Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih dan Mengganti Jok Motor Agar Nyaman Berkendara

Tips Memilih dan Mengganti Jok Motor

Selain mesin motor yang prima, kondisi jok motor yang bagus juga bisa membuat pengendara motor menjadi lebih nyaman selama berkendara di jalan. Apalagi jika Anda menggunakan motor setiap hari, maka wajib memperhatikan kondisi jok motor, apakah masih layak digunakan atau sudah waktunya diganti.

Busa jok yang sudah terlalu tipis atau sobek karena cakaran kucing, maka sebaiknya segera diganti saja. Jok motor yang sobek jika terkena air hujan, maka air akan meresap dan mengendap ke dalam busa jok, sehingga akan membuat basah pengendara.

Jok motor yang sudah bolong atau sobek karena cakaran kucing, semakin lama akan melebar dan merusak penampilan. 

Tips Memilih dan Mengganti Jok Motor

Tips Ganti Jok Motor

Belum lagi jika motor melewati jalan yang rusak dan berlubang, akan terasa sakit dikarenakan kondisi busa jok yang sudah terlalu tipis. Namun sebelum menggantinya dengan busa yang baru, sebaiknya perhatikan tips memilih dan mengganti jok motor berikut ini :

1. Pilih bahan pelapis yang berkualitas baik

Jika Anda ingin mengganti pelapis jok motor, pilihlah bahan kulit yang berkualitas. Pelapis jok motor yang bagus dan berkualitas, akan membuat tampilan jok lebih keren dan pastinya lebih awet, terhadap kondisi cuaca maupun tekanan ketika diduduki.

Namun jika Anda memilih pelapis jok yang tipis atau murahan, biasanya pelapis akan cepat sobek. Dan hal ini justru membuat pengeluaran jadi lebih boros. Selain itu hindari untuk memilih bahan yang teksturnya keras dan kaku, karena tidak akan nyaman ketika diduduki.

2. Perhatikan jahitan pada jok motor

Selain memilih bahan kulit yang berkualitas, tips memilih dan mengganti jok motor selanjutnya adalah memperhatikan kualitas jahitan pada jok. Pastikan jahitan cukup kuat, terlihat bagus dan hasilnya rapi, sehingga bahan pelapis tidak mudah terlepas dan jok tidak mudah rusak.

Sebaiknya Anda langsung mendatangi spesialis jasa ganti jok motor yang berpengalaman dan banyak pelanggannya, karena belum tentu kualitas dan pengalaman bengkel spesialis jok motor itu sama semua. Ada yang jam terbangnya sudah tinggi, dan ada juga yang pengalamannya belum banyak.

3. Perhatikan kualitas busa 

Kualitas busa juga akan memengaruhi tingat kenyamanan saat berkendara. Semakin empuk dan tebal busa, maka akan semakin nyaman dan tidak sakit saat diduduki. Pilihlah bahan busa yang bagus, yakni yang tidak mudah kempis saat diduduki.

Duduk terlalu lama di atas busa yang tipis, tentu akan membuat tulang ekor terasa sakit. Belum lagi bagian pinggang atau pinggul juga akan terkena imbasnya. Apalagi jika sering berkendara dalam jarak jauh. Bandingkan dengan kualitas busa yang tebal dan empuk, dijamin akan lebih nyaman saat berkendara.

4. Perhatikan warna dan tampilan jok

Kebanyakan jok motor adalah berwarna hitam, karena warna ini termasuk warna netral yang cocok digunakan dengan segala macam warna lainnya. Namun produsen pembuat pelapis jok motor juga memproduksi selain warna hitam, karena tidak sedikit juga yang menyukai warna lainnya.

Pemilihan warna jok motor juga perlu diperhatikan. Jika Anda ingin mengganti jok motor dengan selain warna hitam, hindari memilih warna jok yang lebih dominan dari warna motor tersebut. Selain itu perhatikan juga desain dan motif dari jok motor, agar motor tetap terlihat estetik dan menarik.

5. Perhatikan ketebalan busa

Anda juga perlu memperhatikan tips memilih dan mengganti jok motor yang satu ini. Busa yang terlalu tipis, akan membuat badan terasa sakit dan tidak nyaman, terutama saat melewati jalan yang rusak atau berkendara dengan jarak yang cukup jauh.

Busa yang terlalu tebal, akan membuat dudukan menjadi lebih tinggi dari biasanya. Hal ini akan menyulitkan dalam berkendara, terutama bagi Anda yang punya postur tubuh kecil, sedangkan motornya cukup tinggi. Jadi, perhatikan dengan baik tingkat ketebalan busa jok motor.

Demikian artikel mengenai bagaimana memilih dan mengganti jok motor yang tepat agar tetap nyaman selama berkendara. 

Semoga bermanfaat

1 komentar untuk "Tips Memilih dan Mengganti Jok Motor Agar Nyaman Berkendara "

  1. Kalau bahannya jelek nanti air hujan bisa masuk ke dalam, lama2 busanya hancur 😑

    BalasHapus