6 Kesalahan Makan Sahur yang Membuat Tubuh Menjadi Lemas

6 Kesalahan Makan Sahur yang Membuat Tubuh Menjadi Lemas - Blog Mas Hendra
 
Ritual makan sahur menjadi faktor penting ketika puasa Ramadhan. Pada waktu inilah tubuh kita membutuhkan makanan sebelum mempersiapkan tubuh agar tetap dapat beraktivitas seperti hari-hari biasanya. Namun meski demikian, masih ada beberapa hal penting lainnya yang kadang gak kita sadari, malah menjadi bumerang bagi kita sendiri.


Karena kebiasaan kecil yang kadang kita anggap sepele, malah akan menyebabkan tubuh kita menjadi lemas ketika menjalani ibadah puasa di siang hari. Apa saja sih kebiasaan yang umum dilakukan ketika makan sahur, sehingga membuat tubuh malah menjadi lemas. Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari The Health Site :

Baca juga artikel menarik lainnya : Suasana Kota Jakarta Menjelang Lebaran

Melewatkan Makan Sahur

Siapa disini yang gak suka sahur tapi tetap puasa? Alasannya sih karena ngantuk yang gak tertahankan, padahal sahur adalah salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan sama Nabi loh. Karena kita harus mempersiapkan tubuh agar tetap bisa beraktivitas seperti hari-hari biasanya. Coba bayangin kalau kita gak sahur, yang ada tubuh kita malah lemas, dan akan berimbas pada aktivitas kita sehari-hari.

Untuk menyiasatinya, siapin menu favorit kalian ketika sahur. Tatalah meja makan semenarik mungkin dan hindari kebiasaan makan malam sebelum tidur, agar ketika sahur perut gak terlalu kekenyangan.

Banyak Minum Air

Nah kebiasaan ini juga sering kita lakukan ketika makan sahur, terutama menjelang waktu imsak. Tujuannya sih agar nanti siang gak kehausan. Padahal ya guys, kebanyakan minum air secara sekaligus justru bisa menaikkan asam lambung dalam perut, sehingga perut akan merasa kembung dan mengalami gangguan pencernaan.

Terus gimana dong? Biasakan minum air secara perlahan dan bertahap. Minum air ketika bangun tidur, terus minum lagi sebelum makan, sewaktu makan sahur dan setelah makan sahur. Gak cuma itu aja sih, kalian juga bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air, kayak melon, semangka, tomat atau mentimun untuk menambah asupan air di dalam tubuh.

Banyak Minum Teh

Yang ini kebiasaan banget orang Indonesia untuk ngeteh manis dan cantik ketika waktu sahur tiba. Padahal ya guys, teh itu mengandung kafein dan bersifat diuretik (meningkatkan frekuensi buang air kecil). Alhasil tubuh kita malah akan dehidrasi dan rasa haus semakin muncul. Hal ini juga berlaku untuk kopi.

Makan Coklat atau Permen

Siapa disini yang hobi ngemil coklat atau kueh manis?? Emang sih makanan yang satu ini enak banget untuk dicemil, apalagi sambil ngeteh, beuuh. Tapi kalau dikonsumsi sewaktu makan sahur, justru kurang tepat. Kenapa bisa gitu ya guys? Makanan tinggi karbohidrat sederhana (seperti coklat, kue atau permen), akan dicerna cepat oleh tubuh, sehingga energinya juga akan cepat habis, akibatnya tubuh kita malah menjadi lemas ketika berpuasa.

Usahakan untuk memberi tubuh dengan asupan karbohidrat dari sumber makanan yang mengandung pati kompleks, kayak misalkan nasi merah, oatmeal, kentang atau roti gandum. Karena asupan jenis ini dapat membuat perut kenyang lebih lama.




Makan Sebanyak Mungkin

Supaya tubuh kita gak lemas, kadang kita makan dengan porsi yang banyak. Padalah menurut nutritionist, Dr Neha Sanwalka, pemahaman ini justru keliru. Makan dengan porsi banyak justru akan menjadi beban bagi perut. Udah mah beban hidup berat, masa mau ditambah lagi sama beban makanan, eh...

