Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Oli Motor Terbaik dan 5 Keunggulan Oli Pertamina Enduro

Oli Motor Terbaik - Blog Mas Hendra

Sebagai pengguna motor sejati, memilih oli motor terbaik adalah suatu hal yang wajib bagi saya. Salah memilih oli motor, justru bisa berpengaruh terhadap performa mesin motor. Apalagi saya selalu mengandalkan motor untuk menunjang aktivitas sehari-hari, mulai dari bekerja, kopi darat sesama blogger, undangan event atau acara blogger hingga jalan-jalan bersama keluarga kecil tercinta.


Menurut saya pribadi, motor masih menjadi alat transportasi andalan bagi sebagian besar masyarakat, terutama yang tinggal di kota-kota besar. Seperti saya yang selalu mengandalkan motor sebagai alat transportasi sehari-hari karena mampu mempersingkat waktu tempuh, lebih efisien dan bisa menghemat pengeluaran. Mungkin banyak yang bilang itu adalah alasan klasik, tapi faktanya memang demikian kok.

Meski jarak tempuh cukup jauh, tapi saya enjoy mengendarai sepeda motor. Jarak dari rumah saya di Depok menuju tempat kerja di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat sekitar 30-an km untuk satu kali perjalanan. Lantas kalau pulang-pergi bisa menempuh jarak sekitar 60 km dalam satu hari. Dengan mengendarai sepeda motor, saya bisa mempersingkat waktu tempuh.

Maka dari itu, saya selalu menggunakan sepeda motor agar bisa membelah kemacetan Kota Jakarta. Sudah bukan rahasia lagi kalau situasi lalu lintas di Kota Jakarta sulit diprediksi dan terkadang sangat padat, terutama di jam-jam sibuk, seperti pagi hari (berangkat kerja) dan sore hari (pulang kerja), kemacetan tidak bisa dihindari lagi. Agar tidak terlambat ke tujuan, maka diperlukan management waktu yang baik.

Penggunaan motor dengan intensitas tinggi (sering dipakai jarak jauh), ternyata memiliki risiko yang cukup besar terhadap performa mesin. Bahkan dari beberapa artikel yang saya baca, kalau kita sering bepergian jarak jauh menggunakan motor, setidaknya ada beberapa komponen penting pada motor yang membutuhkan perhatian ekstra, sebagai berikut :

Oli Motor Terbaik - Blog Mas Hendra

Salah satu dari kelima komponen yang akan saya ulas di sini adalah masalah oli atau pelumas. Komponen yang satu ini memang sangat penting untuk menjaga performa mesin pada kendaraan. Apalagi kalau kendaraan sering dipakai jarak jauh. Tapi sayangnya masih banyak yang kurang teliti dengan kondisi pelumas pada kendaraannya.

Fungsi Utama Pelumas Pada Mesin
Sebelum kita lanjut membaca artikel ini, mari kita simak dulu apa fungsi utama pelumas pada mesin. Oli berfungsi untuk mengurangi gesekan antara komponen mesin. Seperti saat mesin motor bekerja, maka akan terjadi banyak gesekan, mulai dari sistem transmisi hingga piston yang bergesekan dengan dinding silinder.

Oli bertugas melapisi setiap komponen logam yang bekerja untuk mengurangi potensi aus atau karat karena gesekan tersebut. Selain itu, oli juga berfungsi mendinginkan suhu panas mesin yang ditimbulkan selama proses pembakaran berlangsung.

Dan berikut ini adalah 5 fungsi utama pelumas pada mesin untuk sama-sama kita ketahui :

Oli Motor Terbaik - Blog Mas Hendra

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli?
Pertanyaan ini cukup penting. Terutama bagi yang suka menyepelekan masalah mengganti oli pada kendaraan, baik motor maupun mobil. Padahal dampaknya cukup serius kalau kita sampai lupa mengganti oli.

