Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Manajemen dalam Perusahaan? Simak Ulasan Pengertian dan Fungsi Manajemen!

Apa Itu Manajemen dalam Perusahaan

Istilah manajemen, tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, khususnya dalam sebuah perusahaan. Manajemen ini diklaim sebagai salah satu kunci utama berjalannya suatu bisnis. Dengan manajemen yang jelas, maka keberlangsungan perusahaan akan terjamin.

Apa itu manajemen, fungsi serta unsur-unsurnya dalam sebuah perusahaan? Mari kita simak satu per satu!

Apa Itu Manajemen?

Di sebuah perusahaan terdapat berbagai macam orang dengan latar belakang yang berbeda dan memiliki sudut pandang yang beragam pula. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengelola para personil untuk mencapai tujuan bersama jika memiliki karakter yang berbeda. 

Oleh karena itu, manajemen dibutuhkan agar perusahaan mampu mencapai visi dan misi.

Sederhananya, manajemen adalah sebuah metoda atau tata cara pengelolaan perusahaan untuk mencapai suatu tujuan bersama. Adanya manajemen ini dapat mendukung pengelolaan kinerja menjadi lebih baik. 

Semakin baik manajemen dalam perusahaan, maka kemungkinan perusahaan untuk berkembang juga lebih tinggi.

Unsur Manajemen

Manajemen dalam suatu perusahaan ditentukan oleh berbagai macam unsur. Beberapa unsur manajemen yang dimaksud antara lain :

1. Manusia

Yang dimaksud manusia dalam unsur manajemen adalah tenaga kerja dari dalam perusahaan. Tenaga kerja yang unggul akan membuat proses bisnis perusahaan menjadi lebih lancar.

2. Uang

Tidak dapat dipungkiri, jika biaya atau uang adalah unsur yang penting dalam sebuah perusahaan. Dengan pembiayaan yang cukup, perusahaan akan mampu bertahan di tengah persaingan bisnis.

3. Material

Unsur selanjutnya adalah material atau bahan baku. Keberadaan bahan baku unggulan akan menghasilkan output yang berkualitas, sehingga produk perusahaan lebih diminati oleh pasar.

4. Mesin

Bahan baku yang unggul harus didukung dengan mesin yang mampu memproses bahan baku tersebut. Mesin-mesin ini harus dikembangkan dan dipelihara secara kontinu agar selalu terjaga fungsionalitasnya.

5. Metoda kerja

Bahan baku dan mesin yang bagus tidak akan berguna jika tidak didukung oleh metoda kerja yang baik. Oleh sebab itu, metoda kerja pun akan sangat berpengaruh terhadap manajemen dalam suatu perusahaan.

6. Kondisi pasar

Unsur yang terakhir adalah kondisi pasar. Setiap perusahaan wajib memahami seperti apa kondisi pasar pada niche mereka, sehingga perusahaan mampu memenuhi kebutuhan pasar.

Fungsi Manajemen

Mengenal Unsur Manajemen dalam Perusahaan

Setelah mengetahui apa itu pengertian manajemen serta unsur yang berpengaruh terhadap manajemen, mari kita bahas apa yang dimaksud dengan fungsi manajemen, antara lain :

1. Perencanaan

Setiap pekerjaan harus diawali dengan perencanaan yang matang. Para manajer atau pimpinan perusahaan akan menentukan tujuan apa yang ingin dicapai, bagaimana prosesnya, parameter dan faktor penentu lainnya.

Terdapat tiga jenis perencanaan yang dilakukan di dalam perusahaan, yakni : 

  • top level planning
  • middle level planning
  • low level planning

2. Pengorganisasian

Dari semua tujuan besar, akan lebih mudah untuk membaginya menjadi tujuan-tujuan kecil agar lebih mudah diraih. Pada tahap inilah pengorganisasian dibutuhkan. Perusahaan akan mengelompokkan aspek apa saja yang harus diraih dan menentukan decision making.

3. Pengendalian

Fungsi terakhir dari manajemen adalah pengendalian. Tahap pengendalian ini dibutuhkan agar progres kinerja ditetapkan dan pekerjaan tidak melenceng jauh dari perencanaan sebelumnya. 

Proses pengendalian bisa ditingkatkan jika perusahaan menggunakan bantuan teknologi, contohnya menggunakan aplikasi HRD terbaik untuk memantau kinerja karyawan.

4. Pengarahan

Terkadang pengorganisasian tidak selalu berjalan dengan mulus. Maka dari itu, dibutuhkan juga pengarahan dalam manajemen perusahaan. Proses pengarahan termasuk memotivasi kepada karyawan, menjelaskan visi misi yang ditetapkan perusahaan, memberi masukkan hingga memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi.

Manajemen yang optimal akan membantu perusahaan meraih visi misi bersama-sama dengan para karyawan. Oleh karena itu, dibutuhkan pemahaman yang mumpuni mengenai apa itu manajemen.

Demikian ulasan singkat mengenai pengertian dari manajemen beserta unsur dan fungsinya. Semoga pembahasan di atas bisa membantu sekaligus menambah wawasan kerja Anda.

Sumber referensi :

https://www.linovhr.com/pengertian-manajemen-fungsi-dan-unsurnya/

2 komentar untuk "Apa Itu Manajemen dalam Perusahaan? Simak Ulasan Pengertian dan Fungsi Manajemen!"

  1. Manajemen penting di hidup kita apalagi di perusahaan pasti sama pentingnya, jadi harus paham benar dan memperhatikan banyak hal berkaitan dengan itu apalagi kalau sudah memasuki dunia perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang namanya manajemen itu memang penting banget, baik di kehidupan maupun di dunia kerja (perusahaan). Manajemen yang baik, tentu akan membawa perkembangan yang sangat signifikan...

      Hapus