Karena beban kerja perut menjadi bertambah, akan menyebabkan gangguan pencernaan dan perut juga terasa kembung. Yang paling penting sih makan dengan porsi cukup, asal nutrisi dan gizi terpenuhi dengan baik oleh tubuh kita.

Langsung Tidur Setelah Sahur

Nabi menganjurkan untuk gak tidur setelah sahur. Ternyata kalau dilihat dari sisi kesehatan, sangat berpengaruh sama sistem pencernaan kita loh guys. Kalau kita langsung tidur setelah makan sahur, akan memicu asam lambung balik arah ke kerongkongan, sehingga menyebabkan gangguan pencernaan. Akibatnya asam lambung naik dan bisa menimbulkan banyak komplikasi kesehatan.

Jadi kalau kalian memang ngantuk banget dan mau tidur setelah makan sahur, sebaiknya kasih jeda waktu dulu, kira-kira sekitar satu atau dua jam setelah sholat Subuh.

Nah itu tadi artikel tentang 6 kesalahan umum yang sering kita lakukan ketika makan sahur. Mudah-mudahan kita dapat mempraktekkannya supaya puasa kita tetap lancar dan meminimalisir terjadinya gangguan pada pencernaan kita.

Semoga bermanfaat ya guys.

18 comments

Kalo aku selesai makan sahur nggk bisa tidur lagi, kepala jadi pusing hehe
untuk minum air putih kita memang hrs sesuai dg kebutuhan saja
ok makasih ya untuk infonya sangat bermanfaat

Makasih mba Maya. Kalo saya sih tidur, tapi nunggu jeda dulu, nunggu makanan di perut turun dulu, biar gak penuh di kerongkongan

Whaaa.. semuanya saya langgar kang wkk.. pantas aja saya kurang maksimal puasanya, setelah ini mau sedikit berbenah ah.. biar puasanya lebih afdoll...

Silahkan dengan senang hati & makasih udah di sharing kang

Semoga dengan adanya artikel ini, kita lebih aware lagi terhadap permasalahan simple ini ya kang...

sip sip.. di tunggu artikel bermanfaat lainnya...

Salah satu penghambat rezeki yaitu tidur setelah subuh. so selain tidak baik untuk kesehatan subuh juga tidak baik untuk kesehatan dompet Mas :)
Jika sebelumnya bergadang ada baiknya diusahakan tidur setelah terbit matahari ya sekitar jam 6 pagi atau jam 6.30 (waktu Indonesia).

wkwkwk baca ini berasa ngaca dan tadi pagi aku bangun jam 5 bye sahur :D smg puasanya kuat insyaAlloh :)

untung saya mah kebiasaan setelah makan sahur suka mesra-mesraan dulu sama ibue, jadi pasti nggak bakalan jadi melemaskan puasanya

Malah tambah semangat sepertinya Mang...

Aaamiiin, kalo udah niat kuat di hati mah Insha Allah dikuatkan mba...

Iya betul banget, bangun siang salah satu penghambat datangnya rezeki. Begadang perihal apa dulu nih?!

Dulu saya sering sahur minum teh segelas gede akibatnya ya gitu sering pipis jadi lemes deh sekarang sudah saya tinggal kan minumteh hanya waktu berbuka saja itu saja makan kurma dulu

Saya juga dulu sering minum teh manis waktu sahur, tapi sekarang udah gak pernah lagi...

Bermanfaat juga nih. Semoga bisa dibaca semua orang. Agar mereka tahu mana yang benar dan salah. Selagi salah tentu perlu dibenarkan :)

Untuk habis sahur tidur, aku rasa itu memang tidak baik. Dipagi hari itu bagusnya memang digunakan untuk hal yang bermanfaat, bisa dengan tadarus, baca buku atau yang lainnya :)

Semoga bermanfaat ya Mas... Betul banget Mas, pagi hari enaknya tuh buat yang bermanfaat, kayak misalkan ngeblog atau merapihkan rumah, hehehe


EmoticonEmoticon