Jalan-jalan ke Waterbom Pantai Indah Kapuk, Jakarta


Waterbom Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta merupakan salah satu tempat wisata bermain air yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, terutama bagi yang hobi berenang. Apalagi bagi yang punya anak kecil, pasti akan betah berlama-lama bermain air di PIK. Selain memiliki fasilitas yang lengkap, tempatnya juga bersih dan luas. Makanya tidak heran deh kalau waterbom PIK ini selalu ramai dikunjungi, terutama saat weekend dan musim liburan.

Awal Desember 2019 lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi Waterbom PIK bersama anak dan istri. Menjelang akhir tahun memang agendanya outing atau jalan-jalan yang diadakan khusus untuk karyawan hotel. Dan tahun ini tujuannya ke PIK bersama keluarga. Kalau tahun-tahun sebelumnya jalan-jalannya ke Jungleland dan KM Zero Resort, Sentul, Bogor tanpa membawa keluarga, tapi outing kali ini diperbolehkan untuk membawa anggota keluarga.

Seperti biasa, semua rombongan berangkat dengan menggunakan tiga buah bus Blue Bird dari hotel di daerah Thamrin, Jakarta Pusat. Sementara bagi yang tidak ikut rombongan, bisa langsung berangkat ke lokasi, tanpa harus berkumpul terlebih dulu di hotel.


Dan saya salah satu yang tidak ikut rombongan. Alasannya karena tidak mau capek bolak balik ke Thamrin dulu, terus lanjut ke PIK, makanya saya memutuskan untuk naik motor saja dari Depok. Lokasi Waterbom PIK lumayan jauh di ujung Jakarta, tepatnya di Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara. Bisa dibayangin dong, jarak dari Depok ke Jakarta Utara seberapa jauh, apalagi kalau naik motor, butuh perjuangan banget buat bisa sampai ke sana.

Biar tidak terlalu capek, satu hari sebelumnya saya memutuskan untuk menginap di penginapan yang lokasinya dekat dengan PIK. Kali ini saya memutuskan untuk menginap di RedDoorz Kapuk Business Park. Selain untuk mempersingkat waktu, sekalian bisa mengajak anak-anak liburan. Dari penginapan hanya butuh waktu 15 menit saja untuk bisa sampai ke PIK. Kebetulan lalu lintas tidak terlalu padat, jadi bisa sampai di lokasi on time.

Menghabiskan Air Minum Satu Botol di Depan Petugas
Setelah memarkirkan motor di parkiran yang hanya beratapkan pepohonan saja, saya langsung menuju loket masuk PIK. Salah satu panitia sudah menunggu untuk mengurus tiket kami yang berjumlah empat orang. Sebenarnya ada larangan untuk tidak membawa makanan dan minuman ke dalam area.

Padahal waktu itu kami hanya membawa sebotol minum (kurang dari 1 liter). Ternyata tetap tidak boleh dibawa masuk guys, kalaupun mau dibawa masuk, botolnya dikosongin dulu. Akhirnya kami menghabiskan air minumnya sampai botolnya benar-benar kosong.

Jadi sebelum berkunjung ke PIK, pastikan untuk tidak membawa masuk makanan dan minuman, karena semua barang bawaan akan diperiksa di depan loket masuk, kalau ketahuan membawa makanan atau minuman, ya tetap tidak boleh masuk. Atau kalian bisa menitipkan makanan dan minuman di loker yang sudah siap disewakan untuk pengunjung. Karena di dalam PIK sudah ada food corner yang menjual makanan dan minuman, meski dengan harga yang agak mahal.


Setelah botol minum kosong, kami pun masuk satu persatu melewati pintu masuk dan men-tap-kan kartu (tiket) ke mesin scan. Meski cuacanya cukup panas, tapi di PIK ini banyak pepohonan loh. Jadi kalau kita kepanasan bisalah ngadem atau bisa juga langsung berenang, hehehe.

Wahana Seluncuran Air di Waterbom PIK
Di Waterbom PIK terdapat beberapa wahana seluncuran yang disediakan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kalau wahana khusus anak-anak tersedia beberapa perosotan air yang berukuran kecil. Saya pun lebih banyak bermain air di wahana anak-anak, karena orang tua juga bisa bermain perosotan sambil mengawasi putra putrinya loh.


Di atas wahana anak-anak, terdapat sebuah ember raksasa. Ember ini akan tumpah kalau airnya sudah penuh, mungkin setiap 5 menitan kalau tidak salah. Bagi yang ingin merasakan sensasi kejatuhan mantan air, bisa berdiri di bawahnya, hehehe.

Selain wahana untuk anak-anak, ada juga wahana seluncuran untuk orang dewasa yang lebih tinggi dengan track yang jauh lebih panjang. Tapi kalau mau mencoba wahana ini, kita harus pakai pakaian renang yang memang benar-benar khusus untuk berenang, bukan kaos biasa. Itu sudah prosedur yang harus diikuti demi keselamatan dan kenyamanan bersama. Soalnya sewaktu saya dan istri mau mencoba wahana ini, berhubung kita tidak memakai pakaian renang, ya tetap tidak diperbolehkan sama petugasnya.


For your information, wahana-wahana ini telah melalui prosedur pemeriksaan tiap hari dengan sertifikasi untuk pemasangan, keselamatan dan operasional. Dibuat dengan tingkat presisi yang tinggi dan diimpor dari produsen terpilih, berpengalaman dan dilengkapi standar internasional.

Sebelum beroperasi, setiap pagi wahana akan diuji dulu oleh staff operasional dan lifeguard. Kondisi air selalu dipantau dan diujikan ke laboratorium independen secara berkala untuk memastikan bahwa kondisi airnya selalu sesuai standar.















