8 #AksiSehatCeria yang Bisa Bikin Tubuh Tetap Fit

8 #AksiSehatCeria yang Bisa Bikin Tubuh Tetap Fit - Blog Mas Hendra
Jarak yang cukup jauh dari tempat tinggal saya di Pengasinan, Depok, ke tempat kerja di daerah Thamrin, Jakarta Pusat, ternyata cukup melelahkan. Bayangkan saja, setiap berangkat kerja, saya harus menempuh jarak kurang lebih 60 km (pulang pergi) dalam satu hari. Belum lagi kondisi lalu lintas yang sulit diprediksi, karena seperti kita ketahui, kota besar seperti Jakarta tidak luput dari yang namanya macet. Kondisi ini membuat pengguna jalan merasa lelah fisik dan pikiran.


Harapannya sih kondisi badan ingin selalu fit dan tidak mudah sakit. Tapi apa daya, karena berbagai hal dan faktor yang terkadang menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

Maka dari itu, untuk menunjang aktivitas saya sehari-hari, tentu dibutuhkan fisik yang kuat dan juga pikiran yang jauh dari stress. Untuk itu, saya berusaha untuk menerapkan pola hidup yang sehat. 

Cara yang biasa saya lakukan juga terbilang mudah dilakukan, tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Apalagi harus repot-repot pergi ke pusat kebugaran hanya untuk menjaga stamina.

Berikut adalah 8 #AksiSehatCeria yang biasa saya lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap fit sepanjang hari, sehingga saya bisa menjalani rutinitas sehari-hari dengan penuh semangat :

1. RUTIN MINUM AIR PUTIH SESUAI KEBUTUHAN
Untuk menunjang aktivitas agar tubuh tidak mudah lelah, saya selalu membiasakan untuk minum air putih sesuai dengan kebutuhan. Idealnya memang dianjurkan untuk minum 2 liter atau setara dengan 8 gelas air putih setiap harinya.

Tapi sebenarnya balik lagi kepada kebutuhan tiap orang, karena kebutuhan air putih bagi setiap orang itu berbeda, tergantung dari aktivitasnya, usia, kondisi dan juga lingkungan.

Saya sendiri termasuk orang yang gemar minum air putih. Mulai dari bangun tidur, sebelum lanjut aktivitas yang lain, saya segera minum air putih 1 gelas. Setelah itu baru dilanjutkan dengan menyikat gigi.

Di setiap aktivitas sehari-hari, saya selalu menyempatkan untuk minum air putih saat merasa haus, agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Bahkan di tengah perjalanan, jika terasa haus, saya menepikan motor sejenak untuk minum air putih yang saya bawa di dalam bagasi motor. Intinya adalah kapanpun saya merasa haus, maka saya langsung minum air putih.

Berikut adalah 10 manfaat air putih bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui :



2. MEMBIASAKAN SARAPAN PAGI
#AksiSehatCeria berikutnya adalah berusaha semaksimal mungkin untuk mengatur pola makan yang lebih sehat, karena untuk menunjang gaya hidup yang sehat, perlu disertai dengan pola makan yang tepat agar tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Pola makan yang tepat juga akan membantu mengoptimalkan perolehan nutrisi ke dalam tubuh, sehingga akan memperkuat daya tahan tubuh. 

Sebelum memulai aktivitas, saya membiasakan diri untuk selalu sarapan pagi. Kebiasaan ini sudah dimulai sejak saya masih kecil, hingga kini saya sudah punya anak.

Agar tidak bosan, menu sarapan yang biasa saya konsumsi juga bervariasi dan lengkap mengandung karbohidrat, protein, kalsium dan vitamin lainnya. Sebagai contoh saya biasa sarapan pagi dengan menu bubur ayam, omlet telur isi mushroom+keju, roti selai, makaroni keju, sereal+susu atau roti gandum isi telur+keju.


Menu Bervariasi Sarapan Pagi - Blog Mas Hendra

Sarapan merupakan energi awal untuk menunjang segala aktivitas yang akan kita lakukan. Maka dari itu, jangan pernah lewatkan sarapan ya guys. Dan pastikan menu sarapannya bervariasi, biar tidak bosan, hehehe. 😃


Berikut beberapa manfaat dari sarapan pagi untuk kesehatan tubuh :


Manfaat Sarapan Pagi Untuk Kesehatan Tubuh - Blog Mas Hendra


3. ISTIRAHAT YANG CUKUP
Jangan paksakan tubuh untuk terus bekerja. Jika tubuh sudah mulai terasa lelah, itu artinya tubuh mengirim sinyal ke otak untuk segera melakukan istirahat. Kalau tetap dipaksa untuk terus bekerja, maka akan mengganggu metabolisme dan sistem imun tubuh akan menurun.

Ketika saya libur atau ada di rumah sebelum bekerja, saya menggunakan waktu istirahat saya dengan baik. Agar ketika bekerja nanti, tubuh dan pikiran menjadi lebih segar dan tidak lemas, sehingga produktivitas tetap terjaga dengan baik.

