Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 10 Tanaman Hias Aglonema Paling Dicari!

Tanaman Hias Aglonema

Bagi sebagian orang, bercocok tanam dan merawat tanaman hias menjadi sebuah hobi yang dianggap cukup menyenangkan. Tidak jarang terkadang kita bisa melihat koleksi tanaman hias yang terawat dan tertata dengan rapi di beberapa sudut rumah. 

Namun siapa sangka, tanaman hias saat ini memiliki nilai yang cukup tinggi, sehingga banyak diburu. Hanya berawal dari hobi, kini bisa mendatangkan penghasilan. Salah satu tanaman hias yang sedang hits 2021 saat ini adalah tanaman hias jenis aglonema. 

Ternyata ada sekitar ratusan varietas aglonema yang berbeda dalam keanekaragaman warna daunnya. Seperti dikutip dari Epic Gardening, berikut adalah 10 tanaman aglonema yang cocok untuk dikoleksi :

1. Aglonema Emerald Bay

Aglonema Emerald Bay
Image : shopee.co.id

Jenis ini dianggap tahan terhadap kondisi cahaya redup dibanding jenis tanaman lainnya, sehingga cocok dikoleksi untuk menghiasi rumah. Emerald Bay memiliki warna daun hijau tua dan perpaduan warna abu-abu di bagian tengahnya.

2. Aglonema Red Gold

Aglonema Red Gold
Image : techieoldfox.wordpress.com

Tanaman hias ini bisa tumbuh dengan baik di indoor maupun outdoor, sehingga Anda bisa meletakannya di mana saja. Ciri khas dari tanaman ini adalah pinggiran daunnya berwarna merah, membingkai bagian dalamnya yang berwarna hijau. Urat daun pada tanaman ini juga memiliki semburat warna merah, sama seperti pada bagian batangnya.

3. Aglonema Modestum

Aglonema Modestum
Image : ringtimesbali.pikiran-rakyat.com

Ciri khas tanaman hias ini memiliki daun berwarna hijau dengan lurik putih yang menjulang dari batangnya yang hijau. Adapaun nama lain dari tanaman ini adalah aglonema Cemara Cina atau Chinese Evergreen. Menariknya, aglonema Modestum bisa juga dipakai sebagai pembersih udara teratas. Bahkan NASA menjadikannya sebagai maskot pembersih udara.

4. Aglonema Cutlass

Aglonema Cutlass
Image : shopee.co.id

Ada yang unik dari bentuk daunnya yang menjuntai menyerupai belati. Selain itu warnanya juga cukup unik dengan warna permukaan hijau-putih lembut dengan guratan-guratan di berwarna hijau di bagian sisi daunnya.

5. Aglonema Nitidum

Aglonema Nitidum
Image : shopee.co.id

Tanaman hias ini cocok disimpan dengan intensitas cahaya yang rendah, sehingga rasanya kurang baik jika ditempatkan di luar rumah dengan cahaya matahari yang kuat. Ahglonema Nitidum memiliki warna daun hijau tua dan tergolong salah satu varietas yang unik yang disebut aglonema merak.

6. Aglonema 'Suzy'

Aglonema 'Suzy'
Image : nurseybuy.com

Mungkin bagi kolektor tanaman hias, nama tanaman ini sudah tidak asing lagi, karena memiliki nama dan tampilan yang cantik. Aglonema Suzy ini daunnya berwarna hijau segar dengan semburat bercak merah muda yang melintang pada bagian tengah daunnya.

Untuk perawatan yang maksimal, aglonema jenis ini harus memiliki asupan sinar matahari yang lebih banyak dibandingkan jenis aglonema lainnya.

7. Aglonema Widuri

Aglonema Widuri
Image : shopee.co.id

Aglonema Widuri atau red peacock merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer. Daunnya berwarna hijau dan memiliki urat yang berwarna merah. Jika urat warna merahnya semakin cerah dan mendominasi, maka harganya bisa sangat mahal. Cukup mudah untuk merawat tanaman ini, bisa disimpan dalam kondisi cahaya langsung maupun tidak langsung.

8. Aglonema Silver Queen

Aglonema Silver Queen
Image : shopee.co.id

Yang khas dari Aglonema Silver Queen adalah warna tanamannya yang putih dengan kombinasi bercak berwarna hijau pada daunnya. Agar tanaman lebih cantk dan sedap dipandang, maka bisa menempatkannya dengan pot minimalis.

Aglonema jenis ini bisa dengan mudah dicari di pasaran. Tanaman hias ini juga cukup mudah dalam merawatnya, karena mampu hidup dengan baik dengan berbagai kondisi dengan intensitas cahaya yang minim hingga sedang.

9. Aglonema Silver King

Aglonema Silver King
Image : lazada.com

Tidak jauh berbeda dengan aglonema Silver Queen, tanaman hias ini memiliki cukup banyak garis seperti chevron yang melintasi daunnya.

10. Aglonema Harlequin

Aglonema Harlequin
Image : blibli.com

Varietas aglonema ini cukup populer dan banyak diburu para pecinta tanaman hias. Harlequin akan berwarna hijau tua dengan bintik-bintik kuning dan berurat merah muda saat dalam kondisi cahaya redup.

Nah itu tadi 10 koleksi tanaman hias aglonema yang paling dicari dan cocok untuk Anda koleksi di rumah. Tidak hanya mampu mempercantik tampilan pekarangan rumah saja, ternyata tanaman hias ini juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Ada yang tertarik untuk merawatnya?

Semoga bermanfaat.

4 comments for "Inilah 10 Tanaman Hias Aglonema Paling Dicari!"

  1. Cantik-cantik tanaman hias nya kang. Padahal waktu di kampung dulu, banyak tumbuh di kebun belakang rumah, tapi diabaikan.

    Sekarang malah banyak dicari orang dan harganya pun cukup fantastik ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga tanaman hias Kang, ya harus cantik atuh, hehehe. Kan buat dipajang

      Delete
  2. Bunga keladi saat ini masih viral ya mas, dirumah juga nanam. Kadang ada yang nggak tau juga namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunga keladi, semakin tua, semakin jadi hahaha

      Delete

Berlangganan via Email