Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Oli Mobil Berkualitas untuk Menjaga Performa Mobil Anda


Fungsi oli pada mobil adalah sebagai pelumas mesin agar tidak bergesekan satu sama lain saat sedang bekerja. Kualitas oli yang Anda gunakan sangat berpengaruh pada performa mobil tersebut. Jadi Anda tidak boleh sembarangan saat memilih oli untuk mobil.



Saat memilih oli akan menyebabkan tenaga mesin mobil menurun sehingga tidak bisa digunakan pada jalanan menanjak. Anda harus tahu oli apa yang berkualitas untuk menjaga performa mobil tetap kencang.

Ada beberapa tips memilih oli mobil yang harus Anda ikuti untuk mendapatkan oli mesin terbaik.

Berikut ini tips memilih oli mobil yang benar :
Bagi orang yang awam dengan dunia otomotif, mengetahui oli berkualitas cukup sulit. Biasanya mereka hanya percaya oleh rekomendasi montir di bengkel langganan. Agar bisa menentukan oli mobil berkualitas untuk mobil Anda sendiri, maka ketahui cara memilih oli yang benar. Berikut ini merupakan tips memilih oli berkualitas yang bisa Anda ikuti.

1. Pahami karakter mesin mobil Anda
Mobil yang Anda beli pasti memiliki manual book sebagai panduan merawat dan menggunakannya. Dalam manual book tersebut, biasanya terdapat jenis oli yang cocok dengan kendaraan Anda.

Oli merek Mobil menyediakan berbagai jenis oli mobil yang lengkap. Anda bisa mencari oli yang cocok dengan mudah melalui websitenya. Bahkan oli merek mobil juga memberikan manfaat tambahan di mana bahan bakar yang dikeluarkan akan lebih irit.

2. Cek kekentalan oli
Tips selanjutnya saat memilih oli untuk mobil Anda adalah dengan melihat kekentalannya. Oli yang kental dan oli yang encer memiliki fungsi yang sama, tergantung dari kendaraan membutuhkan oli yang seperti apa. 

Biasanya mobil keluaran lama yang keluar lebih dari 5 tahun lalu lebih cocok dengan oli yang kental, karena celah komponen sudah renggang. Sedangkan untuk keluaran baru biasanya lebih cocok dengan oli yang encer, karena gaya gesek mobil rendah. Dalam dunia otomotif, istilah kekentalan tersebut disebut dengan SAE.

3. Ketahui bahan pembuat oli
Ada dua bahan baku pembuat oli, yaitu mineral dan sintetis. Sama halnya dengan kekentalan, pemilihan bahan baku juga didasarkan pada usia mobil Anda. Bahan oli yang lebih efektif bekerja pada mobil keluaran lama adalah oli mineral.

Oli tersebut terbentuk dari ekstrasi minyak bumi. Sedangkan mobil keluaran baru lebih cocok dengan oli sintetis. Berbeda dengan oli mineral yang tergolong alami, oli sintetis terbuat dari campuran bahan kimia yang bersifat aditif.

4. Hindari oli palsu
Tips terakhir yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan oli mobil berkualitas adalah dengan menghindari oli palsu. Banyaknya oli palsu yang beredar di pasaran membuat Anda harus selalu berhati-hati. 

Meski memiliki harga yang murah, namun oli palsu dapat merusak mesin mobil Anda, sehingga bisa menyebabkan kerugian. Untuk menghindari oli palsu yang akan merugikan Anda, sebaiknya belilah produk terbaik seperti Mobil. 

Ada cukup banyak pilihan oli yang dapat disesuaikan dengan mobil Anda. Selain itu, Anda juga bisa membeli oli tersebut di website resminya, sehingga terhindar dari produk oli palsu yang dapat merusak mobil.

Baca juga artikel : Cara Merawat Velg Mobil Supaya Lebih Tahan Lama

Itulah 4 tips yang harus Anda ikuti agar bisa menemukan oli mobil berkualitas yang dapat menjaga performa mobil Anda tetap kencang. Rekomendasi oli terbaik untuk mobil Anda adalah oli merek Mobil. Oli ini terbukti berkualitas dengan bahan yang berkualitas pula. Langsung saja kunjungi websitenya berikut mobil.co.id untuk menemukan oli yang paling cocok untuk mobil Anda.

Semoga bermanfaat.

2 comments for "Tips Memilih Oli Mobil Berkualitas untuk Menjaga Performa Mobil Anda"

  1. Memahami karakter dari mobil itu sendiri memang sangat penting ya, biar tidak salah memasukkan oli

    ReplyDelete
  2. @Anisa AE : Yup tepat sekali... Jadi gak sembarangan juga bisa milih oli

    ReplyDelete

Berlangganan via Email