Ingin Menyambut Bulan Ramadhan? Persiapkan Dulu 5 Hal Berikut Ini!

5 Hal yang Sebaiknya Dipersiapkan Untuk Menyambut Bulan Ramadan - Blog Mas Hendra

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah, rahmat dan ampunan. Di mana setiap Muslim berlomba-lomba untuk menanam pahala, karena pada bulan ini, segala amal perbuatan baik akan dicatat sebagai ibadah dan nilainya akan dilipatgandakan. Maka dari itu intensitas ibadah pun menunjukan peningkatan yang cukup signifikan. Suasana masjid yang semula biasa saja, akan berubah menjadi ramai. Suara tilawah Al-Qur'an terdengar hampir di setiap speaker masjid. Suasana sore hari akan dihiasi pemandangan orang-orang yang berburu menu takjil dan berbagai fenomena bulan puasa lainnya.


Agar kita sanggup menjalani bulan puasa dengan baik dan lancar, maka ada beberapa persiapan yang sebaiknya dilakukan untuk menyambut bulan Ramadan. Jika saja persiapan ini diperhatikan dan dijalankan dengan baik, maka kita akan tetap semangat berpuasa meski harus menjalani aktivitas yang padat setiap hari.

5 Hal yang Sebaiknya Dipersiapkan Untuk Menyambut Bulan Ramadan - Blog Mas Hendra

1. Kuatkan Niat dalam Hati
Yang pertama tentu saja niat untuk menjalani ibadah puasa dan juga ibadah lainnya di bulan Ramadan harus kuat. Dalam artian niat tersebut bukan hanya diucapkan di lisan saja, tapi juga dimantapkan di dalam hati. Niatkan ibadah hanya kepada Allah Ta'ala, agar apa yang kita lakukan menjadi ladang pahala yang banyak.

Maka dari itu, jauh sebelum bulan Ramadan tiba, mari kita kuatkan niat yang ikhlas untuk menjalani puasa selama Ramadan, maka Insha Allah, puasa yang kita jalani akan bernilai ibadah. Dan pastinya akan terasa ringan dilakukan, karena niat ikhlas kita sudah kuat dan yakin.

2. Persiapkan Alat untuk Ibadah
Persiapan berikutnya adalah alat-alat yang digunakan untuk ibadah, mulai dari baju koko atau mukena, peci, sajadah, Al-Qur'an dan lainnya. Namanya bulan kebaikan, pastinya kita juga akan berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadah, selain berpuasa, mulai dari sholat wajib, sholat sunnah, tilawah, menghadiri majlis ta'lim dan lain sebagainya.

Persiapkan alat-alat ibadah tersebut menjelang bulan Ramadan.Yang biasanya jarang ngaji, yuk diperiksa kembali, Al-Qur'annya diletakkan di mana dan dibersihkan dari debu yang menempel. Cuci dulu sajadah dan sarung atau mukena agar bersih dan wangi sepanjang hari.

3. Persiapkan Kesehatan Fisik
Yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan fisik dengan baik, agar tetap semangat menjalani aktivitas sehari-hari selama berpuasa. Selain itu juga jaga kondisi badan agar tidak mudah sakit, lelah atau mengantuk sepanjang hari. Konsumsi makanan sehat dan bergizi, perhatikan jumlah asupan cairan dan kalau perlu konsumsi vitamin atau suplemen yang aman.

4. Persiapkan Psikis
Jika kondisi fisik sudah dijaga dengan baik, jangan lupa untuk menyiapkan kondisi psikis. Fisik akan diuji dengan rasa lapar dan haus, sementara psikis kita akan diuji dengan menahan emosi, rasa iri dan nafsu. Maka dari itu, persiapkan jiwa Anda dengan baik jauh hari sebelum bulan Ramadan tiba.

