Ini 5 Manfaat Bermain Bulu Tangkis Bagi Kesehatan Tubuh

Bermain Bulu Tangkis untuk Kesehatan Tubuh - Blog Mas Hendra

Banyak cara dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari tidak meninggalkan kebiasaan sarapan pagi, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi hingga rajin berolahraga. Jika ketiganya rutin kita terapkan, bukan tidak mungkin tubuh akan tetap fit dan tidak mudah sakit. Kalau tubuh jarang sakit, maka kita akan semangat terus dalam menjalani aktivitas sehari-hari.


Olah raga juga tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal dan tidak melulu harus pergi ke gym, karena pada dasarnya olah raga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bahkan olahraga di kantor pun masih bisa dilakukan. Selagi ada niat kuat untuk berolah raga, maka jangan sia-siakan niat tersebut untuk menjaga aset tubuh yang tidak ternilai harganya ini.


MANFAATKAN LAHAN UNTUK BERMAIN BULU TANGKIS
Semenjak kepindahan saya ke Pengasinan, Kota Depok, di depan rumah saya terdapat jalan yang cukup luas, sehingga saya seringkali memanfaatkannya untuk bermain bulu tangkis. Bersyukur banget punya pekarangan yang luas, karena di kontrakan sebelumnya pekarangannya sempit banget, jangankan untuk bermain bulu tangkis, untuk lewat dua motor saja cukup sulit. Istilahnya senggol bacok, hihihi..

Bermain Bulu Tangkis untuk Kesehatan Tubuh - Blog Mas Hendra

Aktivitas bermain bulu tangkis biasa saya lakukan di pagi hari, karena udaranya masih sejuk dan segar. Olahraga bulu tangkis saya pilih, karena tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, cukup bermodalkan raket dan kok saja, saya sudah bisa merasakan manfaat yang luar biasa. Selain itu, bermain bulu tangkis bisa dilakukan di mana saja, selama tempatnya memadai, kenapa tidak.

5 Manfaat Bermain Bulu Tangkis Bagi Tubuh - Blog Mas Hendra


5 MANFAAT BERMAIN BULU TANGKIS BAGI KESEHATAN TUBUH
Setiap jenis olah raga yang kita lakukan, ternyata memberikan dampak yang luar biasa bagi tubuh. Tidak hanya baik untuk satu organ tubuh saja, melainkan sangat baik untuk banyak organ tubuh loh. Nah berikut ini 5 manfaat bermain bulu tangkis bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui :

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak
Kognitif itu apaan sih? Kognitif merupakan sebuah proses dalam mengembangkan kemampuan rasional (akal). Tahapannya adalah : pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehension), penerapan (application), analisis (analysis), sintesis (synthesis) dan evaluasi (evaluation).

Secara alami, selama kita aktif bergerak, maka volume aliran darah akan meningkat pesat dari jantung ke otak. Hal ini bagus banget loh untuk meningkatkan kerja saraf dan meningkatkan massa otak.

Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa kemampuan nalar akan meningkat secara drastis pada orang yang rata-rata melakukan latihan kardio (jenis olahraga yang meningkatkan denyut jantung) selama 30 menit per hari, setidaknya lima kali dalam seminggu.

2. Menguatkan Otot dan Persendian
Manfaat berikutnya sangat baik untuk menjaga kesehatan otot nih guys, sebut saja otot paha, betis, panggul dan pinggul. Karena bulu tangkis itu melibatkan banyak gerak anggota tubuh, mulai dari melompat hingga berlari, sehingga melibatkan lengan atas dan otot punggung untuk memukul bola.

Bulu tangkis juga bisa membentuk dan menguatkan otot inti loh. Jadi otot inti adalah rangkaian yang terdiri dari otot bagian bawah dada hingga ke tulang panggul. Otot inti juga mengacu pada beberapa otot punggung dan kelompok otot lainnya di seluruh tubuh.

Nah kalau otot dan persendian sudah kuat dan fleksibel biasanya akan mencegah kita dari berbagai risiko cedera ketika berolahraga, atau ketika kita melakukan aktivitas sehari-hari. Juga bisa terhindar dari penyakit arthritis (peradangan sendi) yang melemahkan pergerakan.

3. Meningkatkan Kebugaran dan Menurunkan Berat Badan
Siapa di sini yang kesulitan untuk nurunin berat badan? Ternyata bermain bulu tangkis ini juga bisa membantu menurunkan berat badan loh. Berhubung bulu tangkis termasuk olah raga kardio yang menguatkan otot jantung, ketika otot jantung kita kuat, maka pembuluh darah bisa mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat, sehingga mampu mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot.

