ink tank terletak di bagian depan, bukan di samping, sehingga dapat mengirit tempat dan pastinya jauh lebih mudah ketika kamu mengisi ulang tinta. 

3. Kualitas Cetak Lebih Tajam
Hasil cetak printer Brother terbukti jauh lebih tajam dan cemerlang. Kualitas warna pada foto pun terlihat lebih terang dan jelas serta tidak mudah luntur. 

Printer Brother model ink tank ini sangat cocok digunakan untuk mencetak banyak foto dengan kualitas cetak lebih baik, apalagi bagi kamu yang hobi mengabadikan setiap momen berharga dan ingin mencetaknya sebagai kenangan, maka printer Brother adalah pilihan yang tepat.

Kamu juga tidak perlu khawatir hasil foto akan blur, karena resolusi cetaknya mencapai 1.200 x 6.000 dpi (dot per inch). Ini artinya kualitas fotonya jauh lebih halus dan tidak pecah.


4. Paper Handling yang Baik
Tidak seperti printer kebanyakan, dimana kita harus melakukan pengaturan pada ukuran kertas ketika ingin mencetak. Di printer Brother, kamu bisa mengerjakan pencetakan variatif dengan paper tray yang muat hingga 150 lembar kertas dan dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran kertas.

Selain itu, printer Brother juga sudah dilengkapi fitur Auto Document Feeder, sehingga kamu bisa melakukan scan, copy maupun fax hingga 20 lembar halaman secara otomatis. Masih ada lagi guys, printer Brother juga sudah dilengkapi dengan multipurpose tray, ini artinya printer dapat memuat hingga 80 lembar kertas dengan gramatur variatif.

5. Solusi Cepat Jika Printer Error
Satu lagi keunggulan yang dimiliki oleh printer Brother adalah penanganan yang cepat jika terjadi error printer. Melalui display pada body printer, kamu bisa melihat secara langsung permasalahan yang dihadapi, misalnya seperti masalah NO PAPER, sehingga kamu bisa dengan cepat mengatasi masalah pada printer Brother.

Kehadiran layar LCD 1,8 inch dan keypad pada printer, membuat navigasi menjadi lebih mudah, sehingga kamu dapat menghemat waktu lebih efisien dan tidak perlu bingung ketika terjadi masalah pada printer.

Fitur keren ini dinilai jauh lebih efektif, terutama ketika kamu mencetak dokumen dalam jumlah banyak. Bayangkan saja, ketika mencetak dokumen, di tengah-tengah kamu menemui kendala pada printer kamu, yang kamu sendiri tidak tahu dimana letak masalahnya.

6. Kecepatan Cetak yang Tinggi
Pernahkah kamu mencetak dokumen menggunakan printer yang lelet? Tentu printer yang lelet akan menghambat produktivitas, sementara di sisi lain atasan atau klien kamu ingin semuanya serba cepat. Kalau sudah begini, sebaiknya segera beralih ke printer Brother guys.

Keunggulan lainnya adalah printer Brother dapat mencetak dengan kecepatan tinggi, hingga 12/10 ipm (image per minutes). Dengan kecepatan ini, tentu produktivitas kamu juga akan meningkat dan tidak lelet lagi.

7. Lebih Menghemat Biaya
Dengan menggunakan printer Brother, kamu bisa menghemat biaya cetak untuk printer kamu. Kok bisa? Sistem refill tinta dari Brother lebih mudah dan dapat mencetak hingga 6500 halaman hitam putih (untuk model tertentu) dan 5000 halaman berwarna (untuk model tertentu).

Sehingga kamu bisa menghemat biaya cetak per halaman, berkat tinta ultra high-yield dari Brother. Selain itu, kamu juga bisa membantu menyelematkan lingkungan dengan menggunakan fitur cetak 2 sisi otomatis yang bisa menghemat penggunaan kertas hingga 50%. Selain menghemat biaya pembelian tinta, kamu juga akan menghemat biaya pembelian kertas.

Save The Earth and Make It Colours With Brother Printer - Blog Mas Hendra
Sebelum menutup tulisan ini, mari kita renungkan sejenak. Berapa banyak orang yang membuang-buang kertas, hanya karena salah mencetak, atau memang karena printer yang digunakan tidak mendukung cetak otomatis di kedua sisi. Tentu hal ini termasuk mubazir, karena berapa banyak lembar kertas lagi yang akan terbuang percuma.

