Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Pemasangan CCTV di Lingkungan Perumahan

Manfaat Memasang CCTV di Lingkungan Perumahan

Minggu pagi itu saya dikagetkan sama beberapa orang yang sedang berkumpul di depan rumah. Berhubung suaranya terdengar cukup ramai dan agak fals, saya pun penasaran dan membuka aplikasi di ponsel untuk melihat kamera cctv BARDI yang dipasang di rumah. Setelah saya amati dengan tcara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja, ternyata suara tersebut berasal dari bapak-bapak kompleks perumahan.

Tanpa menunggu perintah, saya pun langsung keluar rumah untuk membantu mereka. Ternyata tujuannya adalah untuk memasang kamera pengawas di lingkungan perumahan. Apalagi menjelang bulan Ramadan, biasanya tingkat kriminalitas meningkat di kawasan tempat tinggal kami.

Merek CCTV yang digunakan adalah BARDI, brand asal Indonesia ini memang sedang naik daun untuk kebutuhan smart home. Selain harganya lebih terjangkau, kualitasnya juga oke punya loh.

Berhubung saya berlangganan internet Indihome, maka kebutuhan akses internet untuk kamera pengawas tersebut nebeng dari rumah saya. Yah siapa tahu bisa menjadi ladang pahala bukan? Untuk kepentingan dan keamanan bersama, kenapa tidak?

Oh iya guys, harga kamera cctv dan biaya pemasangannya tergantung dari banyak faktor, mulai dari resolusi gambar, pilihan memori untuk mengimpan data, area yang akan dipantau, jaringan internet dan lain sebagainya.

Manfaat Memasang Kamera CCTV

Adapun besarnya biaya yang dibutuhkan untuk memasang CCTV tergantung dari banyak hal, mulai dari harga kamera CCTV, resolusi gambar / video, besar memori untuk menyimpan data, luas area yang dipantau hingga jaringan internet.

Terlepas dari itu semua, memasang CCTV di lingkungan perumahan, kantor maupun di sekolah, ternyata memberikan dampak yang signifikan terhadap keamanan di sekitarnya. Berikut adalah manfaat pemasangan CCTV yang perlu kalian ketahui.

1. Mencegah tindakan pencurian dan perampokan

Pencuri atau perampok biasanya akan berpikir dua kali saat mengetahui tempat yang akan menjadi sasaran kejahatannya dipasang kamera pengawas dan terdapat papan peringatan yang memberi tahu bahwa daerah tersebut berada di bawah pengawasan CCTV.

Berkat kehadiran CCTV, akan memudahkan pihak berwenang untuk mengidentifikasi serta melacak pergerakan para penjahat. Hal ini juga mampu untuk mencegah insiden yang tidak diinginkan, sebelum semuanya benar-benar terjadi.

2. Mencatat bukti

Manfaat memasang CCTV berikutnya adalah membantu memudahkan pihak berwenang untuk menganalisis sebuah kejadian berdasarkan hasil rekaman yang tertangkap CCTV. Hal ini bisa bisa dijadikan sebagai barang bukti untuk melawan para penjahat di pengadilan. Selain rekaman berupa video, CCTV saat ini juga mampu merekam audio.

Perlu kalian ketahui, bahwa rekaman ini sangat berguna sebagai barang bukti yang kuat di saat kalian ingin memutar ulang serangkaian kejadian yang berhasil terekam oleh kamera pengawas.

3. Mengawasi aktivitas

Keberadaan CCTV terbukti ampuh membantu kita untuk mengawasi berbagai aktivitas yang terjadi. Bahkan sudah banyak kasus kejahatan yang dilakukan oleh asisten rumah tangga terungkap berkat kehadiran kamera pengawas. Sehingga dengan CCTV yang terpasang di rumah, kalian tidak perlu terlalu khawatir, karena kalian juga bisa mengawasi situasi rumah dari jarak jauh.

4. Memantau aktivitas yang mencurigakan

Ada kamera pengawas yang dipasang secara sembunyi oleh si pemilik rumah. Tujuannya untuk memantau berbagai aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang yang ada di rumah, termasuk karyawan maupun asisten rumah tangga. Dengan begitu, kita bisa mengumpulkan banyak informasi tentang aktivitas yang mencurigakan.

Banyak kamera pengawas modern yang ukurannya sangat kecil dan bisa dipasang di mana saja secara sembunyi, sehingga kita bisa mengumpulkan bukti rekaman CCTV dan menangkap pelaku kriminalitas dengan lebih mudah.

5. Membantu mengingat barang-barang

Manfaat memasang kamera pengawas berikutnya adalah membantu ketika kita lupa meletakkan barang, misalnya saja ponsel, jam tangan, remote (yang paling sering dicari), kacamata, mantan, kunci kendaraan dan lain sebagainya. Berkat bantuan CCTV, kita dapat dengan mudah melihat dan memantau keberadaan barang-barang yang ada di rumah.

Berhubung manfaat pemasangan CCTV yang begitu signifikan, makanya kami warga perumahan memutuskan untuk memasang kamera pengawas di beberapa titik yang dianggap strategis. 

Manfaat Pemasangan CCTV
Berkat CCTV, saya bisa leluasa memantau pedagang keliling. Eh tapi ini ada dua mobil tahu bulat bentrok, hehehe...

Berkat CCTV yang baru dipasang di sekitar perumahan, saya jadi lebih mudah mengawasi anak-anak yang bermain di luar rumah, selama tidak keluar dari area pantau kamera. Selain itu, saya juga bisa memantau tukang dagangan yang sedang keliling di sekitar rumah, jadi lebih mudah kalau mau jajan, hehehe...

Nah demikian informasi mengenai manfaat memasang CCTV di sekitar perumahan. Semoga artikel yang saya bagikan kali ini bisa memberikan manfaat.

4 komentar untuk "Manfaat Pemasangan CCTV di Lingkungan Perumahan"

  1. Wah keren nih ci akang, di lingkungan tempat tinggalnya sudah di pasang kamera CCTV. Semoga makin aman ya.

    Kalo di tempat saya udah dipasang juga kang, tepatnya rumah tetangga. Ini gegara beberapa waktu lalu terjadi pencurian sepeda motor di gang tempat parkir depan rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin, semoga saja Kang, bisa mengurangi tingkat kejahatan di sekitar kompleks. Memang makanya kita harus antisipasi terlebih dulu sebelum terjadi sesuatu, jangan kejadian dulu, baru antisipasinya belakangan...

      Hapus
  2. Mantaaap mas Hendra. Warga perumahannya pun kompak banget mau urunan buat masang CCTV secara kolektif gitu. Penting ya di kota besar secara sekarang modus kejahatan juga semakin aneh2. Semoga orang2 yg berniat jahat agak surut begitu tahu ada CCTV yg mengintai pergerakan mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demi kepentingan bersama Mba, jadi ya kita harus kompak...

      Hapus

Berlangganan via Email