4. KELOLA STRESS DENGAN BAIK
Siapapun pasti pernah mengalami yang namanya stress. Agar stress tidak berkelanjutan dan berdampak negatif bagi kesehatan, maka kita harus pandai mengelola stress agar menghasilkan sesuatu yang baik atau positif.

Apalagi pekerja seperti saya lebih rentan terkena stress, karena bekerja di perkotaan yang memiliki masalah yang cukup kompleks, seperti masalah lingkungan, pekerjaan dan lainnya.

Maka dari itu, ketika stress datang, ini yang biasa saya lakukan :
➧ Bersenang-senang, seperti jalan-jalan, hangout bareng teman atau ngumpul bareng keluarga
➧ Lakukan hobi, seperti ngeblog, membaca, menonton film atau bermain game
➧ Menikmati hidup, jangan banyak pikiran, dibawa santai aja 
➧ Relaks, manjakan diri dengan hal-hal yang mengarah kepada relaksasi
➧ Istirahat, segarkan pikiran dengan cara beristirahat ketika libur


Berikut adalah bagaimana cara mengelola stress dengan baik :


Tips Mengelola Stress Dengan Baik - Blog Mas Hendra


5. BEROLAHRAGA SECARA TERATUR
Prinsip saya, olahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, tidak harus pergi ke pusat kebugaran. Kebanyakan dari kita enggan berolahraga dengan beragam alasan, mulai dari tidak punya banyak waktu, malas, butuh biaya mahal dan lain sebagainya. 

Padahal kalau kita rutin berolahraga, akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Ritme jantung juga menjadi lebih baik. Melancarkan aliran darah di tubuh. Tubuh jadi lebih kuat dan masih banyak benefit lainnya.

Agar tubuh tetap fit, saya memanfaatkan waktu di rumah dengan baik. Salah satunya adalah melakukan olahraga bulu tangkis dan lari pagi.


Manfaat olahraga bagi tubuh (terutama bulu tangkis dan lari pagi) :


Manfaat Olahraga Bagi Tubuh - Blog Mas Hendra

Saya mulai membiasakan untuk bermain bulu tangkis saat pagi hari atau sore hari, baik dengan anak atau istri saya. Selain bulu tangkis, saya juga suka lari pagi setelah melaksanakan sholat Subuh, karena udara pagi hari masih sangat baik untuk kesehatan paru-paru.

Kalau saya bisa, seharusnya kalian juga bisa dong melakukan hal yang sama.

6. HINDARI MEROKOK DAN ALKOHOL
Kedua hal tersebut tentu bisa membawa dampak yang sangat sangat merugikan bagi kesehatan. Saya ini paling anti dengan yang namanya merokok, apalagi minum alkohol, selain mubazir alias sia-sia, tidak ada dampak positifnya sama sekali. Maka dari itu, biar tubuh tetap fit dan tidak mudah sakit, sebisa mungkin untuk menghindari kedua kebiasaan buruk di atas ya guys.


Dampak negatif dan bahaya rokok bagi kesehatan :


Bahaya Rokok Bagi Kesehatan - Blog Mas Hendra


7. DONOR DARAH
Siapa bilang donor darah itu sakit? Gak kok. Malah sebaliknya, donor darah itu menyehatkan dan banyak manfaatnya bagi tubuh. Bahkan pada pengalaman pertama saya mendonorkan darah, tubuh terasa lebih ringan dan segar.


Pengalaman Pertama Donor Darah - Blog Mas Hendra



Donor darah juga bisa membantu orang lain yang sedang membutuhkan darah. Perlu diingat! Setetes darah yang kita donorkan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkannya.


Manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh :


Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh - Blog Mas Hendra


8. MEMBACA ARTIKEL KESEHATAN DI WEBSITE DOKTERSEHAT.COM

Tampilan Halaman Website DokterSehat - Blog Mas Hendra

Rasanya kurang afdol kalau kita tidak melengkapi pengetahuan seputar informasi kesehatan. Maka dari itu, untuk memperoleh informasi seputar kesehatan yang lengkap dan berasal dari sumber terpercaya, saya memiliki satu referensi website yang bisa juga Anda kunjungi, yakni DokterSehat.

Mengenal Lebih Dekat DokterSehat - Blog Mas Hendra

DokterSehat merupakan website kesehatan online yang memberikan informasi kesehatan, tips kesehatan dan konsultasi online segala macam jenis penyakit, kanker, kesehatan, kehamilan, seksualitas dan juga kesehatan keluarga.

Tulisan yang dimuat lebih berbobot dan disajikan dengan ringkas, jelas serta padat, sehingga mudah dipahami oleh pembaca dari berbagai kalangan.

Lalu apa saja keunggulan dari website DokterSehat ini? Berikut ulasannya :


5 Keunggulan Website Doktersehat - Blog Mas Hendra

Menurut saya, informasi yang disajikan sangat lengkap. Tidak hanya artikel seputar kesehatan saja yang dimuat, tapi ada juga informasi menarik lainnya, yakni :
➧ Pengetahuan tentang penyakit yang lengkap, mulai dari A-Z
➧ Informasi seputar obat-obatan mulai dari A-Z
➧ Informasi seputar tanaman herbal mulai dari A-Z
➧ Panduan berpuasa yang sehat
➧ Panduan kehamilan lengkap beserta permasalahannya


Menariknya, Anda juga bisa berkonsultasi seputar kesehatan, sehingga akan memperoleh jawaban atas permasalahan yang sedang Anda hadapi. Selain itu juga Anda bisa melihat berbagai jenis konsultasi yang juga dikirimkan oleh pembaca lainnya.


