4 Cara Merawat Luka Diabetes Agar Cepat Sembuh

Cara Merawat Luka Diabetes

Luka diabetes memiliki masa penyembuhan yang lebih lama daripada masa penyembuhan luka biasa. Luka diabetes juga harus segera ditangani agar tidak menyebar yang dapat berakhir dengan amputasi. Luka diabetes membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh disebabkan oleh kadar gula darah yang terlalu tinggi. Hal ini menyebabkan rusaknya sistem saraf, menurunkan sistem kekebalan tubuh dan menghambat proses perbaikan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan.

Itulah yang menyebabkan, luka diabetes tetap terbuka dan basah, sehingga susah sembuh dan mengakibatkan penderitanya lebih rentan terkena infeksi jamur, infeksi bakteri dan gangrene. Nah berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes, yang dapat Anda baca langsung di guesehat.com.
Cara Merawat Luka Diabetes

1. Bersihkan Luka
Langkah pertama untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes adalah dengan membersihkan luka dengan segera. Setelah membersihkan luka di bawah air yang mengalir dengan menggunakan sabun, maka keringkan dan oleskan salep antibiotik untuk membunuh kuman pada luka. Anda juga harus rutin mengganti pembalut luka untuk menjaga kebersihan di daerah luka tersebut.

2. Kontrol Kadar Gula Darah
Kadar gula darah yang tidak terkendali dapat mempersulit penyembuhan luka diabetes, sehingga penderita harus terus mengontrol kadar gula darah dengan pola makan yang sehat. Tidak hanya itu, penderita diabetes juga dapat menjaga kadar gula darah dengan olahraga, obat anti diabetes dan suntikan insulin jika diperlukan. Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan mengontrol kadar gula darah, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter.

3. Perhatikan Tanda-tanda Infeksi
Infeksi pada luka diabetes dapat diketahui dengan beberapa gejala, diantaranya demam, rasa sakit, kemerahan dan pembengkakan atau terasa hangat di sekitar luka. Luka berair, bernanah dan disertai dengan bau tidak sedap juga termasuk gejala infeksi. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan gejala-gejala tersebut agar mendapatkan perawatan segera.

4. Penuhi Asupan Makanan
Untuk mempercepat proses penyembuhan luka, penderita diabetes juga harus memperhatikan asupan nutrisi harian, salah satunya adalah protein. Protein merupakan nutrisi yang berperan dalam membantu memperbaiki jaringan kulit dan jaringan tubuh yang rusak. Selain tiu, beberapa kandungan lainnya yang juga harus tercukupi adalah kalori, lemak, serat, vitamin dan mineral, zinc dan vitamin c.

Anda dapat mencoba beberapa tips di atas agar luka diabetes itu bisa segera disembuhkan. Selain itu, selalu jaga diri agar tidak mudah timbul luka pada tubuh.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

2 comments

Sederhana tetapi perlu dilakukan atau perhstian yang serius terhadap diabetes itu sendiri yaa mas..😄😄


Ok thanks info sehatnya.😄

Penting banget nih untuk penderita diabet bahkan kerabat yang berada disekitarnya. Bookmark deh!


EmoticonEmoticon