Efek ini bagus banget untuk metabolisme tubuh kita biar bisa bekerja lebih efektif untuk menjaga kebugaran tubuh serta membantu setiap sel dalam tubuh untuk membakar lemak lebih banyak selama olahraga dan seterusnya saat beristirahat.

4. Membantu Mengurangi Stress
Bagi kalian yang sering dilanda stress, cobalah banyakin untuk berolah raga, salah satunya bermain bulu tangkis. Kenapa bisa gitu ya? Karena ketika kita bermain bulu tangkis biasanya melibatkan interaksi sosial dengan banyak orang dalam satu waktu, mulai dari ngobrol, bersenda gurau dan bertukar pikiran, sehingga akan menimbulkan mood bahagia.

Nah mood bahagia ketika kita berolah raga, yakni endorfin, dopamin, serotonin dan triptofan mampu menggantikan dua hormon pemicu stress, yakni hormon kortisol dan epinerpin.

5. Mencegah dari Sejumlah Penyakit
Manfaat lainnya adalah mampu mengurangi atau bahkan menghilangkan risiko terhadap sejumlah masalah pada kesehatan, mulai dari tekanan darah tinggi, diabetes hingga obesitas. Bulu tangkis juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan mengurangi kadar trigliserida, meningkatkan kolesterol baik serta mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah.

Kalau kita rutin bermain bulu tangkis, ternyata sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang sejak dini dan mencegah perkembangan osteoporosis di masa tua.

💚💚💚💚💚

Wah manfaat bermain bulu tangkis ternyata luar biasa ya guys. Kalau dilakukan secara rutin, maka sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh untuk jangka panjang. Demikian artikel tentang 5 manfaat bermain bulu tangkis bagi kesehatan tubuh.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

18 comments

Oalah.. Jadi dengan bermain bulu tangkis ternyata juga bisa menghilangkan stre ya, mas. Baru tahu saya. Jadi harus dicoba nih olahraga satu ini..

Wah banyak juga ya Mas manfaat dari bermain bulu tangkis ini. Bisa menjadi lebih sehat juga hehe

@Kopiah Putih : Bisa membantu menghilangkan stress ringan mase, kalo berat mah, ke rumah sakit jiwa aja, hehehe

@Anisa AE : Iya coba aja Mbanya

Di kampung, saya menyebutnya'maen kok' kang, dulu hampir tiap hari maen sama temen.

Sekarang mah boro-boro, hampir gak pernah, karena sibuk nyari 'segenggam berlian' 😁😁😁

Saya suka bulu tangkis tujuan utamanya menurunkan berat bada. Maklum perut semakin buncit.

Tanding yo mas, tak kiwo njenengan. Hahaha, lha wong saya kidal.

kemarin saya sudah beli kok 2, sekarang sudah pada hancur..
jadi tidak main lagi mas hendra..
:)
saya biasanya main dijalan depan rumah, kebetulan tempatnya sepi. jadi bisa pakai jalan untuk memukul kok..

@Kang Maman : Di tanah Sunda mah nyebutnya kan main kok, hehehe. Hayu atuh dibiasakan lagi, biar badan sehat dan segar, kan main koknya juga gak lama, paling 30 menit aja udah keringetan

@Djangkaru Bumi : Bisa dibantu dengan push up atau sit up, biar buncitnya perlahan berkurang...

@Adi Pradana : Kalo kidal, bisa lawan anak saya yang kidal juga, hehehe

@De Eka : Beli koknya satu set Mas. Saya juga main di jalan di depan rumah, soalnya luas, lumayan bisa dimanfaatin buat main bulu tangkis

dulu suk banget saya bang sekarang saya nggak punya waktu untung naik sepeda ke pabrik jadi tubuh tetap terjaga

@Abd Kadir Rusdi : Gak sempat main bulu tangkis, tapi setidaknya masih bisa menjaga kesehatan tubuh dengan naik sepeda ke tempat kerja. Not bad lah, daripada gak olahraga sama sekali.

Dari jamannya sekolah saya sudah suka Bulutangkis...tapi sekarang mau main agak susah...lapangannya nggak ada....

@Dwi Sugiarto : Wah sayang banget yah, gara-gara lahan yang terbatas, jadi gak bisa main bulu tangkis. Berarti saya beruntung banget masih bisa merasakan main bulu tangkis di depan rumah.

Olah raga kesukaan saya. Tiap minggu maen nih ma orang kantor

@Bang Day : Wah pasti semangat nih mainnya ya Bang Day, apalagi ini olahraga favorit


EmoticonEmoticon