Pengertian Smart Home dan 5 Manfaat yang Dirasakan

Smart Home

Meski sejak tahun 2000-an istilah Smart Home mulai muncul ke permukaan dan sudah mulai diaplikasikan, namun rasanya masih terdengar cukup asing di telinga bagi sebagian masyarakat. Apalagi jika tidak dibarengi dengan perkembangan teknologi yang merata di seluruh wilayah Indonesia, maka penerapan Smart Home tersebut akan sedikit sulit terwujud. Selain itu juga masih banyaknya masyarakat yang kurang mengerti dengan pengertian Smart Home itu sendiri. 


Berasal dari dua suku kata dalam bahasa Inggris, smart berarti 'cerdas' atau 'pintar'. Dan home berarti 'rumah' atau 'tempat tinggal'. Jadi Smart Home adalah "rumah cerdas" yang di dalamnya memanfaatkan teknologi serta efisiensi energi sehingga terwujud sebuah hunian yang lebih nyaman dengan sistem kendali keamanan yang jauh lebih baik. Teknologi ini dapat bekerja saat ada orang di rumah maupun tidak ada orang di rumah.

Rumah cerdas ini merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menciptakan hunian yang dilengkapi dengan beragam perangkat elektronik, mulai dari pendingin ruangan, TV, komputer, home theater hingga kamera pengawas yang mampu dikendalikan (remote) jarak jauh dari mana saja dan kapan saja melalui sebuah perangkat yang terhubung dengan internet, seperti ponsel atau lainnya.

Pengertian Smart Home dan 5 Manfaatnya

5 Manfaat Penerapan Smart Home
Penerapan Smart Home ini ternyata memiliki 5 manfaat yang akan membantu memudahkan pemilik rumah dalam mengontrol huniannya dari jarak jauh. Simak ulasan lengkapnya berikut ini :

1. Mudah Digunakan
Meski kelihatannya cukup rumit, karena perlu dukungan perangkat teknologi yang tinggi, ternyata penerapan Smart Home ini mudah digunakan. Tidak hanya diterapkan di rumah saja, tapi juga bisa diterapkan pada hunian kelas atas dan mewah, seperti apartemen maupun villa.

Berkat hadirnya teknologi tinggi, Anda dapat dengan mudah mengawasi dan mengendalikan beraga perangkat elekronik mulai dari menyalakan kamera pengawas, menyalakan atau mematikan lampu, membuka atau menutup jendela maupun pintu.

2. Ramah Lingkungan dan Hemat Energi
Penerapan Smart Home ternyata mampu menciptakan hunian yang tidak hanya hemat energi, tapi juga lebih ramah lingkungan. Semakin banyaknya orang yang sadar lingkungan dan sumber daya yang semakin terbatas di bumi, mulai banyak juga yang sudah mulai menerapkan Smart Home untuk hunian mereka. Meski jumlahnya masih bisa dihitung, tapi setidaknya sudah ada yang mau memulainya.

Smart Home memang benar-benar menciptakan hunian yang cerdas dan hijau, dengan memanfaatkan pengendali rumah yang terintegrasi dengan sistem untuk meningkatkan penghematan dengan mengendalikan tingkat pencahayaan, menutup jendela, AC, sistem pengairan di rumah dan mengendalikan perangkat elektronik lainnya di rumah maupun apartemen. Dengan demikian, Anda bisa mengatur dan memantau kinerja perangkat elektronik sesuai dengan kebutuhan.

3. Keamanan Lebih Terjamin
Anda tidak perlu khawatir lagi saat sedang bepergian atau ketika tidur sekalipun. Keamanan hunian lebih terjamin, karena dilengkapi dengan hak akses pada pintu masuk ke dalam rumah atau apartemen, mulai dari pendeteksi retina, sidik jari maupun password. Selain itu juga semakin aman jika dilengkapi dengan kamera pengawas dan alarm yang akan bereaksi jika sistem keamanan ditembus.