Coba kamu bandingkan dengan smart printer dari Brother, tidak hanya mampu menghemat kertas, tapi juga ikut membantu menyelematkan lingkungan. Kini saatnya kamu beralih ke smart printer dari Brother yang akan mewarnai masa depanmu dan juga bumi kita.

Jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, kamu bisa datang langsung ke Kantor Brother, atau bisa juga kepoin akun sosial media Brother di bawah ini :


Customer Care Brother - Blog Mas Hendra

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin membeli printer baru atau mengganti printer lama dengan printer Brother.
"TULISAN INI DIIKUTSERTAKAN DALAM BLOG REVIEW COMPETITION PRINTER BROTHER, "COLORING INDONESIA WITH SMART PRINTER"
Blog Competition Coloring Indonesia With Smart Printers - Blog Mas Hendra

*Update :
Syukur alhamdulillah, rezeki MINALLAH. Meski belum keluar sebagai pemenang favorit, apalagi pemenang utama, tapi berkat dukungan teman-teman yang sudah meluangkan waktu dan berkomentar di artikel ini, saya berhasil meraih pemenang dengan kategori Komentar Terbanyak. Saya mendapatkan voucher belanja senilai 250.000. Thank you guys....


46 comments

Mas beliin saya satu dong
Mas Hendra baik dah

Printer Brother ya, kebetulan saya juga sedang mencari info tentang jenis-jenis printer untuk kebutuhan anak saya belajar.

Terimakasih infonya kang, saya pelajari dulu yah, siapa tahu ada yang cocok.

Tinggal pilih aja langsung. Pilih aja sih,

Silahkan dipilih aja mang.... MurMer loh

Wah mantab ya, banyak keunggulannya. Saya juga belum punya printer untuk garap-garap tugas kuliah. Selalu disulitkan dengan tempat tukang print yang jarang buka dan hasil kurang memuaskan. Gak tau deh pakek printer merk apa! Saya juga kurang tau menau sih soal printer yang bagus seperti apa.

Tapi dari artikel ini, jadi tahu deh tentang printer. Kayaknya printer brother jadi referensi bagus kalau saya mau beli printer. Hehehe

Makasih Gan!

Coba aja merk Brother. Kan udah terbukti di artikel ini

wah ada sistem refill ya mas , kalau begitu mantapbanget ya klau selama ini ya jarang yang punya seperti itu

Iya mas, sudah sistem refill. Jadi lebih mudah untuk isi ulang tinta, apalagi ink tank nya terletak di depan dan transparant...

belum punya printer brother, tapi kalau dilihat-lihat speknya oke punya!!

Silahkan mas, siapa tau berminat bisa meminang Brother...

Saya dari dulu juga pengin beli printer tapi belum kesampaian, apalagi sekarang buka online shop kan enak kalau nulis alamat tujannya pake printer biar lebih profesional. Harganya nggak ada yang hemat ya 2 jutaan keatas semua .

Brother memang keren dan handal ya Mas. Cocok banget buat semua profesi nih. Apalagi kehebatan-kehenatannya itu, sudah pasti buat siapa saja jadi jatuh cinta.. Hehee

Brother memang bisa diandalin buat handle pekerjaan berat ...

Printer brother emang keren kayaknya ni mas, ntuk cikgu mantap ni kan mas ?

Perlu banget mas Dwi, untuk memudahkan bisnis kita. Harga 2 jutaan, tapi fitur udah lengkap mas Dwi....

Iya mas, cocok untuk dipakai di semua bidang pekerjaan..

Apalagi digunakan untuk bisnis, pasti mumpuni deh

Kalau printer kaya gitu speaknya tawarkan kepada yang suka berfoto selfie sepertinya prospek mas, hasilnya bagus sih he...he...

benar juga ya mas. brother itu lebih setronggg.... hehehehe...
yang saya ingat, brother itu merk mesin jahit juga. soalnya sering lihat mesinya di pabrik garmen..

Hmmmm, bisa jadi, bisa jadi.. Kayaknya niat nih mas

Betul mas, awalnya kan produsen mesin jahit, tapi seiring perkembangan zaman, ekspansi menghasilkan printer berkualitas

Wah aku suka printer brother.... Aku pengen banget printer ini...
buat cetak foto, tugas, makalah dan banyak macamnya.

