Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjajal Produk Bardi Smart Home. Keren Abis!

Review Bardi Smart Home

Di kesempatan kali ini, Blogmashendra.com mau membahas sedikit review (jujur) pengalaman menggunakan produk Bardi Smart Home. Ada dua produk yang ingin saya bahas di artikel ini, yakni smart bulb (lampu bohlam pintar) dan universal remote. Kedua produk ini sampai di rumah tanpa kurang suatu apapun. Dibungkus dengan kemasan rapih dan dilapisi plastik bubble biar aman.

Seperti kita ketahui, konsep smart home atau rumah pintar sudah lebih dulu diterapkan di negara-negara maju. Masyarakat di sana sudah tidak asing lagi dengan istilah smart home, makanya tidak heran jika sebagian besar rumah maupun gedung di sana sudah lebih dulu menerapkan konsep ini.

Sebelum saya membahas pengalaman memakai produk Bardi Smart Home, mari sama-sama kita mengenal apa itu smart home.

Apa Itu Smart Home?

Apa Itu Smart Home
Image : pixabay.com/renalt

Smart home atau rumah pintar adalah bangunan yang dilengkapi dengan teknologi canggih, sehingga seluruh perangkat dan sistem tersebut dapat saling terhubung satu sama lain. Jadi si pemilik rumah dapat mengendalikan beragam peralatan elektronik dari jarak jauh (remote). Konsep rumah pintar sendiri baru dikenalkan sejak awal tahun 2000-an. 

Diperkirakan, pada tahun 2020, pertumbuhan rumah pintar di seluruh dunia akan meningkat hingga 29.5 persen. Di mana wilayah Asia-Pasifik adalah lokasi paling tinggi yang menerapkan konsep rumah pintar, yakni dengan persentase sebesar 37.7 persen. Proses instalasi yang mudah dan relatif terjangkau, membuat jumlah peminat smart home di Indonesia juga terus meningkat.

Keunggulan Smart Home

Keunggulan Smart Home
Image : pixabay.com/renalt

Rumah pintar merupakan pilihan terbaik bagi yang memiliki mobilitas serta kesibukan yang tinggi. Dengan smart home system, kita bisa mengendalikan berbagai perangkat di rumah dari jarak jauh. 

Bahkan penggunaan listrik pun dinilai lebih efektif dan efisien. Karena kita bisa mengendalikan sistem pencahayaan sesuai dengan keinginan. Kita juga bisa mengawasi rumah dengan kamera pengawas dari jarak jauh.

Melalui perangkat, seperti ponsel atau laptop yang terhubung dengan koneksi internet, kita dapat dengan mudah mengontrol rumah. Rumah Pintar adalah pilihan terbaik di era Internet of Things (IoT), karena seluruh kontrol bisa dilakukan hanya dengan berbekal koneksi internet dan dari satu unit perangkat saja.

Produk Bardi Smart Home

Bardi merupakan produk smart home Indonesia, yang aplikasinya sudah terintegrasi dengan aplikasi Google Home. Jika perangkat disambungkan ke aplikasi Bardi Smart Home, maka di aplikasi Google Home tinggal add device dan pilih link account. Lalu cari Bardi Smart Home, maka semua perangkat akan terdaftar juga di Google Home App tersebut.

Produk Bardi Smart Home
Image : jd.id

Produk dari Bardi Smart Home sendiri memiliki setidaknya 15 varian, di mana semua produk dari Bardi Smart Home adalah "powered by TUYA", yang artinya fitur kemampuan IoT dari produk tersebut didukung oleh WiFi chipset dari TUYA, platform IoT terkemuka di dunia. Adapun varian yang paling laris di pasaran adalah Bardi Smart Home Light Bulb 9w RGBWW dan IR Remote

Review Bardi Smart Home Light Bulb 9w RGBWW

Bardi Smart Home

Saya diberi kesempatan oleh Bardi untuk review kedua produk populer tersebut. Salah satunya adalah Bardi Smart Home Light Bulb 9w RGBWW. Sesuai dengan namanya, produk ini merupakan sebuah lampu berbentuk bohlam atau biasa disebut lampu pijar.

