Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rahasia Agar Resolusi Tahun Baru Tercapai. No 5 Sering Diabaikan!

Tips Agar Resolusi Tercapai

Banyak orang sering menyusun sederet resolusi sebelum menjelang akhir tahun. Jenis resolusi yang disusun pun cukup beragam, mulai dari menjalani hidup sehat (baca : diet), menyusun keuangan serta menata kehidupan sosial yang jauh lebih baik. Dari sekian banyak resolusi yang telah disusun, namun hanya sebagian kecil saja yang berhasil diwujudkan. Atau bahkan mungkin tidak ada sama sekali?

Jika ini yang terjadi, berarti ada strategi yang kurang tepat dalam mewujudkan resolusi. Sehingga tidak jarang resolusi hanya menjadi sebuah janji pada diri sendiri saja, yang berujung tidak bisa ditepati. 

Maka dari itu, resolusi sebaiknya dirancang secara terstruktur dan detail, tentu dengan segala persiapannya, mulai dari persiapan mental hingga mindset untuk mewujudkannya.

Rahasia Agar Resolusi Bisa Terwujud

Sebelum menyusun resolusi, yuk kita simak dulu, langkah apa saja yang perlu dipersiapkan dalam upaya mewujudkan resolusi di awal tahun, berikut ulasannya :

1. Resolusi Kurang Spesifik

Resolusi Kurang Spesifik
Image : pixabay.com/eliza28diamonds

Pada umumnya seseorang seringkali menyusun resolusi yang dianggap kurang detail. Misalnya, ada yang memiliki resolusi untuk jadi lebih kaya, atau mau lebih kurus. Siapapun bisa dengan mudah menyusun resolusi serupa. Namun ternyata, yang menjadi masalah adalah target untuk mewujudkannya tidak tergambar dengan jelas atau bisa dibilang target resolusinya kurang spesifik.

Anda bisa mengubah kalimat pada resolusi yang disusun menjadi lebih terukur lagi, contohnya seperti ini, "Saya ingin menabung 1 juta setiap bulannya" atau "Saya ingin menurunkan berat badan hingga 15 kilogram".

Target yang lebih terstruktur dengan jelas dan detail akan lebih mudah bagi seseorang untuk bisa menilai berhasil atau tidaknya sebuah tujuan, sulit atau tidaknya hingga apakah mungkin bisa mewujudkannya atau sebaliknya.

2. Susun Langkah yang Jelas

Susun Langkah yang Jelas
Image : pixabay.com/USA-reiseblogger

Langkah selanjutnya adalah menyusun atau merancang langkah demi langkah secara jelas dan detail yang berkaitan dengan resolusi yang Anda susun. Sebagai contoh resolusi ingin diet. Untuk mencapai target "diet", maka Anda juga harus merancang 'to-do list' yang jelas untuk mewujudkannya.

Misalnya di tahun depan, Anda memiliki target menurunkan berat badan hingga 15 kilogram, maka susunlah rancangan berapa kali Anda latihan dalam satu minggu, atau bagaimana Anda akan berkomitmen untuk memilih menu makanan yang tepat untuk diet Anda.

Hal ini akan mempermudah resolusi yang telah Anda susun menjadi lebih jelas, terstruktur dengan baik, mulai dari ide, komitmen hingga mempraktikannya.

3. Kenali Rintangan

Kenali Rintangan
Image : pixabay.com/sasint

Godaan atau rintangan seseorang dalam mewujudkan resolusi akan selalu ada. Misalnya dalam hal diet, biasanya rintangan yang sering hadir adalah ajakan makan malam bersama dengan teman atau rekan bisnis. Anda harus bisa memprediksinya sejak awal menyusun resolusi. 

Dengan Anda mengetahui rintangan yang bakalan datang, maka setidaknya Anda telah memiliki siasat tepat untuk mengatasinya.

4. Mulai Ketika Telah Siap

Mulai Ketika Siap
Image : pixabay.com/RyanMcGuire

Menjalankan resolusi tentu saja membutuhkan persiapan yang matang dan komitmen tinggi. Anda tidak harus berpatokan untuk memulainya secara bersamaan di awal tahun. Mungkin saja Anda baru akan memulainya di bulan ke-3 atau pertengahan tahun, karena menyesuaikan kondisi yang terjadi.

Mulailah ketika Anda benar-benar telah siap melakukannya. Karena mental yang lebih siap akan membuat diri menjadi lebih kuat berkomitmen pada suatu hal, daripada Anda harus memulai sesuatu karena tekanan, bukan kesiapan.

5. Belajar dari Kesalahan

Belajar dari Kesalahan
Image : pixabay.com

Rahasia yang terakhir adalah Anda harus belajar dari kesalahan yang telah Anda lakukan. Karena kesalahan merupakan bagian proses untuk mencapai atau mewujudkan suatu tujuan. Namun kesalahan yang terus menerus terjadi dan berulang juga tidak dibenarkan.

Belajar dari kesalahan merupakan guru yang baik sekaligus bisa menjadi energi positif dalam upaya untuk menjadi lebih baik lagi dalam mencapai suatu tujuan.

Jika Anda telah gagal dalam melakukan investasi emas, maka Anda bisa mencari cara investasi lainnya. Atau jika telah mengetahui apa yang menyebabkan Anda gagal dalam proses diet, maka Anda bisa menyusun strategi lainnya.

Nah itu tadi tips agar resolusi tercapai dengan baik dan lebih terukur. Anda bisa mempelajari sekaligus memahami poin demi poin agar resolusi yang telah Anda rancang bisa tercapai secara keseluruhan tanpa kurang suatu apapun.

Jika dirasa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk membagikannya kepada orang lain ya, agar kita semua sama-sama bisa berbagi kebaikan dan hal positif.

Semoga bermanfaat.

6 komentar untuk "5 Rahasia Agar Resolusi Tahun Baru Tercapai. No 5 Sering Diabaikan!"

  1. Resolusi memang mudah diucapkan atau dituliskan ya kang, tapi terkadang prakteknya yg sulit, hehee.

    Belajar dari kesalahan, betul sering kita abaikan, makanya kita belom bisa mewujudkan impian² kita.

    Yuk ah, mulai lagi membuat resolusi, tentunya harus lebih baik dari yang sudah-sudah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayolah buat resolusi lagi di tahun 2021, dan semangat komitmen hehe

      Hapus
  2. Melipir ke sini dalam rangka mengeluarkan 20 ribu kata perhari. Termasuk di antaranya menulis, koment, gumun, selain dari apa yang terucap lisan :'D
    Blognya kecee, Mas. Visitornya saja dahsyat beneerrr..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin makasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat ya

      Hapus
  3. Bagus banget tipsnya. Harus bikin to do list segera nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus Mba, jangan ditunda. Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus

Berlangganan via Email