Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RS Premier Bintaro : Healthy Talk Show Scoliosis untuk Masa Depan Tulangmu!

RS Premier Bintaro

Hari Kamis, 09 Juni 2022, saya dan beberapa rekan bloger berkesempatan untuk menghadiri sebuah event Healthy Talk Show di RS Premier Bintaro, Tangerang Selatan. Tema yang diangkat pun sangat menarik, yakni mengupas fakta dan mitos tentang scoliosis atau kelainan pada tulang belakang.

Temanya relate banget dengan aktivitas saya setiap harinya yang hanya duduk di depan laptop. Terkadang posisi duduk saya yang masih asal-asalan saat mengetik keyboard laptop. Dikhawatirkan akan berdampak pada kondisi tulang belakang secara jangka panjang. 

Apalagi selama ini, ada beberapa hal yang saya keliru mengenai scoliosis. Melalui Healthy Talk Show ini, wawasan saya jadi bertambah. Saya sangat beruntung bisa menjadi bagian dari event berbobot ini.

Rumah Sakit Premier Bintaro, Suasananya Jauh Dari Kata Menyeramkan

Lucunya, meski saya semangat untuk hadir, tapi setelah tiba di pelataran parkiran rumah sakit, tiba-tiba saya kok agak deg-degan ya. Di pikiran saya, yang namanya rumah sakit itu biasanya ruangannya bau obat, belum lagi suasana yang hectic, hingga staff yang kurang ramah.

Suasana Lobi yang Nyaman di RS Premier Bintaro

Namun dugaan saya salah besar. Ketika sampai di depan pintu masuk gedung, saya disambut oleh petugas keamanan yang ramah. Seluruh pengunjung diwajibkan scanning barcode terlebih dulu. Lalu mengisi screening form secara online lewat ponsel masing-masing. Setelah itu baru diperbolehkan masuk ke dalam gedung.

Protokol kesehatan selama pandemi tetap dijalankan dan dipatuhi dong. Biar semuanya merasa aman dan nyaman.

Begitu masuk ke dalam gedung, suasananya sangat berbeda dengan dugaan saya sebelumnya.

Di RS Premier Bintaro tuh, areanya bersih dan staffnya ramah-ramah. Jauh dari kesan menyeramkan. Tidak ada yang namanya bau obat atau bau rumah sakit. Pokoknya suasananya bikin pengunjung merasa nyaman dan betah.

Di dalamnya ada beberapa kios kuliner yang bakalan memanjakan pengunjung rumah sakit, termasuk pasien, sebut saja MM Juice Corner, Starbucks dan berbagai jajanan lainnya.

Area Lobi RS Premier Bintaro

Bagian Dalam Rumah Sakit Premier Bintaro

Pojok Kuliner di RS Premier Bintaro

Ruang Tunggu VIP RS Premier Bintaro

Konsep gedung RS Premier Bintaro bisa dibilang mengusung konsep mixed use, yakni penggunaan sebuah bangunan atau satu kompleks bangunan atau lingkungan yang di dalamnya menggabungkan beberapa pusat aktivitas di area atau gedung yang sama.

Konsep mixed use mulai berkembang sekitar awal abad ke-19 di Amerika Serikat dan mulai diadopsi di beberapa negara di dunia sejak tahun 1920.

Mengenal Sejarah Singkat RS Premier Bintaro

Seperti kata pepatah, "Tak Kenal Maka Tak Sayang". Maka dari itu, yuk kita kenalan dulu dengan RS Premier Bintaro.

Rumah sakit yang mulai beroperasi pada 12 Oktober 1998 ini, pada awalnya bernama RS Internasional Bintaro. Berdiri di atas lahan seluas 12.000 m2 dengan konsep desain yang unik.

