Peralatan Simpel Ini Bisa Mengurangi Rasa Galau Saat Listrik Mati di Rumah

Lampu Darurat (emergency lamp) - Blog Mas Hendra

Mengingat di tempat tinggal saya di Pengasinan, Depok sering mati listrik, terutama saat musim hujan tiba disertai petir menggelegar. Maka dari itu, saya selalu menyiapkan beberapa peralatan yang bisa mengurangi rasa galau ketika listrik mati. Apalagi di rumah saya masih ada anak usia balita (dede Naufal), yang ketika listrik mati malam hari, galaunya kebangetan. Melebihi rasa galau ketika jomblowan dan jomblowati saat melewati malam Minggu yang panjang.


Ya maklum saja, ketika listrik mati di malam hari, otomatis suasana menjadi begitu mencekam, gelap, bikin gerah dan sepi sunyi senyap. Balita mana sih di belahan bumi ini yang gak merasa galau menghadapi situasi seperti ini.

Nah maka dari itu, saya berinisiatif menyediakan beberapa peralatan pengganti yang memiliki manfaat yang sangat membantu saat listrik mati di rumah. Apa sajakah itu?

1. Kipas portable
Kipas Portable - Blog Mas Hendra
Sesuai dengan namanya portable, kipas berukuran mini ini bisa dibawa kemana-mana, sangat praktis dan efisien. Sehingga sangat bermanfaat saat mati listrik. Pengisian dayanya pun sangat mudah, karena menggunakan baterai yang bisa dicharge. Harga per unitnya sekitar Rp. 40.000. Harga bisa lebih murah atau lebih mahal, tergantung dari tipe, ukuran dan tokonya.

2. Lampu darurat (emergency lamp)
Lampu Darurat (emergency lamp) - Blog Mas Hendra
Ada begitu banyak jenis lampu yang digunakan ketika listrik mati. Mulai dari yang berukuran kecil sampai yang besar. Harganya pun bervariasi, tergantung ukurannya. Waktu itu saya beli lampu darurat melalui salah satu toko online. Ukurannya kecil, tapi terangnya lumayan bisa memenuhi ruangan di rumah. Daya tahan baterainya antara 3-4 jam. Pengisiannya tinggal colok saja ke listrik.


3. Lampu senter
Lampu senter sangat bermanfaat saat listrik mati. Sekarang, lampu senter pun beragam, ada yang memiliki fungsi lebih. Seperti yang saya beli. Selain berfungsi sebagai lampu senter, bisa juga digunakan untuk lampu darurat. Lampu senter model ini sudah banyak dijual di toko online. 

4. Powerbank
Kalau yang ini perlu banget agar smartphone tidak kehabisan baterai, sehingga smartphone bisa digunakan sebagai hiburan saat listrik mati di rumah. Mulai dari menonton video, tv online atau bermain game. Jadi pastikan kapasitas powerbank tetap penuh sebelum listrik mati.

5. TV portable
Bagi pencinta acara televisi atau pecandu sinetron, kayaknya perlu banget untuk menyediakan tv portable yang bisa digunakan saat listrik mati di rumah. TV portable tentu dinilai lebih praktis dan lebih hemat, karena tidak membutuhkan jaringan internet untuk mengoperasikannya, tidak seperti TV online melalui smartphone.

Itu tadi daftar peralatan cukup simpel yang bisa kalian siapkan menghadapi situasi saat listrik mati di rumah. Terutama bagi kalian yang memiliki anak usia balita di rumah, kasian kan kalau sampe kepanasan atau gelap-gelapan. Ya minimal ada terang-terang dikit gitu atau hiburan di rumah.

Semoga bermanfaat.

16 comments

Emang kalau Lg mati lampu saya paling riweh itu urusan panas. Jadi kipas portabel wajib hukumnya.cuma Syg model gitu mudah rusak :(

Kayaknya kipas portable memang ringkih, gampang rusak, tapi tergantung perawatannya juga sih. Tapi dari pada gak ada sama sekali

Bener banget kang, saya juga punya alat penerangan portabel untuk keadaan darurat, alat ini walau tampak sederhana tapi keberadaannya sangat penting di waktu-waktu tertentu atau dalam keadaan darurat.

Kalau kipas portable bagi saya mungkin kurang ya, karena cuaca di daerah kami sudah dingin. Tapi kalau pas mati listrik, hal yang sangat kami butuhkan ialah lampu emergency. Ya udah daerah di pedesaan kalau gelap kan war biasaaak sepinya, jadi yang kami sediain dan harus ada lampu emergency.

Ini salah satu alat yang sangat diperlukan saat mati lampu kang...

Berarti gak perlu ac atau kipas angin dong ya, hehehe.. Kalo gitu banyakin jumlah lampu emergency nya aja dong mba

lampu darurat dan powerbank itu adalah "koentji"
terlebih, powerbank ya mas
alamat bisa mati gaya

jadi pusing kalau mati lampu si kecil kang jadi rewel karena kipasnya mati , sepertinya harus punya kipas portable itu

Betul mas, salah satunya powerbank, karena walau bagaimanapun smartphone harus tetap on, biar lebih mudah dihubungi

Yup kalo ada anak usia balita, sebaiknya prepare kipas portable, apalagi di daerahnya sering banget mati listrik

Wahhh lumayan tuh jadi gak gelep gelepan yamas

Betul itu mas, simpel tapi sangat membantu

Kalo mati lampu keseringan saya pakai senter hp, berguna banget pokonya kalau punya alat penerangan portabel, jadi kebantu

Betul mas, apalagi kalo sering banget mati lampu, wajib punya penerangan portable

Hahaha ... kenapa sih ya adik Naufal galaunya tingkat dewa ngalahin para jomblowan jomblowati saat listrik padam 😅 ...
Waah, itu kayaknya ngikutin papanya saaat dulu sering galau jadi jomblo tuuh 😂

... untungnya, ada emergency lamp, jadi sekarang adek Naufal ngga galau lagi.

setiap bocah di belahan bumi mana pun pasti galau, kalau listrik padam, soalnya gerah parah, hahaha..


EmoticonEmoticon