Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Atasi Soal UN SMA dengan Aplikasi Ruangguru

Atasi Soal UN SMA dengan Aplikasi Ruangguru - Blog Mas Hendra

Adik laki-laki saya, dia sedang berada di kelas 12 IPS di salah satu SMA di Depok. Saya melihat adik saya ini sangat malas, padahal sebentar lagi sudah mau ujian. Kadang ingin merasa cuek sama dia, karena kalau dikasih nasehat ataupun saran, suka tidak mendengarkan.


Saya memberikan saran agar dia mengambil bimbel di luar sekolah. Ternyata ketika sudah didaftarkan di salah satu bimbel, dia malah sering tidak hadir. Saya sering mendapat laporan dari pihak bimbelnya. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak melanjutkan bimbel tersebut.

Lalu saya mencarikan guru privat ke rumah. Tapi ada masalah baru, yaitu setiap gurunya sudah datang, tapi adik saya belum pulang. Dihubungi tidak direspon. Hampir sudah tiga kali pertemuan dan kedatangan gurunya sia-sia.

Orang tua saya sedang tugas di luar negeri untuk beberapa bulan ini, jadi saya yang bertanggung jawab atas adik saya. Sampai suatu ketika, saya marah dan sudah tidak mau lagi mengusahakan untuk kegiatan perbimbelnya. Mungkin karena terketuk hatinya, maka dia pun suatu hari menunjukkan saya sebuah aplikasi menarik, yakni aplikasi Ruangguru yang katanya adalah sebuah platform bimbel online.

Awalnya saya belum yakin dapat mengatasi soal UN SMA dengan aplikasi ini. Lalu saya mencari tahu tentang aplikasi ini dan bertanya sama adik saya, darimana dia mengenal aplikasi ini. Dia menjelaskan bahwa dia tahu aplikasi ini dari Youtuber gaming favoritnya, yaitu Jess No Limit. Saya hanya tertawa mendengarnya. Ketika kakaknya berbulan-bulan berusaha ini itu untuk merayu dia mengikuti tambahan belajar, tidak pernah dia gubris, tapi dengan kekuatan sang idolanya dia bisa membuka pikirannya.

Jadi setelah saya cari tahu memang benar idolanya ini merupakan seorang brand ambassador dari aplikasi Ruangguru. Akhirnya saya pelajari aplikasinya dan memutuskan untuk berlangganan aplikasi ini. Ada banyak keuntungan yang bisa adik saya dapatkan dari aplikasi ini, diantaranya :

1. Tidak perlu malas untuk berangkat
Karena kita dapat belajar di mana saja, maka tidak ada lagi alasan bagi dia untuk malas berangkat dan waktu pembelajarannya dapat dilakukan di mana saja. Jadi dari segi waktu lebih fleksibel.

2. Dipantau dengan baik
Ketika mengikuti bimbel dia sering bolos, maka saat mengikuti Ruangbelajar di aplikasi Ruangguru ini dia tidak lagi bisa bolos, karena saya memantaunya langsung. Saya juga bisa memantau apakah adik saya sedang belajar atau tidak dan karena biasanya dia belajar di rumah, maka saya bisa terus mendampinginya.

3. Soal-soal latihan UN SMA yang beragam
Yang lebih membuat saya suka dari aplikasi ini adalah terdapat banyak soal untuk adik saya latihan mengerjakan soal UN. Soal UN SMA di aplikasi ini dikemas serupa dengan UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer. Maka dengan begitu adik saya menjadi terbiasa dengan bentuk soal UNnya nanti.

Jujur aplikasi ini sangat membantu untuk anak-anak seperti adik saya yang ada saja alasannya kalau disuruh mengambil bimbel di luar. Semoga pengalaman ini juga bisa membantu untuk orang tua atau wali siswa yang sedang mencari bimbel yang cocok untuk persiapan Ujian Nasional.

Semoga bermanfaat.

16 komentar untuk "Atasi Soal UN SMA dengan Aplikasi Ruangguru"

  1. Ruang Guru memang mantap. Dengan soal-soal un yang beragam, siswa akan semakin mudah menyelesaikan soal. Karena sudah terbiasa.

    BalasHapus
  2. @Djangkaru Bumi : Latihan soal UN tentu akan memudahkan siswa dalam belajar. Dari setiap soal, siswa bisa mengkaji dengan seksama dan teliti, sehingga bisa memahamai setiap soal dengan baik.

    BalasHapus
  3. Aku baru tahu adanya aplikasi ginian. Maklum aku bukan siswa zamana now 😂😂 eee maksudku, maklum, gaulku masih sama anak TK...

    BalasHapus
  4. Wah.. Keren ya! Bisa dipantau langsung. Jadi gak ada lagi alasan buat bermalas-malasan. 😁

    BalasHapus
  5. @Agustina Purwantini : Ini udah populer loh, masa gak tau Mbanya, tapi sekarang jadi tau toh, hehehe... Makasih sudah berkunjung ke blog saya

    BalasHapus
  6. @Kopiah Putih : Bisa dipantau, jadi tau sejauh mana progresnya dalam belajar

    BalasHapus
  7. Saya sudah baca kisah tentang ruangguru ini, CEO nya luar biasa

    BalasHapus
  8. @Amir Mahmud : Pasti menginspirasi ya Mas

    BalasHapus
  9. Wah memang keren banget ya kak aplikasi yang satu ini bermanfaat sekali buat anak sekolah

    BalasHapus
  10. @Anisa AE : Betul Mba, tidak perlu repot-repot mencari soal UN atau belajar lagi, bisa melalui aplikasi di Ruangguru.

    BalasHapus
  11. Deket rumahku ada salah satu kantor cabagnya kang, banyak sekali peserta yang gabung di ruang guru, walau terbilang baru tapi Ruang Guru sudah sangat bagus kualitas pelayanannya...

    BalasHapus
  12. ruang guru ini sudah terkenal luas banayk yang makai dan berhasil dengan izin Allah melalui ruang guru ini

    BalasHapus
  13. @Maman : Boleh tuh Kang belajar di sana, hehehehe...

    BalasHapus
  14. @Abd Kadir Rusdi : Semoga saja ya kang, banyak menghasilkan siswa berkualitas dan berbobot berkat Ruangguru

    BalasHapus
  15. Wah ruang guru. Baru tahu aku ama aplikasi ini. Jadi lebih mudah ya kalau anak-anak, atau adik-adik kita bahkan diri kita kalau mau belajar. Tinggal download aja ya aplikasinya 😉

    BalasHapus
  16. @Bunda Erysha : Yup tinggal download aja, dan belajar lewat aplikasi itu

    BalasHapus