Lobi Reception RS Premier Bintaro

Selanjutnya, pada 12 Agustus 2010, RS Internasional Bintaro berubah nama menjadi RS Premier Bintaro. Alasannya, karena untuk memenuhi ketentuan peraturan perundangan yang berlaku mengenai Rumah Sakit Indonesia Kelas Dunia.

RS Premier Bintaro merupakan bagian dari Ramsay Health Care Group, Australia Group rumah sakit swasta terbesar di Australia dengan lebih dari 100 rumah sakit serta fasilitas day surgery di Australia, Perancis, Inggris dan juga Indonesia.

RS Premier Bintaro mengusung filosofi "People Caring for People". Maksud dari filosofi ini adalah menjaga komitmen terhadap peningkatan kualitas layanan kesehatan bertaraf internasional dan juga komitmen terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia secara konsisten.

Hospital Tour RS Premier Bintaro. Melihat Langsung Fasilitas Kesehatan yang Lengkap, Modern dan Berkelas!

Oh iya guys, sebelum ke acara inti, kami semua diajak keliling untuk hospital tour terlebih dulu. Sekaligus melihat layanan kesehatan apa saja yang tersedia. 

Kami dibagi menjadi 5 kelompok terpisah dengan lokasi kunjungan yang berbeda-beda. Wah pasti bakalan seru nih, bisa melihat langsung fasilitas di sini.

Kunjungan ke Flaminggo Room (Vascular Center)

Kunjungan perdana langsung menuju ruang Flaminggo alias vascular center. Vascular center merupakan salah satu layanan unggulan RS Premier Bintaro. Layanan ini bisa mengatasi semua penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Flaminggo Room RS Premier Bintaro

Peralatan Medis yang Modern dan Canggih

Alat-alat kesehatan yang digunakan sangat lengkap dan modern serta didukung oleh tim dokter spesialis bedah vaskuler yang profesional.

Pelayanan Vascular Center meliputi :

  • Skrining
  • Diagnostik
  • Terapi obat-obatan
  • Terapi bedah dan non bedah dengan teknik endo vaskuler

Adapun fasilitas pelayanan yang diberikan adalah :

  • Terapi Endovaskuler
  • Terapi Operatif
  • Terapi Laser

Oh iya gus, selain layanan Vascular Center, di RS Premier Bintaro juga tersedia jenis layanan unggulan lainnya, yaitu sebagai berikut :

  • Ramsay Spince Center, pusat layanan yang khusus menangani masalah pada tulang belakang.
  • Hand Clinic, layanan yang diberikan untuk menangani cedera pada tangan dengan cepat untuk meminimalisir berbagai konsekuensi. Jenis terapi yang tersedia mulai dari fisioterapi hingga pembedahan.
  • Sports Clinic, layanan Sports Clinic khusus untuk melayani masalah atau cedera yang timbul akibat aktivitas olahraga. Beberapa layanan yang tersedia, mulai dari konsultasi, pemeriksaan hingga pengawasan latihan yang tepat.
  • Arthroplasty (Total Hip and Knee Replacement), layanan artroplasti atau penggantian sendi yang akan ditangani langsung oleh spesialis bedah pinggul dan lutut.
  • Sleep Clinic, layanan yang menangani masalah pada gangguan tidur, mulai dari konsultasi hingga obervasi umum.
  • Orthopedic Center, layanan yang khusus menangani masalah ortopedi, mulai dari bedah tulang belakang, bedah penggantian pinggul dan lutut, operasi tangan dan lain sebagainya.

Kunjungan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD)

Kunjungan berikutnya adalah IGD (sebelumnya namanya UGD). Hingga tulisan ini dibuat, RS Premier Bintaro memiliki 14 tempat tidur di ruang IGD, termasuk 2 tempat tidur khusus untuk ruang isolasi. 

Lalu, persis di atas bed, ada nomor-nomor dengan warna yang berbeda.

