Cara Menghasilkan Uang Dari Ngeblog

Di sini saya hanya akan sharing mengenai bagaimana cara menghasilkan uang dari ngeblog. Apa yang sudah saya tulis di sini merupakan pengalaman sederhana saya selama kurang lebih 3 tahun (2013-2016) ngeblog.


Untuk mencapai sejauh ini, saya memerlukan sebuah proses. Semuanya membutuhkan kesabaran, kerja keras, biaya, tenaga serta waktu.

Mungkin masih banyak teman-teman, khususnya yang belum ataupun baru akan terjun ke dunia blogging, bertanya-tanya, "Bagaimana sih caranya supaya blog dapat menghasilkan uang?".

Untuk menjawabnya, berikut penjabaran saya berdasar dari pengalaman ngeblog yang sudah saya lakukan.

1. Content is A King

Konten adalah raja. Banyak blogger yang sepakat, jika artikel adalah jantungnya sebuah website. Semakin berkualitas artikel yang kita tulis, maka semakin berkualitas pula website yang kita kelola. Dan efek positifnya, tentu saja jumlah pengunjung akan semakin meningkat. Baca artikel : Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Artikel yang berkualitas adalah artikel yang dapat menjawab rasa penasaran pengunjung, banyak dicari oleh pengunjung serta bermanfaat.

Jadi sebelum berpikir bagaimana mendatangkan penghasilan tambahan melalui sebuah blog, maka langkah pertama dan utama adalah tingkatkan kualitas artikel yang kamu buat. Dengan begini, diharapkan trafik blog pun akan semakin meningkat. Dan potensi untuk mendapatkan penghasilan dari blog pun semakin terbuka lebar.

2. Pasang slot iklan mandiri

Setelah konsen pada masalah konten blog dan ingin memperoleh penghasilan dari blog, kamu dapat menyediakan slot/tempat untuk menawarkan iklan mandiri. Artinya, kamu yang menyediakan tempat iklannya dan kamu juga yang menentukan harganya.

Satu hal yang perlu diperhatikan, sesuaikan harga iklan dengan kualitas blog. Artinya berikan harga yang murah jika trafik blog belum terlalu tinggi. Namun jika trafik sudah sangat tinggi, maka harga iklan pun dapat lebih mahal lagi.

3. Ikut program iklan AdSense dari Google

Banyak blogger yang berharap dapat diterima sebagai publisher AdSense. Alasannya sih karena dibayarnya gede, pakai dollar. Namun lagi-lagi semuanya membutuhkan proses dan kerja keras, karena untuk diterima sebagai publisher AdSense cukup sulit dan sangat selektif.

Cara mendaftarnya sih mudah, yang paling sulit adalah diterima atau tidaknya oleh team Google, hehehe.. Baca artikel : Cara Mudah Mendaftar Google AdSense

Namun, jika ingin diterima sebagai publisher AdSense, cukup ikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh Google.

4. Ikutan lomba blog

Sering-sering mengikuti lomba blog yang diadakan oleh berbagai vendor. "Bagaimana cara dapetin info lomba blognya?". Caranya gampang kok, kamu cukup berlangganan email dari situs-situs penyedia lomba, seperti www.serbakuis.com atau www.infolomba.com. Atau bisa juga bergabung dengan komunitas blogger lainnya. Baca artikel : Para Pemburu Kuis, Wajib Baca Ini!

Hadiah Dari Ikutan Lomba Blog - Blog Mas Hendra
Kerja keras nulis artikel terbayarkan. Meskipun belum pernah menjadi juara pertama, tapi tetap Alhamdulillah dan semangat!!

Siapa tahu kamu yang beruntung mendapatkan hadiahnya. Coba saja dulu, urusan menang atau kalah belakangan, yang penting dengan mengikuti lomba-lomba blog, setidaknya kamu dapat meningkatkan kemampuan menulis dan juga dapat memposting sebuah artikel.

5. Ikutan komunitas job untuk blogger

Banyak banget komunitas blogger yang bisa kamu ikuti, baik melalui Facebook, Twitter maupun Google+. Pilih komunitas yang cukup menjanjikan, seperti job untuk blogger di Facebook.

Di sini kamu bisa mendaftarkan blog kamu untuk mendapatkan job, baik job review maupun content placement. Kalau diterima, hasilnya lumayan loh.

6. Daftar di Iblogmarket

Iblogmarket merupakan tempat bertemunya penayang iklan (blogger) dengan pihak pengiklan. Harga jobnya mulai dari Rp. 75.000 per artikel. Kamu dapat melakukan payout jika penghasilan kamu sudah mencapai Rp. 100.000.

Lumayan loh guys, saya sudah beberapa kali payout dari iblogmarket ini.

Sebenarnya masih ada banyak cara lainnya untuk mendapatkan penghasilan dari ngeblog ini. Kuncinya ada pada kesabaran, kerja keras dan terus mencoba.

Semoga artikel di atas dapat meningkatkan semangat ngeblog kamu.

18 comments

Iblogmarket memang cocok ya Bang untuk para blogger seperti kita..heee

Kalau aku sih mau berusaha tetep konsisten di 1 jalur Mas, ngontessss,hehehe..biar konsesntrasi gak buyar, dan ilmu semakin banyak

Iya mas, demi sesuap recehan gambar Soekarno-Hatta

Semoga mas tetap konsisten.... Keren yang penting menang terus ya mas

Dengan rajin ikut berbagai ajang lomba blogger, makin besar kemungkinan bisa menghasilkanlewat blog ya mas....

Iya kang, sekaligus melatih kemampuan menulis

Keren, tambah ilmu nih :)
Jadi tahu Iblogmarket....

banyak cara yg dapat dilakukan untuk menghasilkan uang dari blog ya mas.
mau saya coba ah

Wah mas Yanto mah udah master, hihihi

nambahin mas, update artikel juga penting loh, hehehe...

Wah bener banget mas... Demi duit recehan dengan awalan 5 yang diikuti angka nol sejumlah 6 biji...

Waahhh.... duittt..... *matanya ijo*


Saya mah belom pernah dapet duit dari ngeblog mas. Tapi kalo dari nulis sering. Padahal bahasanya koplak gitu, tapi laku aja, hahaha.

Sama bae mas.

Yah namanya juga udah rezekinya mas

Aaamiiin.... 6 digit mah jadi master dong

Bisa kali dishare penghasilan dari Iblogmarketnya mas?????

Hehehe, penghasilannya masih kecil om


EmoticonEmoticon