Saat saya buka kotaknya dan saya pegang lampunya, terasa cukup berat, beda banget sama lampu bohlam pada umumnya. Hal ini disebabkan di dalam lampu tersebut terdapat komponen untuk mendukung pengorepasiannya. Ya pasti bedalah lampu pintar sama lampu biasa.

Lampu Bardi ini punya daya 9 watt. Lumayan cukup terang jika dipasang di ruangan yang tidak terlalu luas, seperti kamar tidur, ruang kerja dan ruang belajar. Kalau mau pasang di ruangan yang luas, sebaiknya pilih daya yang lebih tinggi lagi. Biar pencahayaannya lebih maksimal.

Cara Koneksi Lampu Pintar Bardi dengan Ponsel

Sebelum bisa menggunakan produk Bardi, kita harus install dulu aplikasi Bardi Smart Home atau bisa juga aplikasi Smart Life - Smart Living. Saya sendiri install aplikasi yang kedua. Selanjutnya bikin akun terlebih dulu lalu koneksikan produk Bardi yang kita punya.

Untuk memasang lampu Bardi, prosesnya cukup mudah. Pasang lampu di tempat yang diinginkan, bisa di ruang tamu, kamar tidur atau ruang belajar. Selanjutnya dari aplikasi, klik Tambahkan (Tanda +) untuk menambah perangkat Bardi. Kita pilih Lighting - Light Source (BLE+Wi-Fi).

- Nyalakan saklar lampu

- Matiin saklar lampu, lalu nyalain lagi berulang kali, sampai lampu berkedip-kedip (ini artinya lampu sudah siap dikoneksikan. Kalau belum berkedip-kedip, ulangi langkah dari awal lagi)

- Jika lampu sudah berkedip-kedip, konfirmasi bahwa lampu sudah berkedip dan klik Next untuk langkah selanjutnya

- Pilih koneksi WiFi. Pastikan password sudah benar. Lalu klik Next

- Tunggu proses instalasi sampai selesai

- Lampu pintar Bardi sudah siap digunakan

Fitur Lampu Pintar Bardi

Bardi Smart Home

Yang paling menarik ada beberapa fitur untuk mengoperasikan lampu pintar Bardi. Semuanya bisa dikendalikan dari aplikasi di ponsel. Mulai dari menyalakan dan mematikan lampu, mengatur timer lampu hingga mengatur warna.

- White ; Fitur untuk mengatur tingkat keterangan lampu. Mengubah warna lampu dari warna putih ke warna kuning

- Colour ; Mengubah-ubah warna lampu sesuai keinginan. Mengatur tingkat cahaya lampu

- Scene ; Mengatur pencahayaan sesuai dengan kebutuhan, mulai dari lampu malam, lampu untuk membaca dan lain sebagainya

- Music ; Mengatur lampu berkedip berwarna-warni secara otomatis, mengikuti irama musik yang kita mainkan

Beberapa Catatan yang Perlu Diperhatikan

- Ketika kita memindahkan lampu ke ruangan yang lain, kita tidak perlu mengkoneksikan ulang lampu di aplikasi

- Kita tetap bisa menyalakan dan mematikan lampu secara manual dari saklar

- Lampu akan tetap menyala meski tidak terhubung dengan koneksi internet. Tapi kita tidak bisa mengendalikan lewat aplikasi

Spesifikasi Smart Light Bulb 9w RGBWW

Model : 9w - RGBWW

WiFi : IEEE 802.11 b/g/n 2.4 Ghz

Voltase : AC 200-230 Volt

Sistem Support : IOS & Android OS

Mounting : e27 Edison Screw

Masa Pakai : 50.000 jam

Maximum Power : 9W

Maximum Lumen : 900

Temperatur Putih : 2.700-6.500 K

Review Bardi IR Remote

Bardi Smart Home

IR Remote ini berfungsi sebagai remote pintar yang bisa mengendalikan beberapa perangkat elektronik di rumah, mulai dari TV, DVD player, Audio System, AC dan lain sebagainya. Semuanya bisa dikendalikan hanya dari satu perangkat saja.