Keliling Kolam dengan Menggunakan Ban dan Pelampung
Enaknya di Waterbom PIK, telah disediakan ban dan pelampung berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan, yang bisa digunakan oleh pengunjung secara gratis. Dan tanpa dibatasi durasinya. Selain wahana seluncuran, kami juga mencoba berkeliling dengan menggunakan (tube) ban berwarna kuning. Kolamnya juga tidak terlalu dalam kok, hanya seukuran pinggang orang dewasa saja. Kita juga bisa sewaktu-waktu turun tanpa harus berhenti di ujung kolam lainnya.



Sewaktu kita mengelilingi kolam, ada beberapa jembatan di atasnya dengan air-air yang mengucur berjatuhan. Lalu di samping kanan kirinya juga ada air mancur berukuran kecil dan besar yang akan mengenai pengunjung yang lewat.

Fasilitas Loker dan Kamar Mandi
Setelah puas bermain air, sudah waktunya membasuh diri. Ada beberapa tempat bilas yang tersedia. Tapi saya memilih yang berukuran lebih luas di dekat wahana seluncuran anak-anak. Loker dan kamar mandinya juga cukup bersih dan terawat dengan baik. Jangan lupa untuk membawa sabun mandi atau shampoo masing-masing ya.


Mengenal Splash Band
Ada fitur menarik yang bisa kalian dapatkan sewaktu berkunjung ke Waterbom PIK, yakni hadirnya splash band. Apa itu splash band? Ini merupakan gelang yang berisi chip sebagai pengganti pembayaran tunai di dalam area. Sisa saldo tetap menjadi milik kita yang dengan mudah dapat diuangkan kembali saat selesai beraktivitas di dalam area.

Deposit
Splash Band dapat diperoleh di Loket Ticket masuk or Top-Up counter. Rekomendasi deposit awal adalah Rp 100.000,- ( saldo Rp 85.000,- + band guarantee Rp 15.000,-).

Transactions
Gunakan Splash Band untuk setiap transaksi yang dilakukan selama berada dalam Waterbom Jakarta di semua Konter Kasir yang tersedia.

Balance Check
Untuk mengetahui sisa jumlah kredit yang tersedia pada Splash Band anda, silahkan kunjungi anjungan ‘Balance Check’ atau di Konter Kasir.

Top Up
Untuk menambah Kredit Splash Band anda, silahkan kunjungi Top-Up Counter

Balance Refund
Semua sisa saldo pada Splash Band anda dapat diperoleh kembali di Refund Counter yang terletak di Fun Shop dan Ticketing.

Jam Operasional Seluncuran Air
Agar pengalaman wisata air menjadi lebih menyenangkan, sebaiknya periksa terlebih dulu jadwal operasional dari tiap-tiap wahana. Wahana air beroperasi setiap hari dan selalu berada dalam pengawasan lifeguard dan pool patrol untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung. Wahana air dan pemesanan makanan terakhir pada pukul 19.00.


Menurut situs resminya, sebaiknya kita selalu update untuk melihat jam operasional, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan untuk acara khusus, maintenance atau kondisi cuaca tertentu.

Weekdays (Senin - Jum'at) :
Pukul 08.00 - 20.00

Weekend (Sabtu - Minggu dan ) :
Pukul 08.00 - 20.00

Informasi Harga Tiket Masuk Waterbom PIK
Bagi yang penasaran berapa harga tiket masuknya, berikut saya infokan berdasarkan website resminya :

Harga tiket masuk (per Desember 2019) :
Dewasa                        : IDR 300.000
Anak (usia 2-12 tahun)   : IDR 250.000
*Usia 60 tahun ke atas dan babby sitter (ber-uniform) diskon 50% dari harga normal

Tiket sudah termasuk : semua wahana air, tube (ban) dan jaket pelamp

Loker/hari :
Individual : IDR 25.000
Family      : IDR 50.000
Deposit    : IDR 15.000 (re-fundable)

Handuk
Individual : IDR 20.000
Deposit    : IDR 60.000 (re-fundable)

Parkir/hari
Motor  : IDR 3.000 (jam pertama) – IDR 2.000 (jam berikutnya)
Mobil  : IDR 5.000 (jam pertama) – IDR 4.000 (jam berikutnya)
Bus    : IDR 50.000 (flat)
Taxi    : IDR 3.000 (flat)

Tube & Life Jacket
GRATIS

Gazebo/hari
Weekdays: IDR 150.000
Weekend/Libur : IDR 300.000
FREE 1 Ticket Water Blazter & 4 Botol Air Mineral 330 ml

Pakaian Renang
Pria : IDR 30.000 (deposit IDR 30.000)
Wanita : IDR 40.000 (deposit IDR 50.000)
Wanita (diving) : IDR 40.000 (deposit IDR 40.000)
Wanita (muslim) : IDR 75.000 (deposit IDR 80.000)
Untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan, tiap pakaian renang hanya disewakan 1x sehari untuk kemudian di laundry.

Bagi yang sudah tidak sabar dan ingin segera mencoba wahana air di Waterbom PIK, jangan lupa untuk selalu cek harga promo di website resminya terlebih dulu, sekaligus memeriksa jadwal operasional. Karena biasanya suka ada penawaran promo yang menarik loh.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

2 comments

Mantap mas, informasinya lengkap...
Apakah nanti tahun baru harganya tetap?

@Seption Rishal : Liat di website-nya, harganya masih tetap. Tapi kan bisa berubah sewaktu-waktu


EmoticonEmoticon