Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Susu Zinc dan Manfaatnya untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Zinc untuk Kesehatan Tubuh
Image : enervon.co.id

"Kok tinggi anaknya cuma segitu aja sih Bu Lukhan?". "Kenapa anaknya nggak dikasih susu zinc aja, biar cepat tinggi?". Kedua kalimat tersebut, mungkin saja pernah menjadi trending topic di kalangan emak-emak ketika sedang melakukan pertemuan rutin dengan tukang sayur di sekitar kompleks perumahan (baca : ngerumpi). 

Para emak tersebut, selalu saja mampu menemukan ide segar untuk dijadikan bahan obrolan. Sementara, para blogger harus berusaha ekstra keras mencari ide untuk dijadikan bahan artikel. 

Kali ini saya juga akan mengangkat tema yang sama, yakni mengenai tumbuh kembang anak-anak. Berbicara masalah pertumbuhan anak, hal ini erat kaitannya dengan asupan makanan bergizi tinggi, faktor keturunan dan aktivitas yang sering dilakukan. Kalau bapaknya pendek, apakah anaknya juga akan pendek sekali? Kan ini mengacu pada faktor keturunan. Ya konsepnya sih nggak gitu juga Bambang! Makanya biasakan membaca artikel hingga selesai ya guys!

Saya sangat yakin, pasti setiap orang tua di muka bumi ini, tentu menginginkan putra putri tercintanya agar bisa tumbuh dengan optimal. Selain pertumbuhan fisik yang sehat, anak-anak juga bisa tumbuh dengan cerdas dan pintar. Berbagai upaya pun dilakukan, salah satunya dengan memberikan asupan vitamin, mineral dan zat penting lainnya untuk menunjang proses tumbuh kembangnya dengan baik.

Apa Itu Zinc?

Sebelum saya membahas manfaat susu zinc yang terbukti memiliki kandungan zinc yang tinggi untuk perumbuhan anak, mari kita cari tahu terlebih dulu apa itu zinc.

Salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses tumbuh kembang adalah zinc.

Zinc atau dikenal juga dengan nama lain seng adalah salah satu zat mikro yang membentuk material dan struktur sel, serta membantu menstabilkan membran sel dan DNA, sehingga zinc kerap dianggap sebagai zat yang sangat baik untuk pembentukan antioksidan bagi tubuh dan juga menunjang berbagai fungsi di dalam tubuh.

Apa saja fungsi zinc bagi tubuh kita?

  • Membantu zat besi untuk membentuk hemoglobin
  • Meningkatkan sistem imun
  • Membantu memaksimalkan sistem pencernaan dan penyerapan zat gizi
  • Membantu pembentukan, penyimpanan serta pelepasan insulin dari pankreas
  • Membantu penyerapan dan metabolisme zat gizi karbohidrat, protein dan lemak
  • Membantu menjaga kesehatan sel dan mata
  • Mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu menangkal radikal bebas dari luar tubuh
  • Membantu proses tumbuh kembang anak agar lebih optimal
  • Menunjang proses pembentukan sel serta saraf pada anak, sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit

Manfaat Zinc untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Susu Zinc
Image : dancow.co.id

1. Pertumbuhan anak-anak

Zinc dibutuhkan tubuh untuk membantu mengoptimalkan berbagai fungsi di dalam tubuh, salah satunya adalah untuk mendukung berbagai proses dalam tumbuh kembang anak-anak, seperti :

  • Metabolisme yang seimbang antara karbohidrat, protein dan lemak, sehingga tubuh mampu menyerap dengan optimal nutrisi dari makanan yang dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang
  • Mengatur indera perasa, penciuman dan nafsu makan, sehingga kebutuhan anak-anak tercukupi dengan baik

2. Penyembuhan luka

Di dalam prosedur medis, zinc digunakan juga untuk mengobati cidera kulit, luka bakar, infeksi kulit dan jenis luka basah tertentu lainnya. Seperti dikutip dari sebuah studi di National Institutes of Health, zinc memiliki peran yang besar untuk mengatur beragam fase dalam proses penyembuhan luka, mulai dari perbaikan membran sel, angiogenesis, koagulasi, peradangan dan pertahanan imun hingga pembentukan bekas luka.

3. Sistem kekebalan tubuh

Manfaat zinc berikutnya adalah melindungi sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas di saat tubuh mengalami peradangan. Ketika jumlah zinc di dalam tubuh terpenuhi, maka sistem kekebalan tubuh anak menjadi lebih kuat, sehingga mampu mengurangi risiko terkena berbagai penyakit akibat infeksi.

4. Menjaga kesehatan kulit

Setelah zat besi, zinc merupakan mineral terbanyak kedua yang terdapat di dalam hampir seluruh sel tubuh, dan jumlah terbanyak terdapat di epidermis kulit (sekitar 5 persen). Untuk menjaga kesehatan kulit, zinc memiliki peran untuk membentuk keratin dan membentuk kolagen yang mana keduanya dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Bahkan dipercaya jika zinc yang cukup mampu meredakan permasalahan jerawat.

Susu dengan Kandungan Zinc yang Tinggi

Susu Zinc Pilihan Ibu

Beberapa makanan yang mengandung zinc di antaranya adalah ikan kering, tiram, daging, hati dan susu. Namun penyerapan zinc akan terhambat jika dikonsumsi secara bersamaan dengan makanan yang mengandung fitat, seperti terigu, gandum, beras, kacang kedelai dan tumbuhan polong.

Anda bisa mencukupi kebutuhan zinc pada anak dengan memberikan DANCOW 1+ EXCELNUTRI + setiap hari. Dengan inovasi terbaru dari Nestlé Research Centre, kandungan EXCELNUTRI + dalam susu pertumbuhan ini dibuat khusus untuk anak-anak yang sudah berumur 1 tahun. 

Selain zinc, DANCOW 1+ EXCELNUTRI + diperkaya juga dengan serat pangan Inulin, Lactobacillus rhamnosus NCC 4007, Bifidobacterium longum NCC 3001, vitamin A,C,E serta Selenium. Nutrisi ini membantu menjaga saluran cerna untuk proteksi anak-anak.

DANCOW 1+ EXCELNUTRI + juga mengandung minyak ikan, Omega 3 (Asam α-Linoleat) dan Omega 6 (Asam Linolenat). Sehingga dapat membantu perkembangan otak untuk proses belajar anak-anak. 

Selain itu, DANCOW 1+ EXCELNUTRI + mengandung protein dan kalsium tinggi yang membantu pertumbuhan fisik anak-anak. Dengan dua gelas DANCOW 1+ EXCELNUTRI + dalam sehari, Anda telah memberikan nutrisi lengkap kepada anak-anak agar tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal.

Nah demikian artikel yang bisa Blogmashendra bagikan, semoga bisa menambah wawasan seputar kesehatan dan manfaat zinc pada pertumbuhan tubuh.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Susu Zinc dan Manfaatnya untuk Tumbuh Kembang Anak"

Berlangganan via Email