5 Hal yang Sebaiknya Dipersiapkan Sebelum Umroh

5 Hal yang Sebaiknya Dipersiapkan Sebelum Umroh - Blog Mas Hendra

Anda belum pernah melakukan perjalanan umroh ke Tanah Suci dan ingin mewujudkannya di tahun ini? Tidak perlu khawatir, Anda bisa memutuskan untuk memilih paket umroh November pada tahun ini. Memilih paket umroh adalah cara tepat untuk mewujudkan impian Anda umroh ke Tanah Suci, terutama bagi Anda yang belum pernah umroh sebelumnya. Tujuan bergabung dan memilih paket umroh tentu saja agar perjalanan umroh Anda lebih aman, nyaman, khusyu dan pastinya lebih efisien.


Tren memilih paket umroh sebagai partner perjalanan spiritual ke Tanah Suci, memang sedang digemari oleh masyarakat belakangan ini. Praktis dan efisiensi adalah dua alasan utama mengapa masyarakat memilih paket umroh.

Menurut data yang dikeluarkan oleh pemerintah Saudi Arabia, peminat ibadah umroh asal Indonesia terus mengalamai peningkatan secara signifikan. Bahkan saat ini Indonesia merupakan negara paling banyak kedua yang mengirim jama'ah umroh ke Tanah Suci.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan umroh ke Tanah Suci, ada beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan, agar ibadah umroh yang Anda lakukan lebih maksimal, sehingga nilai esensi spiritual akan Anda dapatkan. Point penting ini berlaku tidak hanya bagi Anda yang belum pernah umroh, tapi juga berlaku bagi Anda yang sudah pernah umroh sebelumnya.

5 Hal yang Sebaiknya Dipersiapkan Sebelum Umroh - Blog Mas Hendra

1. Pelajari Tentang Umroh
Ibadah umroh merupakan perjalanan suci umat Islam menuju Baitullah di Mekah untuk melakukan serangkaian ibadah selama berada di sana, mulai dari tawaf, sa'i dan tahalaul. Sebelum memutuskan untuk berangkat umroh, sebaiknya Anda mempelajari segala informasi seputar umroh. Salah satunya bisa melalui buku-buku referensi yang berisi panduan ibadah umroh. Tidak hanya itu saja, Anda juga sebaiknya mempelajari juga tentang Mekah dan Madinah sebelum mengunjungi di dua kota suci tersebut.

2. Mengenal Tatacara Ihram dan Mencukur Rambut
Anda juga perlu menambah wawasan seputar tatacara aturan tentang Ihram, misalnya, Anda dilarang untuk menggunakan sabun wangi ketika Ihram, maka Anda bisa mencoba untuk mendapatkan sabun tanpa pewangi sebelum Anda pergi umroh. Selain itu juga dilarang menutupi kepala dengan kain ihram (bagi pria) saat cuaca sangat panas ketika berada di Tanah Suci. 

Aturan lainnya yang tidak kalah penting untuk dipelajari adalah tentang mencukur rambut. Pada akhir umroh, jama'ah pria dan wanita dianjurkan untuk memotong rambut mereka. Pemerintah Saudi sendiri sudah memberlakukan aturan pisau sekali pakai untuk 'Tahalul' (cukur rambut). Namun Anda tetap perlu waspada terhadap resiko penyakit menular, seperti Hepatitis C, karena menggunakan pisau cukur yang bergantian dengan jama'ah lainnya.

3. Persiapkan Fisik
Untuk menunjang aktivitas ibadah umroh, maka Anda sebaiknya menyiapkan fisik sebaik mungkin, agar tetap fit dan tidak mudah sakit. Kalau perlu Anda bisa melakukan latihan fisik terlebih dulu sebelum berangkat umroh. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menyiapkan multivitamin dan suplemen untuk kesehatan Anda.

4. Persiapkan Pakaian
Selain untuk beribadah, umroh juga dijadikan paket wisata religi yang menyenangkan oleh turis mancanegara, termasuk dari Indonesia. Saudi Arabia memiliki iklim dan cuaca yang berbeda dengan Indonesia. Maka dari itu Anda harus mempertimbangkan matang-matang untuk memilih baju yang tepat ketika berada di Tanah Suci.

Anda bisa membawa baju yang tidak sedikit, dan aksesoris lainnya, seperti menyiapka beberapa syal, baju gamis yang cocok, baju dalam yang menyerap keringat dan kaus kaki.