4. Lebih Nyaman
Selain sistem keamanan lebih terjamin, tingkat kenyamanan hunian juga menjadi lebih baik dirasakan, karena kebutuhan perangkat elektronik di dalam rumah maupun apartemen dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ketika Anda membutuhkan ruangan yang sejuk saat ingin menikmati film dari perangkat home theater, Anda hanya tinggal mengakses dari satu perangkat yang tersedia, maka Anda dapat langsung menikmati hiburan di dalam rumah dengan nyaman.

Pun begitu juga dengan perangkat elektronik rumah tangga lainnya, dapat diaktifkan sesuai dengan kebutuhan, kapan pun dan di mana pun, sehingga membuat siapapun yang tinggal di dalamnya akan merasa nyaman.

5. Membuat Hidup Jadi Lebih Mudah
Teknologi yang digunakan untuk menciptakan Smart Home mampu membuat kehidupan Anda jadi lebih mudah. Tidak hanya menciptakan rasa aman, nyaman, ramah lingkungan dan hemat energi, tapi juga mampu membawa kehidupan Anda lebih baik lagi.

Smart Home

Anda hanya membutuhkan sebuah perangkat yang terhubung dengan internet yang bisa Anda gunakan untuk mengendalikan seluruh perangkat elektronik di rumah Anda. Mudah bukan?

Bagaimana Cara Menerapkan Smart Home?
Sebelum Anda memutuskan untuk mengaplikasikan Smart Home, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu bagaimana caranya agar bisa menerapkan Smart Home, sehingga hasilnya lebih maksimal dan sesuai dengan ekspektasi Anda.

1. Kenali Kebutuhan Anda
Langkah awal adalah dengan mengetahui terlebih dulu, perangkat apa saja yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan Smart Home. Langkah ini perlu dilakukan guna menyesuaikan budget yang Anda miliki ketika akan membeli perangkat elektronik rumah tangga. Dengan begini, Anda tidak akan salah membeli perangkat elektronik, sehingga tidak mubazir.

2. Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya
Selanjutnya adalah ketahui terlebih dulu apa saja kelebihan dan kekurangannya ketika Anda ingin mengaplikasikan Smart Home. Anda bisa mempertimbangkannya secara matang, lalu kalau sudah tahu jawabannya, segera eksekusi. 

Adapun sisi positifnya adalah Anda akan mendapatkan ke-5 manfaat yang sudah saya sebutkan di atas. Sementara kekurangannya adalah Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli kebutuhan perangkat elektronik rumah tangga Anda. Tapi tenang, ada solusinya di poin nomor 3 berikutnya.

3. Ketahui Tempat yang Tepat untuk Membeli Perangkat Elektronik yang Dibutuhkan
Jangan khawatir, saya rekomendasikan tempat yang tepat untuk Anda, yakni www.se.com. Di Schneider Electric, Anda bisa menemukan beragam perangkat elektronik untuk kebutuhan rumah tangga, tidak hanya untuk kebutuhan Smart Home saja, tapi juga perangkat elektronik untuk berbagai kebutuhan lainnya.

Smart Home

Schneider Electric merupakan sebuah perusahaan Eropa yang menyediakan berbagai alat elektrik sebagai solusi digital Anda. Schneider Electric juga memadukan teknologi energi terbaik di dunia, otomasi real-time, perangkat lunak dan layanan dalam solusi terintregasi untuk perumahan, gedung, pusat data, infrastruktur dan juga industri. Schneider Electric juga membuat proses dan energi yang aman dan andal, efisiensi dan berkelanjutan, terbuka serta terhubung. 

Untuk mendapatkan informasi lebih detail, Anda juga bisa melihat berbagai koleksi video melalui akun YouTube di : Schneider Electric Indonesia

Semoga bermanfaat.

You May Like This :


EmoticonEmoticon