4 Manfaat Berolahraga Selama Haid yang Jarang Diketahui

Berolahraga Saat Haid

Nyeri haid yang normal terjadi umumnya memang berlangsung selama beberapa hari saja, di antara hari pertama sampai dengan ketiga menstruasi, seterusnya tidak akan disertai dengan rasa nyeri tersebut. Meskipun ada rasa sakit, namun tidak akan terlalu menganggu rutinitas atau aktivitas. Ada beberapa kondisi atau gejala nyeri haid yang tidak normal dan harus segera periksakan dokter, karena takutnya hal tersebut adalah gejala penyakit yang berbahaya berhubungan dengan sistem reproduksi.

Untuk mencegah terjadinya rasa nyeri saat datang bulan ini ada banyak sekali upaya yang bisa dilakukan, di antaranya adalah menjaga asupan makanan yang dikonsumsi, kemudian rutin melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Tentunya tidak sembarangan jenis olahraga, melainkan yang ringan-ringan saja. Olahraga saat haid ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, di antaranya adalah :

1. Meredamkan Kram Perut
Dengan bergerak, orang yang sedang menstruasi justru akan merasa jauh lebih baik, perut akan terasa lebih rileks dan juga terhindar dari gejala kram ini. Tentunya jenis olahraga yang dilakukan yang ringan-ringan saja.

2. Menjaga Hormon Agar Tetap Stabil
Mereka yang sedang haid, biasanya akan mudah sekali berubah-ubah mood-nya, hal ini dikarenakan kondisi hormonal yang cenderung tidak stabil. Hal inilah yang membuat wanita yang sedang haid seringkali merasa kurang bahagia. Namun jika seandainya kondisi hormon tetap stabil, maka akan mempengaruhi mood jadi lebih baik.

3. Haid Jadi Lebih Lancar
Dengan melakukan olahraga, akan membuat aliran darah dalam tubuh menjadi semakin lancar, hal ini juga berguna untuk membuat siklus haid juga semakin lancar, tubuh jadi lebih tenang.

4. Menjaga Suhu Tubuh Tetap Normal
karena dengan olahraga tubuh akan mengeluarkan keringat dan membuat suhunya menjadi stabil, karena saat datang bulan tiba, seringkali hal ini membuat basal atau suhu tubuh naik, sehingga terasa agak demam, padahal ini normal terjadi.

Segera atasi rasa nyeri saat datang bulan secara mudah dan aman menggunakan iFree pad, temukan produknya di sini : https://ifreeindonesia.com/

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

4 comments

Kadang kasihan sama Istri kalau Pas Haid kadang kepayahan, tips ini patut dicoba

@Dwi Sugiarto : Silahkan dicoba Mas, semoga bermanfaat...

Waah saya kalau lagi halangan malah ndak olahraga sama sekali mas :" padahal bagus ya manfaatnyaa. .

@Lucky Caesar : Olah raga mah selalu menyehatkan bagi siapa saja, bahkan bagi orang yang lagi haid sekalipun, tapi disesuaikan dengan kebutuhan yak, karena setiap usia dan jenis kelamin itu berbeda jenis olahraganya.


EmoticonEmoticon