Oli Motor Terbaik - Blog Mas Hendra
Idealnya, waktu penggantian oli direkomendasikan apabila sudah mencapai jarak tempuh sekitar 4.000 km, atau kurang dari angka tersebut jika kita menggunakan motor dengan intensitas yang tinggi. Jika kita telat mengganti oli, maka akan berpengaruh pada kinerja mesin, karena oli yang sudah kotor tidak bisa lagi melindungi gesekan yang terjadi pada komponen mesin.

Bahkan jika kita lupa mengganti oli hingga oli benar-benar habis, maka efeknya bisa lebih parah dan akan merusak mesin, karena piston, blok silinder dan sistem transmisi bekerja tanpa perlindungan pelumas. Hingga menyebabkan motor harus turun mesin untuk mengganti komponen-komponen yang rusak tersebut. Dan biaya yang harus Anda bayar cukup besar.

Oli Pertamina Enduro, Jodohnya Motor
Mencari oli motor terbaik memang tidaklah mudah, karena di pasaran ada begitu banyak merk oli yang bisa kita temui. Tapi Anda tidak perlu khawatir, di sini saya ingin berbagi solusinya, agar tidak salah memilih oli untuk motor yang Anda gunakan, sehingga akan membuat mesin bekerja optimal dan tentunya lebih awet.

Oli Motor Terbaik - Blog Mas Hendra

Seperti dikutip dari inews.id, Technical Specialist PT Pertamina Lubricant, Agung Prabowo mengemukakan, produk pelumas terus berkembang seiring dengan inovasi teknologi dari produsen otomotif. Di mana pelumas akan menyesuaikan kebutuhan kendaraan.

"Kompresi mesin kendaraan sekarang semakin tinggi. Ini seiring dengan inovasi teknologi produsen otomotif dalam membuat sepeda motor yang lebih efisien dan lebih tinggi. Pelumas pun mengikuti perubahan tersebut dengan menghadirkan jenis oli terbaru," ujarnya, saat menjadi pembicara dalam acara Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot).

Ia juga menambahkan bahwa celah ring piston pada mesin kendaraan saat ini semakin kecil. Ini untuk menghasilkan kompresi yang lebih baik, sehingga diperlukan pelumas dengan partikel ultra kecil hingga ukuran nano. Sebab itu, produk Pertamina hadir untuk menjawab kebutuhan mesin motor Anda, karena
kebutuhan pelumas antara motor matic, sport dan racing berbeda.

Keunggulan Oli Pertamina Enduro
Oli Pertamina Enduro merupakan oli motor terbaik dan salah satu produk unggulan Pertamina untuk pelumas kendaraan roda dua yang diformulasikan khusus dengan teknologi tinggi untuk berbagai varian motor dan mampu memberikan performa optimal dalam kondisi jalan yang ekstrim sekalipun.

Oli Motor Terbaik - Blog Mas Hendra

1. Menjaga mesin tetap bersih
Performa mesin akan dipengaruhi oleh sejauh mana kita memilih pelumas untuk menjaga kebersihan bagian-bagian mesin. Misalnya deposit pada celah piston dapat menyebabkan ring piston tidak dapat bergerak bebas, sehingga membuat kompresi turun dan gesekan bertambah yang dapat menyebabkan berkurangnya performa mesin. Maka dari itu, Anda bisa memilih oli motor terbaik keluaran Pertamina Enduro. Kalau mesin motor bersih, maka kinerja pelumas pun akan maksimal. Ini berarti bisa sekaligus menjaga mesin lebih awet lagi.

Ini terbukti sewaktu mesin motor kita hidup atau saat mengendarai motor, tidak muncul suara mesin yang berisik. Artinya kondisi mesin dalam keadaan bersih dan dapat bekerja secara optimal.

2. Melindungi mesin dari korosi dan keausan yang berlebihan
Oli Pertamina Enduro memiliki tingkat kekentalan yang sangat baik, sehingga mampu menembus celah-celah tersempit pada ruang mesin untuk memberikan kinerja sekaligus menjaga performa mesin dalam kondisi optimal. Sehingga akan memberikan perlindungan yang maksimal terhadap korosi atau keausan.

3. Mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar
Memilih pelumas yang tepat, seperti oli Pertamina Enduro, secara tidak langsung dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar pada kendaraan. Kalau misalnya kita menggunakan oli yang tidak tepat, akan membuat kondisi mesin jadi kotor. Tentunya ini akan menghambat kinerja dari mesin, sehingga efisiensi bahan bakarnya juga menurun. Selain itu juga dipengaruhi oleh perilaku sang pengemudi itu sendiri.

4. Menjaga suhu mesin
Dengan oli Pertamina Enduro, tidak perlu khawatir sering bepergian jauh, karena kualitas pelumasnya terbukti mampu menjaga suhu mesin pada kendaraan tetap terjaga dengan baik. Pasalnya saat kita mengendarai motor jarak jauh, temperatur mesin akan ikut meningkat. Kalau saja kita salah memilih pelumas, atau memilih pelumas yang tidak bagus, maka dikhawatirkan tidak mampu menjaga kestabilan temperatur pada mesin.

5. Mengandung zat aditif molibdenum
Oli Pertamina Enduro dibuat dari zat yang mengandung aditif molibdenum, yakni bahan-bahan yang diformulasikan untuk memperbaiki performa oli serta memperpanjang usia mesin. Zat aditif menjadi bagian vital bagi pelumas oli, terutama dalam penggunaannya pada motor. Kalau saja oli pelumas tidak mengandung zat aditif, maka akan mudah terkontaminasi, bocor, kerusakan pada molekul hingga parahnya tidak mampu menjaga mesin untuk bekerja pada temperatur tinggi.

Pastikan Terdapat Kode ini Pada Kemasan Pelumas
Ada beberapa istilah yang mungkin masih asing di telinga terkait produk pelumas tersebut. Istilah yang dimaksud adalah JASO MA, API SL dan lainnya.


Mengenal Kode Pada Kemasan Pelumas - Blog Mas Hendra

Pada dasarnya, semua oli motor menggunakan standardisasi JASO (Japan Automobile Standard Organization). Di kemasan juga tertulis JASO MA atau JASO MB. Ini artinya kalau JASO MA untuk motor dengan kopling basah, di mana rumah dan kampas kopling terendam oli. Sedangkan JASO MB untuk motor dengan kopling kering, seperti skuter matik yang koplingnya tidak terendam oli.

Seiring perkembangan teknologi, spesifikasi JASO MA untuk motor tipe bebek dan motor sport terus mengalami pergeseran. Dari MA, MA1 dan yang paling baru adalah MA2.

Hampir semua pelumas terbaru menggunakan standardisasi JASO MA2. Lalu apa bedanya? Bedanya terletak pada jumlah zat aditifnya saja. Aditif adalah bahan kimia yang ditambahkan untuk meningkatkan kualitas pelumas. Untuk JASO MA2, berarti jauh lebih baik dibanding MA1.

Selain kode JASO, Anda juga perlu memperhatikan kode lainnya, seperti API. API (American Petroleum Institute) merupakan lembaga penguji dan pemeriksa kualitas oli yang dipakai di negara-negara Amerika dan Eropa.

API Service biasanya menggunakan inisial S, sementara huruf di belakangnya merupakan tingkatan dari oli tersebut. Semakin baik kualitas oli, maka huruf di belakangnya semakin tinggi abjadnya. Misalnya API Service SA, SB, SC, SD, SE, SF, SG, SH, SJ dan SL.

Jenis Oli Motor Pertamina Enduro
Sebenarnya pelumas untuk motor keluaran Pertamina itu sangat beragam, tapi secara garis besar saya hanya akan membahas 5 macam saja. Biar Anda juga tidak terlalu bingung ketika ingin membeli oli motor terbaik.



1. Enduro 4t racing
Pabrikan motor saat ini merekomendasikan untuk menggunakan pelumas encer. Salah satunya adalah Enduro 4T Racing yang memiliki kode API SL dan JASO MA2. Harganya di kisaran Rp. 52.000.

