Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biar Tidak Salah Kaprah, Ini Pengertian Swab Test Mandiri!

Swab Test Mandiri

Hingga tulisan ini dibuat, wabah virus corona masih saja menghantui seluruh penduduk dunia. Tidak terkecuali di Indonesia, yang jumlahnya semakin hari semakin bertambah saja. Berbagai cara pun dilakukan oleh banyak pihak, termasuk pemerintah dan lembaga terkait untuk mengurangi penyebaran virus corona tersebut. Bahkan pemerintah sendiri telah mendatangkan vaksin virus corona.

Oleh karena itu, setiap orang wajib melindungi diri sendiri dan orang di sekitarnya agar terhindar dari penyakit ini. Cara sederhana yang dianggap cukup ampuh adalah menerapkan strategi 3M, memakai masker, mencuci tangan dan manjaga jarak. Dan ini adalah langkah awal yang wajib diterapkan setiap harinya.

Meski demikian, terkadang beberapa orang merasakan gejala yang berhubungan dengan COVID-19. Atau bahkan hanya ingin sekedar mengetahui apakah dirinya positif terkena penyakit tersebut atau tidak. 

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memastikan apakah kita terserang virus corona adalah dengan melakukan swab test secara mandiri. Kayak gimana sih pemeriksaan swab test mandiri? Simak saja ulasannya di bawah ini ya guys :

Memahami Pengertian Swab Test Mandiri

Mungkin masih ada yang belum paham apa swab test mandiri. Swab test dilakukan atas kesadaran sendiri dan membayarnya sendiri, namun pemeriksaan harus dilakukan oleh tenaga medis profesional di rumah sakit atau laboratorium klinik. 

Hal ini dikarenakan proses pengambilan sampel dari metode swab tersebut tidak mudah untuk dilakukan. Sehingga harus dilakukan oleh ahli medis profesional yang telah terlatih agar pengambilan sampel lendir dapat dilakkan di area yang tepat dan menjamin keamanan saat alat swab dimasukkan ke hidung atau mulut. Adapun harga yang ditetapkan oleh Pemerintah untuk tarif swab test mandiri dengan PCR sebesar Rp. 900.000.

Melalui swab test mandiri, kita bisa mendiagnosis apakah kita terserang COVID-19 atau tidak. Karena virus corona yang masuk ke dalam tubuh dapat terdeteksi sebagai antigen oleh sistem imun di dalam tubuh. Sebelum gangguan tersebut menyebarkan infeksinya yang bisa menimbulkan dampak lebih buruk lagi.

Pemeriksaan ini dilakukan dengan tetap mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan dengan proses yang sama, seperti pemeriksaan swab selama ini.

Swab Test Mandiri
Image : gsilab.id

Jika Anda ingin melakukan swab test secara mandiri untuk memastikan tubuh terbebas dari virus corona atau tidak, Anda bisa melakukan pendaftaran secara online di GSI (Genomik Solidaritas Indonesia) Lab. Hasilnya cepat, akurat dan pastinya dilakukan oleh tenaga medis yang profesional.

Swab Test Mandiri

Informasi selengkapnya mengenai GSI Lab adalah sebagai berikut :

LAB

Jl. R. A. Kartini No. 34 Cilandak, Jakarta Indonesia


OPERATIONAL HOURS

Monday - Sunday and Holidays

08.00 - 18.45


OFFICE

Graha Mitra, 4th Floor, Jl. Jend. Gatot Subroto, Kav. 21, Jakarta


HELPLINE

helpline@gsilab.id

+62 21 8086 6080

Nah demikian artikel tentang swab test mandiri yang bisa Blogmashendra.com bagikan. Semoga bisa menambah wawasan baru, terutama bagi yang ingin melakukan swab test sendiri, tapi masih bingung harus melakukan test ke mana. 

Semoga bermanfaat.

4 comments for "Biar Tidak Salah Kaprah, Ini Pengertian Swab Test Mandiri!"

  1. Terimakasih infonya kang, SWAB test mandiri sepertinya jadi pilihan tepat untuk mengetahui apakah tubuh kita terpapar virus Covid-19 atau tidak.

    Semoga saja hasilnya negatif ya kang, alhamdulillah sejauh ini keluarga saya tidak ada gejala-gejala yang mengarah ke situ, dan semoga jangan sampe kena, repot urusannya kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiiin, semoga aja kita selalu dijauhkan dari penyakit berbahaya dan menular...

      Delete
  2. Lihat alat tesnya yang dimasukkan ke hidung.. pasti nggak nyaman ya.. tapi prosedurnya gitu ya harus mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prosesnya memang bikin nggak nyaman, tapi demi kesehatan diri sendiri, ya mau nggak mau harus diikuti deh

      Delete

Berlangganan via Email