Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sambut Tahun Baru, Ini 10 Tips Membuat Rumah Tampil Lebih Fresh

Tips Membuat Rumah Tampil Lebih Fresh

Biasanya awal tahun kerap dijadikan sebagai momen yang tepat untuk membangun harapan baru atau memulai resolusi yang telah disusun sebelumnya. Tujuannya tentu saja agar mampu meraih masa depan yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Namun sebenarnya ada hal penting lainnya yang seringkali kita abaikan, dan hanya fokus pada resolusi yang kita susun sedemikian rupa. Apakah itu?

Membereskan rumah dan menata ulang perabotan! Yes, Anda tidak salah baca. Kelihatannya memang sepele, namun sebenarnya memiliki dampak yang cukup signifikan untuk meningkatkan kualitas hidup kita dan juga orang-orang tersayang di dalam rumah tersebut. Rumah yang nyaman dan bersih, secara tidak langsung akan memberikan semangat hidup baru bagi si penghuninya. 

Nah kira-kira langkah apa saja yang perlu kita lakukan untuk membuat rumah tampak lebih segar dari sebelumnya? Simak saja penjelasannya berikut ini :

1. Bersihkan Lemari Pakaian Anda dari Debu!

Bersihkan Lemari Pakaian
Image : pixabay.com/irainero

Meski lemari pakaian memiliki pintu yang berfungsi untuk menghalau debu dan kotoran masuk, namun faktanya partikel debu yang ukurannya kecil bisa saja masuk ke dalam lemari. Jika dibiarkan dan jarang dibersihkan, maka debu dan kotoran akan menumpuk di dalam lemari pakaian.

2. Bongkar Lemari Pakaian Anda!

Bereskan Lemari Pakaian
Image : pixabay.com

Sambil Anda membersihkan lemari pakaian di semua sisi dan sudut, maka Anda juga bisa memilih pakaian dan celana yang sudah jarang dipakai. Daripada menumpuk di dalam lemari pakaian, kenapa tidak disumbangkan saja ke orang yang membutuhkan?

3. Bereskan Segala Hal yang Tidak Tertata Rapi di Rumah!

Membereskan Interior Rumah
Image : pixabay.com/keresi72

Seorang ahli gaya hidup yang fokus pada teknik penataan rumah, Alejandro Costello menyarankan untuk menerapkan 'dirty 30'. Yakni sebuah metode dalam membereskan ruangan yang tidak tertata dengan baik dalam waktu 30 menit.

"Setel pengatur waktu selama 30 menit, lalu letakkan semua barang di tempatnya. Jika Anda ternyata mampu menyelesaikannya dengan lebih cepat, maka Anda akan merasa tenang secara keseluruhan," ujar Costello. 

Jangan lupa, sisihkan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Anda bisa menyumbangkannya atau mendaur ulang.

4. Hadirkan dan Rawat Tanaman!

Rawat Tanaman di Rumah
Image : pixabay.com/pexels

Merawat tanaman di rumah, kerap membuat pikiran menjadi lebih fresh. Karena sejatinya melihat makhluk hidup (tanaman) bermekaran di rumah, membuat kita menyadari kenyataan bahwa waktu akan berlalu. Setiap hari adalah awal yang baru.

5. Biarkan Cahaya Masuk!

Cahaya Matahari Menyinari ke Dalam Rumah
Image : pixabay.com/marys_fotos

Merasa ruangan terlalu sumpek? Sudah saatnya Anda memberikan celah untuk cahaya matahari agar bisa masuk ke dalam rumah. Cahaya alami memiliki kekuatan yang luar biasa dalam mempengaruhi suasana hati, terutama saat masa sulit dan gelisah.

Untuk mendapatkan cahaya matahari yang cukup banyak, Anda bisa mengakalinya dengan meletakkan cermin tepat di seberang jendela. Biarkan cermin memantulkan sinar matahari dan membuat seluruh ruangan terasa lebih cerah.

6. Tambah Aroma Wangi di Rumah!

Pengharum Ruangan
Image : blogmashendra.com

Aroma wewangian mampu membuat kita lebih segar, rileks dan bahkan dicintai. Oleh sebab itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk meletakkan aroma wewangian di tempat strategis di dalam rumah. Pilih aroma yang mengingatkan Anda pada sesuatu maupun pasangan Anda. 

7. Bersihkan Toren!

Bersihkan Toren
Image : blogmashendra.com

Toren yang bersih dan terbebas dari lumut, akan mengalirkan air yang jernih ke seluruh rumah. Sehingga kesegaran akan terpancar dari setiap keran yang mengalir di rumah Anda. Jadi jangan malas untuk membersihkan atau menguras toren ya.

8. Bersihkan Debu!

Bersihkan Debu di Rumah
Image : pixabay.com/free-photos

Banyak area yang mungkin saja terlewat ketika Anda membersihkan ruangan. Mulai saat ini, Anda juga harus fokus menjangkau setiap sudut ruangan, gagang pintu, bingkai foto, piala, barang elektronik, gorden, lubang ventilasi dan benda-benda lainnya yang rentan dengan debu dan sarang laba-laba.

9. Perhatikan Cat Tembok dan Plafon!

Cat Tembok Rumah
Image : pixabay.com/free-photos

Di tahun yang baru, tentu semangat juga harus baru. Begitu juga dengan tampilan rumah Anda, terutama bagian tembok dan juga plafon. Perhatikan, apakah ada bagian cat yang mulai memudar atau bahkan terkelupas. Jika ada, kini saatnya Anda memberikan sentuhan "wajah baru" pada tembok rumah. 

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengganti dengan warna cat yang berbeda, sehingga rumah akan tampak pangling. Demi kesehatan bersama, pilih cat anti bakteri sekaligus ramah lingkungan.

10. Percantik Pekarangan Rumah!

Pekarangan Rumah
Image : pixabay.com/photoman

Mulailah dari hal sederhana untuk memberikan sentuhan yang indah dan cantik di pekarangan rumah. Anda bisa mulai menata pekarangan dengan meletakkan beberapa pot unik berisi bunga berwarna-warni. Manfaatkan juga keramik-keramik atau batu alam untuk mempercantik pekarangan rumah.

Semoga saja 10 point di atas mampu menginsiprasi dan menggerakkan semangat Anda untuk mulai membereskan rumah Anda. Agar suasana lebih akrab dan seru, Anda bisa mengajak anggota keluarga untuk sama-sama membereskan rumah. Dengan demikian, rumah tampak baru, dan semangat juga baru di tahun yang baru!

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Sambut Tahun Baru, Ini 10 Tips Membuat Rumah Tampil Lebih Fresh"

  1. Nah ini saya banget kang, beres-beres rumah saat liburan udah jadi kegiatan rutin saya dari dulu. Saya paling gak betah liat kondisi kamar atau ruang tamu berantakan, nah di saat liburan tahun baru seperti sekarang ini, saatnya beraksi kembali, biar suasana rumah makin menyenangkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah rajin banget Kang. Beberes rumah memang banyak manfaatnya ya. Saya juga gak betah kalo liat rumah berantakan deh...

      Hapus

Berlangganan via Email