Cara Pesan Tiket Kereta Api Online Paling Efektif

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online - Blog Mas Hendra

Di artikel kali ini, blogmashendra ingin sharing artikel cara pesan tiket kereta api online paling efketif. Efektif dalam artian, Anda bisa mendapatkan tiket kereta api secara mudah, tidak khawatir kehabisan tiket dan tidak pake ribet, sehingga acara liburan ataupun mudik ke kampung halaman bisa berjalan dengan lancar dan nyaman menggunakan kereta api.

Seperti kita ketahui bersama, kereta api merupakan salah satu moda transportasi darat yang cukup diminati. Terutama bagi mereka yang ingin terhindar dari macet dan waktu tempuh yang singkat, tentu lebih memilih bepergian menggunakan kereta api dibanding harus menggunakan bus, karena bus bisa saja terkena macet, sehingga banyak waktu yang akan terbuang, tapi tidak dengan kereta api, lebih menghemat waktu, bebas macet dan harga tiketnya juga terjangkau. Tidak heran karena keunggulan tersebut banyak orang mengandalkan kereta api.

Membeli tiket kereta api online berbeda ketika kita membeli tiket bus, karena minat masyarakat untuk menggunakan kereta api cukup tinggi, sehingga banyak yang tidak kebagian tiket. Terutama menjelang Hari Raya Lebaran, memesan tiket kereta api secara online harus dilakukan jauh-jauh hari.

Nah Anda tidak mau dong, kalau sampai hal ini menimpa Anda, apalagi sampai Anda tidak bisa berlebaran di kampung halaman hanya gara-gara kehabisan tiket kereta api. Berikut 5 cara pesan tiket kereta api online paling efektif yang perlu Anda ketahui :

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online - Blog Mas Hendra

1. Pesan Tiket Kereta Api Jauh-jauh Hari
For your information, PT KAI (Persero) biasanya menjual tiket kereta api untuk umum sejak H-90 dari tanggal keberangkatan. Tersedianya tiket tersebut tidak hanya berlaku di situs resmi dan loket KAI saja, namun berlaku juga pada seluruh jaringan penjualan tiket kereta api yang resmi yang telah bekerja sama dengan PT KAI.

Tiket kereta api yang sudah tersedia sejak 3 bulan sebelum keberangkatan, tentu Anda bisa memesannya dari jauh-jauh hari. Dengan demikian Anda punya waktu persiapan yang lebih panjang dan tidak terlalu terburu-buru. Terutama jika memasuki mudik Lebaran nanti, maka tiket kereta api untuk peak season sudah bisa Anda pesan dari sekaran, sehingga Anda tidak kehabisan tiket untuk mudik ke kampung halaman.

2. Pastikan Koneksi Internet Lancar dan Stabil
Sebelum memesan tiket kereta api, pastikan koneksi internet lancar dan stabil, sehingga proses pemesanan tiket dapat berjalan dengan mulus. Sinyal internet yang cenderung tidak stabil, atau bahkan lambat dan putus dapat menghambat proses pemesanan tiket, apalagi ketika Anda memasuki tahap validasi atau mungkin saja sebelum melakukan pembayaran. 

Karena internet yang terputus, maka Anda pun gagal mendapatkan tiket tersebut. Akhirnya calon penumpang lainnya yang akan membeli tiket Anda. Perlu Anda ketahui, Anda harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan calon pembeli lainnya.

3. Tentukan Metode Pembayaran yang Paling Mudah Menurut Anda
Untuk metode pembayaran, Anda bisa memilih beberapa metode pembayaran yang telah disediakan untuk pemesanan tiket kereta api online, mulai dari kartu kredit, ATM, e-banking, mobile banking, debit, merchant rekanan (biasanya di gerai minimarket atau supermarket) atau bisa melalui dompet online. Dengan banyaknya pilihan tersebut, diharapkan akan memberikan banyak pilihan metode pembayaran yang bisa Anda pilih yang menurut Anda mudah.

