Menikmati Sajian Manisnya Kue Rangi Khas Betawi

Gerobak Penjual Kue Rangi - Blog Mas Hendra

Sewaktu saya mengajak si bungsu keliling Eropa komplek naik motor, tidak sengaja saya bertemu dengan tukang kue rangi yang lagi jualan kue rangi. Ya iyalah jualan kue rangi, masa jualan mie ayam. Keberadaan penjual kue rangi ini sangat langka, tidak seperti cabe-cabean yang jumlahnya ngampar di mana-mana. Makanya mumpung ketemu sama penjual kue rangi, tanpa pikir panjang atau phone a friend, saya langsung borong beli 3 potong kue rangi.


Sekedar info saja, kue rangi atau disebut juga sagu rangi merupakan kue tradisional khas Betawi yang dibuat dari campuran parutan kelapa tua dengan tepung kanji atau tapioka (orang Betawi biasa menyebutnya tepung sagu). Proses pengolahannya dibuat dengan cara dipanggang dengan menggunakan cetakan khusus di atas tungku kecil. Cetakan kue rangi mirip dengan cetakan kue pancong atau bandros, tapi ukurannya lebih kecil.


Kue Rangi Khas Betawi - Blog Mas Hendra

Kue rangi disajikan dengan olesan gula merah yang dikentalkan dengan sedikit campuran tepung kanji. Supaya rasanya lebih greget mengunggah selera dan beraroma wangi khas, kadang gula merahnya dicampur dengan potongan nangka, durian atau nanas.

Rasa kue rangi ini gurih asin-asin gitu, terus dipadukan dengan rasa manis dari gula merah yang kental. Harganya juga sangat terjangkau, hanya Rp. 5.000 per satu cetakan.

Kue Rangi Khas Betawi - Blog Mas Hendra
Sempat terjadi sedikit perbincangan tidak penting antara saya dan penjual kue rangi yang diprediksi berusia sekitar 50an tahun. Menurut abangya, kue rangi lebih nikmat dan memiliki aroma yang sangat khas jika dipanggang di atas tungku dengan menggunakan kayu bakar. Yup kayu bakar guys. Karena masak dengan menggunakan kayu bakar mampu menimbulkan aroma yang sangat khas. Berbeda jika memanggang menggunakan kompor gas.

Itulah sebabnya mengapa aroma kue rangi sangat khas seperti bau-bau gosong gitu deh, tapi rasanya sangat lezat. Rasa manis gula merahnya juga terasa pas. Cocok buat kalian yang tidak terlalu suka dengan manis. Kue rangi lebih lezat lagi kalau disajikan ketika masih hangat. 

Berhubung bahan dasarnya terbuat dari parutan kelapa tua, maka kue rangi tidak mampu bertahan cukup lama alias cepat basi. Makanya setelah beli, sebaiknya kue rangi langsung dimakan, jangan ditunda-tunda. Udah kayak orang mau nikah aja ditunda-tunda mulu, *eh.....

Semoga bermanfaat.

You May Like This :


EmoticonEmoticon