Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Mesin Kasir untuk Usaha

Pengertian Mesin Kasir

Toko sembako tempat biasa saya belanja, pada awalnya hanyalah sebuah toko berukuran kecil. Aktivitas di dalamnya tidak begitu ramai. Jumlah barang dagangannya pun tidak terlalu banyak. Setiap saya belanja pun tidak perlu mengantri, layaknya toko atau minimarket yang ramai pengunjung. 

Namun seiring berjalannya waktu, lama kelamaan toko sembako tersebut mengalami perkembangan. Jumlah pengunjung meningkat tajam, seiring bertambahnya masyarakat baru yang tinggal di sana. Lalu jumlah barang yang dijual pun semakin bertambah, hingga memenuhi etalase toko.

Karena semakin banyak pembeli dan barang yang dijual, pemilik toko berinisiatif untuk memindahkan ke ruko yang berukuran lebih besar. Meski hanya pindah beberapa meter saja dari lokasi awal, namun tidak mengurangi minat pembeli. 

Selain barang yang dijual cukup lengkap, mulai dari sembako dan kebutuhan sehari-hari lainnya, harga barang yang dijual pun lebih murah dibanding warung lainnya. Inilah yang menyebabkan jumlah pembeli meningkat terus. Bahkan setiap saya belanja, terkadang harus antri terlebih dulu. 

Kondisinya jauh berbeda dengan sebelumnya. Karena kewalahan melayani pembeli, pemilik toko berinisiatif untuk menggunakan mesin kasir untuk efisiensi waktu dan juga tenaga. Sehingga proses transaksi pun berjalan cukup lancar. Pemilik toko juga sangat terbantukan dengan keberadaan mesin kasir tersebut.

Mungkin bagi sebagian pemilik bisnis masih banyak yang mengandalkan laporan manual. Pun demikian juga dengan pencatatan transaksi masih dilakukan dengan manual. Lantas, apa sih mesin kasir itu? Mengapa keberadaannya dianggap begitu penting?

Pengertian Mesin Kasir

Pengertian Mesin kasir

Secara sederhana sesuai dengan namanya, mesin kasir adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menghitung transaksi keuangan. Berkat kemajuan teknologi yang terus berkembang, mesin kasir dapat melakukan berbagai macam fungsi tambahan yang sangat membantu, mulai dari verifikasi cek pribadi, pemrosesan kartu kredit hingga melacak inventaris.

Mesin kasir dianggap peralatan cukup penting dalam sebuah bisnis. Karena dengan menggunakan mesin kasir, pemilik toko bisa mencatat jumlah penjualan, membuat laporan penjualan, membuat laporan transaksi dan aktivitas bisnis lainnya.

Di era digital seperti saat ini, inovasi pada mesin kasir semakin canggih saja dan memiliki banyak fungsi yang dapat membantu para pebisnis untuk mengelola toko/warung, restoran maupun bisnis lainnya.

Fungsi dan Manfaat Mesin Kasir

Pengertian Mesin Kasir

Mesin kasir sering dijumpai di minimarket dan bisnis lainnya, sehingga kita sudah merasa tidak asing. Namun tahukah Anda, apa saja fungsi dan manfaat mesin kasir sebenarnya? Berikut ulasannya :

1. Perhitungan

Sudah jelas ya, bahwa manfaat paling vital adalah untuk melakukan penghitungan transaksi yang terjadi. Tidak hanya itu saja, mesin kasir juga memiliki laporan atau rekap lengkap setiap transaksi yang terjadi. Bahkan mesin kasir yang modern dan canggih dapat melakukan berbagai fungsi dan perhitungan berdasarkan daftar nama dan harga semua barang yang telah dijual, memproses kupon, menghitung pajak maupun menghitung dikson.

2. Membuat laporan

Fungsi mesin kasir berikutnya adalah mesin kasir mampu menyusun laporan keuangan harian. Hal ini bermanfaat untuk membuat laporan bulanan. Selain itu juga pemilik usaha bisa menghitung laba atau rugi yang terjadi. Sehingga pemilik usaha bisa mengambil keputusan yang tepat untuk bisnis yang dijalaninya.

3. Melacak pelanggan

Mesin kasir modern telah dilengkapi dengan kartu gesek pelanggan atau kartu loyalitas pelanggan yang bisa memberikan informasi data pribadi penting mengenai barang yang mereka beli. Sehingga mesin kasir bisa juga sebagai alat identifikasi tentang produk yang keluar atau terjual dari toko tersebut.

4. Menghitung persediaan barang

Dengan mesin kasir, pemilik usaha bisa menghitung persediaan barang apa saja yang telah menipis, sehingga bisa menentukan proses pembelian barang yang telah habis tersebut. Pemilik usaha juga bisa melacak barang atau produk apa saja yang paling laku dijual atau produk yang kurang diminati, sehingga pemilik bisnis bisa mengambil keputusan penting mengenai strategi pemasaran selanjutnya.

Konklusi

Semakin berkembangnya teknologi, menyebabkan terjadi perubahan yang cukup signifikan terhadap proses transaksi dan proses membuat laporan dalam sebuah bisnis. Sehingga diciptakanlah yang namanya mesin kasir toko atau warung yang membantu efisiensi waktu dan juga tenaga.

Banyak sekali mesin kasir di pasaran yang bisa Anda temui. Mulai dari yang sederhana hingga yang paling canggih, tentu dengan harga yang bervariasi sesuai dengan fitur yang diusungnya.

Salah satu yang recommended adalah POST - Aplikasi Kasir yang cocok digunakan untuk bisnis Anda. POST adalah aplikasi kasir online atau point of sale (POS) berbasis cloud system yang didesain khusus untuk membantu meningkatkan bisnis yang Anda jalani. Sehingga akan membantu memudahkan operasional toko.

Fitur Unggulan Aplikasi POST

Pengertian Masin Kasir

- Mencatat semua transaksi yang terjadi dalam keadaan online maupun offline

- Menerima semua metode pembayaran dan terintegrasi (tunai, debit, kredit dan pembayaran digital DANA, OVO, GOPAY, SHOPEEPAY dan LINKAJA)

- Mencatat transaksi berdasarkan channel penjualan (Dine-in, Take Away, Grabfood, Gofood, Shopee, Tokopedia dan lainnya)

- Dapat mengelola harga produk yang berbeda di setiap channel penjualan

- Menyimpan transaksi yang tertunda, tidak perlu repot untuk memasukkan ulang produk

- Dapat melakukan refund transaksi

- Dapat mengatur tarif pajak dan service charge sesuai dengan bisnis

- Dapat mencetak struk dan dikirim secara digital

- Membuat dan mengelola promosi dengan mudah

Demikian artikel mengenai pengertian mesin kasir yang bisa kami bagikan. Semoga bisa memberikan manfaat terutama bagi Anda yang memiliki bisnis atau usaha yang memang sedang membutuhkan alat seperti mesin kasir.

2 komentar untuk "Mengenal Apa Itu Mesin Kasir untuk Usaha"

  1. fungsi dan manfaat mesin kasir sungguh luar biasa
    Saya baru tahu, ternyata tidak hanya sekedar menghitung keuangan
    terimakasih atas reviewnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat

      Hapus