Kebetulan di rumah ada Smart TV Sharp yang telah saya koneksikan dengan IR Remote ini. Dan bisa berfungsi dengan baik, meski ada beberapa fitur yang tidak bisa dijalankan. Tidak seperti remote TV aslinya. 

Lalu saya coba koneksikan ke AC saya merek LG. Koneksi berhasil, tapi saya tidak bisa kendalikan AC dari IR Remote Bardi. Mungkin saja AC saya yang sudah ketinggalan. 

Kemudian saya coba dambugkan IR Remote ke Speaker Aktif Polytron PAS 79. Tapi sayangnya kok saya tidak bisa menemukan merek Polytron. Akhirnya tidak bisa dikoneksikan. 

Cara Koneksi IR Remote Bardi dengan Ponsel

Produk Smart Remote Bardi terdiri dari perangkat Remote yang berbentuk bundar gepeng berwarna hitam. Lalu ada kabel data yang cukup panjang dan kepala charger serta buku panduan.

- Colokkin remote gepeng tersebut ke listrik

- Pastikan koneksi internet stabil dan lampu kecil di IR Remote Bardi menyala

- Selanjutnya dari aplikasi, klik Tambahkan (+) untuk menambah perangkat Bardi 

- Pilih Others - Universal Remote Control

- Pilih koneksi WiFi. Pastikan password sudah benar. Lalu klik Next

- Pastikan lampu pada Remote menyala. Lalu klik Next

- Tunggu sampai instalasi selesai

- Smart Remote sudah siap digunakan

Spesifikasi Smart Remote - Universal IR

- Model : 10M - BLK

- Warna : Hitam

- WiFi : IEEE 802.11 b/g/n 2.4 Ghz

- Voltase : DC 5V 1A w/220V Adaptor

- Sistem Support : IOS & Android OS

- Frekuensi Infrared : 38-56 KHz

- Sudut Infrared : 360 derajat

- Jarak Infrared : 10 meter

Konklusi

So far saya sangat puas dengan lampu pintar dari Bardi. Sangat membantu sekali untuk mengatur pencahayaan di kamar. Saya juga bisa mematikan dan menyalakan lampu dari ponsel sambil rebahan. Tidak perlu repot menekan saklar.

Mungkin kalau perangkat elektronik kita sudah menggunakan teknologi terkini, biasanya akan tersambung dengan mudah saat mau disambungkan ke perangkat IR Remote dari Bardi. Sayangnya di rumah saya baru Smart TV Sharp saja yang bisa dikendalikan dengan Remote Bardi ini.

Produk dari Bardi ini cocok banget diaplikasikan di rumah maupun gedung lainnya. Terutama bagi Anda yang menginginkan kemudahan dan efisiensi listrik. 

Jadi, bagi yang mau menerapkan konsep rumah pintar, maka Bardi Smart Home ini cocok banget. Selain harganya relatif terjangkau, proses pemasangannya juga cukup mudah. Dengan produk pintar Bardi, Anda bisa mengubah rumah dengan teknologi canggih dan kekinian.

Semoga bermanfaat.

24 komentar untuk "Menjajal Produk Bardi Smart Home. Keren Abis!"