5. Pilih Partner Ibadah Umroh yang Tepat
Jika Anda memutuskan berangkat umroh dengan Travel Agent, pastikan Anda memilih Travel Agent yang tepat, yang dapat membuat perjalanan umroh Anda lebih maksimal. Pastikan Travel Agent akan membantu semua kebutuhan Anda selama melakukan ibadah umroh di Tanah Suci, paling tidak akan memotivasi Anda untuk melakukan Tahajjud di Haram, melakukan Tawaf tambahan, membangunkan Anda ketika fajar tiba dan selalu memberikan Anda semangat untuk melakukan hal-hal positif selama berada di Tanah Suci.

💚💚💚💚💚

Jika Anda ingin melakukan ibadah umroh, jangan lupa untuk menerapkan ke-5 hal di atas, agar perjalanan umroh Anda lancar dan lebih maksimal. Satu hal yang perlu diingat, perbanyak untuk memanjatkan do'a selama berada di Tanah Suci, karena Allah telah menjanjikan banyak pahala, keberkahan serta mengabulkan semua do'a. Maka dari itu, gunakan sebaik mungkin kesempatan ini untuk bermunajat dan memanjatkan do'a yang banyak untuk diri Anda sendiri, keluarga, teman, sahabat hingga kemaslahatan umat dan bangsa. 

Bagi Anda yang berencana untuk melakukan perjalanan umroh, bisa memanfaatkan paket umroh promo untuk menghemat biaya perjalanan umroh Anda. 

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

20 comments

Info yang sangat menarik. Semoga suatu saat bisa umroh, amin

dengan mempersiapkan diri sejak dini maka umroh pun bisa berjalan dengan lancar

umrah paling utama bulan Ramadhan seperti saat ini

Info yang sangat bermanfaat. Semiga saya dimudahkan pergi ke tanah suci. Aamiin.

Baca dulu artikelnya, siapa tahu nanti memang benaran dapat panggilan ke Mekkah:D

Semoga bisa umroh suatu saat,,, amiin. Memang perlu teliti memilih partner umroh yang tepat, salah-salah bisa terjebak ke partner yang menipu seperti si itu.

@Blogsabda : Betul banget. Segala sesuatunya perlu dipersiapkan dengan matang, agar dapat berjalan lancar

@Tukangjalandanmakan : Apalagi di bulan Ramadhan, pahalanya bisa berlipat-lipat

@Atinnuratikah : Aamiin, doa yang sama juga buat mereka yang belum pernah umroh

@Dudukpalingdepan : Aaamiiin, semoga saja kita bisa merasakan umroh ke Tanah Suci ya Mba

@Bang Doel : Aaamiiin... Betul banget Kang, jangan sembarangan memilih partner umroh, bisa-bisa kayak yang kasus heboh itu tuh.... Teliti dulu

bismillah semoga keturutan, aamiin

@Afrizal : Aaamiiin, saya bantu aminkan Mas

List dulu iya mas.

Impian ini, mudahan suatu saat kalau ada rezeki bisa umroh,

Semoga suatu saat nanti bisa umroh ... Amin. Terima kasih artikelnya Kakak.

@Septian Dwi Cahyo : Aaamiiin, saya bantu aminkan Mas

@Tuteh : Aaamiiin, semoga saja ya.. Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog ini

kangen umroh lagi :(.. beneran sih tanah suci itu sangat ngangenin.. udh niat, kalo ksana lg Insya allah mau ajak anak2 sekalian. umroh trakhir kmrn, jujurnya aku ga puas ama travelnya. krn nyediain ustad yg selama perjalanan, dia malah kampanye utk milih salah satu calon dan jelek2in calon yg lain. serius sih, aku marah banget ama tipe ustad abal2 gini. sampe2 tiap kali dia mulai jelek2in pasangan yg calon yg lain, aku lgs nyetel headset sampe volume tertinggi biar ga denger segala fitnah dia. makanya kalo next aku umroh, aku bakal pastiin travelnya ga nyediain ustad palsu yg suka bgt nyebarin hoax

@Fanny : Wah diingat baik-baik nama travel dan ustadz nya Mba, semoga gak dapat yang seperti itu lagi ya, biar lebih nyaman...


EmoticonEmoticon