Suasana di Ruang IGD RS Premier Bintaro

IGD RS Premier Bintaro

Nomor dengan beda warna tersebut ternyata memiliki arti khusus lho. Sebagai informasi tambahan, berikut penjelasan singkat dari masing-masing warna tersebut :

  • Misalnya warna merah merupakan prioritas 1. Artinya pasien membutuhkan bantuan hidup dasar. Kriteria ini merupakan ancaman nyawa segera yang mana memerlukan tindakan segera.
  • Untuk warna kuning agak gelap merupakan prioritas 2. Kriteria pasien dengan ancaman nyawa tiba-tiba, misalnya tersumbat jalan nafas (benda asing), sesak napas berat dan lainnya.
  • Selanjutnya warna kuning terang merupakan prioritas 3, di mana kondisi pasien termasuk urgent atau mendesak dan membutuhkan tindakan, setidaknya maksimal waktu tunggu 30 menit.
  • Warna hijau termasuk prioritas 4. Artinya kebutuhan pasien tidak mendesak, tetapi ada kemungkinan serius dan membutuhkan tindakan dengan maksimal waktu tunggu 60 menit.
  • Dan terakhir warna biru merupakan prioritas 5. Kebutuhan pasien tidak mendesak dan tidak gawat, dan membutuhkan tindakan dengan maksimal waktu tunggu 2 jam.

Kunjungan ke Skin & Laser Clinic

Sebagai kunjungan penutup, kami semua mampir ke Skin & Laser Clinic. Layanan unggulan RS Premier Bintaro ini fokus untuk merawat kesehatan kulit yang didukung oleh teknologi Laser Fotona generasi paling baru.

Manfaat dari Laser Fotona ini sangat baik untuk peremajaan kulit, mengurangi bekas jerawat, mengurangi kerutan halus dan pigmentasi, hair removal, varises, snoring / mendengkur, vag1na rejuvenation serta memperbaiki kulit yang kendur.

Layanan Skin Care & Clinic RS Premier Bintaro

Ruang Tunggu Skin Laser & Clinic

Layanan Skin & Laser Clinic ini sendiri secara resmi dibuka pada 15 Agustus 2021 dan dihadiri oleh CEO serta jajaran Management RS Premier Bintaro, dokter spesialis serta perusahaan rekanan. 

Selain itu, hadir juga Menteri Kesehatan Republik Indonesia saat itu, Bapak Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU.

Healthy Talk Show yang Mengupas Fakta dan Mitos Seputar Scoliosis

Setelah semua peserta event selesai berkeliling, kami semua langsung menuju Ruang Krakatau di lantai 5 untuk menyimak acara inti. Kalau saya bilang, ballroom-nya mirip banget seperti hotel, nyaman dan suara sound yang jelas dan jernih.

Agar acara berlangsung santai dan tidak tegang, setiap peserta mendapatkan snack. Untuk menambah suasana meriah, diadakan kuis sebelum acara dimulai. 

Selain itu juga tersedia doorprize untuk seluruh peserta yang beruntung. Talk show ini memakan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit, termasuk sesi tanya jawab di akhir acara.

Healthy Talk Show Tentang Scoliosis

Narasumber kali ini, disampaikan langsung oleh dokter Spesialis Ortopedi dan traumatologi Konsultan Tulang Belakang RS Premier Bintaro, yaitu dr Asrafi Rizki Gatam SpOT (K-Spine).

Arti dari scoliosis atau skoliosis adalah kelainan pada tulang belakang yang ditandai dengan bentuk punggung yang melengkung menyerupai huruf C atau S.