Informasinya menarik, sepertinya printer ini sangat recomended buatku deh!

Wah rekomended nih printer brother, sayangnya sampe sekarang saya gak bisa ngeprint karena belum pernah punya huhuhu

bro ane mau dong printernya satu, dikasih yang mana aja ane ikhlas (tapi kalo boleh kasih yang paling mahal ya) heheheh
komplit artikelny masbroooo

Salam HOki dan salam Blogger

Saya juga pernah punya usaha warnet, makanya pernah punya printer dengan fitur yang cukup lengkap. Sekarang udah brenti usahanya, tapi printernya masih bisa kepake. Berguna juga punya printer dengan fitur lengkap

Semoga bisa jadi rekomendasi ya mas... Printernya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan, apalagi kayak mas Adhi yang seorang design graphic, pasti butuh banget printer handal kayak printer Brother

Barangkali bisa bermanfaat mas Amir, kalo mau beli printer, bisa pilih Brother sebagai rekomendasi printer handal

Wah ane juga mau kalo Brother mah

Wah mending printernya masih bisa dipake, kalo saya mah mendingan beli baru aja deh, soalnya udah super lemot dan boros pula... Udah banyakan errornya

Saya pakai printer sejuta umat Canon IP2770 yang sudah terkenal gampang rusak catridge nya, soalnya masih terbatas di budget sih. Kalau usaha sudah bertambah besar boleh juga nih dipertimpangkan si Brother ini, canggih banget ya ngisi tinta gak ribet kayak printer lain, udah gitu ada indikator nya jadi gak pusing diagnosa kalau sewaktu-waktu bermasalah.

Waduh, baru tau saya kalo Canon lemah di cartridge-nya. Yup si Brother ini banyak keunggulannya, boleh diadu sama printer merk lainnya...

Berkualitas dan terjangkau. Itulah saya memilih printer brotehr. Saya punya dua, semua merk brohter.

Wadaw, keren ih si Babang Brother. Bagi atu atuh bang

Iritnya itulah mas luar biasa. Sudah coba di kantor... Mantab. GL ya mas, semoga dapat satu:)

Aaamiiin,semoga kita beruntung mba. Makanya printer Brother cocok banget digunakan untuk bisnis yah...

Wah mantep om, spertinya cocok bgt bagi mahasiswa ni haha...

Banget cocok mas... Beli lah, buat bikin tugas kuliah

aku kalau cari printer selalu yang harganya murah. padahal jatuhnya jadi lebih mahal. pengen banget deh punya brother ini, yang 510 aja sih cukup kayaknya

Iya,betul, murah pada awalnya doang, tapi refill nya justru lebih mahal... Saya juga pengen nih printer Brother. Kasih satu lah Admin Brother, please, *eh...

Suka banget sama DCP-T710W
Kalo mas Hendra sukanya yang mana nih? :D

Kalo saya ya jelas yang paling komplit, karena untuk menunjang segala aktivitas, baik saya pribadi maupun anak saya nanti. Pasti MFC-T910DW

Aku paling suka main printer, Mas. Tapi sudah lama terpaksa puasa ngeprint cuma gara-gara tinta habis dan susah ngisinya.
Brother ini kayanya mudah pengisian tintanya ya. Enggak pakai mahal juga kan ya.

Printer Brother banyak keunggulannya, salah duanya adalah irit tinta dan mudah melakukan refill. Dan harganya sesuai dengan fitur yang ada, jadi bisa dibilang worth it lah.

Hai Mas Hendra, salam kenal ya. Saya beruntung bisa menemukan artikel yang lengkap banget tentang printer nih karena emang lagi cari printer yang kualitasnya mumpuni dan hasil cetaknya bagus. Sebagai penulis buku yang sering harus cetak draft naskah untuk dibaca dan diedit dulu, kalau harus ngeprint ke luar pasti jauh lebih mahal daripada ngeprint sendiri. Makanya abis baca tulisan ini, saya sepertinya bakal milih Printer Brother deh.

Iya mba, salam kenal juga ya. Kalo memang lagi butuh printer, Brother bisa diandalkan mba. Karena fiturnya lengkap ,apalagi harganya masih terjangkau lah... Silahkan dipilih printer nya yang mana


EmoticonEmoticon