4. Perhitungkan Waktu yang Tepat Ketika Memesan Tiket
Pada pukul 00.00 biasanya PT KAI meluncurkan penjualan pertama tiket kereta api. Pada waktu inilah banyak calon pembeli akan berebut untuk memesan tiket kereta api. Apalagi jika mendekati musim mudik Lebaran, jumlah calon pembeli bisa lebih banyak lagi. Bahkan sebagian dari mereka kemungkinan untuk mendapatkan tiket sangat kecil.

Jika Anda gagal mendapatkan tiket kereta api di jam 00.00, Anda bisa mencobanya setelah menunggu 1 - 3 jam. Biasanya lalu lintas data di situs pemesanan tiket pada waktu tersebut sudah tidak terlalu ramai seperti waktu pertama diluncurkan.

Perlu Anda ketahui, PT KAI memberikan batas waktu 3 jam untuk calon pembeli melunasi tiket pesanan. Karena beberapa alasan, ada saja calon pembeli yang gagal menyelesaikan atau tidak menyelesaikan pembayaran. Tiket yang tidak terbayar atau dibayar tersebut biasanya akan tersedia kembali untuk dibeli calon pembeli lainnya dalam kurun waktu tersebut. Jadi jika Anda gagal mendapatkan tiket pada pukul 00.00, Anda bisa mencobanya kembali pada pukul 03.00.

5. Pilih Agen Travel Profesional
Selain memesan tiket melalui situs resmi KAI, Anda bisa mengandalkan untuk membeli tikete kereta api secara online melalui situs agen travel. Ada beberapa alternatif situs lain yang bisa Anda coba, salah satu pilihan terbaik adalah memilih Traveloka. Situs ini menawarkan berbagai fitur unggulan yang akan memudahkan proses pemesanan tiket kereta api secara online.

Ada fitur Passenger Quick Pick misalnya, fitur ini hadir untuk memastikan pengisian data penumpang menjadi lebih cepat, karena data dapat disimpan di sistem Traveloka. Fitur ini membuat Anda tidak perlu mengetik informasi penumpang secara manual setiap melakukan pemesanan.

Anda pun dapat memilih metode pembayaran yang beragam, seperti Saldo UANGKU, dompet online yang dapat Anda isi dengan saldo hingga Rp. 1.000.000. Saldo tersebut bisa Anda gunakan untuk bertransaksi, termasuk membayar tiket kereta api di Traveloka. Jika Anda menggunakan kartu kredit, Anda bisa memanfaatkan fitur Kartu Saya (My Cards) yang praktis, karena dapat menyimpan data lebih dari satu kartu kredit pengguna.


Memesan tiket kereta api secara online memang bisa dibilang susah-susah gampang, namun jika Anda tahu triknya, maka kesulitan tersebut bisa diminimalisir, sehingga Anda bisa mendapatkan tiket kereta api secara mudah, bahkan lebih praktis dan efisien, karena tidak perlu repot-repot mendatangi ke loket dan mengantri. Demikian 5 trik beli tiket kereta api online paling efektif yang bisa Anda coba terapkan.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

6 comments

Traveloka memang jadi andalan kalau mau mesan tiket transportasi. Mudah, bebas calo, dan serinh ada promo kan. 😁

Sudah lama banget gak naik kereta api lagi. Terakhir pas dulu masih banyak pedagang asongan. Pengen sih naik lagi buat dokumentasi artikel blog biar job makin bertambah hihi

Oh pesan tiket bisa jauh-jauh hari dari pemberangkatan H-90. Wah mantap juga tu.
Saya baru tahu lo.

@Dudukpalingdepan : Pastinya banyak yang mengandalkan Traveloka untuk urusan travel ya Mba

@Amir Mahmud : Langsung eksekusi Mas, jangan ditunda-tunda

@Djangkaru Bumi : Wah masa sih baru tau,


EmoticonEmoticon