5. Persiapkan Bujet Tambahan
Bulan Ramadan biasanya jumlah bujet untuk kebutuhan sehari-hari akan meningkat. Hal ini dikarenakan ada beberapa aktivitas yang tidak biasanya kita lakukan di bulan lainnya, seperti buka puasa, berbagi menu berbuka dengan orang lain/tetangga ataupun buka puasa bersama keluarga, rekan kerja atau relasi bisnis. Selain itu juga perlu melakukan stock makanan dan minuman yang bergizi selama berpuasa.

Demikian 5 hal yang sebaiknya dipersiapkan untuk menyambut bulan Ramadan. Kita tentunya ingin agar amal ibadah puasa kita diterima semua dan kesehatan fisik kita juga tetap terjaga dengan baik, sehingga saat Hari Raya Idul Fitri nanti, kita benar-benar akan meraih kemenangan, seperti yang telah dijanjikan.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

22 comments

Marhaban Ya Ramadhan...
Semoga di bulan Ramadhan tahun ini kita semua diberikan kelancaran dan keberkahan dalam menjalankan ibadah puasa.
Amin ...

@Defi : Marhaban ya Ramadhan.. Aamiin...

Ga sabar rasanya nunggu bunyi bedug buat berbuka.. Suasana ramadhan mmg terasa berbeda yg gak bisa diungkapkan... Smg ramadhan kali ini sLalu di beri keberkahan dan kelancaran.Dan diberi ampunan drnya .. Amiin YRA

Yang terpenting dari semuanya adalah niat, untuk alat ibadah mungkin sudah tersedia tidak harus baru kan, sedangkan fisik dan psikis memang tetap harus dijaga. Lalu budget, kebutuhan ini akan meningkat lagi menjelang akhir Ramadhan.

Buget tambahan ini yang tidak kalah peningnya. Saat ramadan justru terjadi pemborosan yang luar biasa. Yang seharusnya bisa hemat, tapi yang ada justru sebaliknya.
Niat mah kadang kuat, tapi loyo kembali saat memikirkan dana yang tipis :D

@HENI Ajaa : Aamiin... Allahuma Aamiin

@Kafe Hosting : Betul om, paling utama adalah niat, berikutnya adalah faktor pendukung pada point-point berikutnya.

@Djangkaru : Tetap semangat mas... Insha Allah rezeki mah ada aja

Puasa itu yang paling kerasa budget makan jadi naik. Padahal kan logikanya puasa harusnya kebutuhan menurun yah, tapi ini enggak. Sungguh aneh tapi nyata.

Kesehatan perlu dijaga biar bisa pool sampai akhir, kalau saya biasa ngopi jadi nggak ngopi

Nah bener tuh mas, fisik harus mantap karena kita harus ibadah shalat 5 waktu, tarawih, kerja dll.

Point ke lima sepertinya yang bikin deg degan, pengeluaran pada saat bulan puasa sepertinya memang pasti bertambah ya...selamat menjalankan Ibadah Puasa 1440 H, semoga kita semua diberikan kesehatan dalam menjalankan Ibadah Puasa tahun ini...

@Riza Alhusna : Karena ada kebiasaan buka puasa ini yang disinyalir dapat menambah bujet om...

@Dwi : Betul mas Dwi, ngopinya juga saya tunda dulu, paling setelah lebaran, baru deh hajar maning son

@Abdul Muhajir : Betul mas, biar gak loyo, mentang-mentang puasa

@Hayardin : Selamat menjalankan ibadah puasa juga mas... Doanya saya aaamiiin kan..

Terakhir siapkan kuota internet juga banyak2 gan, paket begadang pun boleh, wkwkwk

Wahhh bener banget tuh mas, harus bersih hati dan pikiran.. stop nonton yang aneh aneh dan melakukan hal hal yang tidak baik

@Aorlin : Nah ini, khusus paket begadang

@Ariwcp.id : Nonton apa nih yang aneh??

Alhamdulillah sudah melakukan semua persiapan itu, dan Insha Allah puasa kita semua lancar dan ikhlas sampai hari terakhir ya, Kakak _/\_

@Tuteh : Aaamiiin, semoga ya Mba..


EmoticonEmoticon