2. Enduro 4t sport
Pelumas ini cocok untuk motor kopling basah dengan kode API SL dan mengantongi sertifikasi JASO MA. Ukurannya 0.8 liter dengan harga di kisaran Rp. 38.500.

3. Enduro primaxp sae 20w-50
Memiliki ukuran kemasan 1 liter dengan kode API SJ. Direkomendasikan untuk motor keluaran lama dan cocok untuk mesin motor matik. Harganya di kisaran Rp. 42.000.

4. Enduro super motor
Anda punya motor keluaran lama? Jangan khawatir, pelumas ini cocok untuk motor keluaran tahun 1990 sampai 2005, misalnya Honda Supra, Suzuki Shogun, Smash dan lainnya. Dan suda mengantongi sertifikasi JASO MA dengan harga di kisaran Rp. 33.000.

5. Enduro matic 10w-30
Pelumas berkapasitas 1 liter ini cocok untuk motor matik 4 tak. Sudah mengantongi sertifikasi JASO MB dan juga API SL. Enduro Matic mampu mengurangi fraksi di kecepatan dan temperatur tinggi. Harganya di kisaran Rp. 50.000.

Cara Mudah Memeriksa Oli
Masih ragu untuk mengganti oli Anda dengan oli keluaran Pertamina? Apalagi oli Pertamina Enduro sudah terbukti tangguh untuk menjaga kualitas mesin motor lebih awet, terutama bagi yang sering bepergian jauh seperti saya.

Harga oli motor keluaran Pertamina juga terjangkau loh, saya beli yang Pertamina Enduro 4T hanya 40.000 di bengkel dekat rumah. Pelumas Enduro juga sudah banyak tersebar di bengkel-bengkel dekat rumah, atau bisa juga beli langsung di SPBU milik Pertamina. Atau bisa juga beli di toko online.

Sebelum menutup artikel ini, ada beberapa tips yang bisa saya share di sini mengenai cara mudah memeriksa oli. Langkah ini perlu dilakukan untuk menghindari habisnya oli karena lupa memeriksa kondisinya atau terjadi kerusakan pada blok mesin atau mencegah oli yang bocor.

Oli Motor Terbaik - Blog Mas Hendra

1. Lakukan pemeriksaan rutin
Yang bisa Anda lakukan adalah setiap minggu memeriksa kekentalan oli tersebut, apakah masih layak digunakan atau tidak. Caranya cukup cabut tongkat pemeriksa ketinggian oli (dipstick), yang terlihat jelas di mesin motor.

2. Periksa warna oli
Kalau warna oli masih terlihat bening, seperti saat pertama kita beli, maka mesin dalam kondisi prima. Tapi kalau sebaliknya, warna oli sudah terlihat hitam, berarti sudah waktunya ganti oli. Jangan ditunda lagi, kita bisa melakukannya sendiri atau segera membawanya ke bengkel langganan.

Kalau warna oli berwarna putih atau seperti susu, berarti ada air yang tercampur. Hal ini bisa terjadi kalau ada lubang pada dinding pemisah di dalam mesin.

3. Apakah ada oli yang menetes?
Kalau melihat oli menetes, bisa jadi oli akan ikut terbakar bersama mesin. Hal ini bisa dilihat munculnya asap berwarna putih tebal dari knalpot. Asap ini muncul akibat tidak berfungsinya ring piston atau katup tempat campuran BBm masuk ke ruang pembakaran. Kalau ini dibiarkan saja, lama-kelamaan mesin akan rusak.

Sebagai informasi tambahan, selain pelumas untuk motor yang diberi nama Pertamina Enduro, Pertamina juga memproduksi pelumas khusus mobil dengan nama produk Fastron. Oli mobil ini juga memiliki kualitas yang baik serta harga oli mobil bisa dibeli dengan harga terjangkau.
Oli Motor Terbaik
Demikian artikel tentang oli motor terbaik yang bisa Blogmashendra share saat ini. Semoga bisa bermanfaat sekaligus menambah wawasan bagi pembaca sekalian.

Berlangganan via Email