  1. Sepertinya lampu pijar Bardi Smart Home ini produk baru ya, kang. Toko listrik tempat kerjaku belom ada soalnya. Nanti saya coba infoin ke my boss supaya bisa cek untuk stok di toko listrik Cahaya Terang Tebet Barat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung infoin aja Kang. Siapa tau minat sama produk BARDI

      Hapus
  2. Menurut daku memang wajar bertumbuh smart home, karena kalau nonton drakor aja udah ditampakkan kecanggihan smart home. Maka dengan hadirnya teknologi Bardi, bisa diterapkan juga di sini menjadi rumah masa kini yang keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sepertinya semakin marak yang tertarik menerapkan konsep rumah pintar ya. Contohnya kayak film drakor, rata-rata sudah menunjukkan kemajuan teknologi smart home. Semoga saja Indonesia juga bisa segera menyusul semakin banyak yang menerapkan konsep rumah pintar tersebut.

      Hapus
  3. Duh cakep banget lampu pintar Bardi ya, bisa gonta-ganti warna pasti kl dipasangin di kamar anak pasti anaknya jadi betah banget di kamar ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lampu Bardi saya pasang juga di kamar, permintaan anak, buat dimainin terus lampunya hahaha

      Hapus
  4. Hm lucu ya warna lampunya bisa disesuaikan dengan keinginan si pemilik hehe... Kebayang kalau in ditaruh di kamar anakku, bisa tiap hari ganti deh warna kamarnya. Jadi penasaran pengen beneran coba ini mah.. keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa disesuaikan dengan selera dan situasi Kak. Asyiik kan

      Hapus
  5. Saya naksir bohlam-nya, Mas Hendra. jadi bisa diatur juga sebagai lampu tidur. Kayaknya untuk keperluan ngevlog juga bagus ya, Mas. Produk lainnya juga keren pengatur remot itu. Jadi tidak perlu drama lagi pusing cari remote hahaha.
    Kemarin saya juga baca ada kamera pemantau Berdi. Jadi mupeng saya pada semua produk Berdi hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus Mas, coba deh beli selusin buat di rumah. Produk lainnya juga inovatif banget...

      Hapus
  6. emang kece ini produknya mas
    banyak yg merekomendasikan
    aku jadi makin pengen punya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo langsung beli aja kak, terjangkau loh untuk bisa bikin smart home

      Hapus
  7. Mas Hendra, entah kenapa liat si Bardi smart light bulb dan remote pintar nya, saya selalu terbayang hidup di Korea. Heheh, kebawa nonton pilem Korea yang rumahnya udah dilengkapi dengan smart home.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wujudkan aja langsung konsepnya di rumah dengan produk dari Bardi ini

      Hapus
  8. Aq pake bardi ip camera, enak banget kalo lagi ninggal anak di rumah.
    Bisa cek mereka lagi ngapain dan ingetin kalo mereka masih main HP

    BalasHapus
  9. Baru bulan lalu aku juga dapat kesempatan pasang lampu Bardi di rumah. Enak sekarang mau tidur ga perlu mikir matiin lampu. Udah dijadwal mati sendiri...hehe...Besoknya juga nyala sendiri pagi-pagi...waktunya banguuun...

    BalasHapus
  10. kalau bisa punya semua ini, bakalan bener-bener jadi smart home ini. Tapi kalau aku yang kepengen banget itu IR Remote. Pusing kebanyakan remote di rumah. Belum lagi harus beli batere untuk masing-masing remote.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langung aja wujudkan impian punya smart home pak

      Hapus
  11. Toss, Mas
    Saya lo senang pakai produk BARDI
    Rumah jadi lebih berwarna dan anak anak juga betah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bikin ruangan jadi lebih berwarna ya...

      Hapus
  12. Lampu pijar Bardi, seruuu ya kita jadi punya smart home. Dewi kira harus beli rumah dulu spy jd smart, ternyata skrg ada lampu pijar smart seperti Bardi yang rekomended:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak perlu mahal untuk bisa wujudkan konsep smart home, apalagi sampe beli rumah segala.. Cukup dengan produk Bardi Smart Home aja Kak

      Hapus

Berlangganan via Email