Mitos mengenai skoliosis

Setelah menerangkan tentang scoliosis, beliau langsung menjelaskan seputar mitos apa saja mengenai scoliosis, di antaranya :

  • Terlalu sering mengangkat beban berat
  • Postur tubuh yang kurang tepat
  • Scoliosis bisa menimbulkan nyeri
  • Scoliosis bisa dicegah
  • Berenang bisa mengurangi sudut scoliosis
  • Scoliosis bisa disembuhkan dengan posisi duduk yang baik
  • Manipulasi spine dan fisioterapi mampu mengurangi sudut scoliosis
  • Wanita yang mengalami scoliosis tidak bisa hamil

Setelah mendengarkan penjelasannya, saya jadi tau jika sering mengangkat beban berat atau tas sekolah yang berat belum tentu bisa menyebabkan skoliosis. Soalnya selama ini saya khawatir hal ini akan menimpa kepada kedua anak saya.

Penyebab Scoliosis

Berikut adalah beberapa penyebab scoliosis :

Idiopatik

  • Tidak diketahui penyebabnya
  • Paling sering ditemukan pada wanita usia remaja

Neuromuscular

  • Gangguan pada fungsi saraf dan kelainan otot

Congenital

  • Kelainan bawaan
  • Terdapat bagian pada tulang belakang yang tidak terbentuk dengan sempurna

Tanda dan gejala scoliosis

Terdapat beberapa tanda yang perlu kamu ketahui tentang scoliosis, berikut ini :

  • Pada umumnya tidak ada gejala
  • Tidak sengaja terlihat, mulai bahu tidak simetris, terdapat punuk di punggung dan payudara terlihat besar sebelah
  • Sering merasa pegal di bagian punggung atau pinggang

Kapan perlu periksa ke dokter?

Kamu juga perlu tau, kapan waktu yang tepat untuk periksa ke dokter. Hal ini perlu dilakukan, agar kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Perhatikan hal berikut ini :

  • Kondisi bahu yang tidak sama tinggi
  • Tonjolan scapula tidak sama tinggi
  • Panggul tidak sama tinggi
  • Jarak siku ke batang tubuh tidak sama
  • Tonjolan punggung atas / bawah kanan dan kiri tidak sama tinggi

Tujuan pengobatan scoliosis

  • Menghentikan pertambahan kurva scoliosis
  • Menjaga keseimbangan tulang belakang
  • Mengurangi nyeri
  • Kosmetik, melakukan koreksi scoliosis

Konklusi

Saya pribadi sangat bersyukur bisa datang ke event menarik ini. Selain bisa menambah wawasan, saya juga bisa melihat secara langsung layanan kesehatan serta fasilitas canggih yang ada di RS Premier Bintaro.

Karena keterbatasan waktu, pembahasan yang disampaikan masih saja terasa kurang. Harap maklum saja, kami semua kan haus akan informasi soal kesehatan, apalagi menyangkut masa depan tulang.

Healthy Talk Show RS Premier Bintaro

Terima kasih RS Premier Bintaro. Semoga saja bisa kembali mengadakan talk show kesehatan lainnya, sehingga bisa menambah wawasan berbobot, langsung dari narasumbernya. 

Semoga ulasan tentang RS Premier Bintaro ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 

4 komentar untuk "RS Premier Bintaro : Healthy Talk Show Scoliosis untuk Masa Depan Tulangmu!"

  1. Nah, masalah duduk sudah menjadi kebiasaan asal-asalan meliuk ke sana kemari gak sadar kalau itu berbahaya untuk tulang dalam jangka panjang. Ngeri padahal kalau baca tentang skoliosis ini, dulu SD sudah dipelajari juga. Memang perlu mengubah kebiasaan duduk, nih, mulai sekarang. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Waah, asik bgt nih bisa menghasilkan event health talk show yg diadakan oleh RS Premier Bintaro.

    Apalagi materi yg dibawanya sangat menarik, yg membahas tentang kesehatan tulang.

    Eh, iya fasilitas RS Premier Bintaro, keren bgt ya. Bersih dan terawat dgn baik. Jd pgn klo ada event serupa bisa ikutan nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruntung banget bisa ngeliat langsung RS Premier Bintaro. Udah gitu dapat ilmu tambahan soal scoliosis

      Hapus