Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Mempersiapkan Kehamilan dan Persalinan

5 Tips Mempersiapkan Kehamilan dan Persalinan - Blog Mas Hendra

Hampir semua wanita ingin hamil dan mempunyai anak ketika sudah menikah. Meski diketahui terdapat banyak rintangan dan kesulitan yang dihadapi ketika sudah hamil hingga persalinan. Namun, tidak semua orang mendapat karunia kehamilan. Nah, bagi Anda wanita yang baru saja menikah perlu mengetahui persiapan kehamilan dan persalinan.


Ya, mempersiapkan kehamilan dan persalinan perlu dilakukan sejak dini. Dengan persiapan ini, Anda dapat mempercepat proses kehamilan serta menjalankan proses kehamilan dan persalinan yang lebih nyaman.

Di bawah ini 5 tips mempersiapkan kehamilan dan persalinan :

1. Konsultasi dengan Dokter
Ada baiknya jika setiap wanita yang ingin hamil untuk berkonsultasi dengan dokter. Di sini Anda dapat memeriksa secara keseluruhan fisik, khususnya kesehatan alat reproduksi. Jika sudah, Anda dapat mengetahui pula berbagai risiko kehamilan dan persalinan yang mungkin terjadi dan mengatasinya dengan aman. Selama kehamilan, konsultasi dengan dokter kandungan juga sangat penting.

2. Olahraga
Banyak orang menyepelekan olahraga dan menganggap dirinya sudah cukup sehat. Padahal tidak selalu demikian. Olahraga dapat membantu tubuh Anda lebih bugar menghadapi kehamilan dan persalinan. Selain itu, olahraga juga dapat mengatasi dan mengelola stress yang dialami.

3. Nutrisi
Nutrisi termasuk bagian penting dalam mempersiapkan diri Anda agar cepat memperoleh kehamilan. Makanan yang Anda konsumsi harus dijaga dengan benar. Diusahakan jangan sampai tubuh mengalami obesitas karena hal ini dapat menjadi sumber berbagai masalah kesehatan.

Saat hamil dan melahirkan, nutrisi juga berperan penting. Makanan yang Anda konsumsi akan mempengaruhi kondisi janin hingga dilahirkan, bahkan sampai ia dewasa kelak. Persalinan yang membutuhkan energi cukup besar akan dipengaruhi oleh kondisi gizi ibu hamil.

4. Gaya Hidup Sehat
Anda ingin segera hamil? Cobalah bergaya hidup sehat, seperti tidak merokok, tidak minum alkohol, cukup istirahat, mengelola stress dan lain-lain. Bukankah dalam setiap iklan dan kemasan rokok terdapat peringatan akan gangguan kesehatan yang mungkin saja terjadi?

5. Hati-hati dalam Menggunakan Obat
Obat yang dikonsumsi secara sembarangan dapat mempengaruhi kesehatan dan kehamilan secara umum. Sebaiknya, meski obat herbal, Anda harus tahu betul efek yang ditimbulkannya.

Misalnya, obat Domperidone. Obat ini memang mengatasi gangguan mual, muntah dan semua gejala gangguan pencernaan, namun Anda tidak dapat begitu saja membeli dan mengonsumsinya. Lebih baik berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat tertentu.

Itulah 5 tips mempersiapkan kehamilan dan persalinan terbaik. Semoga kehamilan diharapkan segera diperoleh dan persalinannya pun lancar. Selamat mencoba!

Semoga bermanfaat.

5 comments for "5 Tips Mempersiapkan Kehamilan dan Persalinan"

  1. Tips yang bermanfaat untuk saya yang baru nikah kemaren. Kalau untuk obat, saya memang anti sekali. Kalau masih bisa pakai jamu, obat saya kesampingkan

    ReplyDelete
  2. Soal olah raga ini, kira-kira jenis olah raga apa saja ya?

    ReplyDelete
  3. @Amir Mahmud : Iya Mas, mendingan diobati secara alami dulu, kalau gak mempan, baru dengan obat

    ReplyDelete
  4. @Blog Rumahan : Yup ini poin penting juga yang harus diperhatikan, kalau gak ada biaya, bingung juga mau bersalin di mana. Di dukun anak aja harus mbayar, hehehe

    ReplyDelete
  5. @Djangkaru Bumi : Biasanya olahraga ibu hamil itu yoga hamil Mas. Mau coba???

    ReplyDelete

Berlangganan via Email