Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anak Mau Jalani Swab Test? Ini Persiapan yang Perlu Dilakukan!

Swab Test Pada Anak

Swab test PCR (Polymerase Chain Reaction) dilakukan untuk mengetahui apakah kita terinfeksi virus corona atau tidak. Dengan demikan akan mengurangi keraguan kita, karena hasilnya dinilai jauh lebih akurat. Yang namanya swab test, pastinya akan membuat kita merasa deg-degan. Apalagi swab test dilakukan pada anak-anak, tentu mereka akan merasa ketakutan.

Swab test merupakan cara paling akurat untuk menentukan adanya virus corona di dalam tubuh manusia. Mulai dari usia anak-anak hingga dewasa bisa menjalani tes ini. Swab test pada anak perlu dilakukan saat merasa demam tinggi lebih dari 38 derajat Celcius, batuk, pilek, radang tenggorokan hingga gangguan pernafasan. 

Selain itu juga dilakukan swab test jika anak-anak ada riwayat kontak erat dengan penderita COVID-19. Kontak erat bisa terjadi dengan orang yang tinggal serumah, seperti ODP, PDP dan OTG. Atau ketika anak bepergian ke daerah tertentu.

Agar proses pemeriksaan berjalan dengan lancar, maka ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan oleh para orangtua berikut ini :

1. Berikan Penjelasan Tentang Swab Test

Berikan edukasi dan penjelasan mengenai apa itu tes COVID-19. Karena biasanya anak-anak akan membayangkan bahwa melakukan tes itu akan disuntik dan beberapa tindakan lainnya yang dianggap menakutkan. Nah di sini orang tua perlu mengedukasi terlebih dulu tentang tujuan dari tes ini dan mengapa tes ini perlu dilakukan.

Jelaskan juga setelah melakukan tes ini, maka dokter akan mengetahui apakah ada kuman atau virus di dalam tubuh anak. Jika memang ada, dokte akan segera mengobatinya. Jika tidak ada, maka anak bisa tetap sehat dan bermain kembali di rumah.

2. Persiapkan Kondisi Fisik Anak

Langkah berikutnya adalah penuhi gizi dan nutrisi anak dengan cara memberikan makanan bergizi tinggi, minum air putih yang cukup dan istirahat yang cukup. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik anak. Jangan sampai anak merasa kelaparan dan dehidrasi saat menunggu giliran tes.

Hal ini juga untuk memproteksi kesehatan anak, apalagi anak harus melakukan tes COVID-19 di rumah sakit, klinik maupun laboratorium, di mana tempat umum tersebut memiliki risiko yang cukup tinggi menularkan virus corona.

3. Bawa Benda Favoritnya

Disarankan bagi orangtua untuk membawa media yang bisa menjadi pengalih perhatian anak saat akan menjalani swab test. Terutama jika usia anak antara tiga hingga enam tahun. Anda bisa menyiapkan buku atau mainan yang disukainya. Karena proses ini akan sedikit sakit bagi anak-anak. 

4. Terapkan Protokol Kesehatan

Imbauan ini berlaku untuk semua orang, termasuk anak-anak. Lengkapi anak dengan persiapan pencegahan, seperti masker, face shield dan hand sanitizer. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan serta menjaga jarak. Sebaiknya hindari kerumunan dan mencari tempat yang tidak terlalu banyak orang. Jika usia anak di atas dua tahun, gunakan masker. Namun jika kurang dari usia dua tahun memakai face shield.

5. Menemani Selama Proses Swab Test

Tips menemani anak saat swab test yang terakhir adalah orangtua wajib mendampingi anak agar ia merasa nyaman. Namun ada beberapa peraturan yang tidak memperkenankan orangtua untuk mendampingi dengan alasan mencegah penularan.

Orangtua bisa menjelaskannya secara berulang mengenai bagaimana proses swab test akan berlangsung. Jelaskan prosedur pemeriksaan COVID-19 secara rinci, seperti suhu tubuh akan diperiksa sebelum masuk. Lalu akan mengisi form di meja pendaftaran. Anak akan menunggu antrian hingga dipanggil petugas. Yakini kepada anak bahwa semuanya akan berjalan baik-baik saja.

Ingatkan kepada anak bahwa Anda akan menemaninya dari ruang tunggu hingga proses pemeriksaan selesai.

Demikian beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh orangtua ketika anaknya akan melakukan swab test. Pemeriksaan bisa dilakukan di rumah sakit, klinik maupun laboratorium. Salah satu laboratorium yang menyediakan swab test adalah GSI (Genomik Solidaritas Indonesia) Lab yang menyajikan data yang cepat, akurat dan dilakukan oleh tenaga ahli ang sudah berpengalaman.

Swab Test Pada Anak

Swab Test pada Anak-anak

Berikut adalah informasi yang lebih lengkap mengenai GSI Lab :

LAB

Jl. R. A. Kartini No. 34 Cilandak, Jakarta, Indonesia


OPERATIONAL HOURS

Monday - Sunday and Holidays

08.00 - 18.45


OFFICE

Graha Mitra, 4th Floor, Jl. Jend. Gatot Subroto, Kav. 21, Jakarta


HELPLINE

helpline@gsilab.id

+62 21 8086 6080

Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Anak Mau Jalani Swab Test? Ini Persiapan yang Perlu Dilakukan!"

Berlangganan via Email