Ada beberapa kalkulator kesehatan yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui seberapa sehatkah tubuh Anda. Mulai dari Kalkulator BMI, Kalkulator Kalori, Menghitung Usia Kehamilan, Kesehatan Ibu Hamil dan Janin, Kalkulator Ovulasi/Kesuburan serta Menganalisa Penyakit Anda.


Di sini, Anda juga bisa mengikuti survey kesehatan secara terbuka. Tentu saja hasil dari survey ini nantinya diharapkan bisa menjadi referensi atau pertimbangan bagi yang membutuhkan. Mekanisme survey yang digunakan menggunakan unique IP yang membatasi setiap pembaca hanya dapat memilih survey satu kali saja, sehingga hasilnya lebih terjamin.


Website DokterSehat menyediakan direktori lengkap daftar dokter dan rumah sakit.

Team DokterSehat mengumpulkan database dokter umum dan spesialis yang ada di seluruh Indonesia. Anda bisa mencarinya berdasarkan nama kota/provinsi dan jenis dokter yang diinginkan.

Sedangkan jumlah rumah sakit yang sudah terdaftar di database DokterSehat sebanyak 539 di berbagai provinsi di Indonesia.

KESIMPULAN

Website DokterSehat sangat mengerti kebutuhan pembaca dengan menghadirkan banyak fitur yang menyajikan informasi seputar kesehatan secara lengkap. 

Dengan demikian, agar terwujud gaya hidup yang sehat, selain penerapan pola hidup sehat juga perlu diimbangi dengan informasi seputar kesehatan, sehingga hasil yang Anda inginkan menjadi lebih maksimal.

Maka dari itu, agar tidak ketinggalan informasi kesehatan paling update dari DokterSehat, Anda dapat mengunjungi sosial media milik DokterSehat berikut ini :


Channel sosial media DokterSehat :


💚💚💚💚💚

Lomba Blog Dokter Sehat - Blog Mas Hendra

Kabar baik bagi Anda yang punya hobi menulis, saat ini DokterSehat sedang mengadakan lomba blog yang diselenggarakan mulai dari tanggal 15 September 2018 - 16 Oktober 2018. Hadiahnya juga banyak loh. Kalau Anda penasaran ingin ikutan, yuk siapkan artikel terbaik dan segera submit. Info lengkapnya bisa simak di : Lomba Blog Sehat Ceria Bersama DokterSehat.

Semoga bermanfaat.

22 comments

Kemudahan konsultasi secara online, jadi salah satu daya tarik utama ..., kita ngga perlu repot datang kunjungan langsung.
Praktis waktunya.

Yup betul banget... Makasih sudah berkunjung

Praktis banget mas Hant, pembaca jadi lebih mudah untuk memperoleh informasi secara detail dan langsung dari narasumbernya

minum susu, walau sudah gede. perlu ya om :D

Perlu itu, kebutuhan terhadap susu bukan hanya milik bocah, tapi orang dewasa juga. Tapi harus diperhatikan jumlah kandungan lemak di dalamnya

Roger that, Sir!
Harus diterapin semua nih

Semua kecuali donor darah deh
Aku fobia suntikkkkk

Roger ganti! Nyok ah, ilangin fobia terhadap jarsun mas Aul... Beranikan diri untuk donor darah

Sarapan pagi ini yang sering terlupakan bagi saya.

Ooh gak boleh bang, harus sarapan pagi, biar kuat menghadapi kenyataan

Urusan sarapan sih nggak pernah lupa..sebelum makan nasi ngemil dulu sambil ngopi baru deh makan beneran. Cuma donor nih yang belum nyobain

donor darah aku paling takut mas dan blm pernah :(

Untuk bisa sehat namun tetap ceria ternyata cukup mudah ya
Kang, yang sulit itu melawan rasa malas, yang kadang ampun-ampunan menyerang kita 😄😄😂

Biar gak penasaran, makanya cobain mas Riza, bikin seger loh

Kudu ngumpulin semangat dulu ya kang, baru bisa bergerak

Cobain mas, donor darah gak sakit loh, malah bikin badan lebih segar

wah...tipsnya bermanfaat banget

Silahkan dipraktekkan om. Terima kasih sudah berkunjung ya

Hindari stress, olahraga, sama donor darah, sebenernya cara sehat itu mudah, cuma kadang manusia enggan melakukanya, misal kayak olahraga, mudah tapi kadang malah sebulan sekali atau 3 bulan sekali, kayak saya ini ^^

Caranya sebenarnya simpel mas, tapi kadang rasa malas yang terlalu besar untuk bergerak

kalau membaca blog mas hendra apa tidak termasuk ya kang


EmoticonEmoticon