Barang yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melahirkan di Rumah Sakit

Perlengkapan Bayi Baru Lahir - Blog Mas Hendra

Saat hamil di trimester ketiga, sebaiknya Anda melakukan sejumlah persiapan persalinan. Hal tersebut disebabkan karena kelahiran bayi mungkin saja bisa lebih cepat dibandingkan dengan perkiraan lahir yang telah diperhitungkan sebelumnya.


Rasa cemas menanti kelahiran bayi selama ini juga pasti akan muncul. Biasanya, rasa cemas tersebut akan mengurangi konsentrasi, sehingga seharusnya barang yang dibawa hanya sedikit, namun malah menjadi lebih banyak dari seharusnya.

Pelajari Proses Melahirkan Terlebih Dahulu
Sebisa mungkin, kenali proses dan tanda persalinan, sehingga ketika waktunya tiba, Anda sudah mengetahui tahapan yang akan dilewati. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti kelas hamil jika sudah mendekati proses lahiran. Berikut tanda awal persalinan :

1. Muncul kontraksi rahim
Biasanya, kontraksi rahim yang terjadi ketika menjelang persalinan memiliki sifat yang teratur dan semakin kuat.

2. Kemunculan bercak darah
Selama hamil, rahim akan ditutupi lendir kental. Tetapi, saat mendekati masa persalinan, mulut rahim ini akan membesar serta membuat jalan lendir melalui vagina.

3. Air ketuban pecah
Cairan biasanya keluar beberapa saat sesudah konstraksi. Namun, cairan ketuban dapat keluar sebelum persalinan tersebut terjadi. Jika cairan pecah, segera ke rumah sakit secepat mungkin.

Siapkan dokter dan rumah sakit dengan baik
Dokter serta rumah sakit merupakan komponen yang penting saat persiapan persalinan. Lebih baik, dari awal kehamilan, Anda telah menetapkan dokter kandungan, selain itu pastikan kembali jika rumah sakit yang Anda pilih dekat dengan rumah, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke rumah sakit tersebut menjadi lebih cepat.

Siapkan Barang yang Harus Dibawa dengan Baik
Saat menyiapkan barang, pastikan kembali jika orang yang berada di dalam rumah mengehatui dengan betul apa saja yang harus dibawa. Sebenarnya, untuk memudahkan persiapan melahirkan ini, Anda dapat menyiapkan barang-barang tersebut sebelum berangkat.

Berikut beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang harus Anda bawa :
πŸ‘‰ Handuk bayi
πŸ‘‰Perlengkapan bayi, meskipun biasanya rumah sakit sudah menyiapkan perlengkapan bayi yang cukup lengkap, namun tidak masalah jika Anda membawa beberapa baju cadangan dan beberapa perlengkapan lain
πŸ‘‰ Peralatan mandi bayi dan ibu
πŸ‘‰ Bra khusus menyusui
πŸ‘‰ Pembalut, digunakan untuk nifas
πŸ‘‰ Pakaian ibu, pilih baju dengan atasan berkancing, sehingga Anda lebih mudah menyusui si kecil

Bagaimana dengan Lahiran Caesar, Apakah Sama?
Jika Anda sudah memutuskan akan melahirkan secara caesar, serta sudah mengetahui beberapa risikonya, berikut persiapan yang harus Anda lakukan agar persalinan bisa berjalan lancar tanpa kendala.

1. Persalinan caesar dilakukan sesuai indikasi
Harus diketahui terlebih dulu jika persalinan secara caesar harus disesuaikan dengan kondisi janin dan ibu hamil. Indikasi dilakukan operasi ini, jika dari sisi ibu seperti panggul sempit, kontraksi rahim lemah, ibu hamil memiliki riwayat diabetes, ketuban pecah hingga memiliki penyakit menular seksual.

Sedangkan, dari sisi bayi, operasi caesar ini bisa disebabkan karena perkiraan berat bayi mencapai 4 kg, terjadi kondisi kegawatan janin hingga posisi bayi yang sungsang.

2. Proses packing
Biasanya lahiran secara caesar, ibu dan bayi akan dirawat selama 2 hingga 4 hari. Berikut beberapa barang yang tidak boleh dilupakan :

🚼Perlengkapan bayi, seperti popok, selimut, pakaian, kaus kaki, topi hingga sarung tangan
🎢 Berbagai macam hal yang membuat Anda rileks, seperti bantal sendiri, buku, hingga MP3, hal ini diperlukan agar perhatian bisa dialihkan dan nyeri pasca operasi tidak akan begitu terasa
πŸ”Siapkan camilan dari rumah. Meskipun di rumah sakit sudah disiapkan camilan, namun biasanya masakan di rumah sakit memiliki rasa yang hambar, padahal nafsu makan Anda setelah operasi bisa cepat kembali, sehingga sediakan camilan favorit Anda, seperti buah
Membawa celana hamil yang longgar. Agar tidak menekan perut atau jahitan, bawa celana yang longgar, selain celana hamil longgar, Anda juga bisa membawa rok atau daster
πŸ‘±Bra menyusui. Setelah melahirkan, payudara biasanya akan terasa lembek dan bengkak. Hal ini sering terjadi saat beberapa hari pasca melahirkan, oleh sebab itu sediakan bra khusus menyusui.

Coba baca artikel yang ini : Melihat Langsung Proses Persalinan

Demikian artikel tentang beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang bisa Blogmashendra.com share.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

6 comments

Memang nih ya kalau mau melahirkan itu harus sudah dipersiapkan semuanya

Perlu sekali bagi Ibu baru...pengetahuan tentang tanda tanda pembukaan kelahiran...jangan sampai ketuban sudah pecah tapi tidak segera ke bidan ujung ujungnya jadi lahiran Caesar

@Anisa AE : Yup, saya juga siapin semua keperluan sebelum lahiran istri saya. Pas udah hari H, tinggal cuss aja

@Dwi Sugiarto : Yup. Sangat penting nih pengetahuan, biar bisa mengantisipasi saat persalinan tiba

Sebelum persalinan memang harus mempersiapkan segala sesuatunya sejak jauh hari ya Mas? Biasanya saat istri hamil mulai nyicil beli baju2 bayi dan lain-lain..

@Kang Masroer : Persiapan yang matang tentu akan memudahkan untuk proses persalinannya ya